logo web

20 Anime Romance School Terbaik yang Bikin Baper

Ditulis oleh Aditya Putra

Setelah kamu lulus dari sekolah, kira-kira apa sih yang paling dikenang dari masa sekolah? Rumus-rumus mungkin akan terlupakan pelan-pelan, tapi romance yang terukir di sana akan tetap terkenang bahkan sampai hari tua. Itulah yang membuat romance school sering kali dijadikan tema dalam film, komik, serial, bahkan anime.

Kalau kamu suka anime, kamu pasti akan suka anime romance school. Selain menghibur, kadang-kadang, anime bertema ini juga bikin baper. Setelah nonton, jadi terkenang lagi masa-masa sekolah. Terutama kalau ternyata kehidupan setelah lulus tak lagi seindah itu. Mau dibikin baper? Ini 20 rekomendasi anime romance school.

1. Toradora!

anime romance school_Toradora!_

Diadaptasi dari novel ringan, anime ini fokus pada dua karakter utama bernama Aisaka Taiga dan Takasu Ryuuji. Mereka berdua memiliki kepribadian yang berbeda.

Ryuuji dianggap sebagai siswa berandal, sementara Taiga terlihat seperti gadis imut yang rapuh. Padahal, Ryuuji adalah siswa yang baik hati, sedangkan Taiga sosok gadis yang ceria dan ‘kuat’.

Suatu ketika, Ryuuji mengetahui kalau Taiga menyukai Yuusaki Kitamura, siswa populer yang kebetulan adalah teman Ryuuji. Sedangkan, Ryuuji menyukai Minori Kushieda, teman baik dari Taiga. Kemudian mereka pun bekerja sama agar bisa dekat dengan gebetannya masing-masing.

2. Your Lie in April

anime romance school_Your Lie in April_

Arima Kousei dikenal sebagai seorang pemuda jenius karena keahliannya memainkan piano. Namun, suatu ketika, terjadi sebuah insiden yang menimpa ibunya dan menyebabkan Kousei trauma, bahkan tak bisa mendengar suara piano. Dia pun bertemu dengan Miyazono Kaori, seorang pemain biola andal di sekolah.

Kousei masih berusaha bangkit kembali dari traumanya terhadap musik. Akan tetapi, berkat sedikit kebohongan, Kousei dan Kaori mulai memiliki hubungan yang semakin dekat. Hari-hari Kousei pun mulai berwarna kembali.

3. Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai

anime romance school_Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai_

Pubertas dianggap sebagai sebuah mitos dan hanya menyerang para remaja. Gejalanya tampak supernatural, sehingga hampir tak ada yang mengenalinya sebagai sebuah kejadian nyata. Namun, seorang siswa SMA bernama Sakuta Azusagawa mengetahui gejala tersebut berkat pengalaman pribadinya.

Adalah Sakurajima Mai, seorang siswa SMA tahun ke-3 yang populer di masa mudanya. Dia dikenal sebagai artis cilik tapi berhenti dari profesinya karena alasan yang tak diberitahukan kepada publik. Meskipun Mai terkenal di sekolah, tapi tak ada yang berani berinteraksi dengan dirinya.

Sampai suatu ketika, Sakuta melihat Mai berkeliaran di perpustakaan dengan memakai kostum gadis kelinci. Tapi, tetap saja, tak seorang pun yang memperhatikannya.

Kemudian, Sakuta menyadari suatu hal, bahwa Mai merupakan gadis yang sedang terkena gejala pubertas. Sakuta ingin mencoba membantunya, tapi hal tersebut membuatnya terbawa pada banyak gadis yang mengalami hal serupa.

4. Clannad

anime romance school_Clannad_

Clannad merupakan anime adaptasi dari visual novel yang cukup terkenal. Ceritanya mengikuti kisah seorang pemuda bernama Tomoya dan lima orang gadis. Tomoya yang merupakan seorang anak berandal, menganggap hidupnya terasa membosankan.

Hingga suatu ketika Tomoya bertemu dengan Nagisa yang semakin hari selalu menarik perhatiannya. Bersama dengan empat gadis lainnya, Tomoya mulai terhanyut ke dalam masalah gadis-gadis itu.

Dia juga jadi mengetahui lebih banyak tentang mereka dan mulai menyadari bahwa hidup tak membosankan seperti yang dipikirkannya.

5. High School DxD

anime romance school_High School DxD_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance, Ecchi
  • Produksi: TNK
  • Sutradara: Yanagisawa Tetsuya
  • Pengisi Suara: Hikasa Youko, Itou Shizuka, Kaji Yuuki, Taketatsu Ayana, Asakura Azumi, Nojima Kenji
  • Jumlah Episode: 12

High School DxD mengikuti kisah seorang siswa SMA bernama Issei Hyoudou. Dia merupakan seorang siswa laki-laki yang bejat dan bodoh. Suatu ketika, seorang gadis cantik mengajaknya berkencan, tapi nyatanya Issei malah dibunuh oleh gadis tersebut. 

Issei kemudian bereinkarnasi menjadi sosok iblis. Dan sejak hari itu, dia menjadi bawahan Rias, iblis tingkat tinggi. Issei pun direkrut untuk masuk ke dalam klub Penelitian Ilmu Gaib di sekolah.

Perlahan Issei mulai menyesuaikan dengan kehidupan barunya. Sembari terus berusaha bertahan hidup di dunia malaikat dan iblis yang kejam.

6. My Teen Romantic Comedy SNAFU

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

Anime romance school yang satu ini sebenarnya berjudul Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru, tapi karena terlalu panjang jadi lebih dikenal dengan judul Oregairu. Kalau kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sosial dan masalah psikologis, kamu akan menyukai anime romance shool yang ini.

Berkisah tentang Hachiman yang terasing dari pergaulan. Dia punya pandangan hidup negatif tetapi logis dan realistis, berbeda dengan teman sebayanya. Maka, dia memutuskan untuk menjadi seorang penyendiri.

Sampai akhirnya dia dipaksa gurunya bergabung dengan Klub Relawan. Di sanalah dia bertemu dengan Yukino, siswi tercantik dan terpandai.

7. Love, Chunibyo & Other Delusions

anime romance school_Love, Chunibyo & Other Delusions_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Kyoto Animation
  • Sutradara: Ishihara Tatsuya
  • Pengisi Suara: Uchida Maaya, Uesaka Sumire, Fukuyama Jun, Akasaki Chinatsu, Asakura Azumi
  • Jumlah Episode: 12

Seorang siswa menengah pertama, Yuuta Togashi, pernah mengalami masa-masa menjadi seorang ‘Chuunibyou’ (remaja yang mengalami delusi). Kini Yuuta ingin mengubur masa lalunya yang memalukan dan memulai hidup barunya di sekolah SMA.

Tapi, teman sekelasnya Rikka Takanashi, adalah seorang Chuunibyou baru. Saat gadis muda eksentrik ini menabrak kehidupan Yuuta, mimpinya untuk hidup normal pun hancur.

Namun, Rikka menemukan jejak Chuunibyou pada diri Yuuta dan memaksanya untuk ‘membuat kontrak’ dengannya. Kira-kira bagaimanakah nasib mimpi hidup normal Yuuta?

8. The Pet Girl of Sakurasou

anime romance school_The Pet Girl of Sakurasou_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: J.C.Staff
  • Sutradara: Ishizuka Atsuko
  • Pengisi Suara: Kayano Ai, Nakatsu Mari, Matsuoka Yoshitsugu, Horie Yui, Takamori Natsumi, Sakurai Takahiro
  • Jumlah Episode: 24

The Pet Girl of Sakurasou atau Sakura-sou no Pet na Kanojo merupakan sebuah anime yang menceritakan kisah persahabatan, cinta, ambisi dan patah hati yang mengharukan. Dilihat dari sudut pandang seorang manusia biasa yang dikelilingi oleh orang-orang yang tidak biasa.

Sorata, seorang siswa SMA yang tinggal di asrama dikeluarkan karena ketahuan memelihara kucing. Kemudian Sora pindah ke asrama kecil yang bernama Sakuras-sou. Asrama tersebut terkenal dengan tempat penampungan para berandal sekolah.

Setelah pindah ke asrama barunya, Sorata terjebak dan terpaksa harus belajar cara menghadapi sesama penghuni di sana. Suatu ketika, ada gadis cantik bernama Masahiro yang merupakan seorang pelukis terkenal, tapi dia tidak bisa berpakaian sendiri. Kemudian Sorata diberi tugas untuk merawat Masahiro.

9. Maid-sama!

anime romance school_Maid-sama!_

Misaki Ayuzawa adalah seorang ketua OSIS perempuan pertama di sekolah. Dulu tempat Misaki sekolah adalah sekolah khusus laki-laki yang telah berubah. Dia mengatur sekolahnya dengan sikap yang tegas dan disiplin.

Namun, Misaki menyembunyikan sebuah rahasia; dia bekerja di sebuah kafe untuk membantu keluarganya. Suatu hari seorang siswa terkenal dan cool, Takumi Usui, menemukan rahasia Misaki. Tak ingin rahasianya dibocorkan kepada siswa yang lain, terpaksa Misaki pun membuat kesepakatan dengan Takumi.

10. Nisekoi

Nisekoi
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Shaft
  • Sutradara: Akiyuki Shinbu
  • Pengisi Suara: Kana Hanazawa, Nao Touyama, Kouki Uchiyama
  • Jumlah Episode: 20

Kalau bicara soal Jepang, kita pasti takk asing dengan yang namanya Yakuza. Itulah yang akan jadi pembeda anime romance school yang satu ini.

Tenang, yang dibahas bukan soal Yakuza tetapi anak dari salah satu petinggi Yakuza, Ichijou Raku namanya. Dia adalah satu-satunya pewaris kepala Yakuza dari keluarga Shuei-gumi.

Seorang gadis cantik bernama Kirisaki Chitoge baru saja masuk ke kelas Raku sebagai siswi pindahan. Dia adalah putri kepala gangster.

Suatu keadaan memaksa Raku untuk menjadi pacar Chitoge. Padahal, mereka sama sekali tidak cocok dan Raku sebenarnya naksir teman sekelasnya yang bernama Kisaki. Inilah kisah cinta palsu Raku yang akan menghibur kamu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Mirip Nisekoi yang Seru dan Menghibur

11. Horimiya

anime romance school_Horimiya_

Hori Kyouko dan Miyamura Izumi merupakan dua siswa SMA yang memiliki sifat bertolak belakang. Hori dikenal sebagai seorang siswi sempurna dengan parasnya yang cantik dan juga otaknya yang cerdas. Sementara Miyamura dikenal tampak murung dan dijauhi oleh teman-teman sekelasnya.

Suatu ketika, Hori dan Miyamura bertemu di luar sekolah dan melihat sisi lain dari kepribadian mereka masing-masing. Miyamura mulai banyak menghabiskan waktu bersama di rumah Hori. Meski memiliki sifat yang berbeda, tapi mereka bisa dekat dalam waktu yang cukup singkat.

12. Ouran High School Host Club

anime romance school_Ouran High School Host Club_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Bones
  • Sutradara: Takuya Igarashi
  • Pengisi Suara: Miyano Mamoru, Sakamoto Maaya, Suzumura Kenichi, Matsuzake Masaya, Fujita Yoshinori, Saitou Ayaka, Kirii Daisuke
  • Jumlah Episode: 26

Haruhi Fujioka adalah seorang gadis yang mendapatkan beasiswa ke Akademi Ouran, sebuah sekolah elit yang hanya dimasuki oleh orang-orang kaya. Suatu ketika, saat Haruhi sedang mencari tempat yang tenang, dia secara tidak sengaja menemukan sebuah ruangan klub bernama Ouran Host Club.

Klub tersebut berisi siswa laki-laki yang menarik akan menghibur para gadis dari seluruh sekolah. Tapi, Haruhi terkejut dengan sambutan dari ketua klub dan menyebabkan dia secara tak sengaja memecahkan vas yang sangat mahal.

Demi bisa membayar hutannya, Haruhi terpaksa bekerja dan masuk ke dalam Ouran Host Club. Haruhi yang dianggap sebagai siswa laki-laki, terus menghibur para siswa perempuan demi bisa membayar hutangnya.

13. My Little Monster

anime romance school_My Little Monster_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Brain’s Base
  • Sutradara: Kaburagi Hiro
  • Pengisi Suara: Suzuki Tatsuhisa, Tomatsu Haruka
  • Jumlah Episode: 13

Shizuku Mizutani hanya peduli terhadap nilai pelajarannya dan apatis terhadap teman sekelasnya. Tapi, pandangannya yang dingin mulai berubah saat bertemu dengan Haru Yoshida, seorang pembuat onar dan kejam yang berhenti masuk ke kelas setelah perkelahian di awal tahun pelajaran.

Sifatnya mungkin terlihat sedikit sama, tapi Shizuku tetap terkejut saat Haru mengatakan akan menjadi temannya. Tapi, karena Shizuku jarang berinteraksi dengan orang lain, dia sulit memahami hubungan dirinya dengan Haru.

Tapi, perlahan hubungan mereka mulai berkembang dan menemukan banyak hal baru tentang Haru. Shizuku mulai mengembangkan perasaannya, tapi masih belum yakin dengan emosi perasaan yang dialaminya. Kemudian, mereka berdua saling mengeksplorasi sifat, hubungan dan emosi masing-masing.

14. Date A Live

anime romance school_Date A Live_

Tiga puluh tahun yang lalu, terjadi fenomena aneh yang disebut dengan ‘Spacequake’ (gempa spasial) menghancurkan benua Eurasia dan mengakibatkan 150 juta orang lebih meninggal. Sejak saat itu, terjadi spacequake yang lebih ringan dan datang secara tak teratur.

Shidou Itsuka, seorang murid SMA laki-laki, menemukan seorang gadis misterius di pusat spacequake dan segera menyelamatkannya. Gadis itu merupakan ‘roh’ dari dunia lain yang memicu terjadinya spacequake dan kekuatan misteriusnya.

Adik dari Shidou, Kotori Itsuka, memberitahu cara menyegel kekuatan roh dan menghentikan mereka agar tidak mengancam umat manusia. Cara tersebut adalah dengan membuat roh gadis tersebut jatuh cinta kepada Shidou.

15. ReLIFE

ReLife

Cerita yang disajikan anime romance school berjudul ReLife cukup unik. Bagaimana jadinya kalau sorang pengangguran berumur 27 tahun yang selalu gagal dapat pekerjaan berubah jadi ABG berumur 17 tahun dan kembali ke sekolah? Itulah yang terjadi pada Kaizaki Arata.

Hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan Yoake Ryou dari ReLife Research Institute yang menawarinya untuk menjadi subjek penelitian. Kaizaki diberi obat yang membuat tubuh 27 tahunnya kembali menjadi 17 tahun. Dia juga kembali hidup sebagai siswa SMA.

Lalu seperti apa Kaizaki Arata selama masa percobaannya? Temukan sendiri jawabannya dengan menonton anime ini, ya!

16. Monthly Girls' Nozaki-kun

anime romance school_Monthly Girls' Nozaki-kun_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Doga Kobo
  • Sutradara: Yamazaki Mitsue, Takeshita Ryouhei
  • Pengisi Suara: Okamoto Nobuhiko, Ozawa Ari, Sawahiro Miyuki, Nakamura Yuuichi, Nakahara Mai, Ono Yuuki, Kimura Ryouhei
  • Jumlah Episode: 12

Chiyo Sakura, seorang gadis SMA yang ceria, jatuh cinta pada Umetarou Nozaki. Tapi, Nozaki menganggap pernyataan cinta Chiyo hanya rasa suka seorang fans, sehingga dia memberikan tanda tangan untuk Chiyo.

Chiyo pun baru mengetahui kalau Nozaki ternyata seorang mangaka (komikus) yang banyak disegani dan memiliki nama pena ‘Sakaki Yumeno’. Serangkaian kesalahpahaman pun terjadi dan menyebabkan Chiyo menjadi salah satu asisten Nozaki. 

Sepanjang peristiwa tersebut Chiyo jadi memiliki banyak teman baru yang unik, seperti Mikoto Mikoshiba dan Yuu Kashima. Meskipun masih terjadi kesalahpahaman, Chiyo berharap suatu saat nanti Nozaki bisa menyadari perasaan Chiyo yang sesungguhnya.

17. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride [2014]
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara:  Takahiro Miki
  • Pemeran: Masahiro Higashide, Tsubasa Honda, Izumi Fujimoto, Ryō Yoshizawa, Yua Shinkawa
  • Jumlah Episode: 12

Siapa sih yang tidak mengalami cinta monyet waktu remaja? Futaba dan Tanaka Kou dipertemukan di kuil oleh hujan yang menahan mereka pulang.

Kedekatan mereka dimulai dari sana sampai kemudian Kou mengajak Futaba ke Festival Musik Musim Panas. Futaba menunggu, tetapi ternyata Kou tidak pernah datang. Bahkan Futaba juga tidak melihatnya di sekolah.

Tiga tahun kemudian, ketika sudah jadi murid SMA, Futaba kembali ke kuil yang sama dan bertemu dengan sosok yang tidak asing. Namun, keduanya sudah sama-sama berubah.

Dari sanalah cerita mereka dimulai, tentang cinta masa muda, persahabatan, dan trauma. Cocok kalau kamu sedang ingin memanggil kembali ingatan masa remaja.

18. Kimi ni Todoke

anime romance school_Kimi ni Todoke_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara: Kaburaki Hiro 
  • Pengisi Suara: Noto Mamiko, Namikawa Daisuke, Nakamura Yuuichi, Sanpei Yuuko, Sawashiro Miyuki
  • Jumlah Episode: 25

Sawako Kuronuma adalah seorang gadis SMA yang sering terlihat suram. Dia mendapatkan julukan ‘sadako’ karena rambutnya yang panjang dan gaya bicaranya yang kikuk. Dia tidak memiliki teman di sekolahnya.

Namun, suatu ketika dia bertemu dengan seorang laki-laki tampan dan populer bernama Kazehaya. Hidup Sawako yang suram mulai berubah setelah bertemu Kazehaya.

Dia juga mulai memiliki teman dan menjadi lebih dekat dengan Kazehaya. Perlahan, Wasako mulai menyukai Kazehaya dan dia pun memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya tersebut.

19. Rent-A-Girlfriend

anime romance school_Rent-A-Girlfriend_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Koga Kazuomi
  • Pengisi Suara: Amamiya Sora, Hiroe Shun
  • Jumlah Episode: 12

Di Jepang, ketika seseorang kesepian, mereka memiliki sebuah jalan keluar dengan memanfaatkan layanan online. Layanan tersebut bisa menyewakan ayah, ibu, anak bahkan pacar. Adalah Kazuya, seorang mahasiswa yang merasa putus asa setelah dicampakkan oleh seorang gadis pujaannya.

Suatu ketika, dia mencoba menggunakan layanan online untuk menyewa seorang pacar. Dia bertemu dengan Chizuru, seorang gadis yang memiliki senyum manis.

Tapi, Kazuya ingin merahasiakan hubungan palsunya dengan Chizuru. Hingga suatu ketika terjadi sebuah kejadian yang cukup kompleks. Akan berapa lamakah pasangan ini bisa bertahan?

20. The Quintessential Quintuplets

anime romance school_The Quintessential Quintuplets_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Tezuka Production
  • Sutradara: Kuwahara Satoshi
  • Pengisi Suara: Itou Miku, Minase Inori, Taketatsu Ayana, Sakura Ayane, Hanazawa Kana, Matsuoka Yoshitsugu
  • Jumlah Episode: 12

Seorang siswa SMA bernama Fuutaro Uesugi menjalani kehidupan yang sulit. Sifatnya yang cukup angkuh membuat dirinya tidak memiliki teman. Tidak hanya itu, dia juga harus bisa bertahan hidup karena ayahnya terlilit hutang.

Suatu hari, Uesugi berdebat dengan seorang siswi pindahan, Itsuki Nakano, yang telah mengklaim tempat duduknya. Hal tersebut mengakibatkan mereka jadi saling tidak suka.

Suatu ketika, Uesugi mendapatkan kesempatan emas untuk bisa melunasi hutang keluarganya yakni dengan bekerja sebagai tutor untuk putri dari keluarga kaya raya dengan upah yang cukup besar.Namun, betapa terkejutnya dia setelah melihat putri dari keluarga itu adalah Nakano.

Tidak hanya itu, Uesugi juga terkejut setelah mengetahui kalau Nakano memiliki empat saudara kembar! Meskipun enggan melanjutkan, Uesugi berusaha bertahan demi bisa membantu masalah keluarganya.

itulah 20 rekomendasi anime romance school. Kalau kamu lagi cari hiburan atau memang mau dibikin baper, anime romance school yang tertulis di atas bisa jadi pilihan.

Kira-kira, yang mana yang bikin kamu tertarik? Atau mungkin ada anime romance school yang seru dan belum tertulis? Kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram