logo web

20 Anime Terbaik Tentang Samurai, Rugi Kalau Belum Nonton!

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Samurai selalu jadi tema menarik untuk sebuah anime. Uniknya lagi, anime-anime seperti ini biasanya menyisipkan sejarah Jepang yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, bahkan menampilkan beberapa tokoh yang memang ada di dunia nyata.

Tak hanya itu, anime samurai juga sering menyelipkan pesan atau nilai kehidupan yang sangat penting, lho!

Kalau kalian termasuk penggemar kartun Jepang tapi belum tahu banyak soal anime samurai, Showpoiler punya banyak rekomendasi anime yang pas buat kalian. Mulai dari yang komedi hingga penuh darah, ini dia 20 anime bertema samurai yang wajib untuk ditonton!

1. Samurai Champloo

Samurai Champloo (Copy)

Samurai Champloo merupakan anime yang diproduksi oleh Studio Manglobe dan memiliki 26 episode. Ceritanya sendiri berawal dari seorang gadis bernama Fuu yang bertemu dengan dua laki-laki di tempat kerjanya.

Dua pria itu adalah Mugen dan Jin. Mugen termasuk tipe pria yang bebas dan tak mau mengikuti aturan, sedangkan Jin adalah ronin yang memiliki masa lalu kelam.

Mugen dan Jin lalu bertarung karena suatu alasan, tapi pertarungan itu justru berakibat fatal sampai-sampai keduanya harus berurusan dengan pihak berwajib. Mugen dan Jin nyaris dieksekusi, tapi mereka dibantu oleh Fuu sehingga keduanya bisa lolos dari hukuman tersebut.

Sebagai imbalan, Fuu memaksa Mugen dan Jin untuk membantunya mencari seseorang, yaitu samurai yang memiliki aroma bunga matahari. Fuu rupanya ingin mencari jawaban tentang masa lalunya, tapi ia membutuhkan bantuan Mugen dan Jin untuk mengungkap semuanya.

2. Dororo

anime samurai_Dororo_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural
  • Produksi: Tezuka Productions, MAPPA
  • Sutradara: Furuhashi Kazuhiro
  • Pengisi Suara: Suzuki Hiroki, Suzuki Rio
  • Jumlah Episode: 24 

Cerita Dororo diadaptasi dari seri manga sejarah supernatural karya Osamu Tezuka. Mengisahkan seorang samurai bernama Kagematsu Daigo, merupakan orang yang serakah dan akan melakukan apapun demi kekuasaan.

Dia meninggalkan ajaran Buddha dan membuat perjanjian dengan iblis. Doanya lalu terjawab oleh 12 iblis yang memberi kekuatan yang diinginkannya. Tapi, dia harus mengorbankan putra pertamanya demi keserakahannya tersebut.

Kemudian, Hyakumaru, anak Kagematsu yang lahir cacat secara fisik dibuang ke sungai. Hyakumaru masih diberi keberuntungan dan diselamatkan oleh seseorang. Kini, dia bisa hidup meskipun tidak bisa melihat, mendengar dan tidak bisa merasakan apa pun.

Dia berjuang untuk mengalahkan iblis yang telah mengambil sebagian tubuhnya. Sampai akhirnya Hyakumaru berhasil mendapatkan kembali bagian tubuhnya yang hilang.

Selama beberapa tahun, Hyakumaru berkelana seorang diri, sampai suatu hari ada seorang anak yatim piatu bernama Dororo yang menemaninya. Hyakumaru dan Dororo berjuang bersama untuk kelangsungan hidup mereka yang penuh dengan serangan iblis.

3. Gintama

Gintama

Seperti kebanyakan anime, Gintama diadaptasi dari manga berjudul sama karya Hideaki Sorachi yang mulai terbit tahun 2003. Sampai saat ini, Gintama jadi salah satu mangga/anime populer di dunia. Bahkan, versi live action-nya pun telah dibuat dan diluncurkan tahun 2017 lalu.

Anime yang satu ini mengambil setting zaman Edo yang pada masa itu diceritakan terjadi invasi oleh alien. Anime ini sendiri berpusat pada kisah kehidupan sehari-hari seorang samurai nyentrik bernama Gintoki Sakata.

Tapi tidak seperti samurai pada umumnya, Gintoki bekerja serabutan demi uang dibantu dengan dua temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura.

Salah satu hal menarik dari anime ini adalah unsur komedinya yang tak biasa. Gintama dikenal memiliki selera humor yang nyeleneh, bahkan sering sekali memparodikan manga/anime populer lainnya. Namun di balik itu semua, Gintama tetap menyuguhkan adegan-adegan pertarungan yang epik dan menegangkan.

4. Drifters

anime samurai_Drifters_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Produksi: Hoods Drifters Studio
  • Sutradara: Suzuki Kenichi
  • Pengisi Suara: Nakamura Yuuichi, Uchida Naoya, Saiga Mitsuki
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Drifters, anime samurai yang selanjutnya mengambil latar pada Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600. Shimazu Toyohisa adalah anggota pasukan yang berdiri di barisan belakang, dia mundur karena terluka parah.

Di sebuah lorong putih yang modern dan berkilau, dia bertemu seorang pria bernama Murasaki. Kemudian Toyohisa ditarik ke pintu terdekat dan muncul di sebuah dunia yang sama sekali tidak dikenalinya.

Di sana terdapat sebuah tanah asing yang dihuni oleh segala macam makhluk fantastis, serta para pejuang dari berbagai era yang dianggap Toyohisa telah tiada.

Tak membutuhkan waktu lama, Toyohisa berteman dengan panglima perang terkenal, Oda Nobunaga dan pemanah kuno Nasu Yoichi Suketaka. Toyohisa pun mengetahui kerusuhan politik yang sedang melanda benua itu.

Selanjutnya, mereka yang dipanggil dengan sebutan Drifters dan berusaha melawan Ends, orang-orang yang bertanggung jawab atas terciptanya Kekaisaran Orte dan mencoba memusnahkan Drifters.

Saat Ends menjadi lebih kuat, semakin banyak terjadi penganiayaan. Kini, Toyohisa dan kelompok pahlawan Drifters pergi bertempur dalam perang dunia baru untuk membantu rakyat, sambil melindungi tanah mereka. 

5. Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin

Anime yang juga dikenal sebagai Samurai X ini diadaptasi dari manga karya Nobuhiro Watsuki yang mulai dipublikasikan tahun 1994. Anime ini berlatar belakang zaman Meiji yang dianggap sebagai zaman baru Jepang setelah runtuhnya Keshogunan Tokugawa.

Pada masa inilah hidup seorang samurai yang sangat kuat bernama Kenshin Himura. Ia dulunya adalah anggota kelompok Choshu yang menentang Shogun dan dijuluki Hitokiri Battousai atau Battousai Si Pembantai.

Tapi, Kenshin sudah meninggalkan masa lalunya dan berusaha berubah, ia bahkan bertekad untuk tidak membunuh lagi. Dalam perjalanan hidupnya, Kenshin akhirnya bertemu dengan orang-orang baik yang kemudian jadi sahabatnya, mulai dari Kaoru Kamiya, Sanosuke Sagara, hingga Megumi Takani.

Walau sudah berubah, Kenshin tetap saja menghadapi banyak masalah yang mengharuskannya bertarung. Bahkan, ia harus berhadapan dengan musuh yang sangat kuat bernama Makoto Shishio.

6. Afro Samurai

Afro Samurai (Copy)
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure
  • Produksi: Studio Gonzo
  • Sutradara: Fuminori Kizaki, Takeshi Koike
  • Pengisi Suara: Ron Perlman, Samuel L. Jackson, Crystal Scales (English Cast)
  • Jumlah Episode: 5

Afro Samurai merupakan anime produksi Studio Gonzo yang bercerita tentang balas dendam sekaligus persaingan di dunia samurai.

Dalam anime ini, terdapat sebuah aturan bahwa pemilik ikat kepala no. 1 akan dianggap sebagai samurai terkuat dan terhebat. Siapa saja boleh menantang dan merebut ikat kepala tersebut dari pemiliknya, asalkan si penantang memiliki ikat kepala no.2.

Cerita Afro Samurai sendiri berpusat pada seorang laki-laki bernama Afro. Saat masih kecil, ayahnya adalah pemegang ikat kepala no.1, tapi saat itu datang seorang penantang yang memiliki ikat kepala no.2 dan berhasil membunuh ayah Afro.

Afro lalu diberi ikat kepala no.2, ia pun bersumpah bahwa ia akan balas dendam dan menghabisi pembunuh ayahnya. Tapi, perjalanan Afro tidak mudah karena ikat kepala no.2-nya sempat dirampas oleh orang lain.

Afro akhirnya terus berlatih menjadi samurai yang lebih kuat dan memburu orang yang memiliki ikat kepala no.2. Karena bila ia berhasil memiliki ikat kepala tersebut, maka ia bisa balas dendam dengan menantang si pemilik ikat kepala no.1 yang notabene adalah pembunuh ayahnya.

7. Basilisk: The Kouga Ninja Scrolls

anime samurai_Basilisk The Kouga Ninja Scrolls_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance, Supernatural
  • Produksi: Gonzo
  • Sutradara: Kizaki Fuminori
  • Pengisi Suara: Toriumi Kousuke, Mizuki Nana, Hayami Show
  • Jumlah Episode: 24

Anime ini menceritakan sebuah klan ninja Iga dan Kouga yang selama berabad-abad terlibat dalam perang sengit. Nanmun, akhirnya Tokugawa Ieyasu memerintahkan kedua klan itu untuk meletakkan senjata mereka.

Bertahun-tahun kemudian, Kouga Gennosuke yang merupakan pewaris klan Kouga, dan Iga Oboro yang merupakan pewaris klan Iga, saling jatuh cinta. Melalui pernikahan kedua ahli waris ini, mereka berharap bisa membawa perdamaian dua klan.

Namun, harapan mereka pupus ketika api persaingan antar klan mereka kembali terjadi. Mereka pun terseret ke dalam perang yang lain. 

Sementara itu, kedua cucu Ieyasu mengklaim akan menjadi penerus shogun berikutnya. Untuk menyelesaikan perseteruan ini, Kouga dan Iga diperintahkan untuk mengirim 10 prajurit terbaik mereka untuk bertarung dalam battle royale berdarah. 

8. Hyakka Ryouran: Samurai Girls

anime samurai_Hyakka Ryouran Samurai Girls_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Comedy, Ecchi
  • Produksi: Arms
  • Sutradara: Shizuo Koubun
  • Pengisi Suara: Yuuki Aoi, Kugiyama Rie, Hirakawa Daisuke, Kotobuki Minako
  • Jumlah Episode: 12

Cerita samurai pada anime ini mengambil latar pada awal abad 21 di Jepang, di mana Keshogunan Tokugawa masih tetap berkuasa. Jepang berhasil membuat iri negara lain dengan pemandangan yang indah dan orang-orang yang makmur.

Tapi, ada ancaman serius yang menghampiri negara tersebut. Satu-satunya pertahanan Jepang yang hebat adalah penjaga misterius yang dikenal sebagai Master Samurai.

Di suatu sekolah Akademik Buou, atas perintah OSIS, seorang samurai muda bernama Muneakira Yagyuu tiba. Di sekolah yang dijalankan oleh Keshogunan Tokugawa ini, para siswa mendapatkan pendidikan yang diperuntukan untuk menjalankan negara.

Sekolah itu dipimpin oleh ketua OSIS bernama Tokugawa Yoshihiko dan adiknya Sen, yang juga merupakan teman masa kecil Muneakira. Ketika tiba di akademi, Muneakira menemukan sebuah pertarungan yang mengerikan.

Selama kekacauan itu, langit dipenuhi dengan cahaya putih aneh dan muncul seorang gadis misterius bernama Yagyuu Juubei. Juubei tiba-tiba mencium Muneakira dan membangkitkan kekuatan asing yang berhasil melindungi mereka.

9. Hakuoki

anime samurai_Hakuoki_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Drama, Supernatural
  • Produksi: Studio Deen
  • Sutradara: Yamasaki OSamu
  • Pengisi Suara: Toriumi Kousuke, Morikubo Shoutarou, Miki Shinichiro, Yusa Kouji, Yoshino Hiroyuki, Kuwashima Houko, Tsubooi Tomohiro, Tobita Nobuo
  • Jumlah Episode: 12

Berlatar pada tahun 1864 di Jepang. Yukimura Chizuru adalah seorang wanita muda yang tengah mencari ayahnya yang hilang bernama Koudou dan merupakan seorang dokter. Tanpa ada kabar selama berbulan-bulan dari ayahnya, Chizuru menyamar sebagai seorang pria dan pergi ke Kyoto untuk mencari sang ayah.

Penampilan Chizuru menarik perhatian ronin (samurai tanpa tuannya). Dia pun mencoba bersembunyi, namun menemukan pemandangan yang mengerikan.

Seorang ronin dibunuh secara brutal oleh seorang pria gila berambut putih. Kemudian, anggota Shinsengumi tiba dan menghancurkan makhluk-makhluk itu. Tak bertahan lama, Chizuru ditangkap oleh sekelompok pria yang mengikatnya dan membawanya ke markas mereka. 

Ketika berada di markas Shinsengumi, Chizuru menyebutkan nama ayahnya. Anggota Shinsengumi pun memutuskan untuk menjaga Chizuru agar tetap aman. Tak lama, Chizuru mendapati dirinya terlibat dalam konflik antara Shinsengumi dengan musuh mereka, dan ketegangan politik yang terjadi di Kyoto.

10. Sengoku Basara: Samurai Kings

Sengoku Basara (Copy)
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara: Itsuro Kawasaki
  • Pengisi Suara: Kazuya Nakai, Norio Wakamoto, Soichiro Hoshi, Hiroki Shimowada, Kouji Tsujitani 
  • Jumlah Episode: 12

Tidak seperti anime lain yang umumnya berasal dari manga, Sengoku Basara atau Samurai Kings justru diangkat dari sebuah video game dengan judul yang sama.

Seperti judulnya, anime ini berlatar belakang Jepang di zaman Sengoku yang masih penuh dengan peperangan. Beberapa tokoh Jepang pun dimasukkan ke dalam anime ini, tapi tentu saja karakternya sudah dikembangkan agar sesuai dengan jalan cerita.

Kisah Sengoku Basara berawal dari kemunculan Oda Nobunaga yang mengklaim bahwa dirinya adalah orang terkuat dan paling berkuasa. Tak hanya itu, ia juga berniat menaklukkan seluruh wilayah Jepang dengan semua kekuatan yang ia punya.

Di sisi lain, ada dua tokoh bernama Date Masamune dan Sanada Yukimura yang berasal dari klan berbeda. Keduanya menjadi rival dan selalu bermusuhan. Akan tetapi, dua tokoh ini akhirnya bersatu untuk melawan Oda Nobunaga yang dijuluki sebagai Si Raja Iblis.

11. Brave 10

anime samurai_Brave 10_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Adventure
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Sayama Kiyoko
  • Pengisi Suara: Ono Daisuke, Saitou Rina
  • Jumlah Episode: 12

Brave 10, anime yang mengambil latar satu tahun sebelum peperangan Sekigahara. Ceritanya mengikuti perjalanan pemuda bernama Saizou, seorang ninja tak bertuan, dan Isanami, seorang pendeta muda di Izumo.

Kuil milik Isanami dihancurkan oleh Tokugawa Ieyasu karena memihak Yukimura Sanada. Secara kebetulan Saizou dan Isanami bertemu, kemudian mereka pergi ke Kastil Ueda untuk meminta bantuan Yukimura Sanada.

Mereka sama-sama melakukan perjalanan untuk mencari prajurit yang kuat untuk melayani Yukimura. Sementara itu, Sanada telah berhasil mengumpulkan 10 orang prajurit yang dikenal dengan Sanada Brave 10. 

12. Samurai 7

Samurai 7
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Sci-Fi
  • Produksi: Studio Gonzo
  • Sutradara: Toshifumi Takizawa
  • Pengisi Suara: Junji Inukai, Kong Kuwata, Masaki Terasoma, Romi Park, Shinichiro Miki
  • Jumlah Episode: 26

Samurai biasanya identik dengan zaman Jepang kuno, tapi anime dengan 26 episode ini mengambil setting masa depan yang sangat maju. Anime ini bercerita tentang Desa Kanna yang diteror oleh kelompok bandit Nobuseri.

Nobuseri dulunya adalah para samurai yang kemudian berubah menjadi mesin, sekarang mereka sering memeras penduduk desa serta merampas hasil panennya.

Penduduk desa yang tidak berdaya hanya bisa pasrah karena tidak mampu melawan Nobuseri. Namun karena tidak tahan dengan ulah para bandit tersebut, penduduk desa pun mulai bergerak. Sang kepala desa kemudian mengusulkan untuk menyewa samurai demi melindungi desa dari Nobuseri.

Beberapa orang dari Desa Kanna akhirnya pergi mencari samurai yang bisa mereka sewa. Pencarian ini pun tidak mudah karena Desa Kanna yang miskin hanya sanggup memberi bayaran berupa beras.

Tapi, rupanya ada beberapa samurai yang bersedia menerima pekerjaan dari Desa Kanna dan mulai mempersiapkan pertahanan untuk melawan Nobuseri.

13. Katsugeki/Touken Ranbu

anime samurai_Katsugeki Touken Ranbu_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Fantasy
  • Produksi: ufotable
  • Sutradara: Shirai Toshiyuki
  • Pengisi Suara: Saitou Souma, Kimura Ryouhei, Hama Kento, Enoki Junya, Yamashita Seiichirou, Sakurai Tooru
  • Jumlah Episode: 13

Pada tahun 1863, Kanasada Izuminokami dan rekannya, Kunihiro Horikawa, datang dari masa depan dan tiba di jalanan Edo. Mereka bermaksud untuk menyelidiki laporan tuan mereka tenang invasi musuh yang akan datang.

Sebagai manifestasi humanoid dari pedang Hijikata Toshizou yang terkenal, mereka ditugaskan untuk melindungi sejarah dari Tentara Retrograde yang berusaha mengubahnya.

Izuminokami dan Horikawa langsung meminta bantuan pendekar pedang lainnya. Mereka pun terus menerus bertempur melawan pasukan misterius selama periode Bakumatsu. 

Tapi, perjalan para pendekar pedang nyatanya tidak mudah. Perjuangan mereka akan penuh dengan darah dan pengkhianatan di era yang kacau balau. Bahkan, duo pendekar pedang Izuminokami dan Horikawa, dipaksa untuk membuat keputusan yang sulit.

14. Shigurui: Death Frenzy

Shigurui Death Frenzy (Copy)
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: Madhouse
  • Sutradara: Hiroshi Hamasaki
  • Pengisi Suara: Daisuke Namikawa, Emi Shinohara, Houko Kuwashima, Nozomu Sasaki 
  • Jumlah Episode: 12

Anime besutan Madhouse Studios ini memiliki cerita yang cukup suram. Anime ini memiliki 12 episode dan diadaptasi dari manga karya Takayuki Yamaguchi.

Kalau kalian suka dengan anime penuh darah, maka Shigurui: Death Frenzy bisa jadi pilihan yang tepat. Cerita anime ini sendiri mengambil latar belakang tahun 1629 atau di zaman Edo.

Pada masa itu, Tokugawa Tadanaga menggelar turnamen pedang yang dipastikan akan menyebabkan pertumpahan darah. Turnamen ini lalu mempertemukan dua samurai kuat, yaitu Fujiki Gennosuke yang hanya memiliki satu tangan dan Seigen Irako yang mengalami kebutaan.

Menariknya, mereka sama-sama berguru pada seorang ahli pedang terkenal bernama Master Kogan. Walau berguru pada orang yang sama, keduanya punya jalan hidup berbeda.

Gennosuke memilih menjadi samurai sejati yang selalu setia pada tuannya, sedangkan Irako lebih suka menjalani hidup bebas dan tak terikat aturan.

15. House of Five Leaves

Saraiya Goyou (Copy)
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama, Mystery
  • Produksi: Manglobe
  • Sutradara: Tomomi Mochizuki
  • Pengisi Suara: Daisuke Namikawa, Takahiro Sakurai, Ao Takahashi, Fuyuka Oura 
  • Jumlah Episode: 12

Saraiya Goyou atau House of Five Leves termasuk anime bertema samurai yang cukup unik. Anime besutan Studio Manglobe dengan 12 episode ini terfokus pada kisah hidup Akitsu Masanosuke.

Akitsu merupakan ronin yang sebenarnya memiliki kemampuan pedang yang cukup baik, tapi ia punya kepribadian yang naïf dan pemalu. Sifatnya tersebut justru membuat Akitsu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sampai suatu hari ia akhirnya bertemu dengan seorang laki-laki bernama Yaichi.

Yaichi lalu memutuskan untuk memperkerjakan Akitsu sebagai bodyguard. Yaichi sendiri rupanya adalah pemimpin sebuah kelompok pencuri bernama Goyou.

Kelompok ini memiliki beberapa anggota dengan latar belakang serta tugas yang berbeda-beda. Awalnya Akitsu sangat terganggu dengan kegiatan kelompok Yaichi yang terkesan kejam.

Tapi seiring berjalannya waktu, Akitsu menyadari adanya motif lain dari kelompok ini. Ia juga mulai mengagumi Yaichi yang karismatik dan semakin tertarik dengan dunia mereka.

16. Mushibugyo

anime samurai_Mushibugyo_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Fantasy, Ecchi
  • Produksi: Seven Arcs Pictures
  • Sutradara: Hanamana Takayuki
  • Pengisi Suara: Kenn, Ookubo Rumi, Eguchi Takuya, Terashima Takuma, Serizawa Yuu
  • Jumlah Episode: 26

Anime ini mengikuti kisah Tsukishima Jinbee, seorang pemuda yang berjuang untuk menjadi ahli pedang. Pada masa Feodal di Jepang, orang-orang Edo dikepung oleh serangga raksasa perusak. Orang-orang memohon pada pemerintah untuk melakukan sesuatu tentang hal tersebut.

Kemudian dibentuklah Kantor Magistrate Serangga dan dikumpulkan prajurit kuat untuk melawan serangga raksasa itu. Jinbee pun menggantikan posisi ayahnya di kantor Magistrate Serangga untuk menebus kesalahannya.

Dalam perjalanannya, Jinbee bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Haru. Dia merupakan seorang wanita yang membantu mengelola kedai teh milik keluarganya. Namun, Haru dipaksa menggunakan pedang untuk menyelamatkan dirinya.

Keberanian Haru ini membuatnya bisa bergabung dengan anggota Magistrate Serangga. Akankah pembasmi pemula ini dapat menghancurkan serangga raksasa yang menyerang?

17. Orient

anime samurai_Orient_

Orient diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Mengusung tema samurai dengan cerita yang cukup unik. Ceritanya mengikuti kisah Musashi dan temannya, Kojiro, yang bercita-cita menjadi seorang samurai. Padahal, pada masa itu menjadi samurai adalah sebuah hal yang tabu.

Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Tsugumi, seorang gadis yang memiliki pengetahuan tentang samurai yang lebih banyak dibanding mereka berdua. Mereka bertiga kemudian membentuk kelompok bushidan sendiri dan berpetualang untuk menghancurkan iblis.

Baca juga: Inilah 10 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Orient

18. Manyuu Hikenchou

anime samurai_Manyuu Hikenchou_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Comedy, Ecchi
  • Produksi: Hood Entertainment
  • Sutradara: Kaneko Hiraku
  • Pengisi Suara: Kotobuki Minako, Mizuhara Kaoru, Noto Mamiko, Toyosaki Aki
  • Jumlah Episode: 12

Manyuu Hikenchou dikenal juga dengan judul Magic Breast Secret Sword Scroll. Meskipun bertema tentang samurai, tapi anime yang satu ini agak berbeda dari anime samurai kebanyakan. Latar pada anime ini adalah masa Edo di Jepang, saat pemerintahan Keshogunan Tokugawa. 

Pada era ini, payudara memiliki arti segalanya, karena bisa menjamin kekayaan dan popularitas. Di dalam shogun, ada sekelompok prajurit yang mendukung pemerintah, mereka adalah Klan Manyuu.

Klan Manyuu memiliki kekuatan magis yang bisa merubah bentuk payudara. Dalam gulungan rahasia yang dimiliki klan tersebut, ada berbagai teknik yang bisa digunakan untuk membuat payudara menjadi besar dan indah.

Chifusa, adalah gadis pewaris klan tersebut. Tapi, dia mengambil gulungan rahasia Klan Manyuu dan melarikan diri. Berharap dengan gulungan itu dia bisa melawan dunia kejam yang telah diciptakan oleh klannya sendiri. Dalam pelariannya, Chifusa menyadari kalau dia memiliki kekuatan yang jauh dari bayangannya. 

19. Blade of the Immortal

anime samurai_Blade of the Immortal_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural
  • Produksi: Bee Train
  • Sutradara: Mashimo Kouichi
  • Pengisi Suara: Seki Tomokazu, Noto Mamiko, Nojima Hirofumi, Satou Rina
  • Jumlah Episode: 13

Blade of the Immortal, mengikuti kisah seorang pendekar pedang terkenal pada masa Feodal Jepang. Manji, dikenal sebagai ‘Pembunuh Seratus Manusia’ karena telah membunuh seratus orang tak bersalah.

Tapi, ada hal yang lebih menakutkan lagi dari diri Manji, dia merupakan orang yang abadi. Keabadian itu didapat dari seorang biarawati bernama Yaobikuni, setelah dia menempatkan cacing darah yang bisa menyembuhkan hampir semua luka di tubuh Manji. 

Untuk menebus kejahatan di masa lalunya, Manji memutuskan untuk membunuh seribu orang jahat. Yaobikuni pun menyetujui permintaan Manji. Yaobikuni mengatakan jika Manji berhasil, dia akan membatalkan kutukan keabadian pada diri manji.

Setelah melakukan perjanjian itu, Manji bertemu dengan seorang wanita bernama Asano Rin. Dia meminta bantuan pada Manji untuk membunuh orang-orang yang telah membantai orang tuanya.

Kemudian, Manji melindungi Rin selama empat tahun dan mereka melalui perjalanan berbahaya. Perjalanan yang penuh pertumpahan darah, balas dendam dan penebusan mereka lalui demi memenuhi tujuan hidup masing-masing.

20. The Heike Story 

anime samurai_The Heike Story_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Science SARU
  • Sutradara: Yamada Naoko
  • Pengisi Suara: Yuuki Aoi, Hayami Saori
  • Jumlah Episode: 11 Episode

Heike Monogatari atau The Heike Story mengikuti cerita Klan Taira atau yang dikenal juga dengan Heike. Ceritanya sendiri terinspirasi dari sastra Jepang abad pertengahan. Fokusnya menceritakan kebangkitan dan keruntuhan klan Taira selama Perang Genpei.

Pada masa Heian akhir, Klan Taira merupakan pemegang otoritas besar di Jepang dan mencapai puncak kemakmurannya. Taira no Shigemori, seorang pria dengan mata yang bisa melihat orang mati, bertemu dengan Biwa, seorang yang bisa melihat masa depan.

Biwa mengatakan, bahwa klan Taira akan segera binasa. Dia berharap bisa mencegah hal mengerikan itu terjadi, tapi Biwa tidak mau mengungkapkan masa depan kepada mereka.

Klan Taira pun harus beradaptasi dengan kehidupan barunya. Hal ini juga merupakan awal dari 15 tahun penuh gejolak perubahan sejarah di Jepang.

Nah, itu dia beberapa anime dengan tema samurai yang sangat layak untuk diikuti. Kalian sudah pernah nonton yang nomor berapa? Atau kalian punya rekomendasi lain yang belum ada di daftar? Kalau punya anime favorit yang lain, tulis judulnya di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram