logo web

10 Drama Kim Gyu Ri Terbaik yang Menampilkan Beragam Karakter

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Memulai karir di dunia akting sejak 1997 lalu, Kim Gyu Ri menjadi salah satu aktris dengan pengalaman segudang. Beragam drama atau film sudah dia mainkan dengan banyak aktor berkualitas. Berbagai cerita yang menuntut Kim Gyu Ri menghidupkan karakter berbeda-beda diselesaikan secara baik olehnya.

Alhasil pilihan drama Kim Gyu Ri pun sangat bermacam-macam. Dari satu judul drama ke drama lainnya, peran yang dia bawakan hampir tak pernah sama.

Dia bisa berperan sebagai selir yang culas sampai istri presiden yang berkharisma. Lalu apa saja judul drama yang pernah dia mainkan di sepanjang karirnya sebagai pelakon? Ini dia pilihannya!

Baca juga: 14 Drama Korea Terbaik yang Dibintangi Aktor Jung Hae In

1. Designated Survivor: 60 Days

Designated Survivor: 60 Days
Tahun Rilis 2019
Genre , ,
Sutradara
Pemeran
Review Baca di sini

Designated Survivor: 60 Days (2019) adalah drama Kim Gyu Ri yang mempertemukannya dengan Ji Jin Hee sebagai sepasang suami dan istri. Peran yang Kim bawakan bernama Choi Kang Yeon. Dia adalah istri Park Moo Jin sekaligus ibu negara pasca sang suami dilantik menjadi presiden setelah peristiwa pengeboman Gedung Majelis Nasional.

Designated Survivor: 60 Days (2019) mengisahkan sosok Park Moo Jin, mantan profesor di bidang Kimia yang kini menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup.

Moo Jin berhadapan dengan situasi mencekam kala sebuah teror terjadi dan menewaskan banyak pejabat pemerintahan. Akibat peristiwa itu, Moo Jin yang tidak punya ambisi berpolitik terpaksa menjadi presiden selama 60 hari.

2. Han River Ballad

Han River Ballad

Han River Ballad (2004) adalah drama akhir pekan yang tayang di MBC sebanyak 51 episode. Selain Kim Gyu Ri, drama ini juga dibintangi Kim Hye Soo, aktris senior Go Doo Shim, dan Kim Suk Hoon.

Tayang dari 02 Oktober 2004 sampai 27 Maret 2005, drama ini menyuguhkan kehidupan dari seorang wanita paruh baya bernama Kim Young Hee dan keluarganya.

Kim Young Hee menghidupi dua putri dan keponakan dengan berjualan ikan. Kehidupannya sebagai single parents memiliki gejolak yang hanya bisa dihadapi dengan kegigihan.

Dalam drama ini Kim Gyu Ri berperan sebagai Yoon Na Young, adik dari tokoh utama Yoon Ga Young. Keduanya merupakan putri Kim Young Hee yang bersemangat.

3. Cunning Single Lady

Cunning Single Lady

Drama Kim Gyu Ri berjudul Cunning Single Lady (2014) ber-genre romance comedy. Dalam drama ini dia bermain bersama Lee Min Jung, Joo Sang Wook dan Seo Kang Joon.

Peran yang dia bawakan bernama Gook Yeo Jin, yaitu seorang wanita muda yang anggun, cerdas, berwawasan dan mengintimidasi. Yeo Jin adalah pewaris perusahaan keluarganya yang kaya raya.

Gook Yeo Jin memiliki luka akibat cinta di masa lalunya. Dia kemudian jatuh cinta dengan Jung Woo, mitra bisnisnya yang memiliki kepribadian hangat.

Yeo Jin bersaing dengan Ae Ra untuk mendapatkan hati lelaki itu. Ae Ra sendiri merupakan mantan istri Jung Woo yang bertemu lagi setelah bertahun-tahun berpisah.

4. I Love Hyun Jung

I Love Hyun Jung

Drama Kim Gyu Ri yang mengudara tahun 2002 berjudul I Love Hyun Jung (2002) mendapuknya sebagai karakter utama. Dia beradu akting bersama Kam Woo Sung dan beberapa aktor lain seperti Heo Joon Ho, Kim Jeong Hak dan Park Young Ji.

Drama karya sutradara Ahn Pan Seok ini tayang di MBC sebanyak 16 episode. Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan Kim Bum Soo, seorang putra dari keluarga kaya yang bertemu gadis cerdas bernama Lee Hyun Jung.

Hyun Jung bekerja di sebuah perusahaan documentary production company. Bum Soo menjalin kedekatan dan akrab dengan gadis itu tanpa memberi tahu latar belakangnya yang kaya raya.

5. School

School

Drama School (1999) yang diperankan Kim Gyu Ri merupakan seri pertama dari franchise School yang legendaris. Dari 1999 sampai 2002, series School tayang selama empat tahun berturut-turut. Baru sepuluh tahun kemudian, tepatnya tahun 2012, franchise ini datang dengan musim baru berjudul School 2013.

Seri School lainnya hadir dalam versi 2015, 2017 dan terakhir School 2021. Serial ini bercerita tentang perjuangan para siswa selama duduk di bangku sekolah.

Pada seri pertama, Kim Gyu Ri berperan sebagai Park Na Ri. School (1999) mengisahkan problematika tentang cinta pertama dan kewajiban yang dihadapi para remaja serta bagaimana mereka menyelesaikannya.

6. Green Mother’s Club

Green Mother’s Club

Green Mother’s Club (2022) menjadi drama comeback Kim Gyu Ri setelah terakhir membintangi Designated Survivor: 60 Days (2019). Masih dengan pesona yang sama, kali ini Kim Gyu Ri tidak main dalam drama bertema politik, melainkan sebuah cerita thriller dengan tema persahabatan para ibu muda.

Menariknya, dalam drama ini Kim Gyu Ri memainkan dua karakter berbeda. Salah satu karakter yang dia mainkan bernama Seo Jin Ha. Dia adalah seorang ibu muda yang berprofesi sebagai seniman.

Jin Ha merupakan sahabat lama Lee Eun Pyo, tetapi Eun Pyo tidak menyambutnya sebab Jin Ha telah merebut Louis; kekasihnya sewaktu di Paris dulu. Konflik semakin panas kala Jin Ha ditemukan tewas.

7. God of War

God of War

God of War (2012) menjadi drama Kim Gyu Ri bertemakan historical dan dibuat berdasarkan kehidupan nyata seorang tokoh sejaran Korea bernama Kim Joon.

Kim Joon adalah putra seorang budak istana yang melarikan diri dan dibesarkan oleh para biarawan. Tumbuh dewasa, Kim Joon jadi lelaki yang berani agar bisa bebas dari Choe Chung Heon.

Selama masa invasi Mongol ke Korea, Kim Joon naik pangkat menjadi pejabat militer tertinggi. Dia akhirnya memerintah Goryeon selama 60 tahun.

Kim Gyu Ri sendiri berperan sebagai Choe Song Yi, yaitu putri dari Choe Woo. Song Yi terlibat kasus konspirasi Kim Yak Sun demi kekasihnya, Kim Joon. Akibat perbuatan itu Song Yi dijatuhi hukuman mati.

8. The Scandal

The Scandal

Drama Korea dengan tema balas dendam bisa jadi merupakan salah satu ‘spesies’ terbanyak. Sejak dulu sampai saat ini, tema semacam itu tetap eksis dan tak kehilangan peminat. Salah satu drama dengan tema revenge adalah The Scandal (2013).

Drama Kim Gyu Ri yang juga dibintangi Kim Jae Won, Jo Yoon Hee dan Cho Jae Hyun ini akan mengajakmu mengikuti dendam seorang detektif. Detektif yang dimaksud adalah Ha Eun Joong. Dia mencoba mencari tahu tentang ayahnya, Myung Geun, yang dulu sama-sama berprofesi sebagai detektif.

Namun, yang dia temukan adalah fakta bahwa sang ayah telah menculiknya ketika Eun Joong masih kecil. Myung Geun menculik Eun Joong karena balas dendam terhadap Tae Ha. Di sini Kim Gyu Ri berperan sebagai Jang Joo Ha, putri Tae Ha.

9. The King’s Face

The King’s Face

Pada drama saeguk yang dibintanginya kali ini, Kim Gyu Ri mendapat kepercayaan tampil sebagai tokoh antagonis bernama Gwi In Kim. Dia merupakan selir yang terobsesi menjadi Ibu Suri.

Oleh karena keinginannya itu, Gwi In Kim rela melakukan hal-hal jahat dan gila untuk membunuh Pangeran Gwang Hae.

The King’s Face (2014) berisi kegelisahan Raja Seonjo karena menurut buku mengenai rahasia wajah raja, dirinya tidak memiliki kriteria sebagai raja. Jika dipaksakan, negara dapat berantakan.

Akibatnya selama memimpin dia sangat gelisah dan ketakutan. Raja Seonjo juga kerap bersitegang dengan putranya, Pangeran Gwang Hae karena dia memiliki kriteria wajah raja.

10. Glass Slippers

Glass Slippers

Glass Slippers (2002) menjadi bagian dari perjalanan Kim Gyu Ri sebagai seorang pelakon. Dramanya yang satu ini bukan hanya memberikan pengalaman menyenangkan tetapi juga pahit.

Pasalnya karena peran antagonis yang dia bawakan, Kim Gyu Ri menjadi musuh bersama dan kemunculannya tidak dihendaki oleh umum.

Glass Slippers (2002) mengisahkan kehidupan dua saudara, Tae Hee dan Yun Hee, yang malang. Ibu mereka meninggal dunia sedangkan sang ayah berjuang dengan penyakit mematikan.

Tae Hee dan Yun Hee dipisahkan oleh takdir; mereka menjalani kehidupan berbeda dan tidak mengenali satu sama lain. Di sini Kim Gyu Ri berperan sebagai Woo Seung Hee; gadis yang sempat ‘berperan’ sebagai Yun Hee.

Memiliki pengalaman berakting sejak main drama di tahun 1997 lalu, nama Kim Gyu Ri terus eksis sampai saat ini. Beberapa drama Kim Gyu Ri diminati dengan perolehan rating memuaskan.

Beberapa dramanya yang direkomendasikan dalam artikel ini bisa kamu tonton jika penasaran dengan akting sang aktris, terutama bila kamu penasaran setelah melihatnya beraksi dalam Green Mother’s Club (2022).

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram