logo web

12 Film Animasi Terbaru yang Tayang di Tahun 2024

Ditulis oleh Sera Serinda A

Kejayaan film animasi tak pernah usai. Grafis yang disajikan dalam film-film ini selalu berhasil membuat para penontonnya terpukau. Kini, bahkan banyak film animasi gabungan (antara karakter manusia dan karakter fiksi) yang ceritanya mulai sedikit diubah agar bisa diterima oleh penonton dewasa, dan tetap mudah dimengerti oleh anak-anak.

Bila kamu berencana untuk menghabiskan akhir pekan dengan menonton film animasi bersama keluarga dan orang tersayang, Showpoiler sudah kumpulkan deretan film terbaru yang layak ditonton. Ada film apa saja? Untuk tahu jawabannya, baca daftarnya berikut ini!

Dalam seri ke empat franchise Despicable Me ini Gru menikmati momen bahagia bersama keluarganya sebagai seorang ayah. Dengan kehadiran putranya, Gru Jr, kehidupan mereka menjadi lebih ramai. Sebagai orang tua baru, ia dan Lucy menghadapi tantangan dalam membesarkan anak, namun ancaman baru mulai mengintai keluarga kecilnya itu.

Maxime Le Mal dan rekannya, Valentina, yang ingin balas dendam setelah melarikan diri dari penjara, kini mengincar Gru dan keluarganya. Untuk menjaga keamanan, Gru dan keluarganya pun terpaksa harus pindah ke lingkungan baru di bawah program perlindungan pemerintah.

Dalam perjalanan ini, mereka bertemu dengan tetangga baru, keluarga Prescott, dat putri mereka Poppy. Meski awalnya diliputi kesalahpahaman, Guru dan para minions akhirnya beraliansi dengan Poppy dalam menghadapi Maxime Le Mal.

Ada yang unik di film animasi Ultraman yang dirilis Netflix pada tahun 2024 ini, di mana protagonis utama kita, Ken Sato, malah terpaksa menjadi seorang ayah bagi seekor bayi Kaijuu. Kok bisa?

Semuanya bermula ketika Ken harus kembali ke kampung halamannya, Jepang, karena direkrut oleh sebuah tim bisbol yang tengah terpuruk. kepulangannya ini juga merupakan keinginan sang ayah yang ingin Ken menggantikan perannya sebagai Ultraman di Jepang.

Ken pun mengerjakan tugas gandanya sebagai pemain bisbol terkenal juga sebagai Ultraman. Sampai suatu saat, ketika ia tengah mendisiplinkan seekor Kaijuu Gigatron yang mengganggu kedamaian kota, Ken malah berakhir menyelamatkan telur dari Gigatron betina tersebut. Tak lama, telur itu pun menetas, mengeluarkan seekor bayi Kaijuu.

Karena Gigatron tengah diincar KDF (Kaijuu Defence Force), Ken terpaksa membawa kabur bayi Kaijuu dan merawatnya sebelum mengembalikannya ke pulau Kaijuu yang entah ada di mana. Kini, tugas Ken bertambah lagi, selain menjadi Ultraman dan pemain bisbol profesional, ia juga harus menjadi ayah dari bayi Kaijuu itu.

3. The Day the Earth Blew Up: A Looney Tunes Movie

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Eric Bauza Eric Bauza
Selengkapnya →

Duo kocak dari dunia Looney Tunes, Porky Pig dan Daffy Duck, akan berpetualang dalam film komedi fiksi ilmiah berjudul The Day the Earth Blew Up: A Looney Tunes Movie. Ini adalah film animasi Looney Tunes pertama yang dirilis di bioskop, lho! Penggemar Looney Tunes seharusnya tak melewatkannya.

Kisahnya sendiri adalah tentang Porky dan Daffy yang mendadak harus jadi pahlawan karena Bumi berada dalam bahaya ketika alien menginvasi. Alien ini mengambil alih pikiran makhluk Bumi dan mengontrol mereka.

Porky dan Daffy terpaksa menjadi pahlawan demi menghentikan serangan alien ini. Cara-cara yang mereka gunakan pun sangat unik dan juga jenaka. Pastinya akan menghibur para penonton.

Apa yang biasanya dirasakan ketika seseorang menginjak fase hidup baru? Yup, Emosi baru! Inilah yang menjadi fondasi kisah dalam film kedua animasi yang sangat populer, Inside Out. Masih berfokus pada kisah para emosi yang ada di dalam kepala Riley, gadis itu kini menginjak umur 13 tahun.

Riley diceritakan bergabung dengan sebuah klub hoki es di sekolah menengahnya. Namun, pengalaman pertama ini membuat banyak emosi baru bermunculan dalam dirinya. Emosi-emosi baru ini pun benar-benar datang ke Headquarters dan menyambut para emosi lama (Joy, Sadness, Disgust, Anger, dan Fear) yang mengontrol emosi Riley di sana.

Bisa tebak emosi apa saja yang datang? Ada Anxiety (rasa cemas), Embarrassment (rasa malu), dan Envy (rasa iri) dan Ennui (rasa bosan). Kedatangan mereka lantas menimbulkan konflik karena belum selaras dengan koordinasi para emosi lama. Akibatnya tiga emosi baru itu berusaha mengambil alih kendali dengan mengurung bahkan mengeluarkan para emosi lama dari Headquarters.

Para geng emosi lama, yang tahu bahwa Riley juga membutuhkan mereka untuk mengatur perasannya, terpaksa melakukan perjalanan panjang demi bisa kembali ke Headquarters.

5. The Garfield Movie

Tahun Rilis 2024
Genre , , , ,
Sutradara
Pemeran Chris Pratt Samuel L. Jackson
Selengkapnya →

Figur kucing gembul yang menggemaskan dan pemalas ini memang sudah dikenal lama sejak kehadirannya di film live action Garfield yang tayang tahun 2004. Di tahun 2024, kisah si kucing oren ini kembali dihadirkan dalam format full animation film. Plotnya adalah tentang petualangan Garfield yang berusaha menjadi pencuri di sebuah peternakan.

Awalnya Garfield hidup bersama temannya, Odie si anjing beagle, dan pemiliknya, Jon Arbuckle. Namun, suatu malam, Garfield dan Odie tiba-tiba diculik oleh dua anjing bernama Roland dan Nolan. Mereka lalu dibawa ke sebuah mal tua dan ditahan di sana.

Beruntungnya, ayah biologis Garfield, Vic, muncul tepat waktu dan berusaha menyelamatkan mereka. Namun, bos Roland dan Nolan, Jinx, juga datang di saat bersamaan.

Jinx sendiri merupakan seekor kucing besar, ia kemudian menawarkan kesepakatan pada Vic: mereka harus mencuri susu dari Peternakan Laktosa jika ingin dibebaskan dari penculikan. Walau awalnya ogah-ogahan, akhirnya Garfield, Odie, dan Vic setuju dengan tawaran itu dan memulai rencana pencurian mereka.

6. Woody Woodpecker Goes to Camp

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Eric Bauza Kevin Michael Richardson Tom Kenny
Selengkapnya →

Masih ingat dengan karakter Woody Woodpecker yang sudah eksis dari tahun 1940? Burung pelatuk ini selalu punya tempat di hati banyak orang karena tingkahnya yang jenaka. Di tahun 2017, rumah produksi Universal Animation Studios berhasil membawa karakter Woody menjadi lebih hidup. Melanjutkan kisah serunya, Universal kembali membuat sekuelnya.

Berjudul Woody Woodpecker Goes to Camp, film komedi live-action ini akan membawa kita pada kisah Woody (Eric Bauza) yang mencoba untuk menebus kesalahannya dalam film sebelumnya. Ia dianggap tidak bisa bekerja sama dalam tim dan ceroboh. Woody pun berniat untuk berubah, namun usahanya itu diganggu oleh seorang narapidana yang kabur.

Narapidana itu, Buzz (Kevin Michael Richardson), menyamar menjadi seorang koki untuk merampok harta karun. Saat Woody mencoba untuk menghentikan rencana Buzz, ia dijebak dan membuat teman-teman dalam timnya semakin kecewa. Tidak tinggal diam, Woody pun segera menghancurkan rencana Buzz dan membersihkan namanya kembali.

Kalau kamu suka menonton animasi yang tayang di kanal Nickelodeon pasti sudah tak asing dengan serial The Casagrandes yang menceritakan tentang petualangan Ronnie Anne dan keluarganya di Green Lakes City. Nah, film ini akan menampilkan petualangan terakhir Ronnie Anne yang harus berhadapan dengan seorang demigod ketika ia sedang berlibur dengan keluarganya ke Meksiko.

Di ulang tahunnya yang ke-12 Ronnie Anne sangat bersemangat karena berencana untuk menghabiskan waktu dengan bermain skateboard bersama sahabatnya, Sid. Namun, rencananya gagal ketika ibunya, Maria, memberinya kejutan dengan mengatur perjalanan keluarga ke Meksiko untuk mengunjungi nenek mereka.

Ronnie Anne yang kesal karena tak jadi bisa menghabiskan waktu dengan Sid pun berusaha untuk tetap bermain skateboard di sana. Ia pun senang bukan main ketika menemukan sebuah gunung yang bentuknya mirip dengan half-pipe. Tapi Ronnie Anne tak sadar bahwa menurut legenda, gunung tersebut merupakan seorang demigod bernama Punguari yang dikutuk.

Ketika Ronnie Anne kembali ke gunung tersebut untuk bermain, tanpa sengaja ia pun membangunkan Punguari. Celakanya, Punguari yang terbangun langsung tantrum dan mengeluarkan berbagai macam monster dari dalam dirinya yang kemudian menyerang Meksiko. Sekarang, tugas Ronnie Anne adalah menangkap Punguari dan mengatasi kekacauan yang terjadi.

8. Kung Fu Panda 4

Tahun Rilis 2024
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Jack Black Awkwafina
Selengkapnya →

Rindu dengan aksi Po, si Panda yang jago kung fu? Kabar baiknya, ia kembali dalam petualangan terbarunya! Kali ini, ia bukan hanya seorang pendekar, tetapi juga Pemimpin Spiritual di Lembah Damai.

Misi barunya? Mencari dan melatih penerus sebagai Pendekar Naga. Tapi, tugasnya ini tidak mudah. Po harus menghadapi penyihir jahat bernama Chameleon yang ingin membangkitkan kembali semua penjahat yang pernah dia kalahkan, termasuk Tai Lung.

Beruntungnya, Po tidak sendirian. Dia dibantu oleh Zhen, seekor bandit rubah yang lincah dan cerdik. Bersama-sama, mereka melakukan penjelajahan untuk mengalahkan The Chameleon.

Selain menjadi feature film ke-46 dari Dreamworks Animation, film ke-4 ini menjadi sekuel pertama Kung Fu Panda yang tidak digarap oleh Jennifer Yuh Nelson. Meski berbeda sutradara, semoga kisah petualangan Po tetap seru dan kocak seperti film-film pendahulunya, ya!

9. Megamind vs Doom Syndicate

Tahun Rilis 2024
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Keith Ferguson
Selengkapnya →

Megamind vs Doom Syndicate sebenarnya merupakan pilot dari serial Megamind Rules! sekaligus menjadi sekuel dari film Megamind sebelumnya. Dan sesuai judulnya, di film ini si penjahat-jadi-pahlawan super ini akan menghadapi tim penjahatnya yang dulu, The Doom Syndicate.

Ketika The Doom Syndicate bebas dari penjara, mereka langsung mendatangi Megamind karena mengira ia masih seorang penjahat. Mereka percaya bahwa aksi heroismenya hanyalah sebuah topeng untuk rencana yang lebih besar. Kelompok itu pun langsung menantang ‘kesetiaan’ Megamind sebagai penjahat dengan merampok bank.

Hal ini tentu terpaksa dilakukan Megamind meski sebenarnya ia tak mau. Untuk meyakinkan Syndicate, Megamind juga berpura-pura membocorkan rencana lamanya yang ingin melontarkan Metro City ke Bulan dengan roket. Syndicate, tentu senang dengan rencana ini namun perlahan merasa tertipu ketika Megamind terus mengulur waktu.

Saat mereka di titik sudah tak percaya dengan mantan rekan itu, Syndicate pun bersumpah untuk mengeksekusi rencana itu sendirian. Di sinilah Megamind sadar bahwa ia butuh bantuan lebih untuk mengatasi mantan timnya tersebut.

10. Orion and the Dark

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Jacob Tremblay Paul Walter Hauser
Selengkapnya →

Meski merupakan debut penyutradaraan film layar lebar pertamanya, studio animasi DreamWorks percaya dengan kemampuan Sean Charmatz dalam mengadaptasi kisah buku anak-anak karya Emma Yarlett berjudul Orion and the Dark. Buktinya, kehadiran film ini langsung mendapatkan banyak pujian dan kritik positif dari para penonton.

Film ini siap menghangatkan waktu q-time bersama keluarga dengan kisah yang menarik tentang cara menghadapi ketakutan. Dikisahkan seorang anak lelaki bernama Orion selalu parnoan pada hal-hal seperti anjing, badut, laut, sinyal ponsel dan masih banyak lagi. Tapi hal yang paling membuat nyali Orion ciut adalah kegelapan.

Ketika suatu malam terjadi pemadaman listrik, Orion panik tiada henti. Ia langsung protes tak karuan menyalahkan kegelapan. Anehnya, di saat bersamaan, sebuah makhluk aneh yang disebut “Dark” muncul.

Rupaya Dark adalah perwujudan kegelapan yang kesal dengan keluhan Orion. Dark pun menawarkan bantuan pada Orion untuk mengatasi ketakutannya dengan menjelajahi dunia malam yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

11. The Tiger's Apprentice

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Henry Golding Brandon Soo Hoo Lucy Liu Sandra Oh Michelle Yeoh
Selengkapnya →

Tom tinggal bersama neneknya di Chinatown San Francisco. Awalnya, Tom tidak tertarik dengan kehidupan sang nenek, bahkan ia kesal karena mendapatkan rundungan di sekolah karena tinggal di rumah bergaya Tiongkok. Namun, segalanya berubah ketika ia menemukan bahwa neneknya adalah seorang penjaga telur phoenix.

Saat neneknya meninggal dalam perkelahian dengan roh jahat yang disebut yaoguai, Tom menggantikan posisi neneknya sebagai penjaga telur itu. Ia pun belajar sihir dari seorang pria bernama Tuan Hu yang bisa berubah menjadi seekor harimau. Tuan Hu ternyata merupakan anggota Zodiac Warriors, makhluk yang dapat berubah menjadi hewan berdasarkan zodiak Cina.

Musuh terbesar para Zodiac Warriors ini adalah Loo, seorang penyihir yang mengendalikan yaoguai. Loo ingin merebut telur phoenix untuk rencana jahatnya. Karenanya, Tom dan Zodiac Warriors berusaha menghentikan usaha Loo.

Cerita film ini diangkat dari novel karya Laurence Yep pada tahun 2003. Pada akhir tahun 2000-an, Cartoon Network berencana untuk membuat film berdasarkan novel tersebut dengan menggunakan aktor nyata dan animasi komputer, namun rencana itu tak pernah terwujud. Sampai akhirnya Paramount berhasil mendapatkan hak untuk membuat film animasinya pada Maret 2019.

12. Justice League: Crisis on Infinite Earths – Part One

Tahun Rilis 2024
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Matt Bomer Jensen Ackles Darren Criss Meg Donnelly Stana Katic Jimmi Simpson
Selengkapnya →

Film ini diadaptasi dari storyline DC Comics, Crisis on Infinite Earths yang dibuat oleh Marv Wolfman dan diilustrasikan oleh George Pérez. Di sini, para pahlawan super DC akan bersatu untuk melawan gangguan alien yang berusaha menghancurkan berbagai realitas di seluruh DC Multiverse.

Alien bernama The Monitor mengumpulkan para pahlawan dari berbagai alam semesta untuk mencegah bencana besar. Pasalnya mereka harus menghadapi Anti-Monitor, versi jahat dari The Monitor, yang berusaha menghancurkan Bumi di semua dimensi.

Karena punya kemampuan untuk melakukan perjalanan melintasi waktu dan dimensi, si pahlawan yang larinya super cepat, The Flash, memainkan peran penting dalam cerita ini. Ia berusaha mencari cara untuk menyelamatkan semua realitas dibantu oleh para pahlawan lainnya seperti Batman, Wonder Woman, Supergirl, Superman, dan Green Arrow.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram