logo web

4 Drama Terbaik Sea Tawinan, Aktor Thailand yang Gemesin

Ditulis oleh Syuri K.N.

Tawinan Anukoolprasert punya nama panggilan yang simpel, Sea. Namanya sangat cocok dengannya, karena Sea dikenal memiliki sikap yang menenangkan, seperti ketika kita mendengarkan desir ombak di pantai!

Pada tahun 2021, Sea resmi bergabung dengan GMMTV, production house sekaligus agensi artis yang sangat besar di Thailand. Semenjak itu, Sea aktif dipromosikan sebagai aktor, model iklan, dan penyanyi.

Sambil merintis karier aktingnya, Sea enggak meninggalkan pendidikan, loh. Ia masih kuliah di Kasetsart University jurusan Business Administration. Walau masih rookie di dunia entertainment, bakat akting Sea sudah bisa diacungi jempol. Berikut deretan lakorn yang diperankan oleh Sea Tawinan.

1. Vice Versa

(2022)

Ini bukan debut dramanya Sea, tapi lewat Vice Versa pertama kalinya Sea mendapatkan job sebagai pemeran utama. Masuk ke dalam set list GMMTV 2022 : BORDERLESS, penggemar awalnya banyak yang menanti Vice Versa karena turut menampilkan aktor yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia akting, yakni Nanon Korapat dan Ohm Pawat.

Ya, seperti yang bisa dibayangkan ketika mendengar judulnya, Vice Versa, yang berarti "sebaliknya" ini menceritakan Talay (Sea Tawinan) yang tiba-tiba terbangun dalam tubuh orang lain, yakni Tess (Ohm Pawat). Bukan cuma jadi orang lain saja, Talay juga ada di semesta lain! Ia ada di bumi, tapi bukan 'buminya'.

Ada beberapa orang yang wajahnya Talay kenal juga di semesta itu, tapi ternyata saat ditanya, mereka memiliki nama yang berbeda karena memang mereka bukan versi dari orang yang Talay kenal. Sempat kebingungan mengapa ia bisa berakhir di sana dan bagaimana cara pulang, Talay jadi sedikit lebih tenang setelah bertemu Tun (Jimmy Jitaraphol).

Sebenarnya Tun bukan nama aslinya, di semestanya, Tun bernama Puen. Ia adalah seorang aktor yang disukai oleh teman dekat Talay. Punya alasan tersendiri untuk merahasiakan jati dirinya, Puen mengenalkan diri sebagai Tun pada Talay. Tun memang nama dari pemilik tubuh yang Puen hinggapi sekarang.

Pada awalnya mereka stay close karena berasal dari semesta yang sama. Mereka berusaha memecahkan misteri bagaimana caranya untuk pulang. Tapi, itu semua enggak mudah. Mereka terjebak di semesta itu selama lima tahun lamanya. Hingga tiba saatnya mereka berhasil menemukan kunci untuk pulang.

Namun, yang pulang hanya Puen, sementara Talay masih tertinggal di semesta asing itu. Lalu, bagaimana dengan cinta mereka yang selama terjebak di semesta ini bersemi layaknya bunga Ratchaphruek? Akankah Talay terjebak selamanya di semesta lain dengan Tun (Nanon Korapat) yang sebenarnya?

Lewat perannya di serial ini, Sea Tawinan kebanjiran job. Ia enggak cuma berakting, tapi juga menyanyikan soundtrack untuk series ini. Salah satunya "The Key" yang dinyanyikan oleh Sea dan lawan mainnya, Jimmy Jitaraphol.

Serial ini memang cukup meledak, karena selain dibuat oleh GMMTV yang memang punya pasar yang luas, Vice Versa diangkat dari novel berjudul sama karya JittiRain yang sebelumnya menulis Theory of Love (2019), 2Gether (2020), Fish Upon The Sky (2021) dan Be My Favorite (2022).

Vice Versa juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan lakorn omnibus Our Skyy 2, yang mengisahkan kelanjutan beberapa couple favorit dari serial BL GMMTV. Ini menandakan kalau Vice Versa dicintai banyak orang. Padahal pada saat penayangan Vice Versa, Sea dan Jimmy sama-sama tergolong newbie.

Sebelum bergabung dengan Vice Versa, baik Sea maupun Jimmy baru berakting dalam small part di beberapa drama. Mereka sama-sama mendapat kesempatan jadi main lead lewat serial ini. Lewat sebuah wawancara, mereka sendiri mengaku belum terlalu matang.

Tapi setelah syuting Vice Versa, mereka merasa naik level dan siap menunjukan akting yang lebih baik lagi di masa depan. Setelah Vice Versa, Sea dan Jimmy dipasangkan kembali menjadi main protagonist di serial boys love "Last Twilight".

2. Last Twilight

Last Twilight

Sukses dipromosikan sebagai onscreen couple di drama Vice Versa, Sea dan Jimmy kembali didapuk berakting sebagai sepasang kekasih di "Last Twilight". Judul lain dari serial ini adalah "Your Image, I Never Forget" atau "Phap Nai Mai Khoei Luem".

Kalau dari judulnya, saya terbayang tema besar drama ini berupa kesehatan mata atau otak yang berhubungan dengan memori. Dan, ya, garis besar "Last Twilight" memang tentang seorang pemuda yang mengidap penyakit kebutaan parsial. Day (Sea Tawinan), adalah pewaris kaya raya yang mengalami kecelakaan.

Semenjak kejadian naas itu, Day mengalami kebutaan parsial yang membuatnya memiliki penglihatan yang sangat terbatas. Ibu Day berusaha mencari penjaga untuk Day, tapi selalu ditolak oleh anaknya dengan alasan 'enggak cocok'. Hingga Mork (Jimmy Jitaraphol), seorang montir yang tengah dililit hutang besar, mendengar lowongan pekerjaan itu.

Mork enggak menyangka kalau ia harus menjaga seorang pemuda kaya raya yang tampan. Walau putus asa karena membutuhkan uang banyak, Mork sebenarnya enggan melakukan pekerjaan itu. Hingga ia pun asal-asalan ketika sedang di'interview'. Saat itu Mork diminta membacakan sebuah buku sebagai tes.

Tapi, Mork malah membuat narasinya sendiri dengan bahasa yang serampangan. Orang tua dan saudara Day tentu sangat menolak, tapi anehnya Day justru menginginkan Mork sebagai penjaganya. Setelah mereka semakin akrab, Mork bertanya alasan Day memilihnya.

Day menjawab, karena ia satu-satunya yang enggak memandang Day dengan 'kasihan'. Seiring waktu yang mereka habiskan bersama, tumbuh perasaan lain di hati keduanya, dan ikatan antara keduanya sangat dalam. Hingga Day mendengar ia hanya puna 180 hari sebelum matanya menjadi buta total, ia semakin kehilangan arah.

Serial ini turut dimeriahkan oleh Namtan Tipnaree dan Mark Pakin. Sementara naskah dan sutradaranya oleh Backaof Noppharnach, sutradara & screenwriter beken asal Thailand yang sudah menciptakan banyak serial hits.

Backaof sudah menyutradarai banyak series terkenal seperti A Tale of Thousand Stars (2021), Bad Buddy (2021), Still 2gether (2020), dan Dark Blue Kiss (2019).

3. 55:15 Never Too Late

5515 Never Too Late sea tawinan_

55:15 Never Too Late (2021) merupakan serial penanda debut aktingnya Sea! Walau bukan jadi pemeran utama, karakter Sea cukup penting dan sering banget muncul di lakorn ini, loh. Drama dengan 16 episode ini dimeriahkan oleh banyak aktor/aktris muda dan juga senior. Soalnya, ceritanya tentang kembali ke masa lalu.

Di mana ada beberapa orang berusia 55 tahun yang secara misterius kembali ke wujud mereka saat masih 15 tahun. Orang-orang yang diberi kesempatan kedua ini ternyata memiliki satu kesamaan. Mereka memiliki mimpi, atau penyesalan, yang sewaktu muda dulu mereka rasakan. Mereka pun tumbuh dewasa memendam kekecewaan.

Versi muda dari mereka diperankan oleh Nanon Korapat sebagai Seksan, Piploy Kanyarat sebagai Jaya Janiya, Khaotung Thanawat sebagai Songpol "Paul", Kay Lertsittichai sebagai Amonthep, dan View Benyapa sebagai Jarunee. Sementara Sea Tawinan berakting sebagai Pangpond. Ia diceritakan suka sama Kiki (Bimbeam Praekwan).

Keluarga Pangpond memiliki akademi tinju bernama Jaroenporn. Di pertengahan episode, Pangpond (Sea Tawinan) membujuk Pruek (Marc Pahun) untuk bergabung ke akademi tinjunya.

4. Our Skyy 2

OurskyyxViceVersa (7)_

Seperti yang sudah disinggung di atas, Vice Versa termasuk salah satu cerita yang dibuat side story-nya di Our Skyy 2. Selain Vice Versa, beberapa BL series lainnya yang ada di Our Skyy 2 adalah Bad Buddy (2021), Never Let me Go (2022), dan A Boss and a Babe (2023).

Mengambil latar waktu setahun setelah kepulangan mereka dari semesta lain, kini Talay (Sea Tawinan) dan Puen (Jimmy Jitaraphol) sudah tinggal bersama. Masalahnya, walaupun satu rumah, mereka jarang bertemu satu sama lain. Keduanya sama-sama sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Menyadari hal itu, dan sudah 'melupakan' ulang tahun Puen, Talay berjanji memberikan satu bulan penuh kejutan dan kehangatan untuk kekasihnya itu. Akan tetapi, ketika hari ke-30, mereka dikejutkan dengan surprise yang lain. Tiba-tiba ada seorang anak berusia 5 tahun yang menekan bel rumah mereka dan memanggil mereka 'papa'.

Karena selama tepat 5 tahun absen di semesta ini, Puen dan Talay berpikir, jangan-jangan anak menggemaskan yang bernama Jigsaw (Chun Pachchun) itu adalah anak dari Tun atau Tess, orang dari semesta lain yang menggunakan tubuh mereka.

Ya, untuk sementara, daftar serial yang diperankan Sea Tawinan memang belum terlalu banyak. Tapi, semuanya dijamin seru banget buat ditonton. Apalagi kalau kamu memang nge-fan sama cowok yang suka mengoleksi boneka ini. Apa serial Sea Tawinan yang siap kamu rewatch berkali-kali, nih?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram