logo web

10 Drama Terbaik Moon Sung Geun, Aktor Senior dalam Small Screen

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Aktor senior Moon Sung Geun memulai karir beraktingnya dari panggung teater di tahun 1985. Dia menjadi tokoh kunci di awal kebangkitan drama panggung Daehangno.

Lima tahun kemudian, Moon Sung Geun memulai debut film perdananya. Di tahun yang sama pula sang aktor mulai menjajaki dunia drama. Drama pertamanya berjudul Our Paradise (1990).

Di sana aktor Moon berperan sebagai seorang profesor bernama Choi Young Gyu. Kiprahnya di dramaland cenderung tidak terlalu produktif karena dia lebih aktif di industri film.

Tidak banyak peran utama yang dia mainkan di layar kaca, tetapi penampilannya seringkali memegang peranan penting. Kami pilihkan sepuluh drama Moon Sung Geun terbaik untukmu.

1. Confession

Confession

Kamu akan melihat Moon Seung Geun sebagai salah satu karakter pendukung saat menonton drama berjudul Confession (2019). Sang aktor senior memainkan karakter bernama Choo Myung Geun.

Ber-genre hukum dengan isu mengenai double jeopardy, drama ini mengisahkan kepiluan seorang anak lelaki yang mengidap penyakit jantung.

Choi Do Hyun menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit hingga akhirnya dia mendapat donor dan melakukan transplantasi jantung.

Setelah operasi berjalan sukses, sang ayah dituduh membunuh seseorang dan dijatuhi hukuman mati. Untuk membebaskan ayahnya dari hukuman tersebut, Do Hyun menjadi seorang pengacara. 

2. Insider

Insider

Kim Yo Han adalah peserta pelatihan yudisial yang menerima tugas dari atasannya untuk menyamar dan memata-matai seorang bandar judi.

Penyamarannya terungkap dan Yo Han berada dalam bahaya. Kepalang basah, atasannya malah meminta dia mendapatkan sebuah video dari seseorang; dan orang itu berada dalam tahanan.

Yo Han mencari cara agar bisa masuk tahanan tersebut. Namun, untuk menemukan orang itu, dia bertemu dengan banyak orang lainnya, termasuk Do Won Bong yang diperankan oleh Moon Sung Geun. Dia adalah mantan kepala kasino terbesar yang punya koneksi dan kekuatan.

3. Encounter

Encounter

Moon Sung Geun ikut berpartisipasi dalam drama Encounter (2018). Di sini dia berperan sebagai ayah Song Hye Kyo yang memerankan karakter Cha Soo Hyun.

Peran yang Moon bawakan bernama Cha Jong Hyun; dia adalah seorang politisi yang hanya mementingkan diri sendiri. Lelaki paruh baya tersebut menikahkah Soo Hyun dengan putra seorang konglomerat demi karir politiknya.

Beruntung Soo Hyun bisa lepas dari pernikahan itu. Dia lantas menyibukkan diri dengan pekerjaan dan melakukan perjalanan bisnis sampai ke Kuba.

Di negara itu tanpa sengaja dia bertemu seorang pemuda bernama Kim Jin Hyuk. Jin Hyuk punya jiwa yang bebas dan menikmati hidup dari hal-hal sederhana. Soo Hyun dan Jin Hyuk terlibat dalam situasi yang rumit karena perasaan keduanya.

4. Life

Life

Drama Moon Sung Geun berikutnya ber-genre medis berjudul Life (2018). Duduk di kursi sutradara adalah Hong Jong Chan, sutradara yang juga mengarahkan drama Juvenile Justice (2022) dan Her Private Life (2019).

Life (2018) menceritakan penyalahgunaan kekuasaan yang terjadi di rumah sakit. Drama ini menggambarkan keadaan ketika ego dan kepentingan saling berbenturan.

Para dokter memilih mengutamakan nyawa, sedangkan para petinggi punya kekuatan untuk menggagalkannya. Di sini, Moon Sung Geun berperan sebagai Kim Tae Sang, yaitu Kepala Departemen Bedah Ortopedi dan Wakil Direktur Rumah Sakit Universitas Sangkook.

5. Dr. Brain

Dr. Brain

Serial menarik yang dibintangi Lee Sun Kyun berjudul Dr. Brain (2021), juga ikut dimainkan oleh Moon Sung Geun. Di sini, aktor Moon berperan sebagai Dr. Myung Tae Suk.

Dia adalah sosok yang membesarkan Go Se Won, karakter utama drama ini, setelah ibunya meninggal dalam kecelakaan. Go Se Won memiliki kemampuan otak yang berbeda dari orang lain.

Se Won mengabdikan diri pada sebuah penelitian agar otak antara dua individu dapat tersinkronisasi. Semua bermula dari kecelakaan misterius yang menimpa ibunya. Akibat hal menyedihkan itu Se Won ingin mengakses ingatan untuk membuka misteri mengenai hal yang terjadi pada keluarganya.

6. The Great Shaman Ga Doo Shim

The Great Shaman Ga Doo Shim

Sebuah drama supernatural yang berlatarkan kejadian mengerikan di sekolah, The Great Shaman Ga Doo-shim (2021), menjadi drama Moon Sung Geun selanjutnya yang sayang dilewatkan begitu saja, terutama jika kamu penggemar Kim Sae Ron dan Nam Da Reum.

Di sini aktor Moon berperan sebagai Kyung Pil, sosok kepala sekolah yang hanya mementingkan kepentingan sendiri. The Great Shaman Ga Doo-shim (2021) menceritakan tentang fenomena bunuh diri para siswa yang ada di peringkat terbawah.

Peristiwa tersebut rupanya adalah bentuk perjanjian Kyung Pil dengan iblis guna menjaga reputasi sekolah. Kim Sae Ron sebagai Ga Doo Shim dan Nam Da Reum sebagai Na Woo Soo bersatu melawan iblis itu.

7. When My Love Blooms

When My Love Blooms

Dua puluh tahun lalu, Han Jae Hyun, mahasiswa sekolah hukum yang populer, jatuh cinta pada mahasiswi perguruan tinggi musik, Yoon Ji Soo. Mereka saling jatuh cinta, tetapi tak bisa bertahan selamanya.

Kini, Ji Soo sudah berusia 40 tahun dan merupakan seorang single parent, sementara Jae Hyun pengusaha sukses yang mengejar kekayaan dan kehormatan. Jae Hyun yang sekarang berbeda dengan dirinya yang dulu.

Selain itu, Jae Hyun juga sudah menikah dengan Jang Seo Gyung. Suatu hari dua orang ini kembali bertemu dan masuk ke kehidupan masing-masing. Jae Hyun langsung mengenalinya ketika pertama kali bertemu. Moon Sung Geun sendiri berperan sebagai ayah mertua Jae Hyun bernama Jang San.

8. Falsify

Falsify

Bersama Namgoong Min, Yoo Joon Sang, Uhm Ji Won dan Jeon Hye Bin, sang aktor senior turut mengawal kesuksesan drama Falsify atau Distorted (2017).

Raihan rating drama ini cukup tinggi, yaitu mencapai 14%. Moon Sung Geun berperan sebagai salah satu main role bernama Koo Tae Won; dia adalah direktur sebuah surat kabar, Daehan Newspaper.

Falsify (2017) mengisahkan kemerosotan nilai-nilai jurnalisme di era masyarakat modern. Fokus media untuk mengungkapkan fakta telah hilang.

Di antara para pekerja media yang sudah tak lagi mementingkan fakta, dua wartawan masih memegang teguh prinsipnya. Mereka mencari dan mengungkap satu kebenaran dengan bantuan jaksa.

9. Mental Coach Jegal

Mental Coach Jegal

Drama Moon Sung Geun berikutnya mengangkat cerita mengenai kesehatan mental di antara para atlet yang jatuh dalam keterpurukan. Je Gal Gil adalah mantan atlet taekwondo nasional yang pensiun karena kecelakaan.

Peristiwa itu memukul mentalnya hingga Gal Gil butuh waktu untuk sembuh dari trauma. Begitu dirinya sembut, Gal Gil kembali sebagai mental coach untuk para atlet. Dia bertemu dengan Cha Ga Eul, mantan peraih medali emas olahraga skating yang karirnya merosot.

Tertekan dengan keadaan dia menyalahkan dirinya sendiri, hingga kemudian bertemu dengan Gal Gil. Je Gal Gil tidak sendirian menangani masalah mental para mantan atlet ini. Dia ditemani oleh Park Seung Ha. 

10. Ja Myung Go

Ja Myung Go

Ja Myung Go (2009), drama sageuk dari SBS dibuat berdasarakn cerita rakyat Korea, Prince Hodong dan Princess of Nakrang yang menyentuh. Menurut legenda, di Kerajaan Nakrang ada sebuah gendang misterius yang disebut jamyeonggo.

Gendang itu akan bunyi dengan sendirinya setiap kali musuh menyerang kerajaan. Akibatnya, Kerajaan Goryeo seringkali ragu menyerang Nakrang. Pangeran Hodong dari Goryeo diam-diam memasuki Nakrang untuk menghancurkan gendang tersebut.

Namun, dia malah saling jatuh cinta dengan Putri Nakrang. Demi kekasihnya, sang putri rela berkhianat pada negara. Kerajaan Nakrang jatuh dan dia pun terbunuh. Dalam drama ini Moon Sung Geun berperan sebagai raja ketika Goryeon yang dikenal dengan nama Daemusin.

Berangkat sebagai aktor teater hampir 40 tahun lalu, kualitas Moon Sung Geun sebagai pelakon sudah teruji waktu. Sang aktor telah mengantongi banyak pengalaman dan berakting baginya seperti bernapas saja. Moon aktif sebagai pemain film, tetapi dia juga punya beberapa koleksi drama. Sepuluh judul drama di atas adalah buktinya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram