logo web

20 Anime Terbaik Tentang Time Travel yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Anime tentang time travel atau perjalanan waktu merupakan salah satu tema anime yang tak pernah sepi peminat. Fakta bahwa kita tak akan pernah bisa mengulang atau mempercepat waktu, terkadang membuat kita berfantasi apa yang terjadi jika kita dapat menjelajahi waktu.

Fantasi kita ini bisa terjawab dengan visualisasi dan story line yang disediakan oleh anime dengan tema time travel.

Nah, bagi kalian yang sedang kebingungan memilih anime tentang time travel untuk ditonton, kali ini Showpoiler sudah merangkum 20 rekomendasi anime tentang time travel yang layak untuk masuk watch-list. Berikut adalah ulasannya.

1. Steins;Gate

Steins;Gate

Steins;Gate merupakan anime tentang time travel yang diadaptasi dari sebuah novel karya 5pb dan Nitroplus. Plot dari anime ini bermula dari ilmuwan eksentrik Rintarou Okabe dan teman-temannya yang mencoba untuk menciptakan gadget futuristik di sebuah laboratorium kecil yang mereka sewa.

Suatu saat, salah satu gadget yang mereka ciptakan, yaitu microwave phone dapat mengirim pesan ke masa lalu. Bermula dari pesan tersebut, alat ini terus berkembang menjadi mesin waktu yang lebih canggih. Namun, hal ini berbanding lurus juga dengan konsekuensi yang harus mereka hadapi.

Sedikit informasi, sekuelnya yaitu Steins;Gate 0 juga sudah tayang pada tahun 2018. Jadi, bagi yang tertarik menonton salah satu anime time travel terbaik ini, kalian bisa langsung marathon 2 season sekaligus.

2. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

ReZero
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy
  • Produksi: White Fox
  • Sutradara: Masaharu Watanabe
  • Pengisi Suara: Rie Takahashi, Yuusuke Kobayashi
  • Jumlah Episode: 25

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah anime tentang time travel yang diadaptasi dari novel karya Tappei Nagatsuki dengan judul yang sama. Anime ini mengisahkan Subaru Natsuki yang secara misterius terbawa ke sebuah dunia fantasi setelah ia pulang dari minimarket.

Tak lama setelah kedatangan, ia diserang oleh sekawanan preman dan untungnya, seorang gadis bernama Satella menyelamatkannya dari preman tersebut. Untuk membalas kebaikannya, Subaru membantu Satella mencari barang miliknya.

Naasnya, beberapa saat setelah menemukan barang tersebut, mereka berdua dibunuh secara brutal. Namun, tiba-tiba Subaru terbangun dan kembali lagi menuju kejadian saat ia diserang oleh preman.

3. Erased

Boku dake ga Inai Machi
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Mystery, Psychological, Supernatural
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Tomohiko Itō
  • Pengisi Suara: Shinnosuke Mitsushima, Aoi Yuuki
  • Jumlah Episode: 12

Anime tentang time travel ini merupakan hasil adaptasi dari serial manga karya Kei Sanbe. Kisah dari Boku dake ga Inai Machi atau Erased diawali saat Satoru Fujinuma, seorang mangaka berusia 29 tahun yang secara misterius memiliki kemampuan yang disebut “Revival”.

Kekuatan itu membuatnya dapat kembali ke beberapa menit sebelum insiden mematikan terjadi dan menyelamatkan nyawa orang yang terlibat. Suatu ketika, ia dituduh menjadi dalang dari kasus pembunuhan.

Lagi-lagi kekuatan itu melemparnya ke masa lalu dan tidak seperti biasanya, kali ia terlempar menuju tahun 1988, tepat 18 tahun sebelum kejadian tersebut terjadi. Di sana ia harus memecahkan permasalahan ini dengan tubuhnya yang kembali menjadi bocah berumur 11 tahun.

4. Dr. Stone

anime time travel_Dr. Stone_

Dr. Stone diadaptasi dari manga dengan judul sama yang menceritakan kisah umat manusia yang menjadi batu setelah munculnya cahaya hijau misterius. Dan setelah itu, manusia-manusia yang bangkit kembali hidup secara tradisional seperti pada zaman batu.

Sengku, seorang laki-laki yang pada kehidupan sebelumnya menyukai sains, mulai menciptakan beberapa alat yang bisa digunakan di kehidupannya sekarang. Ditemani oleh beberapa teman dari kehidupan sebelumnya, mereka berencana untuk memulai peradaban baru dengan kekuatan sains.

Namun, rencana mereka tidak bisa berjalan mulus, karena ada beberapa orang yang anti-sains dan mencoba menggagalkan rencana Senku.

5. Tokyo Revengers

anime time travel_Tokyo Revenger_

Tokyo Revengers merupakan anime aksi yang memiliki tema tentang time travel. Adalah Takemichi, seorang pria yang tiba-tiba kembali ke masa lalunya, tepatnya saat dia masih SMA. Dia kembali mengalami kejadian yang pernah dirasakannya pada 12 tahun yang lalu itu.

Takemichi memanfaatkan waktunya setiap kali dia melakukan perjalanan lintas waktu. Awalnya dia berusaha untuk melindungi pacarnya dari kematian tragis. Ketika dia kembali ke masa lalu, dia mencoba mencegah kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. 

Dan setiap kali dia berhasil mengubah masa lalu, masa depan pun ikut berubah. Akankah perjalanan time travel Takemichi berhasil melindungi orang-orang terdekatnya?

6. Orange

anime time travel_Orange_

Anime tentang time travel yang selanjutnya mengikuti cerita Takamiya Naho, seorang gadis SMA yang baru saja naik ke kelas dua. Ketika dia terburu-buru pergi ke sekolah karena terlambat, dia menemukan sebuah surat aneh yang ditujukan untuk dirinya. Tapi, pengirim surat itu adalah dirinya sendiri dari masa depan.

Naho mengabaikan surat itu, tapi, beberapa kejadian yang tertulis di surat sama persis dengan kejadian yang dialaminya sekarang. Setelah mengalami beberapa kejadian yang serupa, Naho mulai sadar kalau dia harus bertindak lebih hati-hati agar tidak mengalami penyesalan.

7. Inuyasha

Inuyasha
  • Tahun Rilis: 2000-2004
  • Genre: Adventure, Fantasy, Romance
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Masashi Ikeda, Yasunao Aoki
  • Pengisi Suara: Kappei Yamaguchi, Satsuki Yukino, Houko Kuwashima, Motoki Takagi, Kumiko Watanabe
  • Jumlah Episode: 167

Sinopsis & Review Inuyasha Season 1

Jika kita membicarakan anime tentang time travel, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebut anime klasik Inuyasha. Kisah dari anime yang diadaptasi dari manga ini berawal dari Kagome Higurashi.

Dia merupakan seorang gadis berusia 15 tahun yang ditarik oleh seekor siluman hingga jatuh ke dalam sumur terlarang di kuil Shinto keluarganya. Anehnya Kagome justru mendarat di masa Sengoku, tepatnya 500 tahun yang lalu.

Namun, keberadaan sebuah bola kristal bernama Shikon no Tama yang tanpa sadar ada pada dirinya ditambah dengan pertemuannya dengan siluman anjing setengah manusia bernama Inuyasha, membuat Kagome jatuh semakin dalam di dunia masa lalu ini.

8. Redo of Healer

anime time travel_Redo of Healer_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Ecchi
  • Produksi: TNK
  • Sutradara: Asaoka Takuya
  • Pengisi Suara: Hozomi Yuya, Ishigawmi Shizuka, Shibuya Ayano
  • Jumlah Episode: 12

Anime ini mengikuti kisah Keyaru, seorang pemuda yang memiliki ilmu sihir penyembuh. Awalnya dia beranggapan bahwa kekuatannya itu akan membawanya ke masa depan yang cerah. Sebaliknya, Keyaru malah menderita selama bertahun-tahun.

Tapi tak ada yang tahu bahwa diam-diam Keyaru bisa meningkatkan kemampuannya saat merawat orang-orang yang disembuhkannya. Hingga suatu ketika, saat kemampuannya mencapai tingkat paling tinggi, dia kembali ke empat tahun sebelumnya untuk mengulang hidupnya.

Keyaru kemudian bersumpah akan memperbaiki hidupnya untuk tujuan baru. Dia bermaksud akan membalaskan dendam pada orang-orang yang pernah berbuat salah padanya.

9. Vivy: Fluorite Eye’s Song

anime time travel_Vivy Fluoride Eye’s Song_

Anime ini fokus pada kisah AI (kecerdasan buatan) bernama Vivy. Dia memiliki tugas untuk bernyanyi, tapi tidak pernah ada satu orang pun yang mendengarkan nyanyiannya. Suatu ketika, AI canggih bernama Matsumoto yang datang dari masa depan muncul di hadapan Vivy. 

Matsumoto meminta bantuan Vivy untuk menghentikan perang antara AI dan manusia yang akan terjadi satu abad kemudian. Akankah dua AI yang memiliki misi yang berbeda ini bisa mengubah masa depan? Inilah perjalanan kisah Vivy ke seratus tahun mendatang.

10. Tatami Galaxy

Tatami Galaxy
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Mystery, Comedy, Psychological, Romance
  • Produksi: Madhouse
  • Sutradara: Masaaki Yuasa
  • Pengisi Suara: Shintaro Asanuma, Maaya Sakamoto, Hiroyuki Yoshino
  • Jumlah Episode: 11

Tatami Galaxy merupakan anime tentang time travel yang diadaptasi dari novel yang dirilis pada tahun 2004 karya Tomihiko Morimi. Anime ini menggambarkan petualangan seorang mahasiswa tingkat 3 yang tak disebutkan namanya. Suatu saat, ia bertemu dengan pria yang mengaku dirinya sebagai dewa.

Bertemu dengan pria ini membuatnya merefleksi kembali kehidupannya sebagai mahasiswa yang sulit untuk dikatakan menyenangkan. Hal ini membuatnya ingin mengulang awal masa perkuliahannya.

Begitu pikiran tersebut terlintas di kepalanya, ia terlempar kembali ke masa awal tahun perkuliahannya dan diberi kesempatan untuk membuat kehidupan kuliahnya menjadi berwarna.

11. Iroduku: The World in Colors

anime time travel_Iroduku The World in Colors_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: P.A. Works
  • Sutradara: Ashinohara Toshiya
  • Pengisi Suara: Ishihara Kaori, Hondo Kaede, Chiba Shouya
  • Jumlah Episode: 13 Episode

Di masa depan, sihir menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Adalah Tsukihiro Hitomi, seorang gadis berusia 17 tahun yang merupakan keturunan keluarga penyihir. Dia kehilangan kemampuan untuk melihat warna saat muda dan membuatnya tumbuh menjadi gadis tanpa emosi.

Suatu ketika, neneknya, Kohaku, yang merupakan penyihir hebat, mengirim Hitomi ke masa lalu, tepatnya pada tahun 2018. Hitomi tidak tahu apa tujuan neneknya, tapi sang nenek mengatakan bahwa Kohaku akan mengetahuinya ketika sampai di sana.

Setelah melalui perjalanan dengan menggunakan makhluk kuning yang aneh, Hitomi menemukan dirinya berada di kamar seniman Yuito Aoi. Dia kemudian melihat gambar yang membanjiri dunianya dengan penuh warna. Hitomi bertanya-tanya mengapa Yuit mengembalikan warna pada hidupnya yang menjemukan.

12. The Ambition of Oda Nobuna

anime time travel_The Ambition of Oda Nobuna_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Madhouse, Studio Gokumi
  • Sutradara: Kumazawa Yuuji
  • Pengisi Suara: Itou Kanae, Eguchi Takuya
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Anime ini mengikuti kisah seorang laki-laki siswa SMA bernama Sagara Yoshiharu. Suatu ketika, Yoshiharu terbangun dan menemukan dirinya berada di tengah periode Sengoku ketika perang berkecamuk. Dia pun diselamatkan oleh Toyotomi Hideyoshi yang legendaris dan rela mengorbankan nyawanya. 

Kemudian, Yoshiharu diminta untuk menjadi tuan feodal di tempatnya. Kini jalan sejarah telah berubah, Yoshiharu berjanji akan menjaga garis waktu agar tidak menyimpang terlalu jauh.

Namun, setelah menyelamatkan Oda Nobunaga yang ternyata adalah perempuan, Yoshiharu menyadari bahwa dia dipindahkan ke dunia alternatif di mana sebagian besar panglima perang dalam sejarah Jepang adalah wanita.

Untuk menemukan kembali jalan pulang, Yoshiharu menjadi pengikut Nobuna dan membantunya dalam menaklukkan Jepang. Yoshiharu kembali menyadari bahwa sejarah yang dipelajarinya melalui video game, memungkinkan dia untuk memprediksi kejadian di masa depan.

13. Remake Our Life!

anime time travel_Remake Our Life!_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life 
  • Produksi: feel.
  • Sutradara: Kobayashi Tomoki
  • Pengisi Suara: Koga Aoi, Touyama Nao, Itou Masahiro, Tarekawa Aimi, Ishiya Haruki
  • Jumlah Episode: 12

Ketika hidup tidak berjalan baik, Hashiba Kyouya yang berusia 28 tahun, meninggalkan pekerjaan kantornya untuk berkarir di industri video game. Tapi, ketika sedang magang di studio game populer, dia malah diberhentikan. Kini dia pun jadi pengangguran.

Kyouya memutuskan untuk pindah dan tinggal bersama orang tuanya. Dia merasa cemburu pada orang-orang seusianya yang sukses dan menyesali keputusannya kuliah di universitas tradisional.

Meski percaya kalau dia tidak akan memiliki kesempatan kedua untuk merubah nasibnya, tiba-tiba Kyouya kembali ke 10 tahun yang lalu. Kesempatan emas ini tentu dia gunakan untuk merubah hidupnya.

14. World's End Harem

anime time travel_World's End Harem_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Sci-Fi, Ecchi
  • Produksi: Studio Gokumi, AXsiZ
  • Sutradara: Nobuta Yuu
  • Pengisi Suara: Shiraishi Haruka, Ura Kazuki, Ichikawa Taichi
  • Jumlah Episode: 11

Reito Mizuhara, seorang mahasiswa kedokteran di salah satu universitas Tokyo yang mengidap penyakit langka mematikan. Reito dirawat dan ditidurkan selama lima tahun. Setelah terbangun, dia melihat seluruh dunia dilanda oleh virus yang menyebabkan meninggalnya seluruh laki-laki di dunia. 

Hanya dia dan empat orang pria lainnya yang selamat. Kini mereka bahkan kebal dari virus yang memusnahkan kaum laki-laki.

Sebagai pria yang tersisa, Reito dipaksa untuk menikahi sebanyak mungkin wanita di dunia. Tapi, Reito memiliki komitmen pada teman masa kecilnya dan kekasih satu-satunya, Tachibana Elisa. Sedangkan beberapa laki-laki lainnya yang selamat mulai beradaptasi dengan dunia baru.

Reito memilih untuk mengejar Elisa dan melawan godaan tanpa akhir. Dia juga berusaha menyelidiki virus misterius yang melanda dunia tersebut.

15. Sakurada Reset

anime time travel_Sagrada Reset_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Mystery, Supernatural
  • Produksi: David Production
  • Sutradara: Kawatsura Shinya
  • Pengisi Suara: Yuuki Aoi, Ishikawa Kaito, Hanazawa Kana
  • Jumlah Episode: 24

Asai Kei, seorang lelaki yang tinggal di kota tepi laut Sakurada, sebuah kota di mana penduduknya dilahirkan dengan kemampuan aneh. Pada suatu hari di atap sekolah, Kei bertemu dengan Haruki Misora, gadis apatis dengan kekuatan yang bisa mengatur ulang apapun di sekitarnya hingga tiga hari sebelumnya.

Bahkan Haruki sendiri tidak mengetahui kapan dia melakukan pengaturan ulang. Namun, berkat kemampuan Kei yang disebut memori fotografis, dia bisa menyimpan semua ingatan sebelum pengaturan ulang dilakukan. 

Kei dan Haruki bergabung dengan Klub Layanan untuk membantu orang lain. Memanfaatkan gabungan kemampuan mereka, Kei dan Haruki berusaha membantu orang lain di kota.

16. Island

anime time travel_Island_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: feel.
  • Sutradara: Kawaguchi Keiichirou
  • Pengisi Suara: Tamura Yukari, Asumi Kana, Yamamura Hibiku, Suzuki Tatsuhisa
  • Jumlah Episode: 12

Urashima merupakan sebuah pulau terpencil yang jauh dari daratan. Di sana, terdapat seorang pria yang terdampar di pantai tapi tidak mengingat nama dan tempat asalnya. Laki-laki itu hanya ingat bahwa dia adalah seorang penjelajah waktu yang sedang menjalankan misi untuk menyelamatkan seorang gadis.

Saat malam tiba, laki-laki itu bertemu dengan Ohara Rinne, seorang gadis yang sedang menyanyikan lagu yang mengingatkannya pada nama seseorang, Setsuna. Dia kemudian memutuskan untuk menggunakan nama itu sebagai identitasnya. Rinne lalu membawa Setsuna ke rumahnya dan menjadikannya pelayan. 

Di sisi lain, Setsuna terus belajar mengenai Urashima sambil mengingat masa lalunya yang hilang. Di sana, dia jadi tahu legenda pulau itu dan keluarga besarnya Rinne.

Perlahan Setsuna mulai mengingat masa lalunya. Dia bergegas untuk menjalankan misinya, disaat dia menyaksikan segudang masalah yang terjadi di pulau Urashima.

17. Yashahime: Princess Half-Demon

anime time travel_Yashahime Princess Half-Demon_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Supernatural
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Satou Teruo
  • Pengisi Suara: Tadokoro Azusa, Matsumoto Sara, Komatsu Mikako
  • Jumlah Episode: 24

Anime ini merupakan sebuah spin-off dari seri anime Inuyasha. Ia mengikuti perjalanan tiga orang gadis saat mereka berusaha untuk memperbaiki kehilangan ingatan Setsuna, serta menemukan kebenaran tentang takdir mereka.

Towa dan Setsuna selalu bersama dan hidup bahagia di masa Feodal Jepang. Tapi, hari-hari bahagia berakhir ketika kebakaran hutan memisahkan mereka. Towa dilemparkan melalui portal ke Jepang modern. Di sana, dia ditemukan oleh Higurashi Souta, yang kemudian membesarkannya layaknya putri sendiri. 

Sepuluh tahun kemudian, Towa yang berusia 14 tahun menjadi siswa yang mudah beradaptasi, walaupun sebenarnya dia sering berkelahi. Namun masalah tak terduga muncul dihadapannya. Tiga orang pengunjung muncul di hadapannya, termasuk saudara kembarnya. Tapi kembaran Towa tidak mengingat akan dirinya.

18. Occult Academy

anime time travel_Occult Academy_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Comedy, Mystery, Sci-Fi, Supernatural
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Itou Tomohiko
  • Pengisi Suara: Hikasa Youko, Mizushima Takahiro
  • Jumlah Episode: 13

Seikimatsu Occult Gakuin atau Occult Academy menceritakan kisah seorang gadis bernama Maya, putri mantan kepala sekolah Akademi Waldstein. Ada juga Fumiaki Uchida yang merupakan seorang agen perjalanan waktu.

Pada tahun 2012, dunia diserang oleh alien. Penjelajah waktu dikirim kembali ke tahun 1999 untuk menemukan dan menghancurkan kunci ‘Nostradamus’.  Maya pun kembali ke Akademi pada tahun 1999 dengan tujuan untuk menghancurkan Akademi itu dengan cara menggantikan posisi mendiang ayahnya.

Tapi, rencananya terganggu ketika dia bertemu dengan Fumiaki yang mengetahui kehancuran tersebut akan terjadi. Meskipun tak mempercayai perkataan Fumiaki, Maya bekerjasama untuk mencari kunci Nostradamus. 

19. In Search of the Lost Future

anime time travel_In Search of the Lost Future_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Romance, Sci-Fi
  • Produksi: feel.
  • Sutradara: Hosoda Naoto
  • Pengisi Suara: Tomonaga Akane, Takada Hatsumi, Mizusawa Kei, Tamiyasu Tomoe, Terashima Takuma
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Anime berjudul asli Ushinawareta Mirai wo Motomete ini mengikuti petualangan sebuah Klub Astronomi yang semakin aneh. Dimuali dari berurusan dengan hantu, hingga menghentikan kerusuhan diantara klub mahasiswa. Sementara itu, mereka juga mengungkap keadaan di balik kemunculan seorang siswa pindahan baru.

Adalah Sasaki Kaori, anggota Klub Astronomi Akademi Uchihama yang meninggal dalam kecelakaan tragis. Teman-teman dan sesama anggota klub berduka atas kematiannya di rumah sakit setempat. Namun, keesokan harinya dia muncul ke sekolah dan tidak ada yang merasa aneh.

Hari itu berakhir tanpa insiden yang tidak biasa. Sekelompok teman bahkan merencanakan festival budaya yang akan datang. Namun, tiba-tiba terjadi gempa yang tidak wajar. Semua orang berpisah untuk menyelidikinya, kecuali Hanamiya Nagisa yang tetap tinggal di ruangan. 

20. Buddy Complex

anime time travel_Buddy Complex_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Tanabe Yasuhiro
  • Pengisi Suara: Hayami Saori, Matsuoka Yoshitsugu, Uchiyama Kouki
  • Jumlah Episode: 13 Episode

Anime ini mengikuti kisah Aoba sebagai pilot dari Aliansi Free Treaty yang akan melawan Republik Zogilia. Pada hari pertama setelah liburan musim panas, Aoba diserang oleh robot raksasa yang muncul dari langit. Saat dia dikejar, teman sekelasnya bernama Hina muncul dari dalam robot dan menyelamatkan Aoba. 

Hina mengungkapkan pada Aoba, kalau dia dan robot yang menyerang Aoba berasal dari masa depan. Kemudian tiba-tiba Hina mendorong Aoba ke 70 tahun mendatang. Dan dengan samar, Hina mengatakan pada Aoba bahwa Dio sedang menunggunya.

Ketika tersadar, Aoba mendapati dirinya berada di kokpit Valiance yang disebut dengan ‘Luxon’. Dia terjebak di tengah-tengah baku tembak antara pasukan militer Aliansi Free Treaty (FPA) dan Republik Zogilia.

Nah, itu dia 20 rekomendasi anime tentang time travel yang layak untuk masuk watch list kalian. Jangan lupa untuk menonton anime-anime di atas secara legal untuk menghargai kerja keras para pembuatnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram