logo web

20 Anime Overpower Terbaik yang Wajib untuk Ditonton

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Anime telah menjadi bagian dari pop culture di Jepang yang banyak di sukai oleh masyarakat dunia. Selain karena keunikan karakternya, anime Jepang juga memiliki kualitas visual yang tak kalah dari buatan Barat. Hal tersebut tentu menjadi salah satu alasan masyarakat dunia menyukai anime.

Meskipun begitu beragam genre serta jalan cerita pun bisa menjadi alasan para penonton menyukai anime Jepang. Salah satunya seperti anime overpower yang akan dibahas di bawah. Bila kamu termasuk salah satu penggemar tema cerita seperti ini.

Maka kali ini telah Showpoiler rangkum 20 anime overpower terbaik yang wajib para pencinta anime tonton. Berikut adalah daftarnya.

Baca juga: 10 Anime yang Mempunyai Karakter Utama Overpower Sejak Awal

1. One Punch Man

One Punch Man

Bayangkan, bagaimana jika ada seorang manusia yang bisa membuat monster mati hanya dengan satu pukulan saja? Yap, ada Saitama! Coba, siapa yang tidak kenal dengan tokoh utama dari anime One Punch Man ini?

Saitama sebenarnya bukanlah manusia yang super kuat. Ia cuma pemuda normal seperti yang lainnya. Namun, hidup Saitama berubah 180 derajat saat ia mencoba mengalahkan monster dan memenangkannya. Sejak itu, Saitama memperoleh kekuatan super yang tidak biasa.

2. My Hero Academia

my hero academia_

My Hero Academia atau yang dikenal juga dengan judul Boku no Hīrō Akademia merupakan adaptasi dari serial manga dengan judul yang sama karya Kouhei Horikoshi.

Ceritanya mengikuti kisah laki-laki bernama Izuku Midoriya yang lahir tanpa memiliki kekuatan super atau ‘Quirks’. Meski begitu, ia terus bermimpi akan menjadi seorang superhero.

Suatu ketika, Midoriya diangkat oleh All Might, seorang pahlawan terbesar di Jepang. Ia dibimbing dan akan dijadikan sebagai pengganti dirinya setelah All Might melihat potensi pada Midoriya. Kemudian, Midoriya didaftarkan ke sekolah SMA bergengsi khusus untuk melatih para calon pahlawan.

3. Code Geass: Lelouch of the Rebellion

anime OP terbaik_Code Geass Lelouch of the Rebellion_

Anime ini merupakan anime adaptasi original studio Sunrise yang didesain oleh grup seniman manga wanita Jepang. Anime ini menjadi salah satu anime populer baik di Jepang maupun di luar Jepang. Bahkan animenya telah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi.

Dengan judul asli Code Geass: Hangyaku no Lelouch, ia dianggap memiliki daya tarik multi-genre dengan beragam karakter yang menghadapi banyak dilema moral. Anime ini mengambil latar pada tahun 2010, di mana Kekaisaran Suci Britannia menjadi negara militer yang menaklukan Jepang.

Seorang siswa dari Inggris, Lelouch Lamperouge, terjebak dalam baku tembak antara pemberontak dan pemerintahan. Lelouch berhasil melarikan diri berkat bantuan seorang gadis misterius yang memberinya ‘Kekuatan Raja’, Geass.

Sadar akan kekuatan besar tersebut, Lelouch pun memulai perjalanan berbahayanya dengan menggunakan topeng. Dan ia dikenal sebagai Zero, yang memimpin serangan tanpa ampun untuk Britannia.

4. Akame ga Kill!

anime OP terbaik_Akame ga Kill!_

Akame ga Kill! merupakan anime adaptasi dari manga Shounen dengan judul yang sama. Kisah pada anime ini mengikuti anggota Night Raid, pembunuh rahasia dari Tentara Revolusioner.

Mereka merupakan organisasi pemberontakan yang dibentuk untuk menggulingkan Perdana Menteri serakah dan menyalahgunakan kekuasaannya.

Anggota Night Raid paham kalau mengambil nyawa merupakan tindakan yang tak terpuji. Mereka pun sadar kalau mereka bisa jadi target pembalasan dendam terhadap orang-orang yang menghalangi revolusi. Hingga akhirnya Tatsumi melawan Kekaisaran dan berhadapan langsung dengan lawan yang kuat.

5. Mob Psycho 100

mob psycho 100_

Sekilas anime ini mirip dengan anime One Punch Man. Ia diadaptasi dari serial manga dengan judul yang sama, yaitu Mobu Saiko Hyaku karya ONE. Setelah mengeluarkan dua season pada tahun 2016 dan 2019, usut punya usut akan ada season ke-3 yang masih belum pasti akan rilis kapan.

Anime ini menceritakan kisah seorang siswa laki-laki bernama Shigeo Kageyama atau yang sering dipanggil ‘Mob’. Mob dianggap kurang mencolok dan seperti tak terlihat oleh orang-orang di sekitarnya. Tapi sebenarnya ia adalah seorang esper yang memiliki kekuatan psikis yang sangat kuat. 

Untuk mengontrol kekuatan yang dimiliki Mob, ia selalu berusaha menjaga emosinya berada di level terendah. Dan untuk melatih kekuatannya tersebut, Mob bekerja part time sebagai asisten dari orang yang mengaku sebagai paranormal, Reigen Arataka.

6. Kill la Kill

anime OP terbaik_Kill la Kill_

Anime ini berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori Best Character Design pada tahun 2014. Kill la Kill mengikuti kisah seorang siswi gelandangan, Ryuko Matoi, yang mencari pembunuh ayahnya. Pencarian itu membawa Ryuko ke dalam konflik kekerasan dengan Satsuki Kiryuin, presiden dewan siswa dari Akademi Honnouji.

Siswa yang tiba di sekolah Akademi Honnouji akan menerima sebuah seragam khusus. Seragam tersebut dapat meningkatkan kemampuan para penggunanya. Satsuki merupakan salah satu siswa yang telah menggunakan seragam tersebut, sehingga ia pun bisa memerintah sekolah.

7. Charlotte

anime OP terbaik_Charlotte_

Charlotte merupakan sebuah anime yang diproduksi oleh studio P.A. Works. Ia mengikuti kisah Otosaka Yuu yang memiliki kemampuan mengambil alih pikiran dan tubuh orang. Jika tidak memiliki kemampuan tersebut, Yuu hanya akan menjadi siswa SMA biasa. 

Suatu waktu, Yuu menggunakan kekuatan misteriusnya hingga bisa masuk ke sekolah tinggi bergengsi. Di sana, Yuu melanjutkan perbuatan tidak jujurnya.

Tapi, kejahatannya itu berhasil dihentikan oleh Tomori Nao, ketua OSIS yang keras kepada dari Akademi Hoshinoumi. Nao lantas meyakinkan Yuu untuk masuk dan bergabung dengan OSIS Akademi Hoshinoumi.

Ternyata Akademi Hoshinoumi merupakan sebuah sekolah yang diciptakan untuk remaja yang memiliki kemampuan supernatural. Dan OSIS adalah sarana yang digunakan untuk menemukan pemilik kekuatan yang menyalahgunakan kekuatan tersebut.

Anggota OSIS yang sedang mencoba melindungi pengguna kemampuan baru, menemukan hal yang jauh lebih rumit dari yang mereka bayangkan.

8. Bungou Stray Dogs

anime OP terbaik_Bungou Stray Dogs_

Penggemar anime pasti tidak asing dengan studio Bones. Anime ini merupakan salah satu anime terbaik yang digarap oleh studio Bones dan diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama.

Serial anime ini mengikuti anggota Badan Detektif Bersenjata yang mencoba melindungi Yokohama dari mafia. Dan fokusnya pada karakter Nakajima Atsushi yang bergabung dengan orang lain karena dianugerahi kekuatan gaib. Kekuatan tersebut bisa menyelesaikan berbagai masalah, termasuk menjalankan misi dari agensi. 

9. Guilty Crown

anime OP terbaik_Guilty Crown_

Guilty Crown merupakan anime yang digarap oleh sutradara Death Note. Seri anime ini mengambil latar pada Desember 2029, di mana dunia hancur setelah sebuah meteor menabrak Jepang dan melepaskan virus yang mematikan.

Shuu kehilangan seluruh keluarganya akibat virus mematikan, menjadikannya seorang laki-laki pemalu dan penakut. Kehidupannya berubah saat bertemu dengan seorang bintang pop, Inori.

Pertemuannya itu memperkenalkan Shuu pada ‘Tangan Kanan Raja’, mutasi genetik yang memungkinkannya untuk menjangkau ke dalam hati manusia. Tidak hanya itu, mutasi itu bisa mengubahnya menjadi senjata. 

10. Dragon Ball Z

dragon ball z_

Anime Dragon Ball pasti dikenal oleh anak-anak kelahiran tahun 90-an. Dragon Ball Z merupakan sekuel dari serial anime Dragon Ball (1984) yang melanjutkan cerita mengenai Son Goku yang melanjutkan petualangannya ketika sudah dewasa.

Lima tahun berlalu setelah kemenangan Goku dalam pertandingan bela diri. Ia kini tinggal dengan tenang bersama istri dan anaknya. Namun, suatu ketika muncul musuh baru bernama Raditz yang tampak seperti adik laki-laki Goku yang telah lama menghilang.

Raditz mengatakan kalau Goku adalah seorang pejuang dari Klan Saiyan yang kuat, tapi klannya hampir punah setelah dunia dimusnahkan.

Raditz juga mengatakan kalau akan terjadi sebuah peperangan yang melibatkan lintas galaksi untuk memperebutkan tujuh bola naga. Tapi, hanya orang-orang yang paling kuatlah yang bisa bertahan di peperangan tersebut.

11. Saiki Kusuo no Ψ-nan

saiki kusuo_

Saiki Kuso no Sai-nan dikenal juga dengan judul The Disastrous Life of Saiki K. yang merupakan adaptasi dari serial manga karya Shuuichi Asou dengan judul yang sama. Selain diadaptasi menjadi serial anime, ada juga versi live-action yang dimainkan oleh Kento Yamazaki sebagai pemain utamnya.

Kusoaki Saiki adalah seorang murid SMA yang memiliki kekuatan supernatural sejak ia masih kecil. Saiki menganggap kalau kekuatan yang ia miliki merupakan suatu kesialan. Padahal ia hanya ingin bisa hidup normal dan bahagia.

Saiki berusaha untuk menyembunyikan kekuatan yang ia miliki. Tapi, secara tidak sengaja kekuatannya justru menarik orang-orang yang aneh. Saiki menyadari kalau kehidupan tenang yang ia dambakan akan sulit untuk digapai.

12. Dragon Ball

anime OP terbaik_Dragon Ball_

Untuk pecinta anime, tentu sudah tidak asing dengan Dragon Ball dan dengan karakter utamanya, Son Goku, seorang anak laki-laki yang tinggal di hutan sendirian. Suatu ketika, Goku bertemu dengan seorang gadis bernama Bulma yang mencari Bola Naga.

Setelah bertemu dengan Bulma inilah Goku mulai bertemu dengan teman-temannya yang lain. Kemudian Goku pun mulai berlatih untuk menjadi seniman bela diri terkuat.

Dalam perjalanannya, Goku menemukan orang-orang yang menyalahgunakan kekuatannya, sehingga ia bertekad untuk menjadi orang yang lebih kuat lagi. Tujuannya adalah untuk membantu orang-orang di sekitar mereka.

13. Darker than Black

anime OP terbaik_Darker than Black_

Anime ini menceritakan tentang kemunculan sebuah kemunculan Gerbang Surga di Amerika Selatan dan Gerbang Neraka di Jepang, sejak 10 tahun yang lalu. Kemunculan gerbang-gerbang itu tidak diketahui asalnya, tapi yang pasti, kemunculan gerbang itu mengubah langit dan mendatangkan malapetaka.

Lalu, muncul orang-orang yang dijuluki dengan ‘kontraktor’, mereka memiliki kemampuan khusus. Seorang agen bernama Hei dan rekan-rekannya di organisasi Syndicate, beroperasi di Tokyo untuk mengungkap misteri Gerbang Neraka.

14. Kekkai Sensen

anime OP terbaik_Kekkai Sensen_

Anime ini dikenal juga dengan judul Blood Blockade Battlefront yang diadaptasi dari seri manga karya Yasuhiro Nightow. Ia mengikuti kisah seorang pemuda bernama Leonardo Watch, yang bekerja sebagai seorang fotografer muda.

Leonardo memiliki ‘Mata Melihat Semua Dewa’, yang dihasilkan dari mengorbankan saudara perempuannya. Setelah kejadian tersebut, Leonardo pindah ke kota Hellsalem’s Lot untuk bergabung dengan Libra. Organisasi tersebut dikenal untuk melawan beberapa monster yang sekaligus merupakan teroris.

15. A Certain Magical Index

anime OP terbaik_A Certain Magical Index_

Berjudul asli Toaru Majutsu no Index, anime ini diadaptasi dari seri novel ringan yang dibuat pada tahun 2004 karya Kamachi kazuma. Ia mengikuti kisah seorang pemuda bernama Touma Kamijou, seorang murid yang tinggal di Akademi City. 

Akademi City, sebuah kota yang terdepan dalam sains. Lebih dari tiga perempat penduduknya dihuni oleh siswa yang memiliki kemampuan psikis, esper.

Touma merupakan siswa dengan peringkat psikis terendah, tapi memiliki kekuatan misterius. Bahkan, kekuatan itu tidak dimengerti oleh ilmuwan. 

Sayangnya, kemampuan ini tidak mempengaruhi kehidupan Touma sedikit pun. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Index Librorum Prohibitorum yang aneh, seorang gadis muda yang hafal tentang ‘grimoire’ terlarang.

Gadis itu tengah diburu oleh beberapa penyihir. Dan Touma akan membela teman barunya itu dengan berbagai cara.

16. Dragon Ball Super

dragon ball super_

Sama seperti serial anime Dragon Ball lainnya, anime Dragon Ball Super merupakan adaptasi dari serial manga karya Akira. Di serial kali ini menceritakan kejadian setelah tujuh tahun peristiwa Dragon Ball Z yang membuat Bumi damai dan penduduk Bumi bisa hidup bebas tanpa adanya ancaman bahaya.

Tapi, ancaman baru mulai mengintai Bumi. Beerus yang merupakan seorang Dewa Penghancur yang kejam mulai terbangun. Ia merasa terganggu dengan sebuah ramalan yang mengatakan kalau ia akan dikalahkan oleh ‘Dewa Super Saiyan’.

17. K

anime OP terbaik_ K_

Anime ini dikenal juga dengan judul K Project. Kisahnya menceritakan tentang Jepang yang diperintah oleh tujuh Raja Klan psikis, Tujuh Klan Warna. K, individu yang memiliki sebuah kekuatan gaib yang luar biasa dan memiliki kemampuan untuk merekrut orang lain ke dalam klannya.

Setelah video yang menggambarkan pembunuhan keji terhadap seorang anggota Klan Merah, Yashiro Isna yang merupakan seorang siswa biasa dituduh menjadi pelaku pembunuhan tersebut.

Kini Yashiro menjadi buronan, tapi kejadian itu membawanya bertemu dengan ‘Anjing Hitam’, Kurou Yatogami. Dia merupakan orang yang dikenal sebagai pendekar pedang dan seniman bela diri, yang setia dengan keinginan mendiang tuannya, Raja Ketujuh.

18. D.Gray-man

anime OP terbaik_D.Gray-man_

D.Gray-man, anime adaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Katsura Hoshino. Kisahnya menceritakan tentang seorang pemuda bernama Allen Walker, yang bergabung dengan sebuah organisasi exorcists bernama Black Order.

Black Order merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari orang-orang yang bersedia melawan Akuma dan Millennium Earl.

Allen memiliki lengan dan mata terkutuk yang bisa melihat jiwa-jiwa yang menderita di dalam Akuma. Kini, Allen dan rekannya berusaha untuk menghentikan rencana pamungkas Millenium Earl. Sebuah rencana yang bisa menghancurkan dunia.

19. Claymore

anime OP terbaik_Claymore_

Anime ini diadaptasi dari seri manga dark fantasy karya Yagi Norihiro. Latar pada anime ini mengambil sekitar abad pertengahan di sebuah pulau di mana manusia diganggu oleh Yoma. Iblis Yoma ini haus dengan daging manusia.

Suatu ketika, seorang wanita dengan mata perak berjalan ke kota dengan membawa sebuah pedang di punggungnya. Dia adalah Claymore. Wanita itu dikenal setengah manusia dan setengah iblis Yoma. Ia memiliki tujuan untuk memusnahkan iblis-iblis yang telah menggangu manusia. 

20. Dragon Ball GT

anime OP terbaik_Dragon Ball GT_

Dragon Ball GT ini merupakan sebuah cerita sampingan besar dari seri Dragon Ball yang asli. Kisahnya menceritakan Kaisar Pilaf yang akhirnya mendapatkan Bola Naga Bintang Hitam setelah pencariannya bertahun-tahun. Bola Naga Hitam ini konon memiliki kekuatan dua kali lebih besar dari bola normal Bumi.

Pilaf bermaksud untuk membuat keinginannya untuk menguasai dunia, tapi saat itu ia diinterupsi oleh Son Goku. Sehingga, Pilaf pun menggagalkan keinginannya dan secara tak sengaja mengubah Goku menjadi anak kecil.

Dan setelahnya, Goku menemukan fakta bahwa mereka bisa menyebabkan Bumi meledak. Hal itu hanya bisa dihentikan bila mereka kembali ke satu tahun sebelumnya.

Kemudian, Goku bersatu dengan cucunya, Pan dan Trunks. Ia memulai perjalanan menemukan Bola Naga Bintang Hitam demi menyelamatkan planetnya dari kehancuran.

Nah, itulah 20 Anime overpower terbaik yang wajib para pencinta anime tonton. Semoga informasi tentang anime yang diberikan Showpoiler bisa menjadi referensi tontonan yang menghibur bagi kamu. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram