logo web

10 Film Terbaik Ferry Salim yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Ditulis oleh Siti Hasanah

Ferry Salim adalah aktor yang memulai kariernya di bidang modeling. Sebelum ia terjun ke industri perfilman, ia pernah membintangi sinetron dengan judul Kembang Setaman.

Ia memulai debutnya di dunia film saat bermain sebagai Tan Peng Lian dalam film Ca Bau Kan. Film ini menghantarkannya untuk dinominasikan sebagai aktor terbaik pada ajang Festival Film Asia Pasifik.

Selain dari Film Ca Bau Ka, Ferry Salim telah membintangi banyak film layar lebar lainnya. Ada banyak film dengan beragam genre yang dibintangi oleh Ferry Salim yang asyik untuk kamu tonton. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa film yang dibintangi oleh Ferry Salim yang dapat kamu tonton.

1. A Man Called Ahok

film ferry salim-1_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Biografi, Drama
  • Produksi: The United Team of Art, Oreima Films, 700 Pictures 
  • Sutradara: Putrama tuta
  • Pemeran: Daniel Mananta, Kin Wah Chew, Eric Febrian, Denny Sumargo, Ferry Salim

A Man Called Ahok merupakan sebuah film biografi yang diangkat dari sebuah buku yang ditulis oleh Rudi Valinka dengan judul yang sama.

Film ini memperlihatkan peran besar dari keluarga terutama sang ayah, Tjung Kim Nam (Kin Wah Chew), dalam membentuk karakter seorang Ahok (Daniel Mananta). Filmnya lebih banyak memperlihatkan kehidupan Ahok semasa ia masih tinggal di Belitung.

Pada film A Man Called Ahok ini, Ferry Salim berperan sebagai kawan dari Tjung Kim Nam, yaitu Koh Asun, seorang pemilik toko kelontong.

Tak banyak sepak terjang Ahok dalam politik di film ini yang dapat dilihat oleh penonton. Filmnya sendiri lebih banyak menyuguhkan hubungan ayah dan anak, yang diisi dengan pesan dan petuah bijak yang disampaikan seorang ayah kepada anaknya.

2. Ca Bau Kan

film ferry salim-2_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Sejarah, Percintaan
  • Produksi: Kalyana Shira Film
  • Sutradara: Nia Dinata
  • Pemeran: Ferry Salim, Lola Amaria, Irgi Fahrezi, Niniek L. Karim, Alex Komang

Ca Bau Kan adalah film yang diadaptasi dari novel karya Remy Sylado dengan judul Ca Bau Kan: Hanya sebuah Dosa.

Kisah dalam filmnya memiliki latar Indonesia di tahun 1930-an yang bercerita tentang seorang Tionghoa peranakan yang jatuh cinta pada seorang gadis pribumi. Ceritanya sendiri merupakan sebuah kisah pencarian seorang anak tentang asal usul keluarganya.

Kisahnya dibuka dengan pencarian dari seorang anak bernama Giok Lan (Niniek L Karim) di usia tuanya dalam mencari tahu siapa ayah dan ibunya.

Giok Lan sendiri merupakan anak dari Tan Peng Lian (Ferry Salim) dan Siti Noerhayati atau Tinung (Lola Amaria) yang merupakan seorang wanita simpanan. Film ini merupakan kilas balik dari kisah cinta antara ayah dan ibu dari Giok Lan.

3. 3 Nafas Likas

film ferry salim-3_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama
  • Produksi: Oreima Films
  • Sutradara: Rako Prijanto
  • Pemeran: Atiqah Hasiholan, Vino G. Bastian, Jajang C. Noer, Tissa Biani Azzahra, Ferry Salim

3 Nafas Likas merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang wanita bernama Likas Tarigan. Kisahnya dimulai dari masa perang kemerdekaan hingga di tahun 2000-an.

Likas (Atiqah Hasiholan) merupakan seorang wanita Karo yang memiliki karakter cerdas dan juga kuat. Ini terlihat pada tekadnya yang kuat untuk menempuh pendidikan tinggi walau ditentang oleh ibunya sendiri.

Tema besar dari film ini merupakan tiga janji yang diberikan Likas kepada tiga orang penting dalam hidupnya.

Ketiga orang itu adalah ayahnya, Ngantari Tarigan (Arswendi Nasution), Njohre Tarigan (Ernest Samudera), kakaknya, dan Djamin Gintings (Vino G. Bastian), suaminya. Pada film ini Ferry Salim berperan sebagai dr. Yap yang mengenalkan Likas pada Nyonya Oey yang mengajarkannya etiket.

4. Ngenest

film ferry salim-4_

Ngenest merupakan film yang diadaptasi dari trilogi novel karya Ernest Prakasa dengan judul yang sama. Filmnya berkisah tentang seorang pria Tionghoa yang mengalami beratnya kehidupan karena terlahir sebagai minoritas.

Pria itu adalah Ernest (Ernest Prakasa). Dia terlahir dari ibu (Olga Lydia) dan ayah (Ferry Salim) yang keduanya adalah keturunan Tionghoa.

Asal usulnya itu yang membuat fisiknya tampak berbeda dengan teman-temannya, sehingga ia bertekad untuk menikahi gadis pribumi agar anaknya tidak memiliki fisik seperti dirinya.

Ketika Kuliah, ia bertemu dengan seorang gadis pribumi keturunan Sunda Jawa yang akhirnya ia nikahi. Namun keresahan tetap datang tatkala istrinya hamil. Ia takut anaknya terlahir dengan fisik seperti dirinya.

5. Semesta Mendukung

film ferry salim-5_

Semesta Mendukung merupakan sebuah film yang menceritakan impian seorang anak untuk menemukan ibunya yang bekerja sebagai TKW di Singapura. Anak itu bernama Muhammad Arief (Sayef Muhammad Billah). Ia merupakan anak seorang petani garam miskin di Madura. Himpitan ekonomi membuat ibunya bekerja sebagai TKW di Singapura.

Arief merupakan seorang siswa yang menyenangi ilmu fisika. Bakatnya itu dilihat oleh gurunya Ibu Tari Hayat (Revalina S Temat) yang mendorongnya mengikuti Olimpiade Sains di Singapura.

Ia setuju untuk mengikutinya dan seleksi pun dilakukan di Jakarta oleh Pak Tio Yohanes (Ferry Salim). Namun niat sesungguhnya dari Arief mengikuti Olimpiade Sains adalah untuk menemukan ibunya di Singapura.

6. Si Jago Merah 2: Air & Api

film ferry salim-6_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Aksi, Komedi, Drama
  • Produksi: StarVision Plus
  • Sutradara: Raymond Handaya
  • Pemeran: Judika Sitohang, Deddy Mahendra Desta, Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Ferry Salim, Enzy Storia

Si Jago Merah 2: Air & Api adalah film yang menceritakan tentang pembinaan anggota Damkar yang baru. Tiga orang petugas Damkar yang baru itu adalah Sisi (Enzy Storia), Dipo (Dion Wiyoko), dan Radit (Tarra Budiman).

Ketiganya menjadi petugas Damkar dengan motifnya masing-masing, dari yang disuruh ayahnya, cita-cita mereka sejak dari kecil, atau karena jiwa sosialnya yang tinggi. 

Pembinaan mereka pun tidak lepas dari masalah, seperti perselisihan Radit dan Dipo karena Radit yang sering mendapatkan pujian dari sang Komandan.

Masalah besar terjadi saat ayah Dipo (Ferry Salim) datang ke Markas Dipo dan menyuruhnya untuk berhenti. Perselisihan mereka terkadang membuat sang Komandan harus berusaha untuk mendamaikan mereka semua.

7. Backstage

film ferry salim-7_

Backstage merupakan film yang menceritakan kisah kakak beradik Sandra (Sissy Priscillia) dan Elsa (Vanesha Prescilla) yang berusaha meraih mimpi mereka.

Elsa mengikuti sebuah audisi yang diadakan oleh Big Entertainment milik Dewo (Ferry Salim) dengan mengirimkan demo lagu dengan format video yang direkam oleh Sandra, sang kakak. Pihak Big Entertainment pun tertarik melihat demo itu. 

Pihak Big Entertainment lalu mencari dan berusaha merekrut Elsa. Saat bertemu dengan Elsa mereka membuat sebuah ide dengan membuat Elsa sebagai penyanyi dengan suara milik Sandra.

Sayangnya fakta ini harus mereka sembunyikan dari yang lain. Karir Elsa yang melejit membuat iri bintang yang lain, sampai suatu saat fakta yang sebenarnya ditemukan oleh teman satu perusahaan. 

8. Perfect Dream

film ferry salim-8_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama
  • Produksi: Java Film
  • Sutradara: Hestu Saputra
  • Pemeran: Ferry Salim, wulan Guritno, Olga Lydia, rara Nawanangsih, Tissa Biani Azzahra, Hengki Solaiman

Perfect Dream merupakan film yang menceritakan seorang pria bernama Dibyo (Ferry Salim) yang berhasil menjadi seorang pengusaha besar di Surabaya.

Hingga akhirnya ia dapat menikahi Lisa (Wulan Guritno) anak dari seorang pengusaha kaya bernama Marcel Himawan (Hengki Solaiman). Ia bahkan berhasil membesarkan bisnis dari mertuanya itu kembali ke masa jayanya.

Dibyo merupakan seorang yang pria ambisius, sehingga membuatnya ingin menguasai bisnis lawannya yang merupakan seorang mafia, yaitu Hartono (H. Qomar).

Film Perfect Dream ini tak hanya memperlihatkan sepak terjang Dibyo dalam dunia kejahatan, tetapi juga berisikan kehidupan para sosialita di Surabaya, dan permasalahan yang biasa terjadi dalam sebuah keluarga. 

9. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

film ferry salim-9_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: biografi, Komedi, Drama
  • Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Hestu Saputra
  • Pemeran: Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Ferry Salim, Kimberly Ryder, Cynthia Lamusu

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan seorang gadis yang harus mengungsi ke Singapura saat terjadi peristiwa penjarahan di Mei 98.

Saat itu ayah Merry (Ferry Salim) dan ibunya (Cynthia Lamusu) berniat mengungsikan anaknya ke Singapura. Peristiwa penjarahan itu hanya menyisakan harta untuk membeli satu tiket untuk Merry.

Merry pun harus hidup mandiri dengan uang yang seadanya karena saudara ayahnya telah pindah alamat. Ia dibantu oleh temannya, Irene (Kimberly Rider), untuk mendapatkan asrama sebagai tempat tinggal saat ia kuliah.

Ujian untuknya tak hanya habis di sana. Ia membutuhkan biaya untuk dapat masuk kuliah. Sebagai pelajar ia memerlukan penjamin, jika ingin mengajukan pinjaman. 

10. Xia Aimei

film ferry salim-10_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Alyandra
  • Pemeran: Franda, Shareefa Daanish, Gilang Dirga, Ferry Salim, Samuel Rizal, Olga lydia

Film Xia Aimei merupakan kisah perjuangan seorang wanita yang berusaha melarikan diri dari jeratan perdagangan manusia.

Xia Aimei (Franda) merupakan seorang gadis asal Tiongkok yang hendak mencari kerja yang justru terjebak dalam perdagangan manusia. Ia hendak dijadikan wanita penghibur di Jakarta oleh Jack (Ferry Salim), pemilik klub Le Mansion.

Xia Aimei pun diubah namanya menjadi Xi Xi. Ia diharuskan melayani seorang kepala bos gangster di Jakarta. Xi Xi yang ketakutan tanpa sengaja melukai bos gangster itu. Ia pun berusaha melarikan diri dari Le Mansion.

Ia bersembunyi di sebuah mobil yang merupakan milik AJ Park (Samuel Rizal). Kini AJ pun harus terlibat dengan pelarian dari Xi Xi.

Itulah beberapa film yang dibintangi oleh Ferry Salim. Walaupun peran-perannya hanya dalam porsi kecil, tetapi hal itu tidak mengurangi keasyikan dari film yang kamu tonton. Ada beragam genre film yang ia mainkan, dari film yang kental dengan budaya Tionghoa hingga film komedi yang sangat menghibur.

Tak jarang film-filmnya itu menginspirasi penontonnya. Jika kamu penggemar film Indonesia, jangan lewatkan untuk melihat film-film yang dibintangi oleh Ferry Salim ini. Terutama film-film yang menyangkut isu-isu sosial yang berkaitan dengan etnis Tionghoa.

Nah Kira-kira film manakah yang menarik perhatianmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram