logo web

10 Anime tentang Game Terbaik dan Paling Seru

Ditulis oleh Listiorini
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Anime dan game adalah dua elemen pop kultur yang sangat dikenal dan disukai oleh banyak orang. Keduanya kerap kali berkolaborasi dan menciptakan kisah-kisah fantastis yang berhasil mencuri perhatian penikmatnya.

Anime dengan tema game memberikan kita gambaran tentang dunia game yang penuh petualangan, tantangan, dan kisah seru yang mampu membuat kita terpaku dan terbawa suasana.

Dari sekian banyak anime dengan tema game yang telah dirilis, berikut ini adalah beberapa anime tentang game terbaik dan paling seru yang berhasil mencuri perhatian para penikmat anime di seluruh dunia. Selamat membaca dan mengeksplorasi dunia game melalui lensa anime!

1. Sword Art Online

Sword Art Online
*

Salah satu anime tentang game yang paling populer adalah Sword Art Online atau sering disingkat sebagai SAO. SAO adalah nama sebuah game online, yang mana pemainnya harus masuk ke dalam game untuk bisa menikmati permainannya. Selain itu, di dalam game online tersebut setiap pemain bisa merasakan semua hal yang ada di dunia nyata, seperti sakit, senang, dan lainnya.

Untuk bisa masuk dan bermain SAO, para pemain diwajibkan mengenakan helm khusus, NerveGear. Karena keunikan yang ditawarkan oleh SAO ini maka banyak pemain yang berbondong-bondong menjajal dan masuk ke dalam dunianya.

Namun, di hari pertama peluncuran game, sebuah kejadian mengerikan terjadi. Kayaba Akihiko, si pembuat game, mengumumkan bahwa pemain tidak dapat logout dari game tersebut dengan cara apapun.

Semua pemain terperangkap di dalam dunia SAO, dan tubuh mereka di dunia nyata juga sama sekali tidak bergerak alias berada dalam kondisi koma. Lebih buruknya lagi, jika karakter mereka di dalam game meninggal, maka tubuh asli mereka di dunia nyata juga akan ikut mati.

Hanya ada satu jalan keluar dari Sword Art Online, yaitu dengan menyelesaikan game itu sendiri. Tantangannya sangat berat dan penuh dengan monster kuat juga mematikan.

Namun, muncul lah seorang pahlawan, Kirito, yang dengan bantuan beberapa gamer lain, berhasil menyelesaikan game tersebut dan menyelamatkan diri mereka semua dari situasi yang mengerikan tersebut.

2. Overlord

Overlord

Cerita ini dimulai dengan berdirinya sebuah game bernama YGGDRASIL. YGGDRASIL merupakan sebuah game DMMO-RPG (Dive Massively Multiplayer Online RPG) yang sudah bertahan selama 2 tahun. Namun, pada akhirnya, game tersebut memutuskan untuk tutup. Setelah itu, semua pemain game pun logout.

Tetapi, ada satu pemain yang enggan untuk logout dan memilih bertahan sampai detik terakhir gamenya benar-benar ditutup, pemain tersebut dikenal sebagai karakter benama Momonga. Setelah menunggu dan bersiap untuk ter-logout secara otomatis, anehnya Momonga justru masih berwujud sebagai karakter di dalam game.

Merasa ganjal dengan kejadian ini, Momonga pun mengecek situasi. Namun yang membuat Momonga terkejut adalah semua NPC (Non-Player Character) di dunia game YGGDRASIL ini justru hidup layaknya manusia. Tidak hanya itu, item dan barang-barang di game YGGDRASIL sangat berbeda dengan barang yang ia tahu di game itu.

Apa yang sebenarnya terjadi? Benarkah ini dunia game? Atau, ternyata Momonga terjebak dalam alternate universe di dunia lain?

3. Log Horizon

Log Horizon

Log Horizon dimulai dengan sebuah insiden tak terduga di mana sekitar 30.000 orang di Jepang secara misterius menghilang dan terjebak dalam dunia game bernama Elder Tale. Salah satu dari mereka adalah Shiroe, karakter utama yang terperangkap dalam situasi yang membingungkan ini.

Shiroe kemudian memutuskan untuk berpetualang guna mencari alasan mereka bisa terjebak di dalam Elder Tale. Dalam petualangan tersebut, Shiroe ditemani oleh teman baiknya, Naotsugu. Tujuan awal mereka hanya untuk mengumpulkan informasi, namun seiring berjalannya waktu, Shiroe menyadari bahwa mereka sepertinya tak bisa keluar dari Elder Tale. 

Akhirnya, Shiroe memilih untuk beradaptasi dengan keadaan, dan ini melibatkan pembentukan sebuah kelompok di dalam Elder Tale. Seiring waktu, tanpa disadarinya, ia telah menjadi pemimpin dari kelompok (guild) yang sekarang dikenal sebagai Log Horizon.

Sayangnya, bertahan hidup di dunia baru ini tidaklah mudah. Shiroe dan anggota Log Horizon harus menghadapi berbagai kelompok (guild), berdiplomasi seperti di dunia nyata, merancang strategi, dan membangun peradaban.

Pertanyaannya, apakah akhirnya semua pemain Elder Tale menerima takdir mereka, bahwa mereka mungkin tak bisa kembali ke dunia nyata?

4. My Love Story with Yamada-kun at Lv999

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru_

Berbeda dengan Log Horizon yang sangat serius, kisah di Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru ini lebih condong pada cerita romantis. Namun, cerita di dalam anime ini didasari dari sebuah game bernama Forest of Savior atau disingkat dengan FOS.

Ceritanya berawal dari karakter utama yang bernama Akane. Ia sedang merasa patah hati karena diputuskan oleh pacarnya. Alasan memutuskan Akane pun sangat konyol, yaitu sang mantan pacar sudah memiliki kekasih baru dari game FOS.

Merasa kesal dan sakit hati, akhirnya Akane pun mengembalikan semua item yang dulu pernah diberikan oleh mantan pacarnya. Setelah semua item dikembalikan, Akane pun bermain FOS dan bergabung dengan guild baru. 

Di guild barunya, Akane bertemu dengan pemain lain bernama Yamada. Keduanya merasa cocok dan semakin dekat, tetapi sayangnya Yamada adalah tipe orang yang cuek dan tidak memiliki pengalaman dalam asmara. Lantas, akankah Akane dan Yamada bisa mewujudkan hubungan romantis?

5. BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense.

Itai no wa Iya nanode Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu._

Apabila kamu ingin menyaksikan anime bertema game dengan balutan komedi yang kocak, mungkin BOFURI bisa menjadi pilihan yang tepat. Sama seperti anime game kebanyakan, BOFURI juga membawa kisah di mana para pemain bisa masuk ke dunia game virtual, bahkan bisa merasakan semua hal seperti di dunia nyata, termasuk rasa sakit.

Suatu hari ada karakter bernama Kaede Honjou yang diajak untuk main game VRMMO New World Online oleh temannya, Risa. Namun, saat itu Risa belum bisa login karena masih fokus dengan ujiannya. Akhirnya, Kaede pun memutuskan untuk login sendirian.

Saat login, Kaede memberikan nama karakternya sebagai Maple. Lalu, poin yang didapatkan di awal bermain game dilimpahkan semuanya pada defense. Alasannya hanya satu, yaitu Kaede tidak mau merasakan sakit sama sekali, jadi pertahanan Maple harus kuat. Alhasil, poin lainnya tetap 0 dan menyebabkan ia berjalan sangat lambat, tidak bisa melakukan sihir, bahkan tidak bisa menyerang sama sekali.

Untuk bisa mengalahkan monster di game, Maple hanya bisa mengandalkan giginya saja, yaitu dengan cara memakan monsternya sampai habis. Akibat hal itu, semua pemain yang melihat tingkah konyol Maple pun menganggap bahwa dirinya sebagai newbie, alias pemain pemula yang lemah. 

Namun, suatu hari ada sebuah event game yang mengharuskan para pemain game saling menyerang satu sama lain. Lalu, yang bertahan sampai akhir akan menjadi pemenang.

Secara mengejutkan, Maple justru menjadi salah satu pemain yang bisa bertahan sampai akhir, dan dia pun muncul sebagai juara dalam event tersebut. Setelah kejadian itu, akhirnya Maple pun menjadi terkenal di kalangan pemain game VRMMO New World Online.

6. No Game No Life

No Game No Life

Konsep Isekai dan game memang menjadi salah satu yang populer dalam dunia anime. Seperti halnya No Game No Life ini, mereka membawa kisah Isekai dengan latar belakang permainan yang menantang.

Kisahnya dimulai dengan dua kakak-beradik, Sora dan Shiro. Keduanya sangat jago memainkan berbagai macam game online, bahkan mereka pun mendapatkan popularitas yang tinggi berkat bakatnya dalam bermain game. Namun, bagi mereka, popularitas itu tidak berarti, karena mereka melihat dunia sebagai permainan semata.

Setelah keduanya menyelesaikan berbagai macam game, tiba-tiba mereka mendapatkan sebuah email dengan tantangan bermain game catur yang konon katanya sangat sulit diselesaikan. Namun, secara mengejutkan, keduanya berhasil menyelesaikan game catur itu. 

Berkat hal tersebut, Sora dan Shiro pun dibawa ke dunia lain, yaitu Disboard. Mereka diminta untuk memainkan semua game dari para dewa di Disboard. Apabila mereka kalah maka taruhannya adalah nyawa. Namun, jika mereka berhasil maka Sora dan Shiro berhak menjadi Dewa baru di Disboard. 

7. Endo and Kobayashi Live! The Latest on Tsundere Villainess Lieselotte

Tsundere Akuyaku Reijou Liselotte to Jikkyou no Endou-kun to Kaisetsu no Kobayashi-san_

Anime yang satu ini tergolong cukup unik karena membawa latar game ber-genre otome. Sedikit informasi, game otome adalah sebuah game dating simulation yang biasanya memiliki karakter cantik dan ganteng. Makanya, tidak heran jika cukup banyak orang yang memainkan game di genre ini.

Fokus cerita ditujukan pada dua siswa SMA, Kobayashi dan Endou. Mereka berdua aktif bermain game otome dan secara misterius dapat mendengar serta berbicara dengan semua karakter dalam game tersebut. Akibat kemampuan ini, mereka dihormati sebagai dewa oleh karakter-karakter di dalam game. 

Dalam peran mereka sebagai 'dewa', Kobayashi dan Endou memiliki misi untuk membantu karakter bernama Lieselotte Riefenstahl. Dia digambarkan sebagai gadis tsundere yang sulit dalam mengungkapkan perasaannya. Sialnya lagi, dia dianggap sebagai penjahat dalam game ini. 

Demi meluruskan kesalahpahaman tentang karakter Lieselotte, Kobayashi dan Endou memberikan 'bisikan' kepada pangeran Siegwald, bahwa Lieselotte adalah wanita baik yang memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan emosinya. 

Berkat bisikan dari 'dewa', pangeran Siegwald mulai membuka diri terhadap tunangannya, Lieselotte. Namun, menyatukan mereka berdua tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kobayashi dan Endou harus terus mengawasi perkembangan hubungan mereka, tanpa memperdulikan jalur cerita yang sesungguhnya. Bisakah misi mereka berhasil?

8. Chihayafuru

Chihayafuru
*

Anime ini tidak mengambil konsep game modern. Di Chihayafuru, kamu akan menyaksikan sekelompok siswa SMA memainkan game kartu tradisional Jepang yang bernama Karuta. Dikisahkan ada tiga orang bersahabat sejak kecil, mereka adalah Chihaya, Taichi, dan Arata. Ketiganya sangat dekat dan sering bermain Karuta bersama.

Namun, kedekatan itu harus berakhir setelah lulus SD. Ketiganya masuk ke sekolah yang berbeda, bahkan Arata kembali ke kampung halamannya di Fukui. Selama mereka terpisah, Chihaya tetap bermain karuta sampai akhirnya dia masuk SMA.

Di SMA, Chihaya sangat terkenal akan kecantikannya. Memanfaatkan popularitas itu, Chihaya bertekad untuk mengajak teman-temannya membentuk klub Karuta. Sayangnya, tidak mudah untuk mengajak siswa SMA memainkan permainan tradisional.

Tanpa disangka-sangka, Taichi pun datang dan bersekolah di SMA yang sama dengan Chihaya. Dari sana, keduanya pun mulai membangun klub game Karuta bersama Chihaya. Lalu, bagaimana dengan kabar Arata?

9. High Score Girl

High Score Girl_

Anime ini mengambil latar waktu di tahun 1991, di mana game arcade sedang sangat populer. Banyak orang berbondong-bondong mendatangi game zone hanya untuk bermain game arcade, salah satunya adalah Yaguchi Haruo.

Haruo adalah seorang anak laki-laki yang sangat mahir bermain game arcade, khususnya Street Fighter 2. Keterampilannya dalam bermain membuat Haruo dihormati oleh berbagai kalangan pecinta game arcade. 

Suatu hari Haruo mendapat tantangan dari Akira untuk bermain Street Fighter 2. Tanpa berpikir panjang, Haruo menyetujui tantangan tersebut. Sayangnya, saat pertandingan berlangsung, Haruo justru kalah. Kekalahan ini memunculkan kedekatan baru antara Haruo dan Akira.

Akan tetapi, setelah mereka sering bermain bersama, kabar buruk pun muncul. Akira mengungkapkan bahwa ia harus berpisah dengan Haruo karena sopir pribadinya akan berhenti bekerja. 

Tanpa kehadiran sopir pribadi, Akira tidak bisa pergi ke mana-mana sesuka hati karena orang tuanya melarang Akira bermain arcade dan bergaul dengan Haruo, sehingga kesempatan mereka untuk bertemu hanya terbatas di sekolah tanpa ada waktu lagi untuk bermain game arcade. Bagaimana Haruo menghadapi situasi ini?

10. Kakegurui

Kakegurui

Anime yang satu ini menawarkan game yang lebih esktrim dan berbeda dibandingkan game lainnya, yaitu permainan judi. Yang lebih parahnya lagi permainan judi ini dilakukan di lingkungan sekolah, Akademi Hyakkao.

Akademi Hyakkaou bukanlah sekolah biasa. Akademi ini mempersiapkan para siswanya untuk menghadapi dunia nyata sejak dini dengan metode pendidikan yang cukup unik. Para siswa yang bersekolah di sini bukanlah siswa biasa, mereka berasal dari keluarga-keluarga paling kaya di dunia.

Namun, yang membuat Akademi Hyakkaou sangat berbeda dari sekolah-sekolah lainnya adalah tradisinya. Di malam hari, sekolah ini berubah menjadi sebuah tempat perjudian, di mana para siswa diajarkan berjudi dan memanipulasi orang lain. Ini adalah cara sekolah Akademi Hyakkou untuk melatih siswa mereka menjadi pribadi yang kuat dan mampu bertahan di dunia yang penuh persaingan.

Suatu hari, Hyakkou kedatangan murid baru bernama Yumeko. Tidak seperti siswa Hyakkou lainnya, Yumeko bermain judi hanya untuk kesenangan semata bukan untuk menang. 

Sempat diremehkan di awal, namun ternyata pada akhirnya Yumeko selalu berhasil menjadi juara di setiap permainan judi. Berkat hal tersebut para siswa TOP di Hyakkou, termasuk ketua OSIS, mulai merasa terancam dengan kehadirannya.

Demikianlah rangkuman berbagai anime tentang game terbaik dan paling seru yang berhasil menarik perhatian para pecinta anime di seluruh dunia. Masing-masing memiliki plot, karakter, dan latar belakang yang unik, menunjukkan betapa beragam dan menariknya dunia game dapat dikemas dalam format cerita anime.

Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi Anda yang sedang mencari anime bertema game untuk ditonton. Selamat menonton!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram