logo web

Bikin Susah Move On, Inilah 10 Drama BL Thailand Terbaik

Ditulis oleh Suci Maharani R

Drama yang mengisahkan hubungan antara dua pria dengan berbagai problematika yang dihadapinya, ternyata seru untuk ditonton. Drama bertema boys love (BL) belakangan populer banget.

Jika kamu mencari drama bertema boys love (BL) terbaik maka Thailand adalah jawabannya. Sebagai salah satu produsen terbesar, drama boys love (BL) Thailand dikenal memiliki ciri khas tersendiri.

Drama-drama yang diproduksinya selalu memiliki alur yang unik dan complicated, tapi tetap relate dengan kenyataan. Tidak selalu romantis, beberapa drama boys love (BL) Thailand juga bergenre fantasy, sci-fiction hingga thriller.

Buat kamu para penggemar drama bertema boys love (BL) Thailand, Showpoiler memiliki rekomendasi drama terbaik yang cocok untuk ditonton. Mulai dari genre romantis hingga thriller, kamu bisa mencari jawabannya di bawah ini.

Baca juga: 20 Drama Thailand Bergenre Fantasi Terbaik yang Wajib Ditonton

1. 2gether: The Series

2gether: The Series

2gether: The Series (2020) adalah drama boys love (BL) Thailand yang wajib banget kamu tonton. Drama garapan Champ Weerachit Thongjila ini sangat romantis dan bikin susah move on.

Kemistri kuat dari Win Metawin sebagai Tine dan Bright Vachirawit sebagai Sarawat, berhasil membuat penontonnya gemas. Lalu sense humor, karakter-karakter pendukung yang imut dan lagu-lagunya juga sangat memorable

Drama ini mengisahkan Tine, seorang mahasiswa populer yang berusaha menghindari penguntit wanitanya di kampus. Tine berpura-pura berpacaran dengan Sarawat, mahasiswa populer yang juga anggota band kampus. Meski diawali dengan kebohongan, hubungan Tine dan Sarawat berkembang menjadi cinta yang nyata. 

2. I Told Sunset About You

I Told Sunset About You

I Told Sunset About You (2020) disebut sebagai drama boys love (BL) Thailand yang paling memorable. Drama arahan Boss Naruebet Kuno ini terasa sangat manis, karena alurnya sangat lugas, sinematografinya yang indah dan skoring musiknya yang enjoyable.

Serial ini mengisahkan Teh dan Oh-aew, dua sahabat dekat yang diam-diam saling mencintai. Mereka tidak bisa mengutarakan perasaan masing-masing, karena terhalang budaya dan harapan keluarga.

Setelah berpisah selama beberapa tahun, Teh dan Oh-aew akhirnya mulai memberanikan diri. Pertemuan di kelas bahasa China, membuat keduanya tersadar bahwa cinta ini perlu diperjuangkan.

3. TharnType: The Series

TharnType: The Series

Tak hanya menampilkan romansa, TharnType (2019) adalah drama boys love (BL) Thailand yang punya cerita bermakna. Drama ini mengisahkan Type, mahasiswa baru yang ternyata seorang homophobic.

Trauma masa kecilnya ini membuat Type sulit bergaul dengan Tharn, si tampan dari kelas musik yang ternyata seorang gay. Sempat terlibat konflik, Type mulai jatuh cinta pada Tharn meskipun ia masih menolak mengakui perasaannya.

Sekilas alurnya terasa berat, padahal drama arahan Tee Bundit Sintanaparadee ini cukup ringan karena diimbangi dengan komedi. Tapi TharnType (2019) hanya boleh ditonton oleh orang dewasa, karena drama menampilkan adegan romantis yang cukup panas.

4. A Tale of A Thousand Stars

A Tale of A Thousand Stars

Kisahnya bermula ketika Tian berusaha memenuhi impian dari seorang gadis yang mendonorkan jantung untuknya. Tian menjadi sukarelawan di sebuah desa dan di sana lah ia bertemu dengan Phupa, seorang tentara yang membuatnya jatuh cinta.

Drama arahan sutradara Aof Noppharnach Chaiwimol memiliki alur yang ringan dengan unsur komedi, konflik dan aksinya yang menghibur. Sinematografinya memang kurang memuaskan, tapi penonton disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Lalu kemistri dari Mix Sahaphap sebagai Tian dan Earth Pirapat sebagai Phupa juga sangat bagus.

5. Kinnporsche

Kinnporsche

Kinnporsche (2022) adalah drama boys love (Thailand) terbaik, tapi hanya bisa ditonton oleh orang dewasa. Bergenre aksi-romantis, drama arahan Khom Kongkiat Khomsiri dan Pepzi Banchorn Vorasataree ini memiliki alur yang sangat intense. Lalu kualitas akting, sinematografi, aksi dan romansanya yang panas berhasil bikin para penonton terpukau.

Drama ini bercerita tentang Kinn (Mile Phakphum), pemimpin sebuah geng mafia yang diselamatkan oleh seorang bartender bernama Porsche (Apo Nattawin).

Kinn terpukau dengan kemampuan bela diri Porsche dan memintanya menjadi pengawal pribadinya. Dibalik asmara mereka yang panas, Kinn dan Porsche harus berhadapan dengan musuh yang mengincar nyawa mereka.

6. My Only 12%

My Only 12%

My Only 12% (2022) adalah drama boys love (BL) Thailand yang diadaptasi dari novel berjudul “12%” karya Afterday. Drama ini mengisahkan Seeiw dan Cake yang sejak kecil selalu bersama-sama, meskipun kepribadian mereka berbeda.

Menginjak remaja, Seeiw menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Cake. Sayang, cinta ini bertepuk sebelah tangan ketika Cake memutuskan meneruskan studinya di Amerika. Tapi kisah cinta Seeiw dan Cake mulai berkembang, setelah beberapa tahun berpisah.

Kisah cinta yang manis ini digarap dengan baik oleh New Siwaj Sawatmaneekul. Erath Katsamonnat yang berperan sebagai Seeiw dan Santa Pongsapak sebagai cake, juga menampilkan akting dan kemistri yang bikin penonton baper.

7. Dark Blue Kiss

Dark Blue Kiss

Dark Blue Kiss (2019) menjadi salah satu drama boys love (BL) romantis yang tidak boleh dilewatkan. Drama arahan Aof Noppharnach Chaiwimol ini adalah sekuel dari Kiss Me Again (2018) dan Kiss The Series (2016).

Fokus ceritanya ada pada karakter Pete yang diperankan oleh Tay Tawan dan Kao yang diperankan oleh New Thitipoom. Kao dan Pete tengah menikmati romansa yang dipenuhi kebahagiaan. Masalah muncul ketika Kao dimintai oleh sang ibu menjadi tutor belajar bagi Non, putra dari koleganya.

Diam-diam Non berusaha untuk mendekati Kao, hal ini jelas membuat Pete sangat cemburu. Hubungan Kao dan Pete kini dipenuhi dengan ketegangan, apakah mereka bisa melewati ujian ini?

8. Not Me

Not Me

Not Me (2021) juga tidak boleh dilewatkan dalam list drama boys love (BL) Thailand terbaik. Drama ini mengadaptasi kisahnya dari novel populer karya ++saisioo++. Sutradara Nuchy Anucha Boonyawatana menyuguhkan sebuah konspirasi, aksi dan romansa yang bikin penasaran.

Kisahnya bermula ketika White (Gun Atthaphan) menyamar sebagai kembarannya untuk mengungkap misteri. Black tiba-tiba ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri dan kini koma di rumah sakit.

White ingin mencari tahu, siapa yang sudah mencelakai kakaknya. Sempat mencurigai Sean (Off Jumpol) sebagai tersangka, mereka malah terlibat cinta yang rumit. Di sisi lain, White dihadapkan dengan sebuah konspirasi besar yang dibuat oleh orang yang ia kenal.

9. Bad Buddy

Bad Buddy

Drama boys love (BL) lainnya yang bisa kamu tonton adalah Bad Buddy (2021). Drama produksi GMMTV ini dijamin seru banget untuk ditonton. Mengadaptasi kisahnya dari novel karya Afterday dan -West-, drama ini menyuguhkan romansa yang bikin greget dan komedi menggelitik.

Kisahnya bermula ketika keluarga Pran dan Pat terlibat dalam pertengkaran sejak mereka masih kecil. Ketika masuk ke universitas, Pran dan Pat terkejut karena mereka berada di satu almamater yang sama.

Menjalin persahabatan dibelakang keluarga, hubungan ini berjalan menjadi lebih intense. Tiba-tiba saja cinta muncul dalam hati Pran dan Pat, lalu apa yang akan terjadi pada keduanya?

10. SOTUS: The Series

SOTUS: The Series

Sotus (2016) memang layak disebut sebagai drama boys love (BL) Thailand yang bisa kamu tonton. Diarahkan oleh Lit Phadung Samajarn, drama ini mengadaptasi ceritanya dari novel berjudul sama karya BitterSweet.

Mengangkat tema senioritas di kampus, alur ceritanya relate dengan kenyataan dan sinematografinya juga cukup memanjakan mata. Kisahnya berawal ketika para mahasiswa baru harus mengikuti aturan dan tantangan yang diberikan oleh para senior.

Kongpob, seorang mahasiswa baru yang cerdas dan berani dan sering berselisih dengan Arthit, seorang senior yang galak dan disiplin. Namun, di balik pertengkaran diam-diam Kongpob dan Arthit menyimpan perasaan masing-masing.

Tak melulu soal romansa yang manis, beberapa drama boys love (BL) di atas ternyata memiliki alur yang mendalam, mulai dari masalah keluarga, sosial hingga budaya, semuanya berhasil dieksplor. Lalu sinematografi, skoring hingga akting yang ditampilkan juga berkualitas. Dari beberapa rekomendasi di atas, kira-kira drama  boys love (BL) yang bikin penasaran?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram