showpoiler-logo

10 Film Terbaik Tentang Percintaan Ibu dan Anak yang Tabu

Ditulis oleh Gerryaldo

Tema yang kontroversial dalam sebuah film terkadang menjadi magnet untuk menggaet banyak penonton. Salah satu tema yang cukup tabu adalah kisah cinta antara ibu dan anak. Meski kebanyakan hanyalah sebatas cerita fiksi, kisah percintaan tak wajar ini pernah terjadi di dunia nyata hingga dibuatkan filmnya.

Kalau kamu tertarik dengan tema film semacam ini, Bacaterus akan berikan sejumlah rekomendasi film yang mengulik kisah asmara antara ibu dan anak. Berikut deretan film tentang hubungan terlarang yang bisa kamu tonton di rumah.

1. Murmur of the Heart

Tahun Rilis 1971
Genre ,
Sutradara
Pemeran Lea Massari Benoît Ferreux Daniel Gélin Michael Lonsdale Micheline Bona
Selengkapnya →

Le souffle au cœur atau Murmur of the Hearts merupakan sebuah film drama komedi asal Prancis yang tayang pada tahun 1971. Film ini ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Louis Malle. Menceritakan tentang hubungan terlarang yang terjadi antara Ibu dan seorang anak remaja lelaki berusia 14 tahun yang innocent.

Remaja itu bernama Laurent Chevalier (Benoît Ferreux). Ia masih berusia 14 tahun ketika dua kakak lelakinya menjerumuskan Laurent pada banyak hal negatif, mulai dari mencuri hingga persoalan prostitusi. Satu waktu, Laurent sakit dan harus dirawat secara intensif. Sebelum masuk sanatorium, ia dan sang Ibu, Clara (Lea Massari) menginap di satu hotel bersama.

Entah apa yang merasuki Laurent, ia mulai menjalin hubungan dengan gadis-gadis yang ada di hotel tersebut. Tidak sampai disitu, hasrat seksual Laurent kini mendorong dirinya untuk berhubungan badan dengan sang Ibu. Gilanya, Clara tidak keberatan. Setelahnya, Clara meminta Laurent untuk tidak mengulanginya dan Laurent pun pergi untuk berhubungan badan lagi dengan dua gadis lainnya.

Queen of Hearts adalah sebuah film drama asal Denmark karya sutradara May el-Toukhy yang rilis di tahun 2019. Film ini dibintangi oleh Trine Dyrholm dan Gustav Lindh sebagai pemerang utama. Berdurasi 127 menit, para penonton akan dibawa ke dalam kisah seorang pengacara yang jatuh cinta pada anak tirinya sendiri.

Pengacara tersebut bernama Anne (Trine Dyrholm). Ia telah menikah dan dikaruniai 2 orang anak dan 1 orang anak lelaki bernama Gustav (Gustav Lindh) yang merupakan anak dari pernikahan sang suami sebelumnya.

Pernikahan Anne dan sang suami Peter (Magnus Krepper) ternyata tidak terlalu baik. Namun Anne malah menyukai Gustav bahkan hingga merayunya dan berhubungan seksual dengan sang anak tiri. Hubungan terlarang Ibu dan anak tiri itu pun terus berlanjut hingga menimbulkan banyak kekacauan di dalam pernikahan Anne dan Peter.

Gustav mencoba untuk memberitahu hubungan terlarangnya dengan Anne, namun Anne berusaha untuk menutup mulut Gustav dengan mengatakan ia tidak kredibel untuk menunjukan bukti hubungan mereka. Sampai satu waktu, Gustav pun ditemukan tewas terbunuh. Apa yang sebenarnya terjadi pada Gustav? Apakah Anne ada kaitannya dengan kematian anak tirinya itu?

Hallam Foe adalah sebuah film drama asal Inggris yang rilis di tahun 2007. Kisahnya diambil berdasarkan novel berjudul sama karya Peter Jinks. Film ini dibintangi oleh Jamie Bell, Sophia Myles, dan Ciarán Hinds sebagai pemeran utama. Berdurasi 95 menit, penonton akan dibawa dalam sekelumit kisah hidup seorang pria bernama Hallam Foe.

Foe (Jamie Bell) merupakan remaja berusia 17 tahun yang terus berduka atas kematian Ibunya, yang tewas akibat menenggelamkan diri di danau dekat rumah mereka. Rasa sedihnya bahkan membuat ia terus menyalahkan ibu tirinya dengan mengatakan bahwa ia adalah alasan Ibu kandungnya tewas.

Untuk mengatasi rasa sedihnya, Foe mencoba banyak hal baru. Salah satunya adalah naik ke atap rumah dan mengintip tetangga-tetangganya.

Dari sekian banyak rumah yang ia intip, Foe menemukan seorang wanita bernama Kate Breck (Sophia Myles) yang mirip dengan Ibunya. Dengan cepat, ia sangat terobsesi dengan Kate dan mencoba banyak cara untuk berhubungan dengannya hingga keduanya terlibat dalam  romansa.

4. The Miracle

Tahun Rilis 1991
Genre
Sutradara
Pemeran Beverly Donal McCann Niall Byrne Lorraine Pilkington J.G. Devlin
Selengkapnya →

Pada tahun 1991 Neil Jordan kembali merilis sebuah film yang naskah berikut penyutradaraannya ia lakukan sendiri. Berjudul The Miracle, Neil mengajak Beverly D'Angelo, Donal McCann, dan Niall Byrne sebagai pemain utamanya.

Meski dilakukan serba mandiri, Neil bisa menunjukan bahwa karyanya sukses diterima di publik dan mendapat ulasan positif sehingga film itu berhasil masuk ke dalam Festival Film Internasional Berlin ke-41.

Jimmy (Niall Byrne ) dan Rose (Lorraine Pilkington) adalah dua orang remaja yang tinggal di kota tepi pantai di Irlandia. Keduanya sering mengamati orang asing dan mengarang cerita tentang orang-orang tersebut. Suatu hari, mereka tertarik melihat seorang wanita yang tampak stylish dan mencolok dibanding orang asing lainnya. Mereka pun membuntutinya hingga ke pantai.

Sampai akhirnya wanita bernama Reene (Beverly D'Angelo) ini menyapa Jimmy dan Rose. Dari sinilah Jimmy mulai tergila-gila pada Reene, Reene pun menunjukkan gelagat kalau ia tertarik pada Jimmy. Akan tetapi, Reene seolah menjaga jarak dari pemuda tersebut. Belakangan diketahui bahwa Reene ternyata adalah ibu dari Jimmy.

Womb merupakan sebuah film drama genre fiksi ilmiah yang naskahnya ditulis oleh Benedek Fliegauf yang juga menyutradarainya. Film asal Jerman yang rilis di tahun 2010 ini menceritakan tentang seorang wanita yang gagal move-on dari sang kekasih yang telah meninggal dan nekat melakukan sebuah tindakan yang malah mengacaukan hidupnya.

Wanita itu adalah Rebecca (Eva Green). Setelah sang kekasih, Thomas (Matt Smith) meninggal, hidup Rebecca seakan berhenti. Ia tidak memiliki semangat hidup dan lebih banyak merenungi kisah cintanya. Tidak terima dengan kenyataan, Rebecca yang bekerja di perusahaan biotek mencoba hal di luar nalar.

Ia mencoba untuk mengkloning kekasihnya dengan cara mengandung. Begitu hasil kloningan Thomas lahir dan beranjak dewasa, anak lelaki itu menjadi semakin mirip dengan kekasih yang dirindukan Rebecca.

Hal ini jelas mengganggu kestabilan emosi Rebecca dan mengembangkan hubungan seksual yang kompleks. Akankah Rebecca bisa kembali mejalani kisah cinta dengan Thomas versi kloning?

Terinspirasi dari karya-karya Ken Loach, sutradara Ira Sachs bersama dengan musisi Michael Rohatyn akhirnya menulis skenario untuk film karya Ira yang berjudul Forty Shades of Blue. Film drama independen yang rilis di tahun 2005 ini sukses di pasar film hingga memenangkan penghargaan di ajang Grand Jury.

Berdurasi 108 menit, film ini mengisahkan tentang hubungan terlarang seorang anak dengan Ibu tirinya. Cerita bermula ketika produser musik bernama Alan (Rip Torn) menjalin hubungan dengan Laura (Dina Korzun), seorang wanita yang usianya 30 tahun lebih muda darinya. Meski hidup bergelimang harta, Laura merasa tidak bahagia dan kesepian.

Sementara itu, Alan memiliki seorang anak laki-laki bernama Michael (Darren E. Burrows ) dari pernikahannya yang terdahulu. Michael merupakan seorang profesor sastra yang sudah menikah dan memiliki hubungan kurang harmonis dengan sang Ayah. Konflik muncul ketika Michael pulang ke rumah orang tuanya dan bertemu dengan Laura.

Meski awalnya Michael tak suka dengan Laura sebagai Ibu tirinya, lama kelamaan keduanya saling suka hingga diam-diam menjalin hubungan asmara hingga mengubah kehidupan mereka selamanya.

7. Savage Grace

Tahun Rilis 2007
Genre
Sutradara
Pemeran Julianne Moore Eddie Redmayne Stephen Dillane Anne Reid Martin Huber
Selengkapnya →

Film Savage Grace karya sutradara Tom Kalin ini terinspirasi dari kejadian nyata yang ditulis dalam novel berjudul sama karya Natalie Robins dan Steven M.L. Aronson. Film ini menceritakan tentang seorang Ibu yang memiliki hubungan terlarang dengan anak lelakinya. Dibintangi oleh Julianne Moore dan Eddie Redmayne sebagai pemeran utama, film ini cukup seru untuk diikuti.

Adalah Barbara Daly Baekeland (Julianne Moore). Ia telah menikah dan menjadi seorang istri dari milyuner, Brooks Baekeland (Stephen Dillane). Pernikahan mereka dikaruniai seorang putra, bernama Anthony (Eddie Redmayne) namun sayang, sejak kecil ia didiagnosa menderita penyakit skizofrenia. Akibatnya sang Ayah menganggap Anthony adalah anak yang gagal.

Satu-satunya yang bisa menerima keadaan Anthony adalah Ibunya sendiri. Anak lelaki itu jadi sangat dekat dengan sang Ibu bahkan setelah ia sudah dewasa.

Masalah lain pun muncul ketika kedua orang tua Anthony mengetahui bahwa anak mereka adalah homoseksual. Mencoba ‘menyembuhkan’, Barbara secara gila merayu anaknya sendiri supaya ia sembuh. Sayang, ternyata keputusan Barbara itu salah besar. 

8. Privates Lives

Tahun Rilis 2001
Genre
Sutradara
Pemeran Cecilia Roth Gael García Bernal Luis Ziembrowski Chunchuna Villafañe
Selengkapnya →

Butuh rekomendasi film erotis lawas yang menarik untuk ditonton? Mungkin Private Lives bisa jadi pilihan kalian. Film asal Spanyol dengan genre drama erotis ini rilis di tahun 2001 dan disutradarai oleh Fito Páez. Menceritakan tentang seorang wanita yang mengalami trauma masa muda sehingga memiliki teknik unik dalam memuaskan dorongan seksualnya.

Wanita tersebut bernama Carmen (Cecilia Roth). Di umurnya yang masih muda, ia telah lama pergi dari kampung halamannya, namun satu waktu ia akhirnya harus kembali ke Buenos Aires demi melihat sang Ayah untuk terakhir kali sekaligus mendengarkan hak warisan yang hendak dibagikan pada anak-anaknya.

Tidak tahan dengan situasi di rumah karena trauma masa kecil, Carmen pun memilih tinggal di sebuah flat. Selama di dalam flat, dorongan seksualnya memuncak. Akhirnya, ia menyewa seorang supir taksi muda tampan untuk memuaskan hasratnya.

Alih-alih berhubungan seksual, Carmen meminta sang anak muda itu, Gustavo (Gael García Bernal) untuk membacakan sebuah novel erotis dari kamar sebelah. Setiap malam ia selalu melakukan itu dan membuat Carmen tertarik pada Gustavo, begitu juga sebaliknya hingga akhirnya mereka pun berusaha untuk bisa bersama.

9. Grand Jeté

Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Sarah Nevada Grether Emil von Schönfels
Selengkapnya →

Grand Jeté adalah sebuah film drama karya Isabelle Stever yang tayang di tahun 2022. Film berdurasi 105 menit ini didasarkan pada novel Fürsorge karya Anke Stelling, yang diterbitkan pada tahun 2017 dengan judul sama. Alur ceritanya berpusat pada seorang wanita mantan penari profesional dan guru tari yang menjalin hubungan cinta sedarah dengan putranya sendiri.

Wanita tersebut adalah Nadja (Sarah Nevada Grether). Saat karir balerinanya di puncak, ia melahirkan seorang anak lelaki yang diberi nama Mario (Emil von Schönfels). Namun Nadja tidak pernah merawat Mario, sehingga Mario diurus oleh sang Nenek sampai ia dewasa.

Setelah merasa cukup menjadi seorang balerina, ia pun berniat kembali menemui sang anak. Namun betapa terkejutnya Nadja saat melihat Mario sudah tumbuh besar.

Mario yang menyukai kegiatan olahraga memiliki tubuh yang menarik dengan wajah tampan. Hal ini membuat Nadja yang sudah lama tak bertemu sang anak malah tertarik dengan putranya tersebut. Mencoba memperbaiki hubungan antara Ibu dan anak, ternyata Nadja memiliki maksud lain, memiliki tubuh putranya sendiri!

Pada tahun 1966, sebuah novel anumerta berjudul Ma Mère karya George Bataille, rilis dan cukup menggegerkan para pembacanya. Kisah tersebut bahkan menarik perhatian sutradara Christophe Honoré yang langsung membuat versi filmnya berjudul sama. Film bergenre drama erotis ini pun tayang di tahun 2004 dengan hampir seluruh dialognya menggunakan bahasa Prancis.

Film ini bercerita tentang Pierre (Louis Garrel), remaja pria berumur 17 tahun yang tinggal dengan kedua orang tuanya. Setelah sang Ayah meninggal, Ibunya yang berusia 43 tahun, Hélène (Isabelle Huppert), mengaku memiliki kehidupan yang liar dan problematik. Hélène lalu menyeret Pierre ke dunia kelam. Ia bahkan mengajak putranya tersebut ke sebuah pesta seks.

Sesuatu yang tabu akhirnya terjadi di antara Pierre dan Ibunya. Hal ini membuat Hélène memutuskan untuk pergi meninggalkan anaknya agar tidak terjadi sesuatu yang lebih parah.

Namun saat Hélène kembali, ia lagi-lagi terjerumus hubungan terlarang dengan Pierre. Siapa sangka, hubungan tersebut justru berujung pada sebuah tragedi. Mampukah Hélène memperbaiki semua masalah tersebut?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram