logo web

10 Drama Terbaik Sung Dong Il, Tak Hanya Jadi Karakter Ayah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Bagi penonton setia drama Korea, nama Sung Dong Il dan wajahnya pasti sangat familiar. Pasalnya dalam satu tahun kita bisa melihatnya membintangi beberapa drama sekaligus. Sebagai spesial pemeran pendukung, Sung Dong Il, cukup unik karena dia seperti punya ciri khasnya sendiri, yaitu menjadi pemeran ayah untuk karakter utama.

Jika dilihat berdasarkan sepuluh drama yang kami pilihkan melalui artikel ini, peran Sung Dong Il ternyata sangat beragam. Dia tidak hanya berperan sebagai ayah, tetapi juga pernah memainkan karakter hakim, psikiater sampai penjaga gunung atau ranger. Ingin tahu apa saja judul drama Sung Dong Il terbaik? Berikut pilihannya!

Baca juga: 10 Drama Terbaik Kim Won Hae, Si Spesialis Peran Pendukung

1. Reply 1988

Reply 1988

Drama Sung Dong Il berjudul Reply 1988 (2015) menjadi salah satu drama favorit banyak penonton. Ceritanya sangat hangat karena memperlihatkan hubungan lima keluarga yang bertetangga dan anak-anak mereka yang bersahabat dari kecil.

Setiap keluarga punya cerita yang menyentuh, lengkap dengan permasalahan domestik yang sederhana tapi sangat memainkan rasa. Sung Dong Il berperan sebagai Sung Dong Il; ayah dari tiga orang anak yang bekerja sebagai pegawai bank. Dia dan keluarganya tinggal di sebuah rumah basement yang sempit.

Walau hidup dalam kondisi sederhana, Dong Il sangat memerhatikan anak-anaknya dan berusaha keras mencukupi mereka. Di sisi lain dia juga punya hati yang muda terenyuh oleh kesulitan orang lain.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Sung Dong Il berjudul Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016) dibintangi oleh banyak pemain muda berbakat seperti Lee Joon Gi, Lee Ji Eun dan Kang Ha Neul.

Di sini, Sung Dong Il berperan sebagai support role bernama Park Soo Kyung. Dia adalah jenderal besar sekaligus tangan kanan Pangeran Wang So yang menjadi karakter utama dalam drama ini.

Drama sageuk-fantasy ini bercerita tentang perjalanan seorang gadis bernama Go Ha Jin yang misterius karena secara tiba-tiba dia kembali ke masa Dinasti Goryeo masih berkuasa.

Di sana dia berada di dalam tubuh gadis remaja berusia 16 tahun bernama Hae Soo dan tinggal di kediaman Pangeran Wang Wook ke 8 yang menikah dengan sepupunya.

Ha Jin segera berteman dengan beberapa pangeran, salah satunya pangeran yang dikucilkan bernama Wang So. Ha Jin tahu dirinya tidak boleh terlibat dalam intrik istana, tetapi secara tidak sengaja dia malah menjadi pion karena beberapa pangeran jatuh cinta padanya.

3. Live

sung dong il live_

Live (2018) bercerita tentang para petugas polisi, mulai dari polisi berpangkat rendah hingga kapten, yang membentuk tim ‘Live’ di Divisi Patroli Hongil.

Masing-masing petugas memiliki latar belakang dan kisah berbeda. Mereka juga sama-sama bekerja keras di posisinya untuk mencari nafkah sekaligus melindungi keadilan. 

Yeom Sang So yang bergabung dengan kepolisian setelah Wajib Militer bertekad untuk hidup di tengah masyarakat sebagai pejabat publik.

Namun, kehadirannya justru jadi lambang kesialan untuk setiap kasus yang dia tangani. Selain itu dia kerap berselisih dengan atasannya. Sung Dong Il sendiri berperan sebagai salah satu anggota polisi bernama Ki Han Sol.

4. It’s Okay, That’s Love

It’s Okay, That’s Love
Tahun Rilis -
Genre
Sutradara
Pemeran

Drama yang menyinggung soal kesehatan mental dibalut dengan cerita romantis berjudul It’s Okay, That’s Love (2014) mempertemukan Sung Dong Il dengan Jo In Sung dan Gong Hyo Jin.

Di sini, aktor Sung berperan sebagai seorang psikiater bernama Jo Dong Min. Dia merupakan senior Hae Soo di rumah sakit sekaligus cinta pertamanya.

Hae Soo sendiri adalah seorang psikiater tahun pertama yang sedang menjalani program fellowship. Dia adalah wanita yang ambisius tetapi sangat menyayangi pasien-pasiennya.

Suatu hari Hae Soo bertemu Jae Yeol, seorang penulis novel misteri terkenal sekaligus penyiar radio yang menderita gangguan obsesif kompulsif. Hubungan mereka yang semula sebatas pekerjaan mengarah ke hubungan romantis.

5. Ghost Doctor

Ghost Doctor sung dong il_

Sung Dong Il kembali bermain dalam drama fantasi, tapi kali ini dikombinasikan dengan drama medis yang penuh trik. Ghost Doctor (2022) mengisahkan dua orang dokter yang berbeda dalam banyak hal. Cha Young Min merupakan ahli bedah kardiotoraks yang jenius. Dia dijuluki tangan emas karena dapat menangani tindakan operasi yang sulit.

Sebagai tenaga ahli yang sangat dibutuhkan, Cha Young Min sangat efisien sehingga terkesan dingin dan galak. Sikapnya membuat Go Seung Tak selaku residen bedah toraks tidak nyaman.

Sebagai cucu pemilik rumah sakit tempat, dokter muda itu bersikap membangkang sehingga Young Min juga tidak menyukainya. Suatu hari Young Min mengalami kecelakaan dan ruhnya masuk ke tubuh Seung Tak.

Sejak itu Seung Tak yang takut darah dan hanya pintar secara teori berubah jadi dokter bedah yang andal. Seung Tak rupanya memiliki kemampuan khusus dapat melihat hantu, termasuk ruh Young Min.

Dari sana hubungan mereka membaik. Sung Dong Il sendiri berperan sebagai ruh dari Oh Joo Myung. Dia adalah ahli bedah kardiotorak yang meninggal karena terlalu lelah bekerja.

6. Reply 1997

Reply 1997

Sebelum sukses sebagai ayah Sung Duk Seon dalam Reply 1988 (2015), Sung Dong Il sudah lebih dulu bermain dalam Reply 1997 (2012) sebagai ayah Sung Shi Won.

Kali ini sang aktor berprofesi sebagai pelatih bisbol untuk tim Busan Seagulls. Reply 1997 (2012) bercerita tentang kehidupan enam sahabat yang tinggal di Busan dengan latar belakang tahun 1997. Plot-nya bolak-balik antara 1997 dan 2012, yaitu ketika enam orang sahabat tersebut berusia 18 tahun dan 33 tahun.

Drama ini juga membuat kita menebak-nebak mengenai siapa suami dari karakter utama wanita, Sun Shin Won. Saat remaja Shin Won adalah penggemar boyband H.O.T. Dia dan lima temannya tergila-gila pada boyband tersebut. 

7. Legend of the Blue Sea

The Legend of The Blue Sea

Shim Chung adalah putri duyung yang hidup di zaman Joseon. Dia jatuh cinta pada putra keluarga bangsawan bernama Kim Ryung sampai mengikutinya bereinkarnasi berkali-kali hingga tiba di zaman modern.

Kim Ryung yang berubah nama menjadi Heo Joon Jae hidup sebagai penipu yang terampil. Dia lalu tertarik pada gelang batu giok yang dipakai Shim Chung.

Shim Chung kemudian tinggal bersama Joon Jae dan beberapa rekan penipunya. Keselamatan Shim Chung terancam ketika ibu tiri Joon Jae mengirim pembunuh berbahaya.

Pembunuh yang dimaksud adalah Ma Dae Yeong yang diperankan oleh Sung Dong Il. Rupanya di kehidupan yang lalu, Dae Young adalah bangsawan korup yang berusaha menangkap Shim Chung.

8. Miss Hammurabi

Miss Hammurabi

Ingin melihat Sung Dong Il berperan sebagai hakim? Kamu harus nonton dramanya yang berjudul Miss Hammurabi (2018). Drama yang dibintangi Go Ah Ra, Kim Myung Soo, Ryu Deok Hwan dan Lee Elijah ini tentang Park Cha Oh Reum, seorang hakim yang baru saja diangkat dan ditugaskan di Civil Affairs Department di Distrik Pusat Seoul.

Hakim Oh Reum adalah sosok yang memiliki empati tinggi dan berusaha selalu menegakkan keadilan. Sikapnya ini membuat seorang hakim elit yang lebih senior, Lim Ba Reun, tidak begitu menyukainya.

Dia sangat berprinsip dan memegang teguh aturan. Sung Dong Il sendiri berperan sebagai Han Se Sang, yaitu Hakim Kepala yang berpengalaman, pintar dan rendah hati. 

9. Jirisan

Jirisan sung dong il_

Dengan pengalaman yang segudang, Sung Dong Il tak lelah mencoba peran-peran atau karakter baru pada setiap penampilannya.

Seperti yang dia lakoni dalam drama Jirisan (2021) karena di sini sang aktor berperan sebagai ranger senior sekaligus kepala kantor cabang Taman Nasional Gunung Jiri. Menjabat posisi yang cukup tinggi, Jo Dae Jin sangat berdedikasi.

Baginya keselamatan pengunjung Gunung Jiri adalah nomor satu. Drama yang turut dibintangi Jun Ji Hyun dan Joo Ji Hoon ini memang bercerita tentang kehidupan para ranger dalam melindungi Gunung Jiri sekaligus orang-orang yang datang mengunjunginya. Dae Jin dan para ranger lain berjibaku dengan pembunuh berantai yang mengintai keselamatan para pendaki.

10. Your Honor

Your Honor

Your Honor atau Dear Judge (2018) bercerita tentang kembar identik, Han Soo Ho dan Han Kang Ho, yang memiliki gen yang sama tetapi menjalani kehidupan berbeda.

Kang Ho sebagai kakak sangat menarik perhatian karena berbagai kelebihannya. Namun, Soo Ho juga unggul dalam kecerdasan sehingga lebih pintar.

Soo Ho lulus menjalani ujian pengacara sebagai peserta termuda. Dia kemudian dikenal sebagai hakim yang berdedikasi, sedangkan Kang Ho punya catatan kriminal.

Suatu hari saat Kang Ho selesai menjalani hukumannya dia mendapati Soo Ho menghilang. Tanpa pikir panjang, Kang Ho mengambil posisi Soo Ho sebagai hakim. Dalam drama ini Sung Dong Il berperan sebagai Sa Ma Ryong.

Aktor yang identik dengan peran sebagai ayah ini tercatat telah membintangi sederet drama-drama terbaik dalam karirnya. Di antara drama yang pernah dia perankan, sepuluh judul yang kami pilihkan dalam artikel ini bisa jadi rekomendasi. Adakah drama Sung Dong Il yang jadi favoritmu? Atau kamu punya rekomendasi lain?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram