showpoiler-logo

10 Drama Korea Terbaru yang Angkat Isu Bullying

Ditulis oleh Sera Serinda A

Bullying atau perisakan menjadi tema yang sensitif sekaligus tak ada habisnya untuk diangkat menjadi sebuah drama. Walau ikut marah melihat tindak penganiayaan pada sosok yang dianggap lebih lemah, drama Korea tentang bullying kerap memberi banyak moral value yang baik untuk penonton.

Selain itu, meski berangkat dari premis yang sama, drama-drama bertemakan bullying punya pengemasan cerita dan pesan yang berbeda. Tidak heran jika beberapa drama Korea yang mengangkat isu tersebut meraih kesuksesan.

Lalu, apa saja drama Korea yang mengangkat isu tersebut? Mari Bacaterus pilihkan beberapa judulnya untukmu!

1. Pyramid Game

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Bona Jang Da A Ryu Da In Kang Na Eon
Selengkapnya →

Drama ini sempat heboh ketika kabar bahwa kakak dari K-pop idol Jang Won Young akan berpartisipasi menjadi pemerannya. Dan benar saja, Jang Da A, memang mengambil peran dalam drama yang disiarkan oleh TVING ini bersama deretan aktris muda lainnya seperti Bona, Ryu Da In, dan Kang Na Eon.

Pyramid Game sendiri merupakan nama permainan yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Perempuan Baekyeon di Seoul. Permainan ini sebenarnya hanya dilaksanakan satu kali dalam sebulan dan merupakan voting popularitas. Namun, siswi yang mendapatkan nilai “F” dalam voting akan menjadi target perundungan di sekolah.

Sebagai murid pindahan, awalnya Sung Soo Ji (Bona) mengira bahwa sekolahnya itu sama seperti sekolah lain pada umumnya. Kelas 2-5 yang ditempatinya pun cukup damai meski sedikit aneh. Namun, setelah kelasnya berpartisipasi dalam Pyramid Game, Soo Ji jadi tahu tabiat asli teman-temannya.

Tak lama setelah game itu berlangsung, Soo Ji tidak mendapatkan vote sama sekali dan menjadi target perundungan selanjutnya. Namun di tengah perundungan yang diterimanya, Soo Ji berusaha keras untuk menghentikan game yang mengerikan ini dengan caranya sendiri.

Dikisahkan pada musim panas 2004, seorang gadis SMA bernama Moon Dong Eun melaporkan teman-teman yang sudah merisaknya ke kantor polisi. Mereka adalah Park Yeon Jin, Jeon Jae Jun, Choi Hye Jeong, Son Myeong O dan Lee Sa Ra. Sayang, laporannya tidak ditanggapi serius, alhasil saat kembali ke sekolah, Dong Eun malah mengalami penyiksaan yang lebih berat.

Yeon Jin sebagai otak perundungan, tidak memperlihatkan rasa bersalah sama sekali. Selain mengalami penyiksaan fisik, Dong Eun juga dilecehkan secara seksual oleh Son Myeong O. Siksaan ini harus diterima Dong Eun tidak hanya di sekolah, karena para perundung melanjutkan kejahatan mereka di tempat tinggalnya.

Tak sanggup menahan siksaan tersebut, Dong Eun memutuskan berhenti sekolah. Namun meskipun pindah sekolah, dendam Dong Eun pada para perundungnya tidak pernah hilang bahkan sampai ia tumbuh dewasa. Dia sudah merancang rencana balas dendamnya dengan rapi. Kini, Dong Eun mulai masuk ke dalam lingkungan mereka secara perlahan dan menjalankan aksinya.

The Glory merupakan drama Korea yang fenomenal karena kisahnya diangkat berdasarkan kejadian nyata. Drama ini bahkan berhasil menyabet beberapa penghargaan bergengsi seperti Asian Academy Creative Awards dan Baeksang Arts Awards tahun 2023 untuk kategori Best Drama Series dan Best Drama.

3. Weak Hero Class 1

Tahun Rilis 2022
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Park Ji Hoon Choi Hyun Wook Hong Kyung Kim Su Gyeom
Selengkapnya →

Drama yang diadaptasi dari web komik karya Seo Pae Seu, Kim Jin Seok, dan Yoo Soo Min ini berjudul Weak Hero Class 1, yang bercerita tentang Yeon Si Eun (Park Ji-Hoon), seorang siswa yang menjadi korban perundungan di sekolahnya.

Si Eun adalah siswa berprestasi di sekolahnya, karena kepintarannya inilah ada beberapa siswa iri dan menargetkan Si Eun untuk di-bully. Tapi dengan bantuan dua orang siswa yaitu Soo Ho dan Beom Seok, Si Eun bisa melewati semuanya.

Soo Hoo Dan Beom Seok adalah dua siswa yang pandai berkelahi dan berjiwa bebas. Si Eun, dalam usaha ketiganya melawan perundungan yang terjadi di sekolah, membuat pertemanan mereka menjadi semakin kuat. Akankah perundungan di sekolahnya akan bisa berakhir?

Selain ceritanya yang relevan dengan masalah perundungan di Korea Selatan, drama ini semakin menarik karena dibintangi oleh beberapa bintang muda terkenal, seperti Park Ji Hoon, Choi Hyun Wook, dan Hong Kyung.

Setelah meraih kesuksesan dengan drama sekolah All of Us Are Dead, Park Solomon beradu akting dengan Shin Ye Eun dan Seo Ji Hoon dalam Revenge of Others. Drama kali ini masih berlatar sekolah, tetapi fokus pada tema balas dendam.

Revenge of Others menyajikan kisah Ok Chan Mi yang ingin membalas dendam atas kematian saudara kembarnya yang meninggal di sekolah. Dia yakin saudara kembarnya tidak bunuh diri, melainkan dibunuh oleh seseorang.

Untuk menyelidiki kasus ini, dia pindah ke sekolah yang sama dengan saudara kembarnya dan dibantu oleh teman barunya, Ji Soo Heon. Dalam situasi ini, dia tidak bisa mempercayai siapa pun karena semua orang memiliki alibi mereka sendiri.

Drama 12 episode ini ditulis oleh penulis berbakat Lee Hee Myung. Dia telah menulis naskah drama populer lainnya seperti Into the World Again, Beautiful Gong Shim, A Girl Who Sees Smells, dan masih banyak lagi.

5. The King of Pigs

Tahun Rilis 2022
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Kim Dong Wook Kim Sung Gyu Chae Jung An Oh Min Suk Jung Eui Jae
Selengkapnya →

The King of Pigs menyoroti kisah kasus pembunuhan berantai misterius yang dilakukan oleh seseorang yang trauma sejak kecil. Drama ini berfokus pada Hwang Kyung Min dan do detektif, Jung Jong Suk dan Kang Jin Ah.

Hwang Kyun Min berubah menjadi pembunuh berantai yang kejam akibat trauma masa lalunya yang sangat menyakitkan. Dia pernah menjadi korban kekerasan di sekolahnya.

Suatu hari, detektif Kang Jin Ah menangani kasus pembunuhan dan menemukan pesan dari sang pembunuh yang ditujukan untuk detektif Jung Jong Suk. Usai diselidiki, ternyata Jung Jong Suk adalah teman sekolah Hwang Kyung Min. Setelah menerima pesan itu, Jung Jong Suk pun mencoba untuk menghentikan pembunuhan kejam yang dilakukan teman sekolahnya itu.

The King of Pigs adalah adaptasi live-action dari film animasi dengan judul yang sama karya Yeon Sang-ho. Kisah ini mengangkat tema yang menarik karena menceritakan bagaimana perundungan dan trauma di masa kecil dapat mempengaruhi masa depan seseorang.

6. True Beauty

Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Moon Ga Young Cha Eun Woo Hwang In Yeop Park Yoo Na
Selengkapnya →

Lim Ju Kyung (Moon Ga-young) adalah seorang siswi yang tidak percaya diri dan sering didiskriminasi hingga mendapat bullyan karena penampilan fisiknya yang dianggap tidak cantik. Hal ini bahkan sampai membuatnya pindah sekolah.

Di sekolah barunya, Ju Kyung merubah penampilannya bak "dewi" yang cantik. Dia belajar cara ber-make up melalui video tutorial online dan usahanya berhasil. Tidak ada lagi yang mengejeknya, malahan sebaliknya dia menjadi siswi tercantik dan populer di sekolah barunya.

Namun, ternyata ada satu siswa yang mengetahui wajah asli Ju Kyung dan tetap menyukainya yaitu Lee Su Ho (Cha Eun-woo). Su Ho sendiri merupakan siswa tampan populer yang menjadi rebutan para siswi di sekolah. Tidak hanya Su Ho, Han Seo Jun (Hwang In-yeop) yang merupakan rival Su Ho pun menyukai Ju Kyung. Lantas, siapakah yang akan dipilih oleh Ju Kyung?

Drama romantis yang dibumbui banyak scene komedi ini diangkat dari webtoon berjudul sama "True Beauty" karya Yaongyi. Selain memiliki kisah yang menghibur, drama ini juga mengajarkan penonton untuk mencintai diri sendiri dan mengerti arti 'cantik' yang sebenarnya.

7. Extracurricular

Tahun Rilis 2020
Genre ,
Sutradara
Pemeran Kim Dong Hee Park Ju Hyun Jung Da Bin Nam Yoon Su
Selengkapnya →

Drama ini mengandung banyak pesan dan nilai moral tentang kehidupan para remaja. Extracurricular mengisahkan tentang sisi gelap kehidupan di SMA yang berfokus pada kisah empat orang murid bernama Oh Ji Soo, Bae Gyuri, Seo Min Hee dan Kwak Ki Tae. Mereka terlibat dalam satu dunia gelap yang berbahaya.

Kisahnya diawali oleh Oh Ji Soo, seorang siswa yang pendiam dan tertutup. Dia menjalankan bisnis prostitusi online yang melibatkan banyak gadis remaja di bawah umur. Bisnisnya terhitung cukup rapi dan teratur.

Dalam bisnis ini terlibat juga beberapa teman satu sekolahnya yaitu Park Gyuri, siswi yang ikut membantu bisnis Oh Ji Soo. Lalu ada Seo Min Hee, siswi yang jadi pelaku prostitusi dan pacarnya yaitu Kwak Ki Tae yang ingin menghancurkan bisnis prostitusi Oh Ji Soo ini.

8. Beautiful World

Tahun Rilis 2019
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Park Hee Soon Choo Ja Hyun Oh Man Seok Cho Yeo Jeong
Selengkapnya →

Park Sun Ho (Nam Da Reum) menjadi korban kekerasan di sekolahnya hingga terbaring koma di rumah sakit. Pelaku dari semuanya ini adalah pembuat onar di sekolahnya yaitu Oh Joon Seok (Seo Dong Hyun).

Joon Seok berasal dari keluarga kaya raya yang bisa melakukan segala hal dengan mudah demi menutupi kesalahannya. Di sisi lain, Sun Ho adalah anak dari keluarga sederhana dan ayahnya Park Moo Jin bekerja sebagai guru SMA.

Park Soo Ho (Kim Hwan Hee), adik dari Sun Ho yang berada di sekolah yang sama ini bertekad untuk mengumpulkan bukti demi membuka kebenaran yang ada. Dapatkah Sun Ho dan keluarganya mendapatkan keadilan?

Drama keluarga yang cukup menguras emosi ini didukung oleh sederet bintang ternama dengan akting yang berkualitas seperti Park Hee Soon, Chu Ja Hyun, Oh Man Seok, Jo Yeo Jung, Nam Da Reum, Kim Hwan Hee, dan masih banyak lagi.

Serial yang diadaptasi dari webcomic berjudul Out of the World karya penulis Jo Geum-san ini berfokus pada kisah Im Sang Mi (Seo Yea Ji) dan keluarganya yang pindah ke desa kecil terpencil Muji-gun yang memiliki sebuah misteri.

Sang Mi dan keluarganya pindah ke desa itu karena mengalami masalah ekonomi. Melihat keadaan keluarganya Sang Mi, seorang pastor berusaha mengajak keluarga Sang Mi untuk bergabung ibadah di gerejanya yang sebenarnya adalah sekte sesat.

Di saat orang tua Sang Mi sudah tercuci otaknya oleh sekte tersebut, Sang Mi dan adiknya berusaha untuk lepas dari jeratan mereka. Untungnya, saat itu ada putra kepala desa yaitu Hang Sang Hwan (Taecyeon) dan Dong Chul (Woo Do Hwan) yang membantu menyelamatkannya dari jebakan sekte sesat.

Save Me adalah film genre thriller yang bertabur aktor dan aktris ternama. Selain Seo Ye Ji, drama ini juga dibintangi oleh Ok Taecyeon, Woo Do Hwan, hingga Cho Seong Ha.

10. Solomon’s Perjury 

Tahun Rilis 2016
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kim Hyun Soo Jang Dong Yoon Seo Ji Hoon Seo Young Joo Jo Jae Hyun
Selengkapnya →

Narasi Solomon’s Perjury diawali dengan seorang murid bernama Lee So Woo (Seo Young Joo) yang ditemukan meninggal di sekolah. Diketahui bahwa So Woo jatuh dari lantai atas gedung sekolah, dan ketika ditemukan, mayatnya sudah tertimbun salju.

Pihak kepolisian dan sekolah menganggap kasus kematian So Woo ini adalah kasus bunuh diri. Tetapi beberapa siswa merasa ada hal yang janggal, maka dari itu mereka mengadakan sebuah sidang untuk mengungkapkan kebenaran.

Seiring berjalannya waktu, sidang tersebut sedikit demi sedikit membuahkan hasil yang membuktikan kecurigaan mereka. Sebenarnya apakah yang terjadi pada So Woo? Kalau dia memang dibunuh, siapakah pelakunya?

Solomon’s Perjury sebenarnya diadaptasi dari sebuah novel jepang dengan judul Solomon no Gisho karya Miyuki Miyabe tahun 2022. Sebelumnya kisah novel ini juga pernah diangkat menjadi drama Jepang dengan judul sama yang rilis pada tahun 2015 silam.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram