logo web

15 Drama Jepang Adaptasi Manga Terbaik dan Paling Seru

Ditulis oleh Listiorini

Mencari tontonan yang menarik dan penuh emosi? Drama Jepang selalu menjadi pilihan yang tepat, apalagi jika diadaptasi dari manga terkenal. Dari cerita cinta remaja hingga aksi dan misteri yang menegangkan, ada berbagai genre yang bisa menghiburmu di saat senggang.

Berikut ini kami sajikan daftar drama Jepang yang diangkat dari manga, yang tidak hanya sukses, tetapi juga berhasil membuat penonton betah untuk menontonnya sampai akhir episode. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di Showpoiler!

1. Alice in Borderland

drama mirip hiiragis homeroom_Alice in Borderland_

Drama ini punya pusat cerita pada tokoh bernama Arisu. Ia adalah seorang pemuda pengangguran yang hanya suka bermain game. Suatu hari, ia sedang berjalan-jalan di Shibuya dengan kedua temannya, Segawa dan Karube. Mereka bertiga sempat membuat gaduh di jalanan Shabuya hingga akhirnya dikejar oleh polisi.

Mereka berusaha meloloskan diri dengan bersembunyi di toilet umum. Namun, saat sedang bersembunyi, tiba-tiba suasana menjadi hening. Lampu di area sekitar juga padam. Bingung dengan kejadian ini, mereka pun keluar dari bilik toilet dan mendapati jalanan Shibuya sudah sangat sepi tanpa seorang pun.

Akhirnya, mereka berkeliling area Shibuya mencari orang lain, tapi mereka malah menemukan sebuah gedung yang mengajak mereka dalam sebuah permainan mematikan. Mereka harus mempertaruhkan nyawa jika mau tetap hidup di dunia yang sepi itu.

2. Hana Yori Dango

film romantis jepang adaptasi manga_Hana Yori Dango Final_

Hana Yori Dango, yang dirilis pada tahun 2005, adalah salah satu drama Jepang yang ikonik sekaligus adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Drama ini bercerita tentang Makino Tsukushi, seorang gadis dari keluarga sederhana yang bersekolah di Eitoku Academy, sekolah elit untuk anak-anak keluarga kaya-raya. 

Di sekolah itu, ada geng F4 yang dikenal sebagai empat orang siswa paling berkuasa di sekolah. Tidak ada yang berani menentang perintah F4, semua orang tunduk pada F4. Namun, berbeda dengan Tsukushi, ia justru melawan F4 karena kesal dengan mereka berempat yang bertingkah seenaknya.

Dari kejadian itu, akhirnya F4 mengeluarkan ‘red card’ untuk Tsukushi. Kini Tsukushi menjadi sasaran bullying semua anak-anak di Eitoku Academy. Namun, seiring waktu, hubungan Tsukushi dengan F4 malah menjadi dekat, terutama dengan salah satu anggota F4 bernama Domyouji Tsukasa. Meski awalnya saling bermusuhan, tapi pada akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta. Namun kisah cinta mereka terhalang oleh perbedaan kasta. Bagaimana kelanjutannya?

3. Three Star Bar in Nishi Ogikubo

dorama terbaik sepanjang masa_Three Star Bar in Nishi Ogikubo_

Amamiya, Nakauchi, dan Kobayashi adalah tiga pemuda yang cukup populer. Suatu hari ketiganya kembali bertemu dan dipersatukan dalam sebuah bar kecil bernama Three Star Bar di Distrik Nishi Ogikubo, Tokyo.

Amamiya, mantan ketua kelas dan siswa berprestasi, sekarang menjadi bartender yang selalu siap membangkitkan suasana dengan keahliannya dalam meracik koktail. Di sisi lain ada Nakauchi, yang dulunya pendiam tapi dia sangat suka memasak. Sayangnya, Nakauchi pernah mengalami nasib buruk karena kehilangan indera rasanya dan harus berhenti dari pekerjaannya sebagai chef. 

Yang ketiga ada Kobayashi, penulis yang sedang mengalami masa sulit karena sudah tidak terkenal sebagai seorang penulis. Namun beruntungnya ia mewarisi bar dari kakeknya dengan syarat bahwa ia harus menjalankan bisnis tersebut hingga semua makanan kaleng di gudang habis. 

Dari persyaratan kakeknya Kobayashi, akhirnya Kobayashi dan Amamiya memutuskan untuk coba menjalankan bisnis bar tersebut. Namun, mereka kekurangan satu orang yang mau memasak. Akhirnya, Kobayashi dan Amamiya meyakinkan Nakauchi untuk bergabung sebagai chef mereka, dan ketiganya membentuk sebuah tim yang sukses. 

Dengan koktail segar dari Amamiya, nasihat bijak dari Kobayashi, dan masakan Nakauchi yang lezat, bar ini menjadi tempat yang dicintai oleh pelanggannya. Mereka senang karena bisa selalu mendapatkan ketenangan setiap kali datang ke bar ini sehingga bar ini menjadi sangat populer. Namun, apa yang akan terjadi ketika persediaan makanan kaleng mulai menipis? Apakah mereka akan berhenti menjalankan bisnis bar itu?

4. Don't Call it Mystery

Don't Call it Mystery_

Drama ini memiliki genre misteri dan kriminal dengan tokoh utama bernama Totono Kuno. Ia adalah seorang mahasiswa yang memiliki kemampuan analisis yang sangat baik. Kemampuannya itu ia gunakan untuk memecahkan berbagai macam kasus misteri, karena memang dia suka dengan hal-hal berbau misteri.

Suatu hari, Totono terlibat dalam kasus pembunuhan. Ia dituduh sebagai salah satu tersangkanya. Tak terima dengan tuduhan itu, Totono pun mencari cara untuk keluar dari tuduhan tersebut dengan menggunakan kemampuan analisisnya. Beruntung dia tidak sendirian karena ada Raika, gadis yang sama-sama suka dengan misteri, membantu Totono lepas dari tuduhan sekaligus mencari pelaku pembunuhan sebenarnya. Berhasilkah?

5. Proposal Daisakusen

drama jepang romantis_Proposal Daisakusen_

Drama ini mengusung genre romantis yang ceritanya berpusat pada Kenzo. Saat ini Kenzo sedang meratapi dirinya menyesal karena melihat wanita yang dicintainya, Rei, harus menikah dengan pria lain. Kenzo sudah memendam perasaan pada Rei sejak zaman SMA, namun ia tidak berani untuk menyatakan perasaannya.

Suatu hari, tiba-tiba saja Kenzo bisa kembali ke masa lalu. Kenzo tiba di masa dimana ia baru bertemu dan berteman dengan Rei di masa SMA sampai kuliah. Kejadian ini membuat Kenzo merasa diberi kesempatan kedua untuk mengejar cinta Rei. Akhirnya, Kenzo memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan Rei dan memperbaiki semua kejadian masa lalunya.

6. Erased (2016)

drama jepang thriller_ERASED_

Satoru Fujinuma (Yuki Furukawa) bukanlah pengantar pizza biasa. Dia memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu, alias time traveling. Tidak hanya sekadar melihat kejadian di masa lalu, Satoru bahkan bisa mengubah nasib orang-orang di sekitarnya. Dia menyebut kekuatan ajaib ini sebagai "kebangkitan." 

Namun suatu hari, Satoru dituduh melakukan pembunuhan terhadap seseorang yang dekat dengannya. Menggunakan kekuatan "kebangkitan," Satoru kembali ke tahun 1988, saat dia masih seorang anak sekolah. Dengan kembalinya ke tahun 1988, Satoru berharap bisa membantunya untuk lepas dari tuduhan sebagai tersangka pembunuhan.

Namun saat menyelidiki kasus tersebut di tahun 1988, Satoru menemukan fakta bahwa ternyata kasus pembunuhan tersebut berhubungan dengan penculikan dan pembunuhan teman sekelasnya, Kayo Hinazuki. Mengetahui fakta itu, akhirnya Satoru memutuskan bukan hanya membersihkan namanya, tetapi juga mencegah pembunuhan Kayo sekaligus menangkap pelaku sebenarnya. Berhasilkah? 

7. Kotaro Lives Alone

drama jepang baru_Kotaro Lives Alone 2_

Drama ini mengangkat kisah hidup seorang bocah berusia lima tahun bernama Kotaro Sato yang terpasa harus tinggal sendiri di sebuah kamar apartemen Shimizu. Di hari pertamanya, Kotaro berusaha untuk berkenalan dengan tetangga-tetangganya, yaitu Karino, Mizuki, dan Pak Tamaru.

Awalnya mereka pikir Kotaro tinggal bersama orang tua yang sibuk bekerja, namun lama kelamaan mereka sadar bahwa Kotaro tinggal sendirian. Para tetangganya berpikir bahwa kehadiran Kotaro ini cukup mengkhawatirkan karena mereka tidak percaya seorang bocah bisa hidup sendirian.

Tetapi, setelah mereka semua sering berkomunikasi dengan Kotaro, para tetangganya, khususnya Karino, mulai memahami apa yang terjadi dengan Kotaro. Bahkan, semua tetangga Kotaro pun membantu Kotaro untuk hidup dengan baik dan tenang. Tetapi pertanyaannya, siapa orang tua Kotaro? Bagaimana ia bisa bertahan hidup sendirian tanpa penghasilan sepeser pun?

8. Cherry Magic! Thirty Years of Virginity Can Make You a Wizard?!

cherry magic__

Drama ini mengusung tema boys love atau percintaan sesama jenis dengan genre romantis-komedi. Awal kisahnya ada pada karakter bernama Adachi Kiyoshi. Ia adalah seorang pria lajang yang hampir memasuki usia ke-30. Ada rumor mengatakan bahwa jika sampai umur 30 masih melajang dan belum pernah melakukan seks maka mereka akan mendapatkan kekuatan ajaib.

Ternyata rumor itu benar terjadi pada Adachi. Saat dirinya berulang tahun ke-30, tiba-tiba saja ia bisa membaca pikiran orang hanya dengan menyentuhnya. Suatu hari, ia tidak sengaja bersentuhan dengan teman kantornya, yaitu Kurosawa. 

Dari sentuhan itu Adachi bisa membaca pikiran Kurosawa yang ternyata sudah menyukai Kurosawa sejak lama. Tentu saja Adachi terkejut mengetahui hal itu, karena Kurosawa terkenal sebagai karyawan teladan dan paling tampan di kantornya. Lalu, bagaimana Adachi bisa menghadapi Kurosawa? Apakah akhirnya mereka bisa bersatu?

9. Midnight Diner

Midnight Diner_

Serial yang tayang pertama kali pada tahun 2009 ini adalah adaptasi dari manga berjudul sama, dan menawarkan sebuah kisah humanis di tengah kehidupan metropolitan Tokyo yang sibuk. Drama ini berfokus pada sebuah restoran kecil yang tersembunyi di pojokan sebuah distrik perbelanjaan Tokyo. 

Uniknya, restoran ini hanya buka setelah tengah malam dan ia hanya memiliki satu menu standar. Meski begitu, sang pemilik restoran yang sering disebut ‘master’ ini siap memasak apapun makanan yang diminta oleh pelanggannya.

Sebenarnya tidak ada alur dalam drama ini karena setiap pelanggan yang datang ke Midnight Diner memiliki kisah dan perjalanan hidup yang berbeda. Namun, semua pelanggan yang datang ke Midnight Diner selalu senang setiap kali makan di sana dengan pulang yang membawa solusi dari Master. 

10. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Tayang perdana pada tahun 2006 dan diadaptasi dari manga dengan judul yang sama, drama ini menceritakan kehidupan dua mahasiswa di Momogaoka College of Music—Megumi Noda atau "Nodame," dan Shinichi Chiaki. 

Nodame adalah pianis berbakat yang lebih suka belajar musik lewat pendengarannya dibandingkan not balok. Tidak hanya itu, dia juga dikenal dengan kepribadian yang berantakan, sering lupa mandi, dan punya nafsu makan yang tinggi. 

Sebaliknya, Chiaki adalah siswa terbaik di Momogaoka. Dia adalah anak orang kaya yang sangat jago main piano dan biola. Yang menarik, Chiaki ini orang yang sangat perfeksionis dan memiliki ambisi untuk menjadi seorang konduktor. 

Suatu hari, dua orang dengan kerpibadian yang sangat bertolak belakang ini bertemu. Tentu saja Nodame langsung jatuh cinta pada sosok Chiaki. Sayangnya, butuh waktu lama untuk Chiaki bisa menyukai Nodame yang urakan. Meski begitu, kedekatan mereka berdua akhirnya menumbuhkan perasaan romantis lewat musik dan ambisi yang serupa. 

11. Liar Game

drama mirip alice in borderland_Liar Game (2007)_

Drama terbitan tahun 2007 ini punya tokoh utama bernama Kanzaki Nao. Ia adalah seorang mahasiswi yang sangat jujur dan naif. Suatu hari, Nao mendapatkan uang seratus juta yen sekaligus sebuah kartu bahwa ia adalah peserta dari Liar Game. Permainan ini bertujuan untuk menipu pemain lainnya agar bisa mendapatkan tambahan 100 juta yen dari peserta Liar Game. Jika kalah maka peserta yang kalah itu akan menanggung hutang 100 juta yen kepada peserta yang menang.

Tidak mau kalah, akhirnya Nao berusaha untuk mendapatkan 100 juta yen dari peserta lainnya. Akhirnya, Nao bertemu dengan peserta Liar Game yang dikenalya, yaitu Fujisawa Kazuo, mantan guru Nao. Kazuo berjanji akan membantu Nao dalam permainan ini jika dirinya mau mempercayakan 100 juta yen kepada Kazuo.

Bodohnya, Nao percaya begitu saja, dan akhirnya 100 juta yen Nao pun diambil oleh Kazuo. Untung saja permainan Liar Game belum selesai, jadi Nao masih bisa merebut uang tersebut. Namun, karena sifatnya yang naif, akhirnya Nao bekerjasama dengan penipu ulung, Akiyama Shinichi, untuk membantunya memenangkan Liar Game. Apakah mereka berhasil mencapai kemenangan?

12. Itazura na Kiss: Love in Tokyo

Itazura na Kiss_

Aihara Kotoko adalah tokoh sentral dari drama ini. Ia digambarkan sebagai siswi SMA yang tidak terlalu cerdas bahkan cenderung bodoh. Namun, di sekolahnya, ia sangat menganggumi dan menyukai Irie Naoki, cowok paling tampan dan pintar.

Suatu hari, Kotoko memberanikan diri untuk menyatakan cinta pada Naoki. Naas, pernyataan cinta itu ditolak mentah-mentah sambil mengatai bahwa Naoki tidak suka dengan gadis bodoh seperti Kotoko. Meski merasa sedih, tetapi hal itu tidak mengurangi perasaannya terhadap Naoki.

Keajaiban pun datang pada Kotoko, tiba-tiba saja rumahnya kejatuhan metorit sehingga dirinya dan ayahnya harus menumpang di rumah teman ayah Kotoko. Saat sampai di rumah itu, Kotoko terkejut karena anak dari teman ayahnya adalah Naoki. Dari sana akhirnya Kotoko dan Naoki semakin dekat, bahkan keduanya pun saling jatuh cinta.

13. Death Note (2015)

Death Note (2015)_

Mungkin sudah banyak yang familiar dengan drama satu ini, dan bahkan dramanya sempat menjadi trending topic. Tidak heran jika drama ini begitu digemari karena ceritanya pun sangat menarik. Kisahnya dimulai dengan karakter utama bernama Light Yagami. Ia adalah seorang mahasiswa yang memiliki cita-cita hidup yang mulus dan lurus, intinya dia mendambakan kehidupan yang tenang dan damai.

Sayangnya, keinginan itu tidak dapat terwujud ketika dia menemukan Death Note. Perlu diketahui, Death Note adalah sebuah buku yang bisa membunuh siapa pun hanya dengan menuliskan nama orang tersebut dalam buku itu. Dan, buku ini sebenarnya dimiliki oleh Dewa Kematian, Ryu. Ryu sengaja memberikan Death Note pada Yagami hanya untuk menguji moralitas dan sisi kemanusiaan Yagami.

Sialnya, Yagami justru menjadikan Death Note untuk membunuh para pelaku kejahatan. Tindakannya ini ternyata tidak diterima baik oleh penegak hukum, khususnya polisi, karena dianggap main hakim sendiri. Akhirnya, polisi berusaha untuk memburu si pelaku pembunuhan misterius ini, namun sayangnya sulit untuk mengungkap Yagami sebagai pelaku. 

Tak mau patah semangat, polisi pun menyewa detektif handal bernama L untuk membantu dalam mengungkap kasus Death Note. L bukan detektif sembarangan, dengan kemampuannya ia bisa mengendus sikap mencurigakan Yagami, bahkan mengungkap bahwa Yagami adalah sosok pembunuh di balik Death Note. Bagaimana caranya L bisa mengetahui semua itu?

14. Kakegurui

Kakegurui_

Meski drama ini memiliki tema sekolah, tapi Kakegurui bukanlah drama yang ringan, justru banyak kekerasan di dalamnya yang membawa tema perjudian. Ceritanya berlatar di sekolah Hyakkaou Private Academy, di mana seklah ini hanya diisi oleh anak-anak orang kaya dan berpengaruh di dunia.

Uniknya, sekolah ini punya sistem penilaian yang berbeda, bukan hanya nilai akademis saja yang menjadi tolak ukurnya, tetapi juga kemampuan berjudi. Setiap siswa yang mau berkuasa dan dihormati di sekolah ini harus ahli dalam berjudi. Dan, siapa saja yang kalah dalam berjudi maka dia akan menjadi budak.

Suatu hari, Hyakkaou kedatangan murid baru bernama Yumeko. Ia adalah gadis cantik yang polos, dan pastinya suka berjudi. Dia sengaja datang ke sekolah ini untuk menyalurkan kesenanangannya dalam berjudi. Namun, kedatangan Yumeko ternyata membuat para siswa pemain judi papan atas merasa terancam karena Yumeko dengan mudah mengalahkan permainan judi dari tim OSIS sekolah. 

Puncaknya adalah, Yumeko menantang bermain judi kepada ketua OSIS yang paling disegani dan terkenal paling jago berjudi. Mereka bukan hanya bertaruh uang, tetapi juga nyawa. Apakah kali ini Yumeko berhasil memenangkan permainan judi?

15. GTO (1998)

GTO

Manga dan anime GTO sangat terkenal hingga akhirnya dibuat dalam sebuah drama berjudul sama di tahun 1998. Bahkan, saking terkenalnya, drama ini masih dibuat ulang di tahun 2012 dengan beberapa film yang menarik. Namun, di sini kami merekomendasikan drama GTO yang rilis tahun 1998, versi original dari semua versi yang ada.

Onizuka Eikichi adalah seorang pemuda yang baru saja pensiun dari geng motor. Saat ini, dia memiliki tujuan lain, yaitu ingin menjadi seorang guru. Sebenarnya agak sulit menerima Onizuka sebagai guru, karena gayanya yang eksentrik jauh dari kesan guru pada umumnya. Akhirnya, Onizuka diterima menjadi guru untuk mengajar sebuah kelas yang dipenuhi oleh siswa-siswa bermasalah.

Awalnya banyak yang merasa skeptis dengan kemampuan Onizuka dalam mengajar. Namun, hal itu bisa ditepis dengan baik oleh Onizuka saat siswa-siswa bermasalah itu malah lebih menurutinya. Ternyata, Onizuka membawa metode mengajar yang berbeda. Ia berusaha mendekati siswanya dengan caranya sendiri.

Itulah 15 drama Jepang adaptasi manga yang menyajikan beragam pilihan genre. Jadi, daftar di atas cocok untuk semua penonton. Untuk yang hobi binge-watching, daftar di atas bisa membantumu memilih dorama yang asyik untuk ditonton. 

Sudah siapkan pilihan drama yang akan kamu tonton secara maraton? Nah, supaya lebih seru nontonnya, jangan lupa ajak teman atau siapkan camilan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram