logo web

10 Drama Terbaik Takahashi Katsunori, Aktor Berdarah Seniman

Ditulis oleh Syuri K.N.

Takahashi Katsunori (高橋克典) adalah aktor kelahiran 15 Desember 1964. Darah seni mengalir di dalam tubuhnya. Ayah Katsunori bernama Takahashi Katsushi, seorang konduktor di sebuah SMA, sementara ibunya adalah guru vokal di SMA Pertama Wanita Aoyama Gakuin.

Sejak kecil, tepatnya ketika berusia 3 tahun, Katsunori sudah menguasai alat musik piano. Pada tahun 1993 atau pada berusia 29 tahun, Takahashi Katsunori debut di dunia tarik suara dengan single "Dakishimetai". Masih pada tahun yang sama, Katsunori langsung dapat proyek akting pertamanya juga.

Ia membintangi dorama berjudul "Pokeberu ga Naranakute (ポケベルが鳴らなくて)" (1993). Pada film itu di-highlight tenang pokeberu atau pocket bell yang berarti alat komunikasi pager! Namun, baru ketika memerankan Salaryman Kintaro (サラリーマン金太郎) Live Action (1999), nama Katsunori jadi semakin terkenal.

Penasaran sama dorama apa saja yang diperankan oleh Takahashi Katsunori? Showpoiler buat watchlist-nya untuk kamu di bawah ini.

1. Mai Agare!

Maiagare!

Dorama yang berjudul lokal "舞いあがれ!" ini mengisahkan Iwakura Mai (Fukuhara Haruka) yang tinggal bersama kedua orangtuanya, Kota (Takahashi Katsunori) dan Megumi (Nagasaku Hiromi), juga kakak laki-lakinya, Haruto (Yokoyama Yu).

Kota mengelola sebuah pabrik kecil di Higashi Osaka, sebuah distrik yang warga lokalnya berprofesi sebagai pengrajin. Tapi, Mai terlihat enggak memiliki niatan untuk melanjutkan bisnis keluarga.

Mai adalah seseorang yang pemalu dan pendiam. Suatu ketika, ia pergi mengunjungi neneknya, Saitsu Shoko (Takahata Atsuko) di Kepulauan Goto, Nagasaki. Daerah itu dikenal memiliki lingkungan alam yang indah.

Terpesona oleh layang-layang Baramon, Mai juga ingin terbang tinggi di angkasa seperti layang-layang. Untuk pertama kalinya Mai memiliki cita-cita, yaitu ia ingin menjadi seorang pilot. Namun, meski ia bekerja keras mengejar impiannya, ternyata itu semua lebih sulit dari yang ia kira.

Ia pun menjalin hubungan erat dengan orang-orang dari dua kota asalnya, Higashi Osaka dan Goto. Mai mengumpulkan teman-teman yang antusias sepertinya untuk membuat pesawat listrik kecil yang bisa terbang antar pulau. Akankah Mai dan teman-temannya 'lepas landas'?

2. Black Widow Business

Black Widow Business_

Drama ini merupakan versi lain dari Black Widow Business (2016). Berjudul lokal "後妻業 Gosaigyo", dorama ini diperankan oleh Kimura Yoshino sebagai Takeuchi Sayoko, Takahashi Katsunori sebagai Kashiwagi Toru, Kimura Tae sebagai Nakase Tomomi dan Ihara Tsuyoshi sebagai Honda Yoshinori.

Berlatar di Osaka, Sayoko Takeuchi mengincar pria-pria tua kaya raya dan menikahi mereka. Tentu saja tujuannya untuk mendapatkan warisan di masa depan. Untuk melancarkan bisnisnya, ia bekerja sama dengan Toru Kashiwagi yang menjalankan agen pernikahan.

Akhirnya Sayoko Takeuchi berhasil menikah dengan seorang pria tua yang tajir melintir. Suatu hari, Tomomi Nakase mendengar ayahnya dibawa ke rumah sakit. Ia adalah anak dari pria tua yang menikah dengan Sayoko. Saat bertemu di rumah sakit, itulah pertama kalinya Tomomi mengetahui ayahnya menikah lagi.

Tomomi tentu saja enggak menyukai pernikahan ayahnya, karena ia yakin ibu tirinya itu berniat buruk. Ia berusaha menghentikan Sayoko mendapatkan kekayaan ayahnya dengan menyewa detektif swasta, Yoshinori Honda. Yoshinori dipekerjakan untuk menyelidiki Sayoko Takeuchi dan Toru Kashiwagi.

3. Himawari: Miyazaki Legend

Himawari: Miyazaki Legend 2 (2022)

Himawari: Miyazaki Legend (2020) adalah sebuah drama komedi yang berfokus pada karakter utama, Hayashi Akiko (Taira Yuna). Akiko bekerja di perusahaan yang sama dengan ayahnya, Kenichi No.1 alias Hayashi Kenichi (Takahashi Katsunori).

Kekasih Akiko juga bekerja di sana, julukannya adalah Kenichi No. 2, tapi nama aslinya Korogi Kenichi (Inoue Yuki). Mereka semua punya satu mimpi: ingin menjadi seniman manga. Kekasih Akiko adalah Kenichi No.2.

Serial ini diadaptasi dari manga "Himawari: Kenichi Legend (ひまわりっ 健一レジェンド)" karya Higashimura Akiko. Kamu bisa menyaksikannya di NHK dan UMK TV. Serial ini punya sekuelnya, loh, yakni "Himawari: Miyazaki Legend 2" (2022).

4. Kozure Shinbee

Kozure Shinbee

Kozure Shinbee (2015) mengisahkan seorang samurai pengembara bernama Matsumura Shinbei (Takahashi Katsunori). Caranya mencari nafkah adalah dengan menantang sekolah-sekolah bela diri dengan keterampilan pedangnya. Dan, tentu saja ia enggak terkalahkan.

Semasa hidupnya, ia enggak pernah menikah. Ia tinggal seorang diri di rumah petak dengan bahagia. Hingga suatu hari ada seorang samurai pengembara lainnya yang bernama Okiishi Tonomo. Ia pindah ke rumah petak tersebut membawa seorang bayi laki-laki bernama Tsurunosuke.

Alasan Tonomo pindah ke sana karena rumahnya baru saja dihancurkan. Sementara sang istri sudah meninggal dunia. Shinbei merasa iba dan siap membantu ayah dan anak itu kapan saja. Seharusnya ia enggak berkata seperti itu, karena tepat keesokan harinya Tonomo menghilang tanpa jejak.

Shinbei mau enggak mau merawat Tsurunosuke dengan kemampuan dan barang keperluan yang terbatas. Semenjak itu, Shinbei jadi sangat populer. Orang-orang berdatangan ke kediaman Shinbei untuk berkonsultasi seperti perseteruan perceraian pasangan, penipuan gadis muda yang menargetkan orang tua, dan sebagainya.

Shinbei pun menjelma jadi samurai pengembara yang membesarkan bayinya sambil menyelesaikan masalah orang-orang di kota setempat. Serial ini mendapatkan musim keduanya di Kozure Shinbee 2 (2016), masih dengan list pemeran utama yang sama.

5. Hikikomori Sensei

Hikikomori Sensei Takahashi Katsunori

Judul lain dari drama ini adalah "Socially Withdrawn Teacher". Uwashima Yohei (Sato Jiro) memiliki julukan 'penyintas hikikomori'. Ia memang pernah menarik diri dari dunia selama 11 tahun terakhir. Tapi, masa itu semua berakhir tiga tahun lalu.

Sekarang ia membuka bisnis restoran yakitori, bahkan ia mendapat bantuan dari penduduk setempat. Suatu hari, ia tiba-tiba diminta menjadi guru paruh waktu di sebuah sekolah menengah pertama.

Sang kepala sekolah, Sakaki Tetsuzo (Takahashi Katsunori), menginginkan seseorang dengan latar belakang hikikomori untuk membantu para siswa yang membolos dengan alasan sama.

6. Fuwaku no Scrum

Fuwaku no Scrum

Serial kali ini sangat berbeda dari yang pernah diperankan Katsunori sebelumnya, karena drama yang juga dikenal dengan judul "Fortysomething Rugby" ini bertemakan olahraga. Marukawa Ryohei (Takahashi Katsunori), pria berusia 47 tahun yang baru saja dibebaskan dari penjara.

Walau sudah bebas, ia enggak memiliki keinginan untuk melanjutkan hidup. Ketika sedang berjalan ke dasar sungai untuk mati, sebuah bola rugby tiba-tiba menghantam punggungnya. Pelakunya adalah beberapa pria berusia 40 tahunan yang sedang latihan rugby di samping sungai.

Salah satu dari pemain rugby tersebut yang bernama Utatsu Sadao menghampiri Marukawa untuk mengambil bola. Ia ternyata merupakan pemimpin tim rugby Yanchars yang sedang latihan itu. Marukawa yang kebingungan diseret untuk bergabung dengan tim.

Marukawa enggak langsung join dengan tim, tapi ia berjanji untuk menonton pertandingan. Keesokan harinya, Marukawa menepati janji untuk menonton pertandingan Yanchars dari tribun. Saat pertandingan mulai, terlihat Utatsu berjongkok dan tidak dapat bergerak. Marukawa pun diminta untuk menggantikan Utatsu bermain di tim.

7. Honest Real Estate

Honest Real Estate

Dari drama olahraga, kini beralih ke bisnis, ada "Shojiki Fudosan" yang mengisahkan Nagase Saichi (diperankan oleh Yamashita Tomohisa). Nagase adalah sales nomor satu di agen real estat.

Masalahnya, ia terlalu jujur, enggak bisa berbohong sama sekali. Jadi, terkadang ia membicarakan hal yang enggak diperlukan pada calon pembeli. Dalam drama ber-genre komedi dan supernatural ini Takahashi Katsunori menjadi supporting role sebagai Ikaruga Masato.

8. Meiji Sherlock Holmes

Meiji Sherlock Holmes_

Enggak dipungkiri, karakter Sherlock Holmes yang diciptakan Sir Arthur Conan Doyle mendapat popularitas yang signifikan di seluruh dunia, termasuk Jepang. Detektif fiktif ini sering diimplementasikan dalam karya sastra, anime, manga, tentunya film dan drama juga.

"Meiji Sherlock Holmes" merupakan salah satu dorama yang diangkat berdasarkan kisah Sherlock Holmes. Drama ini memiliki judul lain sebagai "Meiji Kaika: Shinjuro Tanteicho". Seperti yang sudah bisa dibayangkan dari judulnya, drama ini berlatar belakang pada awal era Meiji, sekitar tahun 1868-1912.

Era ini merupakan era transformatif. Jepang mengalami modernisasi yang cepat, reformasi politik dan sosial, dan pembukaan Jepang terhadap dunia luar. Era Meiji menandai berakhirnya periode feodal Edo dan awal transisi Jepang menjadi negara industri modern.

Nah, garis besar drama ini mencangkup semua itu, tentunya dengan inti cerita detektif kesukaan kita semua, Sherlock Holmes. Detektif swasta Shinjuro Yuki (Fukushi Sota) kembali ke Jepang dari luar negeri. Ia dipercaya oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo untuk memecahkan beberapa kasus aneh yang tengah terjadi di Jepang.

Saat menyelidiki kasus, Detektif Shinjuro bertemu Rie Kano (Uchida Rio), putri pengusaha kaya raya yang menaruh minat padanya. Diangkat dari novel berjudul "Meiji Kaika Ango Torimonocho" (明治開化 安吾捕物帖), Takahashi Katsunori berperan sebagai Katsu Kaishu.

9. War of Traps

Wana no Senso (2023)_

"Wana no Senso" diperankan oleh Kusanagi Tsuyoshi sebagai Washizu Toru, karakter utamanya. Sementara Takahashi Katsunori berperan sebagai Ryuzaki Hajime. Setelah "Zeni no Senso" dan "Uso no Senso", "Wana no Senso" menjadi karya ketiga dari serial perang tersebut.

Drama ini berpusat di sekitar Washizu Toru, sekretaris parlemen yang dikhianati oleh anggota parlemen. Padahal ia telah mengabdikan 20 tahun hidupnya demi mereka. Ia pun memutuskan untuk membalas dendam kepada para politisi yang memegang kekuasaan di atasnya.

10. Fukumen D

Fukumen D

Serial ini memiliki judul lain "覆面D" atau "Masked D". Daisuke Daichi (Sekiguchi Mandy), bercita-cita untuk menjadi seorang guru SMA yang penuh semangat. Tapi, semua siswa di kelas yang ia pegang, kelas 3 D, memiliki masalah mikrokosmos masyarakat Jepang saat itu.

Karena suatu insiden, akhirnya membuat Daichi dibina oleh BBT, organisasi gulat profesional. Ia pun jadi aktif sebagai pegulat bertopeng dengan nama panggung Masked D. Sambil menyembunyikan jati dirinya, Daisuke berjuang untuk menyelamatkan para siswa.

Ia tetap menjadi guru yang enggak pernah menyerah mempertaruhkan nyawanya untuk menghadapi murid-muridnya apa pun yang terjadi. Baik sebagai Guru Daisuke maupun Masked D, ia siap membantu murid-murid yang menghadapi berbagai masalah. Di sini, Takahashi Katsunori menjadi pemeran pendukung bernama Baba Kanji.

Itulah beberapa serial yang diperankan oleh Katsunori Takahashi. Sebenarnya beliau sudah bermain di banyak judul serial dan film. Akan tetapi, kebanyakan hanya peran supporting role atau guest role.

Kalau daftar dorama di atas merupakan drama-drama di mana Katsunori menjadi pemeran utamanya. Kamu paling suka drama yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram