logo web

Tak Hanya Drama Romantis, Inilah Drama 14 Terbaik Kim Bum

Ditulis oleh Syuri K.N.

Memiliki nama lengkap Kim Sang Beom, pria kelahiran 7 Juli 1989 ini merupakan seorang aktor yang mendunia. Dia dikenal sebagai Kim Beom atau Kim Bum saja.

Tertarik dengan dunia sejak akting SMA, Kim Bum mengikuti Survival Star Audition dari KBS pada tahun 2006 dan memenangkannya. Pada akhir tahun yang sama, Kim Bum debut akting di drama MBC berjudul The Daring Sisters dan High Kick. Semenjak itulah perhatian publik mulai tertuju padanya.

Kim Bum debut di layar lebar pada tahun 2008 lewat film Hellcats. Tapi, yang paling mengejutkan adalah karakternya di film Gosa (dikenal juga dengan judul Death Bell) yang dipublikasi pada tahun yang sama.

Walau, memang, semua orang jadi lebih tahu Kim Bum berkat drama KBS Boys Over Flowers. Dengan keberhasilan drama BOF, Kim Bum menjelma menjadi high demand actor sampai sekarang.

Ingin tahu drama apa saja yang diperankan oleh Kim Bum? Showpoiler telah merangkumnya di bawah ini, check these out!

1. Tale of the Nine Tailed

Tale of the Nine Tailed

Comeback dari hiatus 4 tahunnya setelah Mrs. Cop Season 2 (2016), Kim Bum mengejutkan publik dengan mengambil peran antagonis di drama Tale of the Nine Tailed. Drama ini menarik karena selain menjadi drama kembalinya Kim Bum ke layar kaca, The Tale of a Gumiho merupakan drama serial pertama yang membuat karakter gumiho laki-laki.

Gumiho sendiri merupakan legenda siluman rubah perempuan yang berekor sembilan. Jadi, gambaran tentang gumiho sebagai laki-laki agak tidak biasa. Gumiho dalam drama ini bernama Lee Yeon (Lee Dong Wook), gumiho yang turun ke dunia untuk memburu para monster yang mengganggu manusia.

Masalah Lee Yeon semakin rumit ketika di Bumi juga ada Lee Rang (Kim Bum), adik tirinya yang merupakan gumiho setengah manusia. Berbeda dengan Lee Yeon si penegak keadilan, Lee Rang menggunakan kekuatannya untuk memperdaya manusia demi kesenangannya.

2. Tale of the Nine-Tailed 1938

Tale of the Nine-Tailed 1938 (2023)

Tale of the Nine-Tailed 1938 memang memiliki alur mundur, tapi merupakan sekuel dari Tale of the Nine-Tailed (2020). Sebuah kasus yang tidak diduga membuat Lee Yeon (Lee Dong Wook) dikirim kembali ke tahun 1938, di mana dia bertemu dengan Ryu Hong Joo (Kim So Yeon) lagi, obyek afeksinya di serial sebelumnya.

Jika di drama pertamanya Lee Yeon merupakan roh penjaga gunung di Barat, sekarang dia memiliki sebuah restoran eksklusif di kota Gyeongseong, yang merupakan ibu kota negara pada tahun tersebut. Selain itu, ada hal yang berbeda, di mana dia akur dengan adiknya, Lee Rang (Kim Bum).

Sebaliknya, mantan roh penjaga yang juga merupakan mantan teman Lee Yeon, Cheon Moo Young (Ryu Kyung Soo), malah berubah menjadi musuh. Lee Yeon berusaha untuk kembali ke lini masanya untuk bersama orang yang dia sayangi, tapi dia mengalami banyak kesulitan.

3. Ghost Doctor

Ghost Doctor

Cha Young Min (Rain) adalah seorang ahli bedah yang brilian di rumah sakit Myung Shin. Namun, terlepas dari kehebatannya di ruang operasi, dia memiliki sikap yang angkuh dan egois. Young Min sangat sombong dan tidak berperasaan, dia suka memilih-milih pasien dan hanya mementingkan karir pribadinya saja.

Suatu hari, dia terlibat dalam sebuah kecelakaan, dan sebagai konsekuensinya, arwahnya terlepas dari tubuhnya. Dia melihat sendiri dokter yang tidak berpengalaman, Ko Seung Tak (Kim Bum), yang mengurusnya setelah kecelakaan. Seung Tak dikenal sebagai dokter residen yang paling sembrono.

Itu semua karena kakeknya lah yang mendirikan rumah sakit Myung Shin, dan ibunya saat ini menjabat sebagai ketua dewan rumah sakit tersebut. Dia juga memiliki kebencian yang mendalam terhadap profesi medis, sehingga dia tidak pernah berusaha semaksimal mungkin untuk menolong pasiennya.

Young Min menyalahkan ketidakcakapan Seung Tak atas kondisinya yang masih koma hingga saat ini. Karena 'bergentayangan', Young Min pun memutuskan untuk mendiami tubuh Seung Tak. Hal ini berakibat pada performa Seung Tak yang tadinya dokter tidak kompeten, berubah jadi dewa di ruang operasi.

4. Law School

Law School

Seorang profesor dan mahasiswanya menghadapi kasus yang menantang di Fakultas Hukum Universitas Hankuk. Plotnya mengikuti mantan jaksa Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) yang kini menjadi seorang profesor universitas dengan reputasi buruk. Dia merupakan seorang profesor kejam yang tidak peduli dengan mahasiswanya.

Ada pula Kang Sol (Ryu Hye Young) dan Han Joon Hwi, mahasiswa tahun pertama fakultas tersebut. Kang Sol yang miskin hanya tinggal bersama dengan ibunya. Dia merasa tidak sreg di kampus karena teman-teman universitasnya lebih kaya dan memiliki keluarga yang utuh.

Di sisi lain, Joon Hwi (Kim Bum) selalu menjadi ketua mahasiswa Fakultas Hukum. Dia adalah siswa terkenal dengan potensi kepemimpinan. Karena aktif mengikuti program fakultas, banyak orang yang mengenalnya. Siapa sangka, Joon Hwi yang terkenal baik dan pintar ternyata menyembunyikan rahasia kelam. 

Suatu hari, terjadi pembunuhan atas salah satu profesor di kampus, yang membuat Jong Hoon ditangkap sebagai tersangka utama. Profesor Yang, Kang Sol, dan Joon Hwi pun bekerja sama untuk mengungkapkan kematian Profesor Seo. Mereka juga berusaha menemukan bukti bahwa Jong Hoon tidak bersalah.

5. Hidden Identity

Hidden Identity

Film thriller-kriminal tahun 2015 ini mengikuti kru detektif yang menyamar yang memecahkan kasus sambil menyembunyikan identitas mereka. Diceritakan ada satuan investigasi penyidik pembunuh yang ditugaskan untuk menyamar. Mereka dilegalkan melakukan penyadapan, pemantauan komunikasi, dan operasi penyamaran.

Cha Geon Woo (Kim Bum) adalah protagonis di serial ini. Kim Bum berperan sebagai Cha Geon Woo, detektif yang terampil dalam pekerjaannya. Mantan anggota ROKN SEAL dan KNP SWAT ini memiliki reputasi yang baik dalam menangkap targetnya.

Dia dan anggota timnya tengah menggunakan identitas baru dan menyusup ke organisasi kriminal untuk mendapatkan informasi dan menyelesaikan kejahatan. Peran rahasia yang mereka jalani menghadirkan masalah dan bahaya dalam kehidupan pribadi masing-masing tim.

Hidden Identity dikenal dengan plot yang mendebarkan dan rangkaian aksi yang penuh aksi. Terutama Cha Geon Woo yang berperan penting dalam perjuangan tim melawan kejahatan sambil menyembunyikan identitas mereka.

Walau merupakan leader tim yang baik, tapi Geon Woo diam-diam memiliki misi rahasia, yaitu untuk membalaskan dendam demi pacarnya yang telah meninggal dunia.

6. Mrs. Cop 2

Mrs. Cop 2

Mrs. Cop 2 adalah musim kedua dari serial Mrs. Cop. Walau begitu, serial ini memiliki pemeran serta rangkaian plot yang benar-benar baru.

Mrs. Cop 2 menceritakan tentang seorang polisi wanita divisi kriminal yang bernama Go Yoon Jung. Drama ini berfokus pada betapa sulitnya menjadi wanita berkeluarga yang bekerja di Korea Selatan, terlebih memiliki pangkat yang tinggi.

Sementara Kim Bum berperan sebagai Lee Ro Joon, karakter antagonis dalam drama ini. Ro Joon adalah seorang CEO muda yang karismatik dan licik.

Dia memiliki perusahaan peminjaman uang bernama EL Capital. Dibalik itu, dia juga melakukan berbagai kejahatan untuk kepentingan pribadinya dan untuk mempertahankan status sosialnya di mata publik.

Representasi Lee Ro Joon yang diberikan Kim Bum menambah kedalaman dan kompleksitas karakter dalam cerita. Bahkan, Ro Joon adalah salah satu karakter penting yang berkontribusi terhadap perkembangan kisah.

7. Boys Over Flowers

Boys Over Flowers kim bum

Sepertinya semua orang setuju kalau Boys Before Flower atau Boys Over Flowers merupakan drama Kim Bum yang paling ikonik. Drama ini menceritakan tentang Geum Jan Di, seorang gadis miskin yang masuk ke sekolah paling bergengsi se-Korea Selatan, Shin Hwa.

Semua itu terjadi karena Jan Di menolong salah satu siswa Shin Hwa yang berniat bunuh diri akibat ditindas geng F4. Aksi heroik Jan Di membuatnya viral dan memicu kemarahan warga Korea Selatan pada sistem sekolah Shin Hwa. Untuk meredam berita tersebut, Jan Di ditawari beasiswa dan akhirnya menjadi satu-satunya siswa miskin di sana.

Tentu saja Jan Di segera menjadi korban selanjutnya dari F4. Uniknya, walau menandai target perundungan, F4 tidak pernah turun tangan sendiri karena seluruh siswa lainnya lah yang akan senang hati membully target F4.

Lalu, siapakah F4? Mereka merupakan geng super elit di SMA Shin Hwa. Anggotanya terdiri dari Gu Jun Pyo, Yoon Ji Hoo, So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin. Mereka adalah anak-anak orang paling kaya di Korea Selatan, yang otomatis membuat mereka menjadi yang paling berkuasa di sekolah Shin Hwa.

Sejak hari pertama Jan Di masuk sekolah, Jun Pyo sebagai ketua F4 mengumumkan agar anak-anak sekolah Shin Hwa mengerjai Jan Di. Namun, lambat laun F4 malah jadi dekat dengan Jan Di, terus Jun Pyo juga malah kena karma dengan jatuh hati pada gadis itu.

Sementara Yi Jung, karakternya Kim Bum, diceritakan sebagai seorang casanova yang tidak pernah setia pada satu perempuan saja. Dia mendapat character development seiring episode berjalan, loh!

Dia akhirnya jatuh cinta pada sahabat Jan Di, Chu Ga Eul yang diperankan oleh Kim So Eun. Pasangan di drama ini begitu dicintai sehingga walau dramanya telah rampung, mereka masih sering dipasangkan dalam job lainnya.

8. Goddess of Fire

Goddess of Fire_

Jung-Yi, Goddess of Fire adalah drama kolosal Korea Selatan yang memiliki latar waktu pada masa Dinasti Joseon. Drama ini dibintangi oleh Moon Geun Young, Lee Sang Yoon, dan Kim Bum.

Dramanya menceritakan Jung Yi (atau Yoo Jung), wanita pertama yang pernah membuat keramik pada periode Dinasti Joseon. Joseon terkenal dengan kerajinan porselen putihnya, bahkan diklaim memiliki kualitas tertinggi di Asia selama abad ke-16.

Diberkahi dengan bakat dan keterampilan alami, Yoo Jung memiliki jiwa artistik dan impian untuk menjadi seniman tembikar dan porselen papan atas. Yoo Jung mempelajari keahliannya di bengkel porselen Bunwon, tempat pembakaran tembikar yang disubsidi pemerintah.

Yoo Jung jatuh cinta dengan Pangeran Gwang Hae, yang kemudian menjadi raja bernasib tragis karena mendapatkan banyak ancaman terhadap mahkotanya. Terlepas dari cinta mendalam Gwang Hae untuk Yoo Jung, mereka harus saling merelakan untuk tidak bersama.

Karakter yang diperankan Kim Bum di sini adalah Kim Tae Do. Dia adalah seorang pria yang 'terlahir' untuk melindungi Yoo Jung. Karena Yoo Jung tidak memiliki ibu, Tae Do selalu menjaga dan menganggap gadis itu sebagai adik perempuannya sendiri.

9. That Winter, the Wind Blows

That Winter, the Wind Blows

Kamu mungkin tahu atau pernah menonton drama ini, karena That Winter, the Wind Blows beken banget pada masanya. Jo In Sung didapuk untuk berperan sebagai Oh Soo, penjudi yatim piatu yang menghabiskan hidupnya dengan sia-sia dan tanpa tujuan.

Kim Bum berakting sebagai Park Jin Sung, teman sekaligus tangan kanan Oh Soo, mereka partner in crime gitu deh pokoknya. Suatu hari, Oh Soo memiliki ide untuk berpura-pura menjadi oppa dari seorang gadis kaya raya yang buta untuk mendapatkan kekayaannya.

Gadis itu adalah Oh Young yang diperankan oleh Song Hye Kyo. Jin Sung tentu membantu Oh Soo dalam melancarkan misi penipuannya itu. Jin Sung berniat mengumpulkan uang yang banyak untuk membelikan ayahnya peternakan sapi, sehingga dia rela melakukan apa saja, termasuk tindakan ilegal.

10. The Sound of His and Her Heartbeats

The Sound of His and Her Heartbeats

The Sound of His and Her Heartbeats, atau dikenal juga dengan judul Padam Padam, sangat dipuji dan dianggap sebagai drama terbaik yang pernah ada. Padam juga menjadi drama yang membuncahkan nama Kim Bum sebagai aktor.

Peran Kim Bum di sini adalah sebagai 'malaikat pelindung' bernama Gook Soo. Dia selalu ada untuk menyelamatkan Yang Kang Chil, layaknya malaikat tanpa sayap. Karena karakternya ini, Kim Bum mendapatkan julukan Flower Angel oleh netizen Korea Selatan.

Protagonis utama drama ini adalah Kang Chil yang terlahir di keluarga berpenghasilan rendah. Dia menjalani hukuman 16 tahun penjara karena dituduh melakukan kejahatan yang tidak dia lakukan. Secara tidak sengaja membunuh seorang sipir penjara tepat sebelum dibebaskan, dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati.

Guk Soo, yang juga dipenjara bersama Kang Chil, menjadi temannya selama di penjara. Anehnya, Guk Soo mengaku sebagai malaikat pelindung Kang Chil. Dia memberi tahu Kang Chil bahwa akan ada tiga keajaiban yang terjadi padanya.

Salah satu keajaiban itu adalah pada detik-detik terakhir hidupnya, Kang Chil diberi kesempatan untuk kembali ke masa lampau dan mengubah pilihan yang telah dia buat di masa lalu. Guk Soo memberi tahu Kang Chil, bahwa dia harus mengingat ajaran yang diajarkan dari keajaiban tersebut.

Segera setelah Kang Chil mendapatkan kembali kebebasannya, dia bertemu dengan Jina, seorang dokter hewan yang berapi-api. Mereka saling jatuh cinta setelah merasakan penderitaan yang dialami satu sama lain di masa lalu.

Namun, kebahagiaan Kang Chil hanya berlangsung sebentar karena dia menyadari bahwa paman Jina adalah korban pembunuhan yang terjadi 16 tahun yang lalu. Pada saat yang sama, orang yang menjebaknya atas kejahatan tersebut terus menempatkan hidupnya dalam bahaya.

Ketika dihadapkan pada kesulitan, waktu berjalan ke arah yang berlawanan. Setelah semua yang terjadi, Kang Chil menyadari bahwa meskipun hidupnya terkadang tampak tanpa harapan, ada orang-orang yang telah berkorban untuknya.

Dia sampai pada kesimpulan bahwa waktu yang dia habiskan bersama orang-orang itu adalah sebuah keajaiban, terlepas dari situasi yang dia hadapi.

11. Dream

Dream (2009) kim bum

Kapan lagi melihat Kim Bum beraksi sebagai boxer dan pelatih tinju kalau bukan di drama Dream? Nam Jae Il (Kim Bum), adalah agen pemain dalam berbagai cabang olahraga yang sukses. Dia sampai memiliki beberapa klien atlet terkenal, loh!

Suatu ketika, salah satu bintang bisbol yang dia urus terlibat kasus narkoba, yang membuat dirinya kehilangan segalanya. Nam Jae Il yang bangkrut jadi menderita depresi.

Dia kemudian berteman dengan mantan pencopet dan calon petarung K-1, Lee Jang Seok. Dia juga berteman dengan instruktur olahraga Tae Bo yang tomboy bernama Park So Yeon. Dengan dukungan dari dua teman barunya, Jae Il memutuskan untuk mendapatkan kembali kejayaannya dengan menjadikan Jang Seok seorang petarung sungguhan.

12. The Woman Who Still Wants To Marry

The Woman Who Still Wants to Marry

Selain drama aksi, Kim Bum memang melekat banget dengan drama-drama komedi romantis, ya? Di The Woman Who Still Wants To Marry, dia berperan menjadi Ha Min Jae, seorang musisi muda.

Sebenarnya drama ini berfokus pada kehidupan tiga wanita berusia 34 tahun yang masih lajang. Mereka adalah Lee Shin Young, Jung Da Jung, dan Kim Boo Ki.

Lee Shin Young (Park Jin Hee) adalah seorang broadcast journalist. Setelah menginjak usia kepala tiga, dia ingin menemukan cinta sejati. Tapi, rasanya itu sangat sulit karena dia selalu gagal setiap menjalani hubungan dengan pria.

Ketika berpikir kalau peluangnya dalam menemukan belahan jiwa sudah tidak ada harapan lagi, Sin Young bertemu dengan seorang musisi yang berusia 10 tahun lebih muda darinya, Ha Min Jae (Kim Bum). Akan tetapi, saat mantap memulai lembaran baru dengan Min Jae, mantan tunangan Shin Young malah datang dan memintanya kembali.

13. East of Eden

East of Eden

Drama ini bercerita tentang dua orang pria yang kehidupannya saling terkait sejak mereka lahir hingga akhir hayatnya. Kedua pria tersebut dilahirkan di fasilitas medis yang sama, di hari yang sama pula.

Lee Dong Chul baru berusia lima tahun saat dia melihat jasad ayahnya dibawa pergi di rumah sakit. Setelah itu, ia bersumpah akan membalaskan dendam pada Shin Tae Hwan, pria yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya.

Namun, tidak ada yang mengetahui fakta bahwa adik laki-laki Dong Chul (Kim Bum), Dong Wook, bertukar tempat saat lahir dengan anak Tae Hwan, Myung Hun. Ini adalah rahasia yang selama ini disembunyikan dari semua orang.

Dong Wook akhirnya menjadi seorang jaksa dan bersumpah akan membantu kakaknya, Dong Chul (Song Seung Heon) untuk menuntut balas. Namun, apa yang akan terjadi pada mereka jika mereka mengetahui bahwa mereka bukan saudara?

Bagaimana reaksi Dong Chul saat mengetahui bahwa kakak kandungnya dibesarkan oleh Shin Tae Hwan dan kakak yang selama ini tinggal bersamanya ternyata adalah anak dari musuhnya?

14. Rude Women

Rude Women

Drama ini adalah adaptasi Korea dari Desperate Housewives, serial televisi misteri-drama-komedi Amerika yang dirilis tahun 2004. Kisahnya dimulai dari Mi Joo, seorang janda yang berusaha membalas dendam kepada mantan suaminya, Jung Suk.

Mantan suaminya yang berprofesi sebagai seorang dokter itu telah menikah lagi dengan istri mudanya yang cantik, Eun Young. Untuk melancarkan aksi balas dendamnya, Mi Joo kembali ke Korea bersama putranya, Joon (Kim Bum), setelah sepuluh tahun tinggal di Amerika Serikat.

Di tanah airnya, Mi Joo bertemu dengan Rookie, mantan pemain bisbol yang kebetulan adalah pemilik properti yang disewanya saat pertama kali tiba di Korea. Dia malah jadi sering terlibat dengan Rookie dan sedikit melupakan niatnya pada Jung Suk.

Nah, itu dia beberapa drama serial terbaik yang diperankan oleh Kim Bum. Tadinya saya pikir Kim Bum lebih banyak mengambil proyek drama romantis, ternyata bukan, karena dia lebih banyak berakting di drama aksi.

Tapi, tentunya akting Kim Bum selalu baik di genre drama apapun. Jadi, apa drama Kim Bum favorit kamu? Jangan lupa baca daftar film Kim Bum juga di sini, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram