logo web

10 Anime Sad Boy Terbaik, Siap-Siap Bercucuran Air Mata!

Ditulis oleh Siti Hasanah

Anime memiliki banyak genre. Masing-masing genre punya penggemarnya sendiri-sendiri. Salah satu anime yang juga banyak digemari adalah anime dengan jalan cerita sedih dimana karakternya diliputi berbagai kemalangan.

Pastinya bukan bermaksud untuk berbahagia melihat penderitaan orang, namun terkadang kesedihan mereka terasa relate dengan yang penggemar alami. 

Nah, di bawah ini ada beberapa anime dengan karakter sad boy. Ada banyak konflik dan jalan cerita yang membuat mereka menderita. Tidak jarang kisahnya membuat mata berkaca-kaca atau ikut hanyut terbawa emosi. Anime apa saja itu? Mari kita simak informasinya di bawah ini. 

1. Tokyo Ghoul 

anime sad boy-1_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Fantasy, Horror
  • Produksi: Funimation
  • Pengisi Suara: Natsuki Hanae, Sora Amamiya

Seri anime satu ini mengisahkan tentang seorang remaja setengah manusia setengah ghoul. Dia harus menyembunyikan identitasnya sebagai makhluk campuran sembari menahan diri untuk tidak meminum darah manusia.

Selain itu, ia juga harus bertahan hidup dan menyelamatkan diri dari satuan unit Polisi CCG (Commision of Counter Ghoul).

Sad boy kita di seri anime ini bernama Ken Kaneki. Dia adalah si manusia setengah ghoul yang jadi pusat cerita. Ken Kaneki adalah mahasiswa yang lemah dan ia akan lebih lemah lagi jika berhadapan dengan wanita yang cerdas lagi cantik. Kelemahan itulah yang membawanya pada Rize, ghoul yang mengubah hidupnya. 

Rize membunuh Ken Kaneki, tapi sebelum ia benar-benar melepaskan nyawanya, Rize terbunuh oleh satu insiden tragis. Tubuh Kaneki yang terkoyak habis kemudian dioperasi oleh seorang dokter. Organ-organ Kaneki yang rusak diganti dengan organ Rize yang bagus. Sejak itulah ia menjadi spesies unik, manusia setengah ghoul

Hidup Kaneki menjadi sangat sulit. Dia tidak bisa makan makanan manusia dan tidak juga meminum darah manusia seperti kebanyakan ghoul lainnya. Namun, akhirnya Kaneki bisa menaklukkan jiwa ghoul-nya dengan motivasi yang untuk melindungi Hide, satu-satunya sahabatnya. 

Kaneki kemudian bergabung dengan Café Anteiku, sebuah café unik tempat ghoul bersosialisasi dengan manusia. Sayangnya, hal-hal menyedihkan terus berdatangan ke dalam hidup Kaneki. Ia menyaksikan ibu temannya terbunuh, harus menjauhkan diri dari Hide sehingga ia merasa terasing dari dunia. 

2. The Maxim (kiseijuu: sei no Kakuritsu) 

anime sad boy-2_

Seri anime ini mengisahkan tentang Shinichi Izumi, seorang pemuda yang menjalani kehidupan normal di sebuah keluarga bahagia.

Kehidupannya yang tenang berubah saat dia menyadari ada parasit yang masuk ke tubuhnya dan menghancurkan tangan kanannya. Shinichi hidup sambil berusaha menyembunyikan ‘teman parasit’ yang merepotkannya. 

Shinichi adalah satu-satunya orang tidak terpengaruh otaknya meskipun tubuhnya dimasuki parasit bernama Migi itu.

Dia pun berusaha untuk melindungi keluarganya sambil terus menyembunyikan tangannya agar tidak dijadikan subjek percobaan. Akan tetapi, ia tidak mampu menyelamatkan ibunya. Sang Ibu meninggal setelah bepergian dengan Ayahnya. 

Migi yang tumbuh di dalam tubuh Shinichi berusaha untuk memberitahu bahwa wanita yang meninggal itu bukan Ibunya. Tapi kesedihan benar-benar memakannya. Dia sama sekali tidak melawan sebab kehilangan orang yang sangat penting di hidupnya. 

3. Seraph of the End: Vampire Reign 

anime sad boy-3_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Episode: 12
  • Genre: Wit Studio 
  • Produksi: Action, Drama, Supernatural 
  • Pengisi Suara: Saori Hayami, Kenshi Ono, Yuuichi Nakamuram Miyu Irino 

Tidak kalah tragis dari karakter lain di sini, Mikaela Hyakuya selalu diliputi kesedihan akibat kenangan rencana masa depannya. Dia sudah membuat rencana untuk kabur dari para Vampir dan bahagia dengan keluarganya. Tapi itu semua gagal. Dia bahkan nyaris tewas dan berubah diubah menjadi Vampir oleh Kurl, si Ratu Vampir. 

Mikaela terus terusan berurusan dengan hal yang tidak ia kehendaki. Satu-satunya orang yang memahaminya adalah Yu, anggota keluarga yang tersisa. Yu mengira dirinya sudah mati. Ia pun was-was dengan reaksi Yu jika tahu bahwa dirinya kini telah menjadi Vampir. 

Masalah yang membelitnya semakin memburuk. Selain itu, dia pun semakin haus akan darah manusia tapi menolak untuk membunuh. 

4. Blue Spring Ride 

anime sad boy-4_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Episode: 12
  • Genre: Drana, Romance, Slice of Life
  • Produksi: Production I.G
  • Pengisi Suara: Ryouo Shiraishi, Maaya Uchida 

Kou “Tanaka” Mabuchi dari anime ini punya kisah yang tidak kalah menyedihkan. Di awal kisah dia digambarkan sebagai karakter yang dingin tapi menarik. Ketika dia dan Futaba Yoshioka masuk SMA, mereka menjalin hubungan percintaan. Tapi, mendadak Kou hilang. Tiga tahun berlalu, Kou kemudian muncul di sekolah. 

Kou menjadi remaja yang berbeda. Ia tidak ingat pada Futaba. Bagi gadis itu, Kou bukanlah orang yang ia kenal dulu. Sikap Kou sangat dingin dan seolah tidak mengizinkan siapa pun mendekatinya. Futaba kemudian mencari tahu apa yang terjadi pada Kou. 

Rupanya orang tua Kou bercerai dan ia pergi bersama ibunya. Sang Ibu meninggal karena sakit dan dia kembali ke Tokyo untuk tinggal bersama saudara dan Ayahnya. 

Kou sangat terpukul karena kepergian sang Ibu. Dia bertekad akan melindungi perasaannya dengan jaga menjaga jarak dengan siapa pun. Di kota Tokyo yang ramai, Kou merasa kesepian. Dia pun kehilangan kepercayaan kepada orang lain. 

5. Valvrave the Liberator 

anime sad boy-5_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Episode: 12
  • Genre: Mecha, Military, Space
  • Produksi: Sunrise 
  • Pengisi Suara: Youhei Kimura, Haruka Tomatsu, Ryouta Oosaka, Asami Seto

Haruto Tokishima memang bukanlah karakter yang hidup bahagia. Karakter yang tinggal di luar angkasa ini dulunya hidup dengan tenang. Tapi invasi Federasi Pakta Militer Dorrsia membuat hidupnya berubah. Dia dipaksa untuk menjadi pilot Valvrave. Menjadi pilot robot itu berarti harus melepaskan sisi kemanusiaannya. 

Sejak awal di menjadi pilot robot itu, ia merasa bahwa dirinya bukan lagi manusia. Ia merasakan dorongan untuk darah dan menggigit daging manusia seperti vampir. Tapi dia harus melindungi Shashinami Shouko, gadis yang dia cintai sekaligus teman masa kecilnya. 

Untuk itu, ia harus menjaga jarak dari Shouko. Semakin ingin berjarak dengan siapa pun, Haruto malah diberi tanggung jawab untuk melindungi orang-orang. Dia membenci semua hal karena berubah menjadi kacau. 

6. Guilty Crown 

anime sad boy-6_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Episode: 22
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi 
  • Produksi: Production I.G
  • Pengisi Suara: Ai Kayano, Yuuki Kajim Yuuichi Nakamura 

Seri Guilty Crown ini mengikuti Ouma Shuu, protagonis kita yang juga bernasib malang. Remaja berusia 17 tahun itu memiliki kemampuan aneh, yakni Kemampuan Raja.

Dengan kemampuan itu, ia dapat mengekstrak senjata dari tubuh orang lain. Shuu digambarkan sebagai remaja yang lesu dan pendiam. Dia selalu menghindari masalah. 

Namun, suatu hari ia bertemu dengan Inori Yuzuriha dan terpaksa meninggalkan hidupnya yang damai. Shuu bergabung dengan kelompok yang kontra terhadap organisasi GHQ di Jepang.

Ia menyukai Inori, tapi itu tidak cukup untuk membuatnya merasa nyaman. Terlebih lagi ia tidak tahu bagaimana perasaan Inori sesungguhnya. 

Selain itu, Shuu masih ingin menjalani kehidupan yang normal lagi. Ia benci bertarung dan menolak untuk menerima perubahan hidupnya. 

7. No. 6 

anime sad boy-7_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Episode: 11
  • Genre: Action, Drama, Mystery, Sci-Fi 
  • Produksi: Bones 
  • Pengisi Suara: Yoshimasa Hosoya, Yuuki Kaji, Kiyono Yasuno 

Di anime bertema fiksi ilmiah ini, Shion berusaha untuk beradaptasi dengan kehidupannya yang baru. Lingkungannya yang baru adalah kehidupan yang indah di masyarakat kelas atas. Tempat tinggalnya pun mewah. Secara penampilan, Shion tidak ada masalah. Dia pun cerdas dan bersekolah di sekolah khusus. 

Namun, ia dihadapkan pada situasi yang rumit yang membuatnya terlempar dari kasta kelas atas. Kenyamanannya hilang dan ia pun dicurigai terlibat pembunuhan. Dia menemukan fakta yang miris dari kota tempat tinggalnya sekarang. Yang harus ia lakukan sekarang adalah bertahan hidup. 

Namun, Shion terkena penyakit yang membuat tubuhnya rusak. Kesedihannya bertambah saat dia berpisah dari Ibunya. Ini adalah sebuah pukulan yang paling meruntuhkan pertahanan hidupnya. 

8. Natsume Yuujinchou 

anime sad boy-8_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Episode: 13
  • Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural 
  • Produksi: Brain’s Base 
  • Pengisi Suara: Hiroshi Kamiya, Kazuhiko Inoue 

Sungguh menyedihkan karakter satu ini. Sejak awal seri ini diputar, Takashi Natsume, protagonist kita ini berada di situasi yang sulit. Dia yatim piatu dan berganti keluarga hampir setiap tahun. Keluarga yang merawatnya menganggap Takashi adalah anak aneh. Namun, sebetulnya keanehannya justru adalah sebuah berkah. 

Takahashi bisa melihat roh dan itu membuat orang lain memandangnya dengan aneh. Takahashi adalah sad boy sempurna di sini. Dia terkucilkan dan masa kecilnya sangat kelam. Dia pun tumbuh menjadi anak yang dingin. Sikap dingin Takahashi adalah pertahanan dirinya agar ia tidak semakin terpuruk. 

Dia pun takut untuk menjalin kedekatan dengan orang lain dikarenakan kemampuannya melihat hantu. Dia juga lelah dengan kepura-puraannya selama ini. Setiap kali ia melihat roh dan hantu, ia akan berpura-pura untuk tidak melihat mereka. 

9. Loveless 

anime sad boy-9_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Episode: 12
  • Genre: Action, Boys Love, Drama,Fantasy, Mystery, Romance, Supernatural 
  • Produksi: J.C Staff 
  • Pengisi Suara: Junko Minagawa, Katsuyyuki Konishi 

Loveless menggambarkan Aoyahi Ritsuka, seorang bocah laki-laki yang tersiksa oleh banyak hal. Situasi keluarganya sulit karena ibunya gila dan saudaranya dibunuh. Kemunculan Agatsumi Soubi memperburuk hidup Aoyagi. Agatsumi menunjukkan pada Aoyagi tentang dunia yang penuh perjuangan dan rasa sakit. 

Aoyagi yakin bahwa Agatsu tahu sesuatu mengenai kematian saudaranya. Hubungan Agatsu dan dirinya menjadi rumit. Semua rasa berkecamuk dalam hatinya. Ia membenci Agatsu tapi ia tidak bisa menyakitinya. Tapi ia juga menyadari ada rasa cinta dalam hatinya. 

10. Neon Genesis Evangelion 

anime sad boy-10_
  • Tahun Rilis: 1996
  • Episode: 26 
  • Genre: Action, Avant-Garde, Drama, Sci-Fi 
  • Produksi: Gainax, Tatsunoko Production
  • Pengisi Suara: Ogata Megumi, Yuko Miyamura, Megumi Hayashibara, Kotono Mitsuishi 

Mengusung genre fiksi ilmiah, kisah dalam Neon Genesis Evangelion ini mengikuti Shinji Ikari yang direkrut oleh Ayahnya untuk menjadi pilot EVA. Dia dipersiapkan untuk peperangan dengan makhluk bernama Angel. Anime ini mengambil latar pasca apokaliptik dimana dunia sedang terancam bahaya yang besar.

Shinji digambarkan sebagai seorang pria yang sangat normal. Saking normalnya, kita mungkin akan menganggap bahwa ia adalah seseorang yang naif.

Kehidupan Shinji berubah saat ia dipaksa bergabung dengan organisasi NERV oleh Ayahnya. Shinji dan sang Ayah mempunyai hubungan yang tidak baik. Ia ditinggalkan oleh ayahnya yang terobsesi menjadi pilot robot Evangelion. 

Ketika bertemu dengan sang Ayah, Shinji kembali merasa jadi anak yang tidak diinginkan. Ketika Shinji bertemu dengan ayahnya pun, dia masih bersikap dingin pada Shinji.

Sekalipun Shinji setuju untuk bergabung dengan Organisasi Nerv, tapi itu tidak dilakukannya dengan sepenuh hati. Dia tidak pernah menunjukkan antusiasme apapun ketika menjalankan misi. 

Shinji pun harus kehilangan Toji Suzuhara, sahabatnya sebab ia diambil oleh Angel sehingga dengan terpaksa Shinji membunuh Toji. Dia harus melakukan itu demi menyelamatkan Tokyo dan manusia.

Shinji menjalani semuanya dengan terpaksa. Ia tidak berani menyanggah Ayahnya sebab ia takut itu akan memperburuk hubungannya. 

Itu dia 10 anime sad boy yang hidupnya penuh kemalangan dan ketidakberuntungan. Melihat jalan hidupnya, tidak salah jika mereka layak disebut dengan sad boy.

Menjadi sad boy bukan hanya tidak beruntung dalam percintaan, tapi juga dalam aspek kehidupan yang lain yang juga tragis. Yang paling mengerikan adalah ditinggalkan oleh keluarga sendiri. Contohnya adalah karakter di atas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram