logo web

8 Fakta Tomorrow (2022), Angkat Isu Bunuh Diri yang Sensitif

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Bercerita tentang para Malaikat Maut yang bertugas mencegah orang-orang dari bunuh diri, drama Tomorrow (2022) meninggalkan kesan mendalam bagi penonton di Indonesia.

Episode terbarunya selalu ditunggu-tunggu dan menjadi trending. Drama ini menyuguhkan cerita-cerita berbeda untuk setiap episodenya sehingga aman untuk kamu yang cepat bosan.

Dibintangi para bintang terkenal, Tomorrow (2022) juga suguhkan kualitas akting yang baik. Menariknya ia merupakan karya pertama dari sutradara Kim Tae Yoon. Kira-kira apalagi fakta Tomorrow (2022) yang menarik untuk diketahui? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 20 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

1. Diadaptasi dari Webtoon Terkenal

Diadaptasi dari Webtoon Terkenal

Belakangan ini ada banyak judul drama yang diadaptasi dari cerita webtoon. Jika kamu gagal move on dari Tomorrow (2022) ketahuilah fakta bahwa drama ini juga diadaptasi dari webtoon.

Webtoon yang diangkat merupakan karya Ra Ma berjudul Naeil. Web comic tersebut terbit di Naver dari 20 Mei 2017.

Sebagai karya adaptasi, tentunya terdapat beberapa perbedaan antara versi drama dan komik. Sesuai dengan pernyataan sutradara Sung Chi Wook yang ingin membuat perbedaan di antara keduanya. Sung ingin menghadirkan elemen-elemen fantasi sebagai wujud visualisasi dari cerita karya Ra Ma tersebut.

Secara teknis pada versi drama dan webtoon terdapat beberapa improvisasi. Salah satu perbedaan cukup signifikan adalah mengenai gambaran latar belakang keluarga Joon Woong.

Pada versi drama, Joon Woong diceritakan berjuang keras mendapatkan kerja dan hanya hidup bertiga dengan ibu serta adik perempuannya. Pada versi webtoon, Joon Woong justru adalah anak dari keluarga kaya.

2. Suguhkan Cerita Berbeda Tiap Episode

Suguhkan Cerita Berbeda Tiap Episode

Fakta Tomorrow (2022) selanjutnya yaitu drama ini menyuguhkan cerita-cerita berbeda pada tiap episodenya. Dari episode pertama sampai enam belas setidaknya ada lebih dari lima kisah yang ditampilkan.

Masing-masing punya moral value tersendiri dan menghadirkan karakter yang berbeda-beda. Dengan format semacam ini, Tomorrow (2022) tidak akan membuatmu bosan.

Setiap episodenya Tim Manajemen Risiko selalu bertemu target baru untuk diselamatkan. Mereka adalah orang-orang dengan energi negatif sangat tinggi dan berencana untuk bunuh diri.

Menariknya, salah satu episode drama ini menampilkan sosok anjing menggemaskan yang ternyata juga punya keinginan untuk bunuh diri.

3. Cerita-cerita Bikin Banjir Air Mata

Cerita-cerita Bikin Banjir Air Mata

Selalu ada di Top 10 serial Netflix di Indonesia, drama Tomorrow (2022) juga selalu trending. Topik yang dibicarakan tentu saja mengenai cerita setiap target dari Tim Manajemen Risiko.

Faktanya, kisah yang diusung selalu kisah-kisah yang bikin mata banyak penonton banjir. Bagaimana tidak sedih karena target-target yang harus diselamatkan Koo Ryeon dan rekan memiliki jalan hidup yang malang.

Mereka adalah orang-orang putus asa yang ingin bunuh diri karena tak tahan dengan keadaan. Isu-isu yang diceritakan pun semuanya sangat sensitif.

Sebanyak 16 episode beberapa isu sensitif dan triggering yang diangkat oleh drama ini antara lain bullying, raped and sexual harassment dan eating disorder.

Selain itu Tomorrow (2022) juga  mengejutkan karena mengangkat isu perbudakan seks zaman Jepang atau yang dikenal dengan istilah Jugun Ianfu.

4. Angkat Isu Bunuh Diri

Angkat Isu Bunuh Diri

Fakta Tomorrow (2022) selanjutnya adalah drama ini membawa fenomena bunuh diri di Korea Selatan secara lugas dan berani. Sebagai negara dengan angka bunuh diri tertinggi sejak 2003, isu ini tentu sangat sensitif.

Namun, cerita yang sensitif ini berhasil dikemas dengan menyentuh dan penuh makna. Orang-orang yang digambarkan memiliki keinginan bunuh diri dalam drama ini adalah mereka yang tertekan dan putus asa.

Dengan pengambilan sudut pandang cerita orang pertama kita diajak memahami posisi dan kondisi mereka, sehingga alih-alih menyudutkan kita akan berbalik simpati dan ikut sedih.

5. Totalitas Kim Hee Seon Sampai Mewarnai Rambut

Totalitas Kim Hee Seon Sampai Mewarnai Rambut

Menjadi seorang aktris dengan pengalaman segudang, Kim Hee Seon tentu ingin memberikan penampilan terbaiknya pada setiap kesempatan.

Penampilan terbaik yang dimaksud tentu saja sekaligus bicara soal totalitas. Berperan sebagai Koo Ryeol, Kepala Tim Manajemen Risiko, ada hal yang harus dilakukan Kim Hee Seon selain berlakon.

Untuk menunjang karakternya agar sesuai dengan gambaran pada webtoon, Kim Hee Seon mewarnai rambutnya dengan warna pink. Dia tidak khawatir dengan kondisi kulit kepalanya yang harus terkena zat-zat kimia pada proses bleaching.

Kim Hee Seon sendiri mengaku bahwa ini adalah hal paling berani yang pernah dia lakukan selama berakting. Menariknya demi menjaga warna rambut agar tetap terjaga, Kim Hee Seon mewarnainya ulang setiap empat hari sekali.

Demi menghidupkan karakter yang dibutuhkan, pengorbanan seperti yang dilakukan Kim Hee Seon sudah seperti tuntutan yang jadi kewajiban.

6. Idol K-Pop Jadi Cameo

Idol K-Pop Jadi Cameo

Fakta Tomorrow (2022) selanjutnya adalah drama ini sempat menghadirkan salah satu idol K-Pop pada salah satu episodenya. Idol yang dimaksud adalah personal WINNER, Kang Seung Yoon.

Kang Seung Yoon muncul pada episode lima sebagai seorang musisi jalanan yang merasa membawa sial terhadap kehidupan orang lain.

Kang Seung Yoon sebagai Kang Woo Jin diceritakan sebagai sosok lelaki yang malang. Sejak kecil dia sudah kehilangan kedua orangtuanya dalam sebuah kecelakaan.

Beranjak remaja, Kang Woo Jin kembali kehilangan keluarga sang paman yang mengasuhnya. Tumbuh dewasa, Kang Woo Jin lagi-lagi harus kehilangan orang tersayang. Kali ini adalah kekasih yang dicintainya.

Dengan kehilangan yang bertubi-tubi, Kang Woo Jin merasa jadi membawa sial. Dia lalu menyalahkan diri sendiri dan berkeinginan untuk mati.

Sebagai seorang idol, penampilan Kang Seung Yoon patut diapresiasi. Dia sangat luwes berakting dan sukses menyampaikan emosinya yang kelam.

7. Drama Pertama Sutradara Kim Tae Yoon

Drama Pertama Sutradara Kim Tae Yoon

Setidaknya ada dua sutradara yang menggarap drama Tomorrow (2022), yaitu Kim Tae Yoon dan Sung Chi Wook. Khusus Kim Tae Yoon ini merupakan pengalaman pertama baginya menggarap sebuah serial.

Kim Tae Yoon tidak punya pengalaman menyutradarai sebuah drama sebelumnya karena selama ini dia sibuk dengan film.

Sejak debut sebagai sutradara di tahun 2006, Kim Tae Yoon setidaknya sudah melahirkan empat judul film, antara lain A Cruel Attendance (2006), Another Family (2014), New Trial (2017) dan Mr. Zoo: The Missing VIP (2020).

Selain menjadi sutradara Kim rupanya juga seorang screenwriter untuk film-filmnya; dan Tomorrow (2022) adalah karya serial pertamanya.

8. Dibintangi Aktor-Aktris Ternama

Dibintangi Aktor-Aktris Ternama

Fakta Tomorrow (2022) selanjutnya adalah drama ini dibintangi oleh para aktor dan aktris ternama. Nama-nama yang dipasang sebagai pemeran utamanya antara lain Kim Hee Seon, Rowoon, Lee Soo Hyuk, Yun Ji On dan Kim Hae Sook.

Mereka adalah para pelakon dengan segudang pengalaman akting. Masing-masing sudah menorehkan namanya menjadi bagian kesuksesan beberapa drama.

Kim Hee Seon sendiri diketahui sudah aktif berakting sejak 1992 lalu. Drama yang sukses dia bawakan antara lain Faith (2012), Angry Mom (2015), The Lady in Dignity (2017), dan Alice (2020).

Rowoon tidak kalah sukses dengan berbagai drama yang pernah dia mainkan, seperti School 2017 (2017), Extraordinary You (2019), She Would Never Know (2021) dan The King’s Affection (2021).

Begitu pula dengan Lee Soo Hyuk yang walau selalu berposisi sebagai pemeran pendukung, kemunculannya tak pernah gagal menarik perhatian. Sebut saja penampilannya dalam drama Doom at Your Service (2021).

Kesuksesan drama Tomorrow (2022), khususnya di Indonesia, membuat fakta-fakta tentang drama ini jadi suguhan menarik. Terutama jika kamu masih gagal move on dari dramanya sendiri. Dari beberapa fakta di atas, mana yang sekiranya baru kamu tahu?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram