logo web

10 Anime yang Mirip dengan Bleach dari Tema hingga Sifat Karakternya

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Bleach cukup banyak digemari oleh para pecinta anime aksi. Ceritanya berpusat pada kisah Kurosaki Ichigo siswa SMA yang menjadi shinigami danmemiliki tugas untuk membunuh hollows. Selain sosok shinigami, ada cukup banyak karakter lainnya, seperti Quincy, Arrancar, Misc dan manusia.

Bleach: The Thousand-Year Blood War Arc, merupakan anime Bleach musim terbaru yang tengah ditayangkan dan selalu menjadi anime populer, terutama dikalangan pecinta anime. Kali ini Showpoiler akan merekomendasikan anime yang memiliki kemiripan dengan Bleach

1. Yuu Yuu Hakusho

anime mirip bleach_Yuu Yuu Hakusho_

Yuu Yuu Hakusho merupakan anime yang cukup lawas. Ia memiliki kemiripan dengan Bleach dari segi hal-hal monster, premis serupa, dengan kekuatan supernatural yang berputar pada kekuatan spiritual. Berbagai karakter mulai dari manusia hingga roh dan hollow juga muncul dalam anime ini.

Ceritanya berpusat pada kisah Urameshi Yuusuke, seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun yang memiliki masa depan suram. Suatu ketika, dia mendapatkan keajaiban dan menyelamatkan seorang anak laki-laki. 

Tindakan terakhirnya itu membuat shinigami tidak membiarkannya meninggal. Koenma, pewaris takhta alam roh, menawarkan Yuusuke untuk hidup kembali dengan serangkaian tugas. Melalui bimbingan dari shinigami Bota, Yuusuke bertugas untuk menggagalkan kejahatan di bumi sebagai Detektif Roh.

2. Jujutsu Kaisen

anime mirip bleach_Jujutsu Kaisen_

Jujutsu Kaisen dan Bleach, sama-sama berlatar Jepang modern, dengan cerita yang dipengaruhi mitologi Jepang dan agama Buddha. Premisnya pun hampir sama, semua karakter memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki kekuatan yang unik. 

Ceritanya sendiri mengikuti kisah seorang siswa SMA yang iseng bergabung dengan klub Ilmu Gaib. Hari-hari Itadori Yuuji biasa dihabiskan di rumah sakit atau ruang klub, tapi kehidupannya yang santai berubah ketika ia menemukan benda terkutuk. Penemuan benda tersebut memancing terjadinya berbagai kejadian supernatural.

3. D.Gray-man

anime mirip bleach_D.Gray-man_

Kedua anime ini sama-sama menceritakan tentang kekuatan supernatural untuk melawan kejahatan. Semua karakternya memiliki kekuatan yang berbeda demi melawan roh yang mengancam kehidupan.

Millenium Earl membuat sebuah senjata yang ia sebut dengan Akuma. Dia menggunakan jiwa orang yang telah mati untuk dipanggil kembali. Dan satu-satunya cara untuk mengusir Akuma adalah menggunakan senjata Innocence.

Setelah menghabiskan tiga tahun, Allen Walker menggunakan lenganyna yang menjadi senjata Innocence dan mata terkutuk untuk melihat jiwa-jiwa yang ada di dalam Akuma. Kini, Allen dan rekan-rekan Exorcist-nya, mencari cara untuk menghentikan rencana pamungkas Millenium Earl yang bisa menghancurkan dunia.

4. Busou Renkin

anime mirip bleach_Busou Renkin_

Anime ini menceritakan tentang anak laki-laki yang bertemu seorang wanita dan mendapatkan kekuatan supernatural. Jalan cerita dan karakternya hampir serupa, meski tidak seserius Bleach.

Suatu ketika, Muto Kazuki terbunuh setelah menyelamatkan seorang gadis misterius dari monster. Tsumura Tokiko, gadis yang ia selamatkan mengatakan kalau monster itu merupakan homunculus.

Tokiko merasa bertanggung jawab atas tragedi yang menimpanya, sehingga ia menghidupkan kembali Kazuko dengan menempatkan medali kakugane di dadanya.

Kakugane berfungsi sebagai jantung pengganti dari alkimia yang telah diaktifkan. Dan Kakugane bisa membentuk Buso Renki, yaitu satu-satunya cara yang bisa menghancurkan monster homunculus.

Dengan menggunakan Kakugane, Kazuki membentuk Buso Renkin miliknya sendiri. Lalu bergabung dalam pertarungan melawan homunculus.

5. Kimetsu no Yaiba: Demon Slayer

anime mirip bleach_Kimetsu no Yaiba_

Anime ini berurusan dengan kejahatan supernatural dan sama-sama menggunakan pedang ketika bertarung melawan iblis layaknya Bleach. Masing-masing karakter pun memiliki karakter dan gaya bertarung yang unik. Lalu, keduanya juga sama-sama memiliki susunan pangkat dan gelar prajurit.

Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba, berpusat pada kisah Tanjirou Kamado yang ingin membalas dendam pada iblis yang telah membunuh keluarganya. Sehingga ia terus berusaha untuk menjadi pembasmi iblis yang kuat.

Di samping itu, Tanjirou juga berusaha untuk mengembalikan adiknya, Nezuko, yang kini telah berubah menjadi iblis yang haus darah.

6. Soul Eater

anime mirip bleach_Soul Eater_

Death City, rumah bagi Death Weapon Meister Academy yang terkenal. Ini merupakan sebuah akademi teknik yang dipimpin oleh shinigami, Lord Death. Misinya adalah untuk membangkitkan Death Scythes yang bisa digunakan shinigami melawan banyak kejahatan di dunia mereka.

Evans Soul Eater merupakan seorang Demon Scythe yang hanya peduli tentang hal keren. Dia bertujuan untuk menjadi Death Scythe dengan bantuan pengguna meister, Maka Albarn.

Soul Eater mengikuti kisah para siswa Shibusen yang menjalankan misi untuk mengumpulkan jiwa dan melindungi kota dari ancaman dunia. Mirip dengan Bleach, alur ceritanya megisahkan shinigami yang melawan monster/roh pemakan jiwa manusia. Keduanya juga sama-sama memiliki unsur aksi dan komedi. 

7. Noragami

anime mirip bleach_Noragami_

Noragami dan Bleach sama-sama memiliki karakter yang serupa serta kejadian yang serupa. Hiyori mendapatkan kekuatan berkat Yato. Keduanya sama-sama bertarung melawan hollow/monster. Jika Bleach memiliki kisah yang cukup serius, anime ini cukup banyak adegan komedi yang menghibur.

Yato adalah dewa kecil yang memproklamirkan sebagai Dewa Pengiriman dan bermimpi memiliki jutaan penyembah. Dia menghabiskan waktunya dengan bekerja sambilan sampai tuannya pergi meninggalkannya. 

Dan suatu ketika, terjadi hal suram pada Yato. Dia bertemu dengan seorang gadis SMA, Hiyori, yang menyelamatkan Yato dari kecelakaan mobil. Tapi akibat kejadian itu, jiwa Hiyori menjadi “longgar”. Dan Hiyori menuntut Yato untuk mengembalikan dirinya pada keadaan normal. 

8. Fairy Tail

anime mirip bleach_Fairy Tail_

Bleach dan Fairy Tail sama-sama memiliki adegan yang penuh aksi dan sedikit humor. Keduanya sama-sama memiliki pahlawan yang banyak dan aksinya konstan. Keduanya juga menceritakan kelompok pahlawan yang bersahabat.

Lucy, seorang gadis 17 tahun yang ingin menjadi seorang penyihir. Suatu ketika, dia mengunjungi kota Harujion dan bertemu dengan Natsu. Natsu merupakan seorang pemuda tak biasa, karena dia merupakan salah satu anggota Fairy Tail, serikat penyihir paling terkenal di dunia. 

9. Ao no Exorcist

anime mirip bleach_Ao no Exorcist_

Ao no Exorcist atau Blue Exorcist memiliki kemiripan dengan Bleach dari segi adegan pertarungan, permainan pedang dan monster yang harus diwaspadai. Anime ini mengikuti Okumura Rin yang seperti remaja biasa dan agak merepotkan. 

Suatu ketika, Rin disergap oleh iblis, kemudian dunianya mulai terbalik ketika menemukan fakta kalau ia adalah putra Iblis. Ayahnya ingin Rin kembali agar bisa menaklukkan Assiah bersama. Namun, Rin memutuskan untuk menjadi seorang pengusir setan agar bisa berjuang membela Assiah bersama saudaranya, Yukio.

10. Claymore

anime mirip bleach_Claymore_

Claymore dan Bleach, keduanya memiliki cerita tentang sekelompok orang yang mendedikasikan diri untuk menumpas kejahatan. Keduanya juga sama-sama memiliki jalan cerita yang bagus.

Cerita dimulai ketika Youma, iblis yang haus dengan daging manusia, muncul di desa Raki. Kemudian, Claymore, gadis bermata perak dengan pedang di punggungnya, berjalan menuju ke kota. Gadis itu merupakan setengah manusia dan setengah Youma. Tapi, dia memiliki tujuan untuk memusnahkan monster-monster tersebut.

Nah, itulah 10 rekomendasi anime yang memiliki kemiripan dengan Bleach. Adakah dari 10 rekomendasi di atas yang pernah kamu tonton? Jika ada anime lain yang mirip dengan Bleach, bisa kamu tuliskan di kolom komentar, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram