logo web

10 Drama Terbaik Kim Eun Sook, Penulis Skenario Terkenal di Korea

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jika ditanya siapakah penulis skenario drama Korea terkenal? Penggemar drakor mungkin akan teringat dengan nama Kim Eun Sook. Namanya sudah melekat dengan beberapa drama yang cukup populer di kalangan para penggemar drakor seperti, Goblin, Heirs, Descendant of the Sun atau Mr. Sunshine.

Lovers in Paris adalah drama yang membuat Kim Eun Sook mulai diperhitungkan sebagai penulis naskah. Biasanya drama yang ditulis Kim Eun Sook mempunyai elemen tambahan yang membuat dramanya jadi terkenal, seperti dialog atau adegan yang ikonik.

Penasaran dengan drama hasil karya penulis Kim Eun Sook? Yuk, simak beberapa filmnya pada ulasan berikut ini!

1. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine

Mr. Sunshine merupakan drama TvN yang sukses meraih rating tertinggi. Setelah sukses dengan Goblin, Kim Eun Sook kembali muncul dengan Mr. Sunshine.

Para pemeran dalam drama blockbuster epik ini di antaranya adalah Lee Byung Hun sebagai Choi Eugene serta Kim Tae Ri sebagai Go Ae Shin. Drama ini merupakan sebuah drama sejarah dengan latar awal tahun 1900-an.

Mr. Sunshine bercerita tentang Eugene dan Ae Shin. Diceritakan Eugene lahir sebagai budak. Dia kemudian melarikan diri ke Amerika. Di negeri asing itu dia berhasil menjadi Kapten Korps Marinir. Adapun Ae Shin merupakan seorang wanita bangsawan Joseon.

Setelah menjadi perwira marinir AS, Eugene kembali ke Korea. Di sinilah dia bertemu dan kemudian jatuh cinta dengan Ae Shin yang seorang putri bangsawan. Pada saat yang sama Eugene mengetahui rencana untuk menjajah Korea yang dilakukan oleh pasukan asing.

2. Goblin

Goblin

Mungkin Goblin adalah serial rom-com Kim Eun Sook yang sedikit berbeda karena tokoh utamanya melibatkan seorang goblin. Diceritakan Kim Shin/Goblin (Gong Yoo) yang seorang jenderal militer Kerajaan Goryeo meninggal dengan cukup tragis.

Namun ternyata dirinya tidak mati malah menjadi makhluk abadi. Dia pun jadi sedih dan kesepian karena orang-orang dekatnya sudah meninggalkannya.

Kim Shin pun menghabiskan 900 tahun mencari pengantin yang bisa mencabut pedang di tubuhnya agar dirinya bisa pergi ke alam baka.

Suatu hari, Kim Shin (Gong Yoo) bertemu dengan Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang seorang murid SMA. Eun Tak mengaku kalau dirinya adalah pengantin Goblin yang bisa mencabut pedang di tubuh Kim Shin.

Namun ternyata perkara mencabut pedang itu tidaklah mudah. Masalah menjadi rumit karena keduanya saling jatuh cinta.

3. Descendants of the Sun

Descendants of the Sun

Berkat Descendants of the Sun muncullah Song-Song Couple. Chemistry antara Song Joong Ki dan Song Hye Kyo di serial ini terbawa hingga ke dunia nyata.

Sementara itu, cerita drama ini mengisahkan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) yang merupakan ahli bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Haesung.

Dia seorang wanita cantik yang tegas. Hidup Mo Yeon berubah sesudah dia bertemu Kapten dan pemimpin Tim Alpha, Yoo Shi Jin (Song Joong Ki).

Dia adalah seorang tentara yang lebih mementingkan negara dan melindungi siapa saja yang membutuhkan bantuan, bahkan jika hal tersebut bertentangan dengan atasannya. Keduanya kemudian saling jatuh cinta.

4. The King: Eternal Monarch

The King: Eternal Monarch

Ini adalah drama Lee Min Ho setelah dia menyelesaikan wamilnya. The King: Eternal Monarch merupakan sebuah drama bergenre fantasi-sci-fi dan romansa. Drama ini mengisahkan Lee Gon (Lee Min Ho) yang merupakan seorang kaisar Korea generasi ketiga.

Di mata warganya, dia adalah pemimpin yang sempurna. Namun ternyata dia memiliki luka yang dalam. Dahulu dia menyaksikan ayahnya dihabisi di depan matanya pada saat kudeta.

Lee Gon lebih suka menghadiri konferensi universitas dibandingkan menjalankan tugas kenegaraannya. Pada salah satu petualangannya, Lee Gon melihat dirinya didorong ke dalam dunia paralel.

Di sana dia bertemu dengan Jeong Tae Eul (Kim Go Eun) yang merupakan inspektur polisi. Bersama dengan Tae Eul, dia berusaha untuk mengalahkan penjahat serta menutup pintu yang menuju dunia pararel.

5. The Heirs

The Heirs

The Heirs merupakan drama Kim Eun Sook yang diterima sangat baik oleh penggemar drakor, terutama fans di Korea Selatan.

Diceritakan Kim Tan (Lee Min Ho) adalah seorang chaebol kaya. Dia merupakan pewaris dari Empire Group yang sebelumnya dikirim ke Amerika Serikat untuk sekolah.

Sebenarnya Kim Tan bukanlah dikirim untuk belajar, tetapi untuk diasingkan. Kakak tiri Kim Tan ingin mengambil alih bisnis keluarga karena itulah Kim Tan dikirim ke Amerika.

Di Amerika Kim Tan bertemu dengan Cha Eun Sang (Park Shin Hye) yang ternyata adalah putri pembantu di rumahnya. Keduanya kemudian saling jatuh cinta.

Namun masalah muncul di antara keduanya kala Rachel Yoo (Kim Ji Won) muncul. Hati Kim Tan pun terbelah antara kewajiban dengan cinta.

6. Secret Garden

Secret Garden

Secret Garden adalah rom-com hit pada masanya. Drama yang tayang di SBS pada 2010 ini memantapkan posisi Kim Eun Sook sebagai penulis naskah drama yang sukses.

Drama yang mengisahkan pertukaran tubuh ini diperankan oleh Hyun Bin. Dia berperan sebagai Kim Joo Won yang seorang CEO sebuah department store.

Kim Joo Won bertemu dengan Gil Ra Im yang diperankan Ha Ji Won. Ra Im adalah seorang stuntwoman yang kurang beruntung.

Keduanya bertemu tanpa sengaja karena Oska yang diperankan oleh Yoon Sang Hyun. Oska adalah seorang idol dan merupakan sepupu Joo Won.

Joo Won dan Ra Im kemudian saling jatuh cinta. Namun karena perbedaan status di antara keduanya, Joo Won pun harus memilih antara Ra Im atau mengikuti keinginan keluarganya.

7. Lovers

Lovers
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: K-Dream
  • Sutradara: Shin Woo-chul
  • Pemeran: Lee Seo-jin, Kim Jung-eun, Jung Chan
  • Episode: 20

Drama Lovers mengisahkan Ha Kang Jae (Lee Seo Jin) yang merupakan seorang pengusaha kaya dan gangster. Sementara itu Yoon Mi Joo (Kim Jung Eun) merupakan seorang ahli bedah plastik.

Pertemuan keduanya terjadi karena Min Joo mengira Kang Jae adalah saudara iparnya yang jahat. Kang Jae merupakan pacar dari tetangga Mi Joo yang sedang hamil, yaitu Park Yoo Jin (Kim Gyu Ri).

Sementara itu, Kang Sae Yeon (Jung Chan) bertemu dengan Mi Joo kemudian jatuh cinta akan sikap Mi Joo yang penuh semangat.

Namun ternyata Kang Jae juga jatuh cinta dengan Mi Joo. Perasan suka Kang Jae tumbuh saat Min Joo mengobati lukanya. Bagaimana akhir cinta segitiga ini?

8. A Gentleman’s Dignity

A Gentleman’s Dignity
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance, Drama
  • Produksi: CJ E&M, Hwa&Dam Pictures
  • Sutradara: Shin Woo-chul & Kwon Hyeok-chan
  • Pemeran: Kim Ha-neul, Jang Dong-gun, Kim Min-jong, Kim Su-ro & Lee Jong-hyuk
  • Episode : 20

A Gentleman Dignity merupakan drama hit pada tahun 2013 ini. Drama ini merupakan comeback-nya Jang Dong Gun ke layar kaca setelah 12 tahun sibuk di layar lebar. A Gentleman's Dignity mengisahkan persahabatan dan romansa para pria di usia matang.

Kim Do Jin yang diperankan Jang Dong Gun adalah seorang laki-laki paruh baya yang arogan. Dia bertemu dengan Seo Yi Soo yang diperankan oleh Kim Ha Neul dan jatuh cinta padanya.

Namun Yi Soo tidak mempercayainya karena Do Jin seorang playboy, sehingga Do Jin sudah mendapatkan Yi Soo. Namun hal tersebut tak menghentikan Do Jin.

Ketika mengejar Yi Soo, Do Jin menyadari perasaannya ternyata cukup dalam. Dia pun berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari Yi Soo.

9. On Air

On Air
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Romance, Drama
  • Produksi: K-Dream
  • Sutradara: Shin Woo-chul & Jin Hyuk
  • Pemeran: Lee Beom-soo, Kim Ha-neul, Song Yoon-ah, Park Yong-ha
  • Episode : 21

Dahulunya Jang Ki Joon (Lee Bum Soo) merupakan seorang top manajer dalam bisnis pertelevisian. Namun kemudian dia mengalami kebangkrutan karena tak dapat bersaing dengan agensi lain yang lebih kuat.

Muncullah Oh Seung Ah (Kim Ha Neul) yang setuju untuk masuk di agensi Ki Joon. Seung Ah merupakan bintang top, maka selamatlah nasib Ki Joon.

Lee Kyung Min (Park Young Ha) merupakan seorang producer director (PD) drama. Dia mendapat kesempatan untuk menyutradarai drama pertamanya.

Seo Young Eun (Song Yoon Ah) bercerai dari suaminya dan hidup bersama anaknya. Dia adalah seorang penulis naskah yang banyak dicari.

Drama On Air mengisahkan cerita di balik layar dari produksi drama televisi. On Air juga menggambarkan usaha tim produksi dan pemain untuk bisa menyelesaikan drama dengan jadwal yang ketat.

Ada juga kisah tentang para aktor, aktris, dan agensi hiburan dalam menangani desas-desus di sekitar mereka.

10. Lovers in Paris

Lovers in Paris
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Romance
  • Produksi: The Coup Media
  • Sutradara: Shin Woo-chul
  • Pemeran: Kim Jung-eun, Lee Dong-gun, dan Park Shin-yang
  • Episode : 20

Drama Lovers in Paris memberikan ketenaran pada Kim Eun Sook. Berkat drama ini, namanya masuk dalam peta drama Korea.

Dikisahkan Kang Tae Young (Kim Jung Eun) tinggal di Kota Paris. Dia sedang mengerjakan sebuah skenario. Tanpa sengaja dia bertemu dengan Han Ki Joo (Park Shin Yang) dan Yoon Soo Hyuk (Lee Dong Gun) ketika sepedanya mogok.

Saat Tae Young dan Soo Hyuk berteman, Gi Ju meminta Tae Young untuk berpura-pura jadi tunangannya dikarenakan alasan pekerjaan.

Namun saat kembali ke Korea, situasinya menjadi tidak baik untuk mereka bertiga karena ternyata Gi Ju yang adalah paman Soo Hyuk jatuh cinta pada Tae Young. Begitu juga dengan Soo Hyuk, yang awalnya berteman, dia akhirnya jatuh cinta juga dengan Tae Young.

Itulah 10 drama penulis Kim Eun Sook yang sukses membuat para penggemar drakor jatuh hati. Beberapa dramanya begitu mengesankan sehingga banyak fans yang selalu menantikan karya Kim Eun Sook lagi.

Proyek terbarunya adalah drama berjudul The Glory yang akan dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Lee Do Hyun. Rencananya drama tersebut akan tayang tahun 2022 dan jumlah episodenya 8.

Namun tanggal pastinya belum jelas karena dramanya masih dalam proses pembuatan. Apakah kamu menantikan drama Kim Eun Sook yang baru ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram