showpoiler-logo

20 Anime Shoujo Terbaik yang Bisa Menghiburmu Saat Penat

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Setelah sebelumnya kita membahas anime Shounen terbaik, kali ini kita bahas anime Shoujo terbaik yang bisa kamu tonton di akhir pekan.

Anime Shoujo sendiri adalah sebutan bagi tema cerita yang diperuntukkan khusus bagi remaja putri. Anime ini biasanya mengangkat tema seperti percintaan, persahabatan dan kehangatan keluarga.

Nah, dari sekian banyak anime bertema Shoujo yang sudah dirilis. Kali ini Showpoiler telah pilihkan untuk kamu 20 anime Shoujo terbaik yang bisa menghibur kamu dari rasa penat. Ingin tahu tahu apa saja judul filmnya! Berikut adalah daftarnya.

1. Kaichou wa Maid-sama

anime shoujo_Kaichou wa Maid-sama_

Kaichou wa Maid-sama, merupakan anime Shoujo yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Hiro Fujiwara. Anime ini memiliki genre komedi romantis yang menceritakan kisah tentang seorang gadis SMA bernama Ayuzawa Misaki yang menjadi ketua OSIS pertama di sekolahnya.

Karena tegas terhadap anak laki-laki, dia mendapatkan julukan ‘Presiden Iblis’. Suatu ketika, dia mendengar suara siswa perempuan yang menangis karena ditolak oleh Usui Takumi. Dia merupakan siswa laki-laki paling populer di sekolahnya.

Setelah kejadian itu, Misaki selalu bertemu Takumi kembali. Dan yang mengejutkan, Misaki bertemu dengan Takumi ketika dia bekerja peruh waktu di maid cafe!

Malu karena ketahuan bekerja di tempat itu, Misaki meminta Takumi untuk tidak memberitahu siswa yang lain. Setelahnya, Takumi malah jadi sering mengunjungi kafe tersebut untuk menggoda Misaki. Tapi, apakah Takumi bisa menjaga rahasia Misaki dan tidak membocorkan pada yang lain?

2. Ouran Koukou Host Club

anime shoujo_Ouran Koukou Host Club_

Ouran Koukou Host Club atau yang dikenal juga dengan judul Ouran High School Host Club. Anime Shoujo yang satu ini diadaptasi dari seri manga dengan judul sama dan merupakan anime terkenal. 

Anime ini menceritakan kisah sebuah host club yang berisi anak laki-laki di SMA Ouran yang bergengsi. Klub yang dipimpin oleh Suou Tamaki ini bekerja untuk menghibur dan melayani siswa perempuan yang ada di sekolahnya.

Biasanya mereka akan berbincang, menyediakan teh dan lain sebagainya untuk menghibur siswa perempuan tersebut. Suatu ketika, ada seorang murid baru yang mendapatkan beasiswa ke sekolah tersebut. Siswa tersebut adalah seorang perempuan bernama Fujioka Haruhi.

Haruhi tidak sengaja memecahkan sebuah vas yang ada di ruang klub tersebut dan berakhir harus bergabung dengan host club demi mengganti rugi vas yang dipecahkannya.

3. My Little Monster

anime shoujo_My Little Monster_

Tonari no Kaibutsu-kun dikenal juga dengan judul My Little Monster. Anime Shoujo yang satu ini menceritakan kisah seorang gadis SMA bernama Shizuku Mizutani yang awalnya memiliki sifat apatis pada teman sekelasnya. Dia hanya peduli dengan dirinya sendiri dan nilai pelajarannya.

Suatu ketika, Mizutani mulai berubah ketika bertemu dengan Haru Yoshida, siswa laki-laki pembuat onar yang berhenti pada awal tahun pelajaran. Tapi, Mizutani dan Yoshida pun sama-sama tidak memiliki teman karena jarang berinteraksi dengan yang lain.

Mizutani dan Yoshida perlahan mulai menjalan persahabatan, hingga akhirnya keduanya sama-sama menemukan hal baru dan perasaan mereka pun semakin berkembang. Mereka sama-sama mengeksplorasi sifat, hubungan dan emosi mereka.

4. Blue Spring Ride

anime shoujo_Blue Spring Ride_

Ao Haru Ride atau Blue Spring Ride, merupakan adaptasi dari manga karya Io Sakisaka. Anime ini menceritakan kisah seorang siswi SMA bernama Yoshioka Futaba yang merubah image-nya ketika menjadi siswa SMA.

Meski dulu sering menolak laki-laki yang mendekatinya, ada satu siswa laki-laki yang dia taksir dan sulit dilupakannya. Siswa itu bernama Tanaka Kou yang tiba-tiba pergi dari kehidupannya.

Suatu ketika, setelah menjadi siswa SMA, Futaba kembali bertemu dengan Kou. Namun, kini Kou telah berubah, tidak hanya sikap tapi juga namanya. Kini dia lebih dikenal dengan nama Mabuchi Kou. Kou juga jadi lebih sulit dijangkau yang membuat Futaba semakin teringat dengan kenangan masa lalunya bersama Kou.

5. Kimi ni Todoke

anime shoujo_Kimi ni Todoke_

Tidak hanya memperlihatkan kisah percintaan, tapi anime yang dikenal juga dengan judul From Me to You ini juga menceritakan kisah persahabatan.

Adalah Sawako Kuronuma, seorang siswa SMA yang dikenal juga dengan julukan Sadako karena kepribadian juga penampilannya mirip dengan hantu yang ada di film The Ring. Kehidupan Sawako mulai berubah setelah dia bertemu dengan siswa populer, Kazehaya.

Acara yang dibuat oleh Kazehaya memberikan Sawako kesempatan untuk bisa bersosialisasi dengan siswa lainnya. Setelah acara uji keberanian itu, akhirnya Sawako pun memiliki teman dan bisa lebih dekat dengan Kazehaya.

6. Yona of the Dawn

anime shoujo_Yona of the Dawn_

Anime Shoujo yang satu ini mengusung tema tentang kerajaan. Yona adalah seorang putri dari Kerajaan Kouka yang memiliki paras cantik dan bisa memikat semua orang yang bertemu dengannya. Awalnya Yona hidup damai dan terlindung di dalam istana kerajaan. 

Hal sempurna yang dimiliki Yona kini runtuh, dia mendapatkan pengkhianatan yang keji dari calon suaminya sendiri. Bahkan haknya menjadi seorang Putri Kerajaan pun direbut dan kini dia hidup sebagai seorang buronan. Yona hanya ditemani oleh seorang pengawal setia, Son Hak, dan terpaksa pergi dari istana. 

Yona bersumpah akan melakukan segala cara untuk tumbuh menjadi lebih kuat. Dia bertekad untuk menghancurkan orang-orang yang telah mengkhianatinya. Yona pergi untuk mengumpulkan sisa-sisa dari legenda kuno yang menjadi kunci agar dia bisa merebut kembali haknya.

7. Orange

anime shoujo_Orange_

Orange, anime Shoujo yang cukup unik karena mengambil tema Sci-Fi. Ceritanya berpusat pada kisah seorang siswi SMA tahun ke-2 bernama Naho, yang merupakan seorang gadis periang. Suatu ketika, pada hari pertamanya masuk sekolah, dia mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Naho menerima sebuah surat aneh yang ditujukan pada dirinya. Tapi, surat itu dikirim oleh dirinya sendiri pada 10 tahun mendatang. Naho awalnya tidak mempedulikan isi surat tersebut, hingga akhirnya beberapa peristiwa yang tercatat dalam surat benar-benar terjadi.

Dalam surat itu digambarkan, bahwa dirinya yang berusia 26 tahun hidup dalam penyesalan. Naho di masa depan berharap pada dirinya agar bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Dalam catatan surat itu juga dituliskan bahwa dia harus berhati-hati pada siswa baru, Naruse Kakeru. Panduan dari surat tersebut memberikan Naho kekuatan untuk bisa melindungi Kakeru agar dia tidak menyesal lagi di masa depan.

8. Banana Fish

anime shoujo_Banana Fish_

Anime ini diadaptasi dari seri manga Shoujo karya Yoshida Akimi. Ia punya cerita agak berbeda dari kebanyakan anime Shoujo lainnya. Ceritanya mengikuti kisah pemimpin geng remaja bernama Aslan Jade Callenreese atau Ash Lynx.

Suatu ketika dia melihat seorang lelaki yang tengah sekarat dan menyebutkan kata ‘Banana Fish’, kata yang pernah dia dengan dari kakak laki-lakinya. Banana fish merupakan obat misterius yang digunakan untuk mencuci otak para penggunanya.

Dalam penyelidikannya, Lynx bertemu dengan Eiji Okumura, seorang asisten fotografer Jepang yang memiliki ikatan kuat dengannya. Kemudian, anak buah Lynx menelepon dirinya untuk memperingatinya agar berhati-hati terhadap Dino. 

Tiba-tiba, anak buah Dino membuat kekacauan dan menculik Eiji dan Skip, temannya. Sekarang, Lynx harus menemukan cara agar bisa menyelamatkan mereka, dan agar dia bisa kembali melanjutkan penyelidikan terhadap Banana Fish.

9. Fruits Basket Season 1

anime shoujo_Fruits Basket 1st Season_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Ibata Yoshihide
  • Pengisi Suara: Uchida Yuuma, Iwami Manaka, Shimzaki Nobunaga
  • Jumlah Episode: 26

Ini merupakan spin-off dari seri anime terkenal, Fruit Basket. Tooru Honda tertarik dengan zodiak Cina karena sering diceritakan oleh ibunya sejak kecil. Namun, sebuah tragedi pada keluarganya yang tiba-tiba, membuat hidupnya berubah hingga menyisakannya seorang diri.

Kini Tooru terpaksa tinggal di tenda, tetapi dia tidak mengetahui kalau rumah sementaranya itu berada di tanah milik keluarga terhormat, Souma. Suatu hari, Tooru bertemu dengan Shigure, sepupu Souma yang lebih tua dan Yuki yang dijuluki ‘pangeran’ di sekolahnya.

Tooru menceritakan kalau dia tinggal di dekat rumah mereka. Namun, keluarga Souma itu menemukan rahasia Tooru yang sesungguhnya.

Kemudian, Yuki menawarkan Tooru untuk tinggal bersama keluarga Souma. Dan tak lama setelah tinggal di sana, Tooru menemukan rahasia dari keluarga Souma yang menarik dan petualangan yang tak terduga.

10. My Love Story!!

anime shoujo_Ore Monogatari_

Anime ini mengikuti cerita Gouda Takeo, seorang siswa SMA yang memiliki tubuh kekar dan perawakannya yang tinggi. Takeo memiliki kesialan dengan wanita, karena setiap gadis yang dia sukai akan berakhir menyukai sahabatnya, Sunakawa Makoto, yang memiliki wajah tampan dan menawan.

Namun, nasibnya mulai berubah ketika dia menyelamatkan seorang gadis bernama Yamato Rinko. Dia adalah gadis mungil yang pemalu dan secara mengejutkan jatuh cinta pada Takeo. Lalu, dimulailah kisah cinta mereka yang unik.

11. Akagami no Shirayuki-hime

anime shoujo_Akagami no Shirayuki-hime_

Akagami no Shirayuki-hime dikenal juga dengan judul Snow White white Red Hair. Sesuai dengan judulnya, anime ini mengikuti kisah seorang gadis bernama Shirayuki.

Meskipun namanya memiliki arti ‘salju putih’, tapi dia merupakan seorang gadis berambut merah yang ceria. Shirayuki tinggal di sebuah negara bernama Tanbarun dan bekerja sebagai seorang apoteker di toko herbal.

Kehidupan Shirayuki berubah drastis ketika bertemu dengan seorang pangeran dari Kerajaan Tanbarun. Pangeran konyol bernama Raji yang memaksa Shirayuki untuk menjadi selirnya. Namun, Shirayuki memilih pergi agar tetap bisa hidup bebas dan melarikan diri ke hutan.

Di sana, Shirayuki diselamatkan oleh seorang laki-laki bernama Zen Wistalia, seorang pangeran anak kedua dari negara tetangga. Merasa berhutang budi, Shirayuki berniat untuk membayar hutangnya suatu hari nanti. Shirayuki memutuskan untuk mengejar karirnya sebagai herbalis di istana di negara Zen.

12. Say “I Love You”

anime shoujo_Say I Love You_

Sukitte Ii na yo atau Say I Love You merupakan anime yang lisensinya dimiliki oleh Sentai Filmworks. Ceritanya mengikuti kisah manis seorang siswa SMA bernama Mei Tachibana.

Tidak ingin merasa kecewa lagi, Mei selalu menjauh dari orang-orang di sekitarnya. Dia selalu berhati-hati agar kekecewaan yang pernah dialami ketika kecil tidak terulang kembali.

Tapi, kehidupan Mei berubah drastis setelah bertemu dengan siswa populer Yamato Kurosawa. Kesalahpaham yang terjadi membuat mereka jadi dekat.

Yamato melihat kalau Mei merupakan gadis yang menarik dan hubungan mereka pun semakin berkembang. Akankah Mei bisa menghadapi situasi baru itu bersama Yamato?

13. Kamisama Kiss

anime shoujo_Kamisama Kiss_

Anime ini dikenal juga dengan judul Kamisama Hajimemashita. Ia menceritakan kisah seorang gadis SMA bernama Nanami Momozono yang secara tiba-tiba bertemu dengan Tomoe, roh rubah yang tinggal di sebuah kuil.

Cerita dimulai ketika Nanami mengali kesulitan akibat ayahnya yang terlilit hutang. Nanami tertindas dan menjadi seorang tunawisma.

Suatu ketika, dia menyelamatkan seorang pria dari gangguan seekor anjing. Setelah menyelamatkan pria itu, Nanami ditawarkan sebuah rumah sebagai rasa terima kasihnya. Tapi, rumah tersebut ternyata sebuah kuil kumuh yang ditinggali oleh dua roh dan tuannya, Tomoe.

Nanami hampir dibunuh oleh Tomoe yang mengharapkan kehadiran Mikage untuk mengganti tugasnya. Nanami kemudian disambut oleh Onikiri dan Kotetsu dan menjadi dewa tanah baru.

Nanami kemudian membuat sebuah kontrak dengan Tomoe. Dan kini, mereka mengemban tugas sebagai dewa dan familiar.

14. Vampire Knight

anime shoujo_Vampire Knight_

Anime Shoujo yang satu ini mengambil tema tentang vampir. Ceritanya mengikuti kisah seorang gadis bernama Yuuki, siswa yang ceria dan merupakan anggota komite kedisiplinan di Cross Akademi. Sementara itu, Zero Kiryuu sama-sama anggota komite kedisiplinan, tapi memiliki sikap yang kasar.

Di Cross Akademi terdapat dua kelas yaitu, kelas siang dan kelas malam. Siswa kelas malam adalah para vampir yang tidak disadari oleh siswa kelas siang.

10 tahun sebelumnya, Yuuki pernah diselamatkan oleh kaname Kuran dari serangan vampir. Kaname sebenarnya adalah seorang vampir berdarah murni yang kini menjadi pemimpin di kelas malam.

Pertemuan kembali antara Kaname dan Yuuki membuat perasaannya menjadi rumit. Sementara itu, Zero sangat membenci semua vampir dan percaya kalau mereka tidak akan bisa hidup harmonis.

Apakah Yuuki harus mencari tahu kebenaran yang pernah terjadi di masa lalunya? Dan apakah kebenaran itu malah akan menyakiti dirinya?

15. Nana

anime shoujo_ Nana_
Tahun Rilis 2006
Genre ,
Sutradara
Pemeran Romi Park Midori Kawana

Nana merupakan anime yang menceritakan kisah dua wanita muda yang memiliki nama sama. Mereka pergi dari kampung halaman masing-masing dan dipertemukan dalam perjalanan menuju ke Toko.

Nana Komatsu berharap bisa mendapatkan kisah cinta yang bahagia. Sementara Nana Osaki berharap memiliki karir musik yang sukses.

Setelah tinggal di Tokyo, Nana Komatsu putus dengan pacarnya yang selingkuh. Sementara itu, Nana Osaki, bertemu kembali dengan mantan pacarnya, Ren, seorang gitaris dari band terkenal.

Tak lama, Nana Komatsu dan Nana Osaki secara tak sengaja bertemu kembali. Kemudian pertemuan itu membawa mereka untuk hidup bersama dan saling mendukung satu sama lain untuk memperjuangkan masa depan mereka.

16. Lovely Complex

anime shoujo_Lovely Complex_

Anime ini diadaptasi dari seri manga Shoujo terkenal. Ceritanya berpusat pada Risa Koizumi dan Atsushi Ootani, mereka sama-sama berjuang untuk menemukan pasangan ideal di SMA.

Risa merupakan gadis SMA yang memiliki tinggi di atas rata-rata gadis seusianya. Sementara Ootani adalah kebalikan dari Risa, dia seorang pemuda yang memiliki tinggi jauh dari rata-rata pria seusianya.

Mereka sering kali bertengkar, sampai-sampai di cap sebagai duo komedi oleh wali kelas mereka. Terlepas dari perbedaan mereka, Risa dan Ootani memiliki kesamaan dalam hal musik dan selera fashion. Akankah, cinta bisa berkembang di antara mereka?

17. Natsume Yuujinchou

anime shoujo_Natsume Yuujinchou_

Natsume adalah seorang siswa SMA yang memiliki kemampuan melihat youkai (hantu/roh). Dia dipindahkan dari panti asuhan satu ke panti asuhan lainnya, karena kemampuan anehnya itu, sehingga dia selalu kesepian dan merasa terisolasi.

Seiring waktu, Natsume sudah bisa menerima keadaannya. Suatu ketika secara tidak sengaja dia memecahkan sebuah segel dan membebaskan roh bernama Madara yang berbentuk kucing. Madara melihat kalau Natsume memiliki kemiripan dengan neneknya, Reiko natsume. 

Namun, Natsume tidak memiliki ketertarikan pada buku milik mendiang neneknya, sehingga dia memutuskan untuk menyimpan buku tersebut dan membuat kesepakatan dengan Madara.

Jika waktunya tiba, natsume akan menyerahkan buku itu. Dan sampai waktunya tiba, Madara akan menjadi walinya yang kemudian dijuluki dengan nama Nyanko-sensei. 

18. Wolf Girl and Black Prince

anime shoujo_Wolf Girl and Black Prince_

Erika Shinohara, seorang gadis SMA yang berbohong tentang pacarnya. Dia menunjukan foto orang asing tampan yang dikenal bernama Kyouya Sata dan merupakan siswa populer yang baik hati. Terperangkap dalam kebohongannya sendiri, Erika berusaha agar tidak mendapatkan penghinaan.

Kemudian Erika menjelaskan situasi sulitnya pada Kyouya, berharap dia mau berpura-pura menjadi pacarnya. Erika salah mengira, Kyouya ternyata seorang yang kejam dan memaksa Erika menjadi ‘anjingnya’. Tapi, Kyouya berjanji akan menjaga rahasinya jika dia menuruti permintaannya.

Terpaksa, Erika pun menyetujui permintaan dari Kyouya. Namun, hubungan palsu itu membuat Erika benar-benar jatuh cinta pada Kyouya. 

19. Kiss Him, Not Me!

anime shoujo_Kiss Him, Not Me!_
Tahun Rilis 2016
Genre ,
Sutradara
Pemeran Yu Kobayashi

Serinuma Kae, seorang gadis SMA yang selalu berfantasi tentang laki-laki teman sekelasnya yang saling jatuh cinta.

Suatu hari, saat menonton acara favoritnya, Serinuma depresi karena melihat karakter yang paling disukainya meninggal. Hal itu membuat Serinuma tidak memiliki energi untuk makan, apalagi pergi ke sekolah.

Setelah seminggu penuh, akhirnya Serinuma sembuh. Tapi, ada hal yang berubah dari dirinya, kini tubuh Serinuma mengecil, padahal sebelumnya dia terlihat kelebihan berat badan. Entah bagaimana setelah tubuhnya mengecil, dia terlihat menjadi sangat cantik.

20. Cardcaptor Sakura

anime shoujo_Cardcaptor Sakura_

Anak kelahiran 90-an dan suka nonton anime, pasti tidak asing dengan Cardcaptor Sakura. Anime yang sempat booming pada masanya ini, menceritakan kisah seorang gadis SD bernama Kinomoto Sakura. 

Awalnya Sakura hidup sebagai gadis biasa, hingga suatu ketika secara tidak sengaja dia menemukan sebuah buku misterius berjudul The Clow. Saat membuka buku tersebut, terjadi embusan angin misterius dan kartu dalam buku tersebut tersebar ke seluruh kota.

Peristiwa itu juga membangungkan makhluk misterius bernama Kero. Dia memberi tahu Sakura mengenai kartu-kartu yang bertebaran, dimana kartu-kartu tersebut memiliki kekuatan magis yang berbeda.

Kini, Sakura ditunjuk sebagai seorang Cardcaptor untuk mengumpulkan kembali semua kartu Clow. Dibimbing oleh Kero dan ditemani sahabatnya, Tomoyo, Sakura pun mulai melakukan tugasnya.

Itulah 20 anime Shoujo terbaik yang bisa menghibur kamu dari rasa penat. Nah itulah rekomendasi film yang bisa Showpoiler bagi kamu. Sebagian besar anime memang mengangkat kisah percintaan dan persahabatan tokoh utamanya. Kamu tentu punya anime Shoujo favorit, beri komentar di bawah, ya!

Baca juga artikel anime komedi romantis ini jika kamu menyukai anime bergenre romance tapi tetap memiliki unsur komedi.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram