logo web

17 Drama Lee Sang Yoon Terbaik yang Mesti Kamu Tonton

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Aktor Lee Sang Yoon memulai debutnya sebagai bintang iklan pada 2005 lalu, sementara untuk dunia akting dia memulainya sejak 2007 dengan ikut membintangi film dan drama sekaligus berjudul Sex is Zero 2 (2007) dan Air City (2007).

Sejak itu perlahan karirnya mulai naik hingga pada 2010, dia mendapat penghargaan sebagai Best New Actor dalam perannya di serial Home Sweet Home. Sejak itu, drama Lee Sang Yoon mulai ‘bermunculan’ dan mendapat tempat di hati pemirsa.

Beberapa kali namanya juga diganjar dengan penghargaan bergengsi. Ingin tahu apa saja drama yang ‘memasang’ Lee Sang Yoon sebagai salah satu pemerannya? Berikut kami sajikan rekomendasinya untuk kamu!

Baca juga: 15 Drama Park Hae Jin Terbaik dan Terpopuler, Tonton Yuk!

1. Liar Game

Liar Game (2014)

Drama Lee Sang Yoon berjudul Liar Game akan membuat Anda kagum dengan peran watak yang ditampilkan sang aktor. Dalam drama ini Sang Yoon berakting sebagai Ha Woo Jin, professor of psychology yang mengalihkan kecerdasan pikirannya untuk membalas dendam.

Akibat hal tersebut, Woo Jin harus dipenjara. Setelah bebas, dia “dibawa” mengikuti sebuah game bernama Liar Game. Seseorang yang “membawa” Woo Jin masuk ke permainan tersebut adalah Nam Da Jung (Kim So Eun); seorang mahasiswi polos yang manis.

Dia tertarik mengikuti permainan ini karena tergiur dengan hadiah besar yang ditawarkan. Da Jung ingin melunasi hutangnya menggunakan uang tersebut. Bisakah Woo Jin membantu Da Jung memenangkan permainan?

2. One the Woman

One the Women

Drama Lee Sang Yoon berikutnya dia bintangi bersama Lee Ha Nee. Berjudul One the Woman (2021), drama ini mendapatkan rating yang tinggi di negaranya.

Lee Sang Yoon berperan sebagai Han Seung Wook; seorang pemuda yang baru kembali dari Amerika untuk menemukan fakta tentang kematian ayahnya.

Han Seung Wook berasal dari keluarga konglomerat. Ayahnya digadang-gadang menjadi penerus perusahaan, tetapi meninggal di tangan keponakannya sendiri, Han Song Hye.

Pasca meninggalnya sang ayah, Han Seung Wook tidak mendapatkan haknya sebagai pewaris. Sebagian besar kekayaan keluarga kakeknya dikuasai oleh sang paman, Han Young Sik.

Seung Wook jatuh cinta pada seorang gadis yang dia temui saat remaja. Sayang, gadis yang dia ketahui bernama Kang Mi Na itu dijodohkan dengan Han Seong Woon, putra Han Young Sik. Sekembalinya ke Korea, Seung Wook kembali bertemu Mi Na, tapi Mi Na yang dia lihat hari ini sangat berbeda.

Rupanya wanita itu memang bukan Mi Na, melainkan seorang jaksa ‘gila’ bernama Cho Yeon Ju yang kebetulan memiliki wajah persis dengan Mi Na.

Keduanya lantas bekerjasama mengusut kejahatan yang sudah dilakukan Han Young Sik dan Han Song Hye karena Yeon Ju juga punya urusan yang sama dengan dua orang itu.

3. Life is Beautiful

Life Is Beautiful (2010)

Rekomendasi drama Lee Sang Yoon yang pertama ini akan membahagiakan siapa pun penyuka drama-drama berepisode panjang. Apalagi jika drama tersebut bertemakan keluarga dan segala problematikanya.

Ber-setting di Jeju, Life is Beautiful berkisah tentang tiga keluarga besar, yaitu Keluarga Yang, Keluarga Lee dan Keluarga Park. Lee Sang Yoon berperan sebagai anak lelaki terakhir keluarga Yang bernama Yang Ho Sub.

Ho Sub sendiri punya dua kakak, yaitu Yang Tae Sub (Song Chang Eui), Yang Ji Hye (Woo Hee Jin) dan satu adik perempuan, Yang Cho Rong (Nam Gyu Ri).

Di sini Ho Sub diceritakan punya perasaan spesial untuk asisten sang ibu bernama Yeon Joo (Nam Sang Mi). Selain itu, kakak tertuanya, Tae Sub, ternyata punya hubungan khusus dengan seorang lelaki. Bagaimana keluarga Yang menyikapi ini semua?

4. Twenty Again

Twenty Again

Tahun 2015 lalu, Lee Sang Yoon pernah bermain bersama Cho Ji Woo dan Choi Won Young dalam drama berjudul Twenty Again (2015). Di sini dia berperan sebagai profesor di bidang seni teater bernama Cha Hyun Suk yang mengajar di universitas.

Drama ini bercerita tentang seorang wanita berusia 398 tahun bernama Ha No Ra yang ingin kembali merasakan masa muda. Pasalnya, No Ra memang kehilangan masa-masa menyenangkan itu dalam hidupnya sebab dia menikah muda.

No Ra menikah dengan Kim Woo Cheol saat berusia 19 tahun. Tak lama setelahnya dia langsung hamil dan mulai disibukkan dengan urusan rumah tangga sebagai istri dan ibu.

Begitu sang putra, Min So, berusia 20 tahun, dan pernikahannya diambang perceraian, No Ra berkeinginan untuk kuliah lagi. Kampus yang dia pilih adalah kampus yang sama dengan tempat kuliah Min Soo. Ternyata suaminya juga baru saja diterima mengajar di universitas tersebut.

Hidup No Ra bertambah dramatis karena rupanya, profesor seni teater yang galak adalah lelaki yang menyukainya di SMA. Walau serba kebetulan, No Ra tidak mundur karena sisa hidupnya tak lama lagi sebab Dokter memvonis No Ra menderita kanker pancreas

5. VIP

VIP (2019)

Sempat fenomenal selama penayangannya, drama Lee Sang Yoon berjudul VIP ini akan membuat Anda gemas karena cerita yang diangkat adalah tentang perselingkuhan. Ratingnya pun tidak kalah memuaskan dengan menyentuh angka tertinggi 17,7%.

Berkat perannya sebagai Park Seong Joon di sini, Lee Sang Yoon memboyong penghargaan Excellence Award in Miniseries (Actor) dalam ajang SBS Drama Awards (2019).

Park Seong Joon adalah suami dari Na Jeong Seon (Jang Na Ra). Dia lelaki dengan karir baik karena memegang jabatan sebagai team leader di Sung Un Department Store VIP Management Team.

Namun rumah tangganya dengan Jeong Seon yang tampak adem ayem dan sempurna, rupanya menyimpan bara. Anda akan diajak menebak-nebak mengenai siapa perempuan simpanan yang disembunyikan Seong Joon.

6. My Daughter Seo Young

My Daughter Seo Young (2012)

Tayang di KBS2, drama Lee Sang Yoon berjudul My Daughter Seo Young ini punya rating yang fantastis. Untuk episode terakhir, ratingnya bahkan mencapai 47,7%. Tidak mengherankan jika My Daughter Seo Young menyabet gelar sebagai Best Drama di ajang Korea Drama Awards (2013).

Lee sang Yoon sendiri mendapatkan Popularity Award, Actor in a Drama dalam Korean Culture and Entertainment Awards, serta Best Couple bersama Lee Bo Young sebagai lawan mainnya di ajang KBS Drama Awards (2012).

Lee Sang Yoon berperan sebagai Kang Woo Jae; suami Lee Seo Young (Lee Bo Young) yang datang dari keluarga kaya dan ber-privilege. Lelaki ini tak sembarangan jatuh cinta pada Seo Young. Dia tertarik karena di antara yang lain hanya Seo Young mengerti keputusasaan di dirinya. Namun, sadar dengan posisinya, Seo Young sempat menolak sebelum akhirnya menerima.

7. On The Way to The Airport

On The Way to The Airport (2016)

Drama Lee Sang Yoon yang sempat mengambil gambar di Malaysia ini tidak kalah memuaskan dari segi cerita dan rating. Angka tertinggi yang pernah diraih ada di 10,1%. Melalui On The Way to The Airport pula, Sang Yoon kembali meraih Excellence Award, Actor in a Miniseries di ajang 39th KBS Drama Awards. Dia juga memenangkan Best Couple Awards bersama Kim Ha Neul pada ajang yang sama.

Sang Yoon berperan sebagai Seo Do Woo, dosen arsitektur paruh waktu di sebuah universitas. Hidupnya tidak lagi sama semenjak putrinya yang bernama Annie Seo atau Seo Eun Woo (Park Seo Yeon) meninggal dalam sebuah perjalanan ketika kembali ke rumah.

Annie sendiri berteman dengan putri Choi Soo Ah (Kim Ha Neul) dan Park Jin Seok (Shin Sung Rok) bernama Hyo Eun (Kim Kwan Hee). Akibat kejadian ini Do Woo dan Soo Ah tak bisa lagi menyangkal keterikatan mereka.

8. Whisper

Whisper (2017)

Bagi pencinta drama-drama bertema hukum, Whisper harus masuk daftar tontonan yang tak boleh dilewatkan. Drama Lee Sang Yoon yang kembali mempertemukannya dengan Lee Bo Young ini mengisahkan trik dan intrik para petugas hukum yang bekerjasama mengungkap skandal korupsi terbesar yang pernah ada di Korea Selatan.

Shin Young Joo (Lee Bo Young) merupakan seorang detektif wanita yang keras tapi berhati emas. Sementara itu, Lee Dong Joon (Lee Sang Yoon) adalah seorang hakim elit yang terkenal adil, cerdas, berhati hangat dan selalu bersedia mendengarkan mereka yang lemah.

Mereka tandem guna menyelesaikan kasus korupsi yang melibatkan firma hukum terbesar. Namun, konflik mulai muncul saat Dong Joon berada dalam kondisi harus bekerja untuk firma hukum tersebut. Apakah dia bisa mengatasi keraguannya?

9. Angel Eyes

Angel Eyes (2014)

Yoo Soo Wan (Ku Hye Sun) dan Park Dong Joo (Lee Sang Yoon) adalah cinta pertama untuk satu sama lain. Sayang keduanya harus terpisah karena keadaan. Dong Joo pun dikirim ke Amerika setelah ibunya meninggal karena tragedi tabrak lari.

Sementara itu, Soo Wan mengalami kebutaan tapi akhirnya bisa kembali melihat setelah menjalani transplantasi. Dua belas tahun kemudian Soo Wan tumbuh jadi gadis berani dan bekerja sebagai petugas penyelamat darurat sedangkan Dong Joo semakin pintar dan berhati hangat karena saat ini dia berprofesi sebagai dokter ahli bedah.

Namun, keadaan tak sama lagi, Soo Wan kini sudah bertunangan dengan ahli bedah saraf bernama Kang Ji Woon (Kim Ji Seok). Dong Joo pun memilih diam, tidak mengungkapkan identitas aslinya pada Soo Wan.

Bisakah dia melalui ini semua tanpa rasa gelisah karena mengetahui cinta pertamanya akan menjadi milik orang lain? Akankah Soo Wan menyadari bahwa dokter Dylan Park adalah cinta pertamanya?

10. About Time

About Time (2018)

Drama Lee Sang Yoon yang terhitung baru ini kembali ber-genre romantis dengan bumbu-bumbu fantasi. Sang aktor berkesempatan dipasangkan dengan aktris muda, cantik dan berbakat, Lee Sung Kyung. Lalu bagaimana chemistry antara keduanya?

Choi Michaela (Lee Sung Kyung) merupakan aktris musikal yang saat akan mengikuti audisi terlibat kecelakaan ringan. Peristiwa itu membawanya bertemu Lee Do Ha (Lee Sang Yoon); putra dari keluarga kaya-raya sekaligus President of Cultural Foundation MK Entertainment.

Semenjak pertemuan tersebut, Choi merasa jam hidupnya berhenti setiap kali dia bersama Do Ha. Mungkinkan putra keluarga kaya bisa bersama dengan gadis biasa?

11. Likeable or Not

Likeable or Not

Likeable or Not (2008) diketahui merupakan drama kedua Lee Sang Yoon dalam sejarah hidupnya. Peran yang dia dapat di drama ini juga bukan peran utama, melainkan peran pendukung.

Lee Sang Yoon memainkan karakter bernama Seo Woo Jin. Dia adalah teman kuliah Hwang Ji Young yang bekerja sebagai research scientist di Bonjour Foods setelah selesai belajar di luar negeri.

Hwang Ji Young sendiri merupakan kekasih Seon Jae yang sangat setia. Namun, cintanya hancur oleh Bong Soo Ah, sampai-sampai Seon Jae menikahi gadis itu.

Pernikahan antara keduanya memberi Seon Jae posisi yang tinggi di Bonjour Foods, tapi itu semua tidak berarti karena kehidupan pernikahannya tidak bahagia.

Seon Jae menciptakan banyak masalah dan memutuskan menceraikan Soo Ah lalu menjalani hidup sebagai petani organik.

Ji Young yang perlahan mulai sembuh dari sakit hati, berhubungan kembali dengan Seo Woo Jin. Hubungan keduanya mulai berjalan baik sampai akhirnya menikah karena Woo Jin memang menyukai Ji Young sejak dulu.

12. Goddess of Fire

Goddess of Fire (2013)

Drama sageuk selalu punya penggemarnya sendiri. Kisah cinta yang dipertontonkan dalam genre semacam ini entah bagaimana terasa lebih romantis walau tak jarang berakhir tragis. Seperti kisah cinta antara Yoo Jung (Moon Geun Young) dengan Pangeran Gwanghae (Lee Sang Yoon).

Yoo Jung diberkahi bakat dan keterampilan luar biasa untuk menciptakan aneka tembikar dan porselen terbaik dari Dinasti Joseon. Kemampuannya ini tidak disia-siakan oleh keluarga kerajaan. Yoo Jung mulai banyak membuat tembikar yang digunakan oleh pihak kerajaan.

Sementara itu Prince Gwanghae adalah anak seorang selir yang disalahkan ayahnya sendiri, Raja Seonjo, terkait kematian ibunya. Suatu hari Yoo Jung bertemu dengannya saat Gwanghae berburu dengan sang ayah. Seperti apa sulitnya takdir yang mereka jalani?

13. The Duo

The Duo

Drama terbaik Lee Sang Yoon berikutnya bertemakan sageuk berjudul The Duo (2011). Drama ini menceritakan tentang bagaimana kelas sosial seseorang menentukan nasib di era Joseon melalui dua pria yang bertukar kehidupan, Chun Dung dan Gwi Dong.

Lee Sang Yoon berperan sebagai seorang bangsawan bernama Gwi Dong yang bekerja sebagai polisi dan memerangi korupsi dalam pemerintahan. Namun, sesungguhnya dia adalah anak seorang pengemis. Chun Dung sendiri tumbuh di lingkungan pengemis, tapi sebenarnya dia merupakan putra bangsawan.

Dengan posisinya yang berada di kasta rendah, Chun Dung membantu rakyat kecil ikut serta dalam protes para petani. Keduanya menjadi dua orang terhebat yang sama-sama bekerja untuk mereformasi ketidakadilan di Joseon.

14. The Scale of Providence

The Scale of Providence

Drama terbaik Lee Sang Yoon berikutnya ber-genre hukum berjudul The Scales of Providence (2008). Dia berperan sebagai Kim Woo Bin; seorang jaksa yang menjadikan ayahnya sebagai panutan karena berintegritas tinggi. Woo Bin harus mengalami beberapa kali gagal ujian sebelum akhirnya lulus.

Nahas, hari kelulusan itu bersamaan dengan peristiwa traumatis di hidupnya karena Woo Bin tanpa sengaja membunuh seorang wanita.

Dia memutuskan mengakui kejahatannya tetapi meminta sang ibu merahasiakan hal tersebut dari ayahnya. Sementara itu wanita yang tanpa sengaja dia bunuh adalah pacar Joon Ha; seorang pengacara yang kehilangan dua orang terpenting di hidupnya.

15. Home Sweet Home

Home Sweet Home

Home Sweet Home atau Home of Joy (2010) merupakan drama yang mempertemukan Lee Sang Yoon dengan Kim Hye Soo, Hwang Shin Hye, Shin Sung Woo dan Youn Yuh Jung dalam satu proyek.

Di sini, Lee Sang Yoon berperan sebagai Detektif Kang Shin Woo, yang menyelidiki kasus kematian seorang pria bernama Sung Eun Pil.

Sung Eun Pil adalah suami Yoon Hee, seorang wanita cantik yang punya latar belakang menyedihkan karena ayahnya seorang pecandu alkohol. Yoon Hee bersahabat sekaligus bersaing dengan Jin Seo untuk mendapatkan cinta dan kesuksesan karena keduanya jatuh cinta pada Lee Sang Hyun.

Sang Hyun sempat berkencan dengan Yoon Hee sebelum akhirnya menikahi Jin Seo. Ketika suami Yoon Hee ditemukan tewas, Jin Seo mendapati dirinya terlibat dalam penyelidikan. Saat itulah Kang Shin Woo justru tertarik padanya.

16. I Love You, Don’t Cry

I Love You, Don’t Cry

I Love You, Don’t Cry (2008) adalah drama Korea romantis lawas yang menceritakan kisah cinta mengharukan dari pasangan yang terluka di masa lalu. Ia sebuah cerita tentang seseorang yang menghibur orang lain dan saling memaafkan melalui cinta.

Han Young Min dan Min Seo Young berencana akan menikah setelah keduanya bertunangan. Akan tetapi, secara mengejutkan mantan istri Young Min menyerahkan anak mereka untuk diasuh mantan suaminya itu.

Hubungannya dengan Seo Young pun renggang lalu berakhir karena Young Min menolak menyerahkan putranya kembali pada sang mantan istri.

Setelah putus dengan Seo Young, Young Min mulai dekat dengan Jo Mi Soo. Mereka menyadari perasaan masing-masing dan berencana untuk menikah. Sayangnya, rintangan kembali datang menghalangi mereka. Dalam drama ini Lee Sang Yoon berperan sebagai Jang Hyun Woo.

17. No Limit

No Limit (2009)

Dalam dramanya kali ini, Lee Sang Yoon ambil peran sebagai support role bernama Jang Seung Woo. Seung Woo merupakan siswa pintar dan berhasil meraih nilai paling tinggi di sebuah universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Kecerdasannya mengantarkan Seung Woo lolos dalam sebuah tes menjadi pengacara, sekaligus menjadi peserta termuda di sana.

Berkat kemampuan otaknya yang demikian, Seung Woo hampir tak pernah gagal mendapatkan apa pun tujuannya. Hingga suatu saat dia harus bersaing dengan seorang pesepakbola miskin untuk merebutkan Hae Bin (Go Ara). Apakah kali ini Seung Woo akan kembali berhasil?

Beberapa Lee Sang Yoon di atas, sebagian besar bertemakan cinta. Namun, penampilannya tidak pernah membuat kecewa para pemirsa. Dengan matanya yang sayu dan aura yang hangat, Lee Sang Yoon mudah menarik hati. Sudah tahu mau nonton dramanya yang mana dulu? Apa pun pilihan Anda selamat menyaksikan ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram