logo web

20 Drama Mandarin Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Suci Maharani R

Mungkin untuk sekarang, drakor atau drama Korea menjadi tontonan utama kamu untuk mengisi waktu senggang. Tapi sebenarnya, ada juga serial drama asal Negeri Tirai Bambu yang asyik buat disaksikan. Terdapat banyak judul drama Tiongkok modern yang menyuguhkan cerita-cerita roman yang bisa bikin kamu ketagihan.

Ingat drama Meteor Garden? Kurang lebih seperti itu. Hanya saja kisah Shān Cài dan Dào Ming Sì memang bukan berasal dari Tiongkok, tapi dari Taiwan. Siapa tahu saat ini kamu sedang mencari sebuah tontonan alternatif selain serial-serial yang tengah tayang di berbagai layanan streaming atau drakor, berikut adalah rekomendasi drama China terbaik untuk kamu!

Baca juga: 20 Drama Mandarin Terbaik Bergenre Komedi Romantis

1. Reset

Reset

Reset (2022) adalah drama thriller dan sci-fiction asal China yang wajib banget kamu tonton. Mengadaptasi kisahnya dari novel karya Qi Dao Jun, ceritanya dimulai dari beberapa orang yang terjebak di lubang waktu.

Drama satu ini diarahkan oleh sutradara ternama, yaitu Sun Mo Long dan Liu Hong Yuan. Sementara Bai Jing Ting, Zhao Jin Mai dan Liu Yi Jun didapuk sebagai pemeran utamanya.

Kisahnya bermula ketika Li Shi Qin terjebak dalam sebuah bus layanan publik yang dipasangi bom oleh seseorang yang tidak dikenal.

Anehnya, tiap kali bom itu meledak Li Shi Qin malah kembali ke titik awal ketika ia memasuki bus. Hal ini disadari oleh penumpang bus lainnya, mereka pun berusaha untuk mencari cara untuk keluar dari lubang waktu.  

2. Love Like the Galaxy

Love Like the Galaxy

Love Like the Galaxy (2022) menjadi drama historical asal China yang populer banget di kalangan penggemar Indonesia. Dibintangi oleh Zhao Lusi dan Leo Wu, kemistri keduanya berhasil bikin penonton baper.

Kisah cinta mereka yang dramatis, diadaptasi dari novel berjudul Xing Han Can Lan, Xing Shen Zhi Zai karya penulis Guan Xin Ze Luan. Drama ini menceritakan pertemuan Jenderal Ling Bu Yi dengan gadis Bernama Chen Shao Sang.

Jenderal Ling Bu Yi ini dikenal sebagai pemimpin pasukan berzirah hitam yang ditakuti banyak orang. Sedangkan, Chen Shao Sang adalah seorang gadis bangsawan.

Namun, ia hidup menderita karena ulah bibi dan neneknya sendiri. Ia kerap diremehkan oleh banyak orang. Untuk itu, Chen Shao Sang ingin membuktikan bahwa ia pantas bersanding dengan Ling Bu Yi.

3. Meet Yourself

Meet Yourself
Tahun Rilis 2023
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Crystal Liu Li Xian

Drama bergenre romantis ini diarahkan oleh sutradara Ding Zi Guang. Kali ini Liu Yi Feng beradu akting dengan si tampan Li Xian.

Drama ini mengisahkan Xu Hong Duo yang berpikir untuk menikmati liburan di sebuah desa terpencil pasca kehilangan sahabat terbaiknya.

Keindahan desa Yun Miao di Provinsi Yunnan ini membuat Xu Hong Duo sangat terpukau. Sayang, masyarakat sekitar hidup dalam kesederhanaan.

Berbekal pengalamannya di bidang perhotelan, Xu Hong Duo berniat menjadikan desa ini sebagai desa wisata. Ia bekerja sama dengan pria lokal bernama Xie Zhi Yao yang diam-diam mencintainya.

4. Love Between Fairy and Devil

best drama china_Love Between Fairy and Devil_

Tidak bisa disanggah, Love Between Fairy and Devil memang wajib masuk dalam list drama China terbaik. Mengadaptasi kisahnya dari novel berjudul Cang Lan Jue karya Jiu Lu Fei, film ini berhasil digarap dengan sangat indah oleh sutradara Yi Zheng.

Tak hanya itu, penampilan sempurna dari Esther Yu, Dylan Wang hingga Zhang Ling He dan Xu Hai Qiao bikin penonton sulit move on.

Drama ini mengisahkan Raja Neraka yaitu Dongfang Qing Cang, berasal dari klan bulan, yang terikat kutukan kuno dengan Peri Anggrek. Awalnya Dongfang Qing Cang berusaha untuk menyingkirkan Peri Anggrek.

Namun, keceriaan dan ketulusan hatinya membuat Dong Fang Qing Cang dihinggapi 7 perasaan duniawi. Demi mempertahankan rakyatnya, apakah Dong Fang Qing Cang tega membunuh Peri Anggrek?

5. Till the End of the Moon

Till the End of the Moon

Till the End of the Moon (2023) menjadi drama China yang paling dinantikan oleh banyak orang. Alasannya, drama ini menjadi comeback untuk pasangan Luo Yun Xi dan Bai Lu dalam satu projek. Drama bergenre wuxia dan romantis ini diarahkan oleh sutradara Kuk Kok Laeung.

Sementara untuk ceritanya diadaptasi dari novel fantasi karya Teng Luo Wei Zhi. Drama ini mengisahkan putri kedua dari Jenderal Ye yang bersedia dikirim ke masa lalu untuk menikah dengan Pangeran Tantai Jin.

Tujuannya hanya satu, Li Su Su harus membunuh Tantai Jin, sebelum pria itu berubah jadi Raja Iblis yang berbahaya. Namun tugasnya ini tidak berjalan lancar, karena Li Su Su malah jatuh cinta kepada Tantai Jin.

6. You Are My Glory

best drama china_You Are My Glory_

Tentu saja, You Are My Glory juga tidak boleh dilewatkan begitu saja dalam list drama China terbaik. Kembali mengadaptasi kisahnya dari novel berjudul sama karya Gu Man, drama ini digarap serealistis mungkin oleh sutradara Wang Zhi. Sementara pasangan layar kaca yaitu Yang Yang dan Dilraba Dilmurat berhasil menunjukkan chemistry yang luar biasa.

Drama ini mengisahkan perjalanan cinta seorang selebriti bernama Qiao Jing Jing dan insinyur luar angkasa bernama Yu Tu. Meski saling mencinta, Yu Tu menolak Qiao Jing Jing karena berpikir bahwa mereka tidak setara.

Namun, pada akhirnya Yu Tu mengakui kesalahannya dan menerima cinta tulus Qiao Jing Jing yang sudah mencintainya sejak SMA.

7. Lighter & Princess

Lighter & Princess

Lighter & Princess (2022) juga tidak boleh dilewatkan dalam list drama China terbaik. Drama yang dibintangi oleh Chen Fei You dan Zhang Jing Yi ini berhasil membuat banyak penonton baper.

Drama ini mengadaptasi ceritanya dari novel karya Twentine yang berjudul The Lighter and the Princess’ Gown. Lalu dramanya diarahkan oleh sutradara terkenal, yaitu Liu Jun Jie.

Pertemuan antara Zhu Yu, seorang mahasiswi teladan dengan Li Xun si pembuat onar awalnya menimbulkan banyak masalah.

Tapi pertemuan ini membuat mereka belajar untuk saling menghormati dan melihat kehidupan dari kaca mata yang berbeda. Sayangnya saat cinta mulai datang, pasangan ini harus terpisah karena sebuah insiden yang mengubah hidup keduanya.

8. Who Rules The World

best drama china_Who Rules The World_

Who Rules The World adalah drama wuxia yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dibintangi oleh selebriti populer seperti Yang Yang dan Zhao Lusi, tak heran kalau drama ini mendapatkan banyak pujian.

Akting dan chemistry dari keduanya memang tidak perlu diragukan lagi. Ditambah sinematografi yang apik dari sutradara Yin Tao dan Yu Yong Gang, bikin dramanya semakin enjoyable.

Kisahnya bermula ketika Pangeran Hei Feng Xi dan Putri bai Feng Xi dikenal sebagai dua ahli bela diri dengan image yang berbeda.

Ketika Pangeran Hei Feng Xi dikenal sebagai sosok yang elegan dan berwibawa, maka Bai Feng Xi adalah sosok putri yang berani dan sangat sembrono. Namun, karena sebuah insiden, keduanya harus bekerjasama hingga menimbulkan cinta di antara mereka.

9. The Starry Love

The Starry Love

Diarahkan oleh Chu Yui Bun, drama ini adalah angsuran ketiga dari The Honey Trilogy. Kali ini Chen Xing Xu, Landy Li, Luke Chen dan He Xuan Lin didapuk sebagai pemeran utamanya.

Drama ini mengisahkan dua putri kembar dari klan manusia yang menikahi dua pangeran mahkota yang salah. Pasca insiden tandu pernikahan yang tertukar, Putri Qing Kui malah tinggal di alam neraka. Sementara putri Ye Tan yang nakal menjadi calon istri dari pangeran mahkota alam kahyangan.

Saat keduanya mulai bisa beradaptasi dan mencintai calon suami masing-masing, masalah besar muncul. Sebagai titisan dari bunga kembar dari Tanah Keruntuhan, keempat alam berniat untuk membunuh mereka.  

10. Princess Agents

Sinopsis Princess Agents (2)

Princess Agents adalah salah satu drama Cina yang berhasil memecahkan banyak rekor penayangan. Mendapatkan penonton 14,88% rating nasional hingga drama paling populer di luar jam tayang utama pada hari kerja.

Princess Agents mengisahkan Chu Qiao (Zhao Liying) yang dibuang ke hutan dan menjadi target pembunuhan pengusaha kaya raya. Ia diselamatkan oleh Pangeran Yan Utara Yan Xun (Shawn Dou) dan dibawa ke dalam keluarga Yuwen.

Namun, persahabatan keduanya hancur karena Yan Xun justru memanfaatkannya demi mendapatkan kekuasaan. Chu Qiao akhirnya memutuskan hubungan dan memiih untuk bertarung dengan Yuwen Yue untuk menghancurkan rencana balas dendam Yan Xun.

11. Love O2O

Love 020

Bei Weiwei adalah seorang mahasiswi yang berprestasi dan lihai dalam menguasai komputer. Ia bahkan bercita-cita untuk bekerja sebagai pengembang game online. Weiwei juga sangat suka memainkan sebuah game RPG bernama A Chinese Ghost Story. Di dalam game tersebut, ia menggunakan nama samaran Luwei Weiwei.

Setelah ‘diceraikan’ oleh suami virtualnya dalam game, ia didekati oleh gamer nomor satu dalam permainan tersebut, yaitu pengguna dengan nama Yixiao Naihe. Weiwei kemudian mengetahui bahwa pria tersebut adalah Xiao Nai, seniornya di kampus yang terkenal akan prestasi olahraga dan akademiknya.

Love 020 merupakan kisah romantis unik yang akan membawa kita berpetualang baik di dunia maya maupun dunia nyata. Ini adalah salah satu drama romantis Tiongkok yang direkomendasikan oleh media-media luar negeri karena kisahnya yang unik tersebut.

12. The King’s Woman

The King’s Woman_

Drama yang berhasil ditayangkan di berbagai negara Asia ini memang pantas menjadi salah satu drama terbaik. Selain cerita yang bagus, pemeran utama yang tampan dan cantik, dramanya memiliki banyak sekali kejutan.

The King’s Woman menceritakan mengenai Gongsun Li (Dilraba Dilmurat) yang terpaksa menikah dengan Raja Ying Zhen (Vin Zhang) dari Kerajaan Qin. Menjadi selir utama, Gongsung Li tidak merasakan kebahagiaan apalagi Kerajaan Qin telah membinasahkan tanah airnya.

Intrik dan politik di dalam istana membuat Gongsung Li selalu terlibat dalam masalah. Apalagi cintanya yang mulai tumbuh untuk Raja Ying Zhen penuh dengan rasa sakit, penghianatan dan pengorbanan hingga akhir hayatnya.

13. One and Only

One and Only
Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ren Jia Lun Bai Lu
Review Baca di sini

One and Only (2021) adalah drama historical dan romantis China yang wajib banget kamu tonton. Dibintangi oleh Bai Lu dan Ren Jia Lun, drama ini menyuguhkan kisah cinta yang tragis.

Ceritanya diadaptasi dari novel One Life, One Incarnation – Beautiful Bones karya Mo Bao Fei Bao. Lalu drama ini diarahkan oleh sutradara Guo Hu yang terkenal.

Drama ini mengisahkan perjalanan cinta antara Cui Shi Yi, putri dari seorang bangsawan dengan gurunya yang bernama Jenderal Zhou Sheng Chen.

Karena janjinya kepada Raja, Zhou Sheng Chen tidak akan pernah bisa menikahi Cui Shi Yi. Belum lagi konspirasi politik yang ingin menggulingkannya, membuat Zhou Sheng Chen memilih mati sendirian dibandingkan melihat Shi Yi menderita bersamanya.

14. Eternal Love

Eternal Love_

Berbicara mengenai drama China terbaik, rasanya tidak mungkin Eternal Love (2017) tidak masuk di dalamnya. Drama yang memasangkan Yang Mi dengan Mark Chao ini memang sukses secara komersial dan cukup kontroversial.

Perjuangan Bai Qian (Yang Mi) untuk menyegel Raja Iblis berujung membuatnya terlempar ke dunia Fana. Bai Qian kehilangan semua ingatannya dan tinggal sediri di gunung terpencil hingga ia tidak segaja menyelamatkan Putra Mahkota Ye Hua (Mark Chao).

Mereka saling jatuh cinta, tapi karena indentitas tidak jelas Bai Qian membuat mereka merasakan penderitaan cinta. Hingga mereka bertemu kembali dalam tiga kehidupan dan tiga dunia yang berbeda.

15. The Blue Whisper

drama china terbaik_The Blue Whisper_

The Blue Whisper adalah drama fantasi yang terdiri dari dua bagian, tapi kedua dramanya dirilis di tahun yang sama. Mengadaptasi kisahnya dari drama berjudul Yu Jiao Ji karya Jiu Lu Fei, sutradara Chu Yui Bun berhasil menggarapnya dengan sangat baik. Belum lagi chemistry dan akting luar biasa dari Dilraba Dilmurat dan Ren Jia Lun memang sayang untuk dilewatkan.

Drama ini mengisahkan Ju Yun He, seorang guru spiritual yang kuat dan berbakat di Lembah Bunga. Suatu hari, seekor duyung jantan bernama Changyi tiba-tiba muncul di Lembah Bunga milik Putri Shundaer yang kejam.

Duyung itu dipaksa untuk memberikan mutiara dan setia pada sang putri. Berawal dari menjaga duyung tersebut, Jun Yun He dan Changyi malah terlibat cinta dan memimpikan kebebasan.

16. Immortal Samsara

drama china terbaik_Immortal Samsara_

Immortal Samsara juga jadi salah satu drama Cina yang wajib banget masuk dalam watchlist. Drama yang diadaptasi dari novel berjudul Chen Xiang Ru Xie karya Su Mo ini bakalan digarap oleh sutradara Guo Hu dan Ren Hai Tao. Kali ini aktris cantik Yang Zi bakalan beradu akting dengan aktor idola banyak wanita yaitu Cheng Yi.

Kisahnya bermula ketika Yan Dan, satu-satunya keturunan dari Suku Kalajengking Berkaki Empat, hidup bersama saudaranya. Untuk mengikuti pesta Ibu Suri, mereka berubah wujud menjadi manusia.

Dari sinilah berbagai kesulitan harus dihadapi oleh Yan Dan. Pasalnya, ia malah jatuh cinta pada Ying Yuan yang membuatnya harus menanggung dosa yang sangat besar.

17. Moonlight

drama china terbaik_Moonlight_

Beralih ke drama romantis dan komedi, Moonlight (2021) terlalu seru untuk kamu lewatkan begitu saja. Drama yang diadaptasi dari novel berjudul Here Chu Li karya Qing Mei ini bakalan digarap oleh sutradara Elson Chang.

Kali ini Esther Yu akan beradu akting dengan Ding Yu Xi. Pokoknya mereka adalah pasangan yang akan menampilkan chemistry menggemaskan.

Chu Li baru diterima sebagai intern di Yuan Yue Publishing House dan harus mengejar kontrak dengan penulis sombong bernama Zhou Chuan. Tanpa diketahuinya, ternyata Zhou Chuan adalah teman curhat Chu Li di media sosial.

Meski sempat kesal dibodohi oleh Zhou Chuan selama beberapa waktu, pada akhirnya kisah cinta editor dan penulisnya ini bisa bersemi.

18. Put Your Head On My Shoulder

Put Your Head On My Shoulder

Jangan heran jika menemukan banyak drama Tiongkok yang diadaptasi dari sebuah buku. Contohnya adalah Put Your Head On My Shoulder. Kisah ini diangkat dari novel dengan judul serupa karya Zhao Qianqian. Karena memiliki kelebihannya sendiri, drama ini berhasil mendapatkan review positif dari para penggemar.

Situ Mo, seorang mahasiswi tingkat akhir tengah merasa bingung dengan rencana masa depannya. Ia sudah mencoba beberapa hal, namun tidak kunjung menemukan sesuatu yang ia anggap tepat.

Suatu ketika, Situ bertemu dengan seorang mahasiswa fisika yang jenius bernama Gu Weiyi. Kehadiran Gu pun mengubah segalanya, apalagi pemuda tersebut harus tinggal bersama dengan Situ dan segala kekacauan pun dimulai.

19. A Love So Beautiful

A Love So Beautiful

Kamu suka tontonan ringan nan santai dan drama yang dipenuhi dengan adegan manis? Jika ya, maka A Love So Beautiful merupakan pilihan paling tepat. Memiliki 23 epsiode dan tayang pada tahun 2017 silam, A Love So Beautiful merupakan kisah cinta juga persahabatan yang sangat cocok mengisi waktu senggang kamu.

Chen Xiaoxi adalah seorang gadis yang memiliki prestasi biasa-biasa saja. Namun, dia sangat kagum pada teman masa kecilnya, yaitu Jiang Chen yang tampan lagi berprestasi hingga membuat pemuda tersebut begitu populer di sekolahnya.

Bersama teman-temannya, mereka berusaha untuk melampaui kehidupan masa sekolah untuk masuk ke perguruan tinggi dan tentu saja ada percikan cinta di dalamnya.

20. Ashes of Love

Ashes of Love_

Dinilai memiliki cerita yang ringan tapi sangat terstruktur, Ashes of Love mendapatkan banyak kepopuleran dan penghargaan. Menempati rating pertama selama penayangan dan ditonton hingga 15 miliar kali, drama ini layak disebut drama terbaik.

Bercerita mengenai putri dari Dewi Bunga, Jin Mi (Yang Zi) di ramalan dalam 10.000 tahun akan mengalami ujian cinta yang membahayakan nyawanya.

Ia diberikan pil yang membuatnya tidak mengetahui cinta, bahkan saat ia terlibat cinta segitiga dengan Dewa Api Xu Feng (Deng Lun) dan Dwa Malam Run Yu (Luo Yunxi). Ada banyak salah paham yang terjadi membuat Xu Feng jadi Raja Iblis sedangkan Run Yu menjadi Raja Langit yang sangat ambisius.

Nah, itulah beberapa rekomendasi drama China terbaik yang menarik untuk kamu saksikan. Jika kamu sudah mulai jenuh dengan drama Korea atau Jepang, kamu bisa mencoba menikmati karya-karya sineas asal Negeri Panda di atas.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram