logo web

10 Drama Terbaik yang Dibintangi oleh Takeuchi Ryoma

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Takeuchi Ryoma terkenal sebagai aktor dan model asal Jepang yang namanya melejit melalui perannya sebagai Kamen Rider dalam dorama Kamen Rider Drive (2014). Menariknya, drama tersebut merupakan penampilan pertama Takeuchi di layar televisi. Dengan penampilan menjanjikan, perjalanan Takeuchi di industri hiburan Jepang dimulai.

Sekian tahun berkiprah di dunia akting, aktor pemilik tinggi badan 185 cm ini sukses menelurkan drama-drama populer. Dia juga berkesempatan bekerjasama dengan aktor-aktor besar dari Jepang lainnya.

Dari awal debutnya, Takeuchi Ryoma sudah bermain dalam banyak drama dan sepuluh di antaranya punya cerita paling menarik. Yuk, simak daftar dramanya berikut ini!

Baca juga: 10 Film Terbaik Hiroyuki Sanada, Bintang Laga Jepang

1. Kahogo no Kahoko

Kahogo no Kahoko

Kahogo no Kahoko atau Overprotected Kahoko (2017) adalah drama Takeuchi Ryoma yang dia mainkan bersama Mitsuki Takahata. Berjumlah 10 episode, dorama ini bercerita tentang gadis berusia 21 tahun bernama Kahoko Nemoto.

Dia sudah berstatus mahasiswi, tetapi karena kebiasaan selalu dilindungi dari lahir, Kahoko sangat bergantung pada ibunya. Dia gadis naif yang tumbuh dengan berbagai kemudahan serta kemewahan. Kahoko layaknya manusia tabung yang selalu dilayani.

Setiap pagi sang ibu selalu membangunkannya hingga menyiapkan pakaian untuknya. Seumur hidup dia tak pernah melakukan pekerjaan rumah atau bahkan mengendarai mobil; dan kini Kahoko bersiap memasuki dunia kerja.

Gadis yang tak pernah memiliki pekerjaan paruh waktu, tak pernah naik kereta sendirian itu, akan keluar dari ‘tabung’nya dan memasuki dunia penuh ‘kuman’.

Di saat itulah dia bertemu dengan Hajime Mugino, seorang pemuda yang diperankan oleh Takeuchi Ryoma, yang tumbuh di lingkungan berbeda dengan Kahoko. Akankah pertemuan mereka membantu Kahoko jadi wanita yang mandiri?

2. Kamen Rider Drive

Kamen Rider Drive

Kamen Rider Drive (2014) merupakan serial televisi tokusatsu Jepang yang merupakan seri ke-16 dari Heisei Kamen Rider Series yang terdiri atas 25 series. Drive disebut memiliki keunikan tersendiri di antara para pahlawan Kamen Rider sebab motif dan moda transportasi utamanya adalah mobil, bukan sepeda motor seperti yang biasa dipakai para pendahulunya.

Takeuchi Ryoma dipercaya sebagai karakter utama bernama Shinnosuke Tomari atau Kamen Rider Drive itu sendiri. Ini sekaligus merupakan drama pertamanya. Tomari adalah mantan perwira polisi elit yang dipindahkan ke divisi investigasi khusus karena sebuah insiden.

Divisi khusus tersebut bertugas menyelidiki kejadian-kejadian aneh di kota, terutama peristiwa Density Shift yang terjadi baru-baru ini. Akibat peristiwa itu, orang-orang kesulitan bergerak.

Tomari kemudian dipilih oleh Drive Driver dan Tridoron menjadi Kamen Rider Drive untuk melawan Roidmudes, ras robot yang memerangi manusia untuk mendapatkan sebuah supremacy dan mengambil alih dunia. Tomari tidak sendirian karena dia dibantu oleh Kiriko Shijima dan saudaranya, Go, yang bertransformasi menjadi Kamen Rider Mach.

3. Sumika Sumire

Sumika Sumire

Sumi Kisaragi menghabiskan masa mudanya untuk mengurus perkebunan dan mengelola toko bunga milik keluarga. Dia juga harus merawat sang nenek yang cedera akibat sebuah kecelakaan.

Bukan hanya itu karena Sumi juga mengurus rumah tangga dan setelah neneknya meninggal dia harus merawat kedua orangtua. Hidupnya didedikasikan penuh untuk keluarga.

Kini Sumi sudah berusia 65 tahun dan setelah ibunya meninggal dunia, dia tiba-tiba berpikir untuk mendapatkan kembali masa mudanya sekali lagi. Sumi yang tak pernah punya pacar ingin membuat awal yang baru dalam hidup.

Suatu hari sebuah keajaiban terjadi ketika Sumi baru saja bangun dari tidurnya. Wanita paruh baya itu berubah, terlihat seperti gadis muda berusia 20 tahun. Walau bingung dengan keajaiban yang terjadi, dia tampak bersemangat dan memperkenalkan dirinya sebagai Sumire.

Sumi kini menjadi mahasiswi dan siap menjalani hidup barunya. Di sini, Takeuchi Ryoma berperan sebagai support role, seorang mahasiswa tingkat dua bernama Kento Tsujii.

4. Black Pean

Black Pean

Seishiro Tokai merupakan seorang dokter bedah di Rumah Sakit Universitas Tojo. Dia terkenal punya teknik yang sangat baik dalam menjahit dan tingkat keberhasilannya dalam mengoperasi pasien mencapai 100%.

Dengan modal prestasi semacam itu, Tokai terkenal sombong sehingga kerap terlibat perselisihan dengan rekan-rekan kerjanya. Saking sombongnya rekan dokter yang lain menyebut dia sebagai "a doctor who saves patients but kills doctors".

Salah satu rekan kerjanya, Saeki, yang merupakan dokter bedah umum sekaligus salah satu ahli bedah jantung terbaik dunia, selalu menggunakan black forceps saat mengoperasi. Pada suatu hari Saeki melakukan operasi yang sulit karena pasiennya mengalami diseksi aorta.

Asisten pertamanya dan seorang residen bernama Masashi Sera (Takeuchi Ryoma), turut menangani pasien tersebut, tetapi kondisinya berubah kritis. Secara tak diduga, Tokai muncul di ruang operasi. Di sisi lain Tokai juga tengah mengungkap dugaan korupsi atas penyediaan alat medis di rumah sakit tempat dia bekerja.

5. Toki wo Kakeru Shoujo

Toki wo Kakeru Shoujo

The Girl Who Leapt Through Time atau Toki o Kakeru Shojo (2016) menjadi drama Takeuchi Ryoma berikutnya yang kami rekomendasikan, terutama jika kamu suka dengan cerita-cerita fantasi yang bermain dengan timeline atau waktu.

Dorama ini bercerita tentang Yoshiyama Mihane, seorang siswi kelas 3 SMA yang mengikuti kegiatan klub foto di sekolahnya. Sehari sebelum liburan musim panas, dia mencium aroma lavender dari arah laboratorium sains.

Secara tiba-tiba, Mihane mendapatkan kemampuan untuk melompati waktu. Hal mengejutkan lainnya datang dari teman sekelas Mihane, Fukamachi Shohei, karena dia mengaku sebagai seorang peneliti yang berasal dari tahun 2122.

Shohei kehilangan obat yang bisa memungkinkannya kembali ke tahun 2122. Dia lantas menghipnotis orang di sekitarnya dan hidup sebagai siswa SMA.

Seiring berjalannya waktu, Mihane dan Shohei saling jatuh cinta. Hingga kemudian Mihane menyadari bahwa kenangan yang selama ini dia kira milik Shohei, ternyata milik Goro (Takeuchi Ryoma) dan Mihane tidak mengenali Shohei.

6. Kimi to Sekai ga Owaru Hi ni

Kimi to Sekai ga Owaru Hi ni

Dalam dorama Kimi to Sekai ga Owaru Hi ni atau Love You as the World Ends (2021), Takeuchi Ryoma berperan sebagai karakter utama bernama Hibiki Mamiya. Dia adalah seorang pemuda berhati tulus yang punya kepribadian menyenangkan.

Mamiya bekerja sebagai montir mobil dan tinggal bersama kekasihnya, Kurumi Ogasawara. Mamiya dan Ogasawara sudah berpacaran sejak SMA. Sekian tahun menjalin hubungan, Mamiya berencana melamar kekasihnya itu.

Tiba pada hari lamaran yang sudah direncanakan, Mamiya secara misterius terjebak dalam sebuah terowongan selama empat hari. Saat dirinya berhasil keluar dia mendapati dunia sudah sangat jauh berbeda.

Dia tidak melihat satu orang pun dan sistem lalu lintas juga hancur berantakan. Semakin mengerikan karena Mamiya menemukan noda darah di jalanan. Dalam keadaan bingung dia hanya berpikir untuk menemukan kekasihnya. Bisakah Mamiya menemukan Ogasawara?

7. Theseus no Fune

Theseus no Fune

Theseus no Fune (2020) adalah drama Takeuchi Ryoma ber-genre mystery fantasy yang dibuat berdasarkan manga series ‘Teseusu no Fune karya Toshiya Higashimoto.

Di sini Ryoma berperan sebagai Shin Tamura, seorang pemuda yang mengalami masa-masa sulit dalam hidup setelah ayahnya ditangkap karena tuduhan pembunuhan. Shin Tamura dan ibunya harus melalui masa paling sulit dalam hidup karena sang kepala keluarga menjadi terdakwa kasus pembunuhan.

Mereka sampai dikecam oleh masyarakat dan hidup dalam persembunyian. Suatu ketika, istri Shin menyarankannya untuk memberi sang ayah kesempatan. Shin pun mengunjunginya di penjara.

Ketika dirinya hendak menuju tempat kejadian perkara, kabut tiba-tiba turun dan Shin kembali ke masa lalu. Pemuda itu menemukan dirinya ada di tahun 1989, tepat sebelum pembunuhan itu terjadi. Di sana dia melihat anggota keluarganya tersenyum hangat dan Shin pun terdorong untuk mengubah masa lalu demi masa depannya.

8. Rikuoh

Rikuoh

Takeuchi Ryoma pernah terlibat dalam satu project yang sama dengan Yamazaki Kento dan Koji Yakusho dalam dorama berjudul Rikuoh (2017). Serial berjumlah 10 episode yang dibuat berdasarkan novel Rukuo karya Jun Ikeido ini bercerita tentang seseorang bernama Koichi Miyazawa.

Koichi adalah CEO perusahaan kecil yang memproduksi tabi atau kaus kaki tradisional Jepang. Bisnisnya ini merupakan bisnis warisan keluarga dan Koichi merupakan generasi keempat yang menjalankannya.

Untuk produksi, Koichi mempekerjakan 20 orang karyawan. Mereka sama-sama berjuang untuk bertahan seiring penurunan permintaan terhadap tabi.

Sebagai pemimpin perusahaan Koichi meluncurkan lini produk baru berupa sepatu lari. Dia pun mengembangkan sepatu buatannya berdasarkan pengetahuannya selama ini dalam membuat tabi.

Di sini, Takecuhi Ryoma berperan sebagai seorang pelari marathon bernama Hiroto Mogi yang mengalami cedera dan kemunduran dalam kariernya.

9. Shitamachi Rocket

Shitamachi Rocket

Tsukuda Kohei pernah bekerja sebagai peneliti di Badan Eksplorasi Kedirgantaraan Jepang. Kini, dia menjalankan pabrik milik keluarga, Tsukuda Industries. Pabrik tersebut masih berskala kecil dan merupakan peninggalan ayahnya.

Dengan pengalamannya, Kohei berhasil mengembangkan Tsukuda Industries. Tapi sayangnya, Kohei terlalu fokus pada impiannya untuk mengembangkan mesin roket. Akibatnya, bisnis pun perlahan mulai mengalami penurunan.

Klien utama dari perusahaan Tsukuda tiba-tiba menyatakan akan berhenti bekerja sama. Tidak hanya itu, Tsukuda Industries juga harus menghadapi gugatan dari perusahaan saingan, Nakashima Industries atas pelanggaran hak paten.

Di tengah situasi yang pelik, salah satu perusahaan terkemuka di Jepang ingin membeli paten milik Tsukada Industries dengan harga 2 Milyar Yen. Lantas, bersediakah Tsukada menjualnya? Di sini, Takeuchi berperan sebagai salah satu pegawai Tsukada bernama Yosuke Tachibana.

10. Roppongi Class

Roppongi Class

Drama Takeuchi Ryoma berikutnya merupakan adaptasi dari webtoon berjudul Itaewon Class karya Jo Gwang Jin. Sebelum diadaptasi ke dalam versi Jepang, webtoon tersebut sudah lebih dulu diadaptasi ke dalam drama Korea berjudul Itaewon Class (2020). Di sini, Takeuchi Ryoma berperan sebagai karakter utama bernama Arata Miyabe.

Arata Miyabe menjalani kehidupan yang menyenangkan bersama sang ayah sebelum sebuah tragedi terjadi. Pelaku yang harus bertanggung jawab atas tragedi tersebut adalah putra dari pemilik restoran waralaba terbesar di Jepang, Nagaya Holdings. Sejak itu kehidupan Miyabe benar-benar berubah.

Pemilik Nagaya Holdings menggunakan kekuasaannya untuk menutupi kejahatan sang putra. Setelah bangkit dari putus asa, Miyabe mulai merencanakan balas dendam.

Dimulai dengan menjalankan sebuah bar bernama Roponggi Nidaime Miyabe, pemuda ini hanya punya satu tujuan hidup: mengalahkan Nagaya Holdings. Mampukah Miyabe melakukannya?

Sepuluh drama Takeuchi Ryoma yang kami rekomendasikan lewat artikel ini tampak memiliki genre yang beragam dengan cerita yang macam-macam. Gimana? Adakah salah satunya merupakan favoritmu? Atau kamu punya jagoan lain dari Takeuchi? Share yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram