logo web

9 Film Terbaik Dean Fujioka, Aktor Jepang Multitalenta

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Dean Fujioka merupakan aktor, penyanyi, penulis lagu, model dan sutradara asal Jepang. Dean memulai karir di dunia hiburan dari panggung model.

Sejak 2004 dia sudah bekerjasama dengan berbagai merek-merek desainer lokal atau internasional. Dua tahun kemudian, Dean mencoba peruntungan di dunia akting dan dia pun muncul di sebuah serial televisi.

Tak puas hanya di televisi, Dean merambah ke industri film. Film pertamanya, August Story (2007) langsung menarik perhatian publik ketika diputar di festival film di Hong Kong, Jepang, dan Taiwan. Hingga akhirnya dia terlibat dalam film Fullmetal Alchemist yang semakin melambungkan namanya.

Penasaran dengan karya-karyanya? Kami pilihkan sembilan film Dean Fujioka berikut ini!

1. Fullmetal Alchemist 

dean fujioka_Fullmetal Alchemist 1_

Kakak beradik Edward Elric atau Ed dan Alphonse atau Al, berusaha menghidupkan ibunya, Trisha, yang meninggal secara mendadak menggunakan teknik terlarang di dalam ilmu alchemy.

Setelah menyiapkan apa pun yang diperlukan, Ed dan Al membuat lingkaran transmutasi lalu membaca mantra agar Trisha bisa hidup kembali. Sial, rencana mereka gagal sehingga Ed harus kehilangan salah satu kakinya.

Nasib Al lebih mengenaskan karena dia kehilangan seluruh tubuhnya. Ed kemudian mengorbankan tangan kanannya agar jiwa sang adik tetap selamat. Dia lalu menempatkan jiwa Al pada sebuah jubah.

Ed sendiri menerima kaki dan tangan palsu yang terbuat dari metal, yang dibuat oleh Winry. Keduanya kemudian memulai perjalanan baru untuk mencari philosopher stone. Batu bertuah tersebut dapat mengembalikan tubuh mereka seperti semula.

Setelah berhasil mendapatkannya dari seorang pendeta bernama Cornello, kakak beradik itu kedatangan Roy Mustang (Dean Fujioka) bersama pasukannya. Namun, tanpa diduga Roy Mustang justru menghancurkan batu ajaib yang sudah ada di tangan Ed karena rupanya batu itu palsu. 

2. Fullmetal Alchemist 2: Revenge Scar

film dean fujioka_Fullmetal Alchemist 2 Revenge Scar_

Dean Fujioka masih berpartisipasi dalam film Fullmetal Alchemist 2: Revenge Scar (2022) sebagai Roy Mustang. Dia merupakan ahli kimia yang juga menjabat sebagai komandan militer. Roy berambisi menjadi presiden agar bisa mengubah sistem di negaranya saat ini.

Melanjutkan film pertama, Ed dan Al meneruskan perjalanan mereka untuk menemukan kembali tubuh yang hilang. Dalam keadaan rentan, mereka harus menghadapi serangkaian pembunuhan yang menargetkan para alchemist. Identitas pastinya tidak diketahui tetapi dia dipanggil Scar.

Ciri yang mudah dikenali darinya adalah luka terbuka berbentuk salib yang ada di bagian dahi. Scar rupanya pembunuh berantai yang merupakan seorang buronan sekaligus anti-alchemist.

Keluarga Scar serta seluruh rakyat Suku Ishva dibunuh oleh Negara Amestris. Oleh karena itu, Scar berusaha membalas dendam pada para alchemist.

Untuk menghadapi Scar, Ed dan Al perlu tenaga ekstra pasalnya sosok itu sangat kuat sampai-sampai dapat menghancurkan baju besi mekanik atau automail. Bisakah Ed dan Al menghadapinya?

Baca juga: 11 Pemeran Fullmetal Alchemist: The Revenge of Scar (2022)

3. Fullmetal Alchemist 3: Final Transmutation

dean fujioka_Fullmetal Alchemist 3 Final Transmutation_

Pada film Fullmetal Alchemist 3: Final Transmutation (2022), kamu akan melihat Roy Mustang (Dean Fujioka) menjadi lebih ambisius menjadi pemimpin Negara Ametris.

Mustang yang terkenal karena ketenangannya, memperlihatkan sisi lain ketika melawan Envy. Emosi-emosi yang selama ini dia pendam, ditampilkan. Sayang, pada film kali ini, Roy harus kehilangan penglihatannya.

Film dimulai dengan pembahasan identitas ayah Ed dan El, Van Hohenheim, yang penuh rahasia. Setelah pertarungan antara Ed dan Ling Yao, Envy kembali ke bentuk aslinya, sementara Ed menemukan jalan keluar. Al sendiri menemani Gluttony menemui ayahnya untuk membawa kembali Al, Ling dan Envy. 

Di sisi lain, Mustang mempersiapkan kudeta dan mencoba mencari tahu apakah ada jenderal yang menentang Homunculi; lalu mengetahui bahwa Bradley adalah seorang Homunculi.

Ed, Ling dan Envy akhirnya melarikan diri dari portal, sedangkan Gluttony dan Ling berbagi tubuhnya dengan Greed. Berkat bantuan Greed, mereka bertemu lagi dengan Scar.

Dengan persiapan yang ada, mereka mengetahui bahwa militer telah mempersiapkan the Promised Day dan bahwa Bradley membantu ayahnya.

Kelompok tersebut kemudian melancarkan serangan untuk mengalahkan militer dan Raja Bradley. Sementara Hohenheim membantu mereka mengalahkah Father dengan bantuan 500 ribu jiwa yang ada di dalam Resurrection Stone miliknya.

4. Kids on the Slope 

dean fujioka_Kids on the Slope_

Film ini bercerita tentang Nishimi Kaoru yang harus pindah ke kota kecil, Sasebo, setelah kematian ayahnya. Sebagai siswa pindahan, Kaoru juga tidak suka bergaul.

Satu-satunya kegiatan yang menyenangkan bagi Kaoru adalah bermain piano. Kaoru kemudian berkenalan dan jatuh cinta pada teman sekelasnya, Mukae Ritsuko. 

Saat berkenalan, Kaoru merasa sesak dan pergi ke atap sekolah lalu menemukan seorang anak lelaki di sana. Dia adalah Kawabuchi Sentaro. Sejak itu hubungan mereka sulit akur.

Satu ketika, Ritsuko mengajak Kaoru berkunjung ke rumahnya sekaligus mengunjungi sebuah ruang rahasia. Ruang tersebut rupanya tempat bagi ayah Ritsuko dan timnya bermain musik jazz. 

Hal yang mengejutkan adalah Sentaro juga ada di sana karena dia merupakan anggota tim yang pandai bermain drum. Walau gengsi, Kaoru mengagumi kemampuan Sentaro; dan Ritsuko ingin mereka berteman.

Dalam film ini, Dean Fujioka berperan sebagai Katsuragi Junichi. Dia adalah bagian dari anggota tim bermusik ayah Ritsuki sekaligus idola Kaoru yang sangat dia hormati.

5. Hit Me Anyone One More Time

dean fujioka_Hit Me Anyone One More Time_

Seorang pria paruh baya, Keisuke Kuroda, terbangun di sebuah rumah sakit dalam keadaan tidak mengingat apa pun, termasuk identitas dirinya sendiri. Kuroda mencoba menyelinap untuk kabur dari rumah sakit tapi terkejut dengan berita di televisi.

Berita tersebut memperlihatkan bahwa dia adalah Perdana Menteri Jepang dengan tingkat dukungan terendah dalam sejarah Jepang.

Beberapa waktu lalu saat dirinya berpidato, Kuroda mendapat lemparan batu oleh seseorang di kepalanya hingga menyebabkan luka serius. Luka itulah yang membuatnya hilang ingatan. Kuroda kemudian dibawa pulang ke rumah dinas perdana menteri oleh para bawahannya. 

Menariknya tidak ada satu pun yang tahu bahwa Kuroda hilang ingatan, termasuk istrinya, Satoko, kecuali tiga orang sekretarisnya. Salah satu dari tiga sekretaris Kuroda adalah Isaka (Dean Fujioka). Dengan situasi semacam itu, Kuroda kembali menjalankan negara dan membuat perubahan dalam keadaan hilang ingatan. 

6. Recall 

dean fujioka_Recall_

Dean Fujioka sebagai Sawada Yuta adalah Manager of the Customer Strategy Section of Hope Motors, sebuah perusahaan automobile yang cukup besar. Dia diminta oleh presiden perusahaan, Tokuro Akamatsu, untuk menyelidiki kembali dan menangani sebuah insiden yang dicurigai terjadi akibat perawatan yang buruk.

Di saat bersamaan, Izaki Kazuaki dari Divisi Penjualan Cabang Utama Hope Bank memiliki keraguan atas rencana manajemen perusahaan grupnya, Hope Motors. Atas dasar itu dia pun memulai penyelidikan secara mandiri.

Keduanya lantas menemukan kebenaran tentang “hidden recall” yang dilakukan perusahaannya. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan terkait insiden yang terjadi baru-baru ini.

7. Summer's Tail

dean fujioka_Summer's Tail_

Yvette Chang dengan sifat lemah lembutnya adalah penyanyi yang sangat populer di kalangan siswa. Dia juga gadis kesayangan ibunya.

Suatu hari, Yvette pingsan karena terlalu memaksakan diri untuk tampil di konser sekolah. Dia pun segera dibawa ke ruang perawatan sekolah dan saat terbangun Yvette mendapati sahabatnya, Wendy, berada di sisinya. 

Dua siswi itu kemudian melihat Jimmy datang dalam keadaan tangan berlumuran darah. Jimmy tidak sendiri karena ada Miss Xiu yang datang bersamaan dan langsung merawat tangannya.

Belakangan diketahui luka tersebut rupanya disebabkan karena Jimmy mengamuk dan memukul kaca jendela. Pasalnya, Miss Xiu harus segera mengakhiri perselingkuhan mereka. Jika tidak, dia dapat kehilangan pekerjaan.

Miss Xiu siap melanjutkan hidup, tetapi Jimmy sangat emosional. Perasaan kalut Jimmy membuatnya tidak menyadari keberadaan Wendy yang telah lama menyukainya. Namun, diam-diam Wendy juga menyukai Akira (Dean Fujioka). Akira adalah siswa pertukaran pelajar yang terobsesi dengan sepak bola.

8. The Man From the Sea

film dean fujioka_The Man From the Sea_

Film Dean Fujioka berjudul The Man From the Sea (2018) dibuat untuk menandai 60 tahun kerjasama Indonesia dan Jepang. Sang sutradara, Koji Fukada, menjadikan peristiwa tsunami Aceh sebagai latar belakang peristiwanya.

Semua bermula ketika Koji mengunjungi Aceh di tahun 2011 lalu dan tertarik untuk membuat film tentang bencana tersebut.

Dalam film ini, Dean Fujioka juga beradu akting dengan Adipati Dolken. Ceritanya dimulai ketika seorang pria bernama Rau, yang diperankan Dean, terdampar di pesisir Pantai Aceh dan mengalami hilang ingatan.

Warga sekitar memberinya nama Laut karena Rau tak kunjungi bicara apa pun. Keberadaan Laut menarik perhatian Ilma dan Kris yang ngebet menjadikannya sebagai bahan berita.

Takako, seorang aktivis NGO kemudian mengunjungi Laut bersama Ilma dan Kris. Sembari menunggu Laut buka mulut, mereka tertegun melihat keahlian pria tersebut dalam melakukan banyak hal yang ajaib, seperti menyembuhkan anak yang sakit atau membentuk bola air di udara.

Masalah mulai muncul ketika seorang wartawan senior dari Jakarta tertarik pula untuk meliputnya.

9. The Hound of the Baskervilles: Sherlock the Movie

The Hound of the Baskervilles Sherlock the Movie_dean fujioka_

The Hound of the Baskervilles: Sherlock the Movie (2022) merupakan hasil adaptasi cerita dari novel The Hound of the Baskervilles karya Arthur Conan Doyle. Dalam film ini, kamu akan melihat Fujioka berakting sebagai konsultan kejahatan bernama Homare Shishio.

Menariknya, selama ini Homare sudah dikira meninggal dunia. Namun, setelah tiga tahun lamanya, dia muncul kembali dan bertemu dengan mantan psikiaternya, Wakamiya Junichi.

Kemunculan Homare adalah untuk menyelidiki penculikan putri dari seorang pengusaha kaya raya. Sayang, tak lama dari sana, pengusaha tersebut meninggal dunia. Mau bagaimana pun Homare dan Junichi harus melanjutkan penyelidikan.

Keduanya lantas tiba di sebuah pulau aneh di yang terletak di Seto Inland Sea. Di sana keduanya bertemu dengan rekan sekaligus anggota keluarga dari pengusaha yang menyewa mereka.

Situasi bertambah menegangkan ketika mereka mendengar bahwa di pulau itu terdapat seekor anjing ganas yang menyerang manusia.

Bagi penonton atau penggemar drama dan film Jepang, Dean Fujioka adalah salah satu aktor andal yang karya-karyanya selalu ditunggu. Dengan penampilan menawan dan akting meyakinkan, Dean masih terus aktif dan produktif sampai saat ini, termasuk dalam bermain sebuah film.

Menurutmu, di antara sembilan judul di atas, mana film yang memperlihatkan penampilan terbaik dari Dean Fujioka? Jawab di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram