logo web

Dari Komedi Sampai Aksi, Inilah 18 Film Terbaik Han Hyo Joo

Ditulis oleh Syuri K.N.

Jika mengetahui perjalanan kariernya, penggemar pasti sepakat kalau sosok Han Hyo Joo adalah sosok pekerja keras. Aktris kelahiran Cheongju ini sudah merantau ke Seoul sejak SMA.

Selepas lulus SMA, dia melanjutkan pendidikan di Universitas Dongguk, jurusan Departemen Teater dan Film. Dia merintis karier di dunia seni peran melalui sitkom dan film komedi. Setelah beberapa tahun, Hyo Joo mampu membuktikan keteguhannya dan kebolehannya dalam berakting pada sang ayah, juga pada para pemirsa.

Sekarang, film yang dibintangi Hyo Joo sudah ada banyak. Dari komedi sampai aksi, inilah daftar film terbaik Han Hyo Joo versi Showpoiler.

1. The Pirates: The Last Royal Treasure

The Pirates 2 The Last Royal Treasure

Film bajak laut bukan cuma Pirates of the Caribbean, Korea Selatan juga memproduksi film dengan tema serupa, yaitu The Pirates yang juga dibuat sekuelnya berjudul The Pirates: The Last Royal Treasure.

Dalam film ini, Han Hyo Joo berperan sebagai Kapten Hae Rang, pemimpin dari perompak yang disegani. Suatu hari, kapal bajak laut Hae Rang melihat kapal berisi beberapa orang yang mengapung tak berdaya. Dia pun menyelamatkan mereka, yang ternyata sekelompok bandit di bawah pimpinan Wu Mu Chi (Kang Ha Neul).

Mu Chi selalu membual kalau dia merupakan pendekar paling jago di Goryeo. Tapi, ternyata dia memang cukup lihai bertarung, sehingga Hae Rang mengakuinya. Namun, keduanya tak pernah akur karena sama-sama merasa sebagai pemimpin.

Setelah berhasil membajak kapal laut Jepang, mereka mendapatkan informasi tentang harta karun terakhir Kerajaan Goryeo. Hae Rang pun mengajak semua krunya untuk mencari harta tersebut. Dapatkah Kapten Hae Rang dan Mu Chi menemukan harta karun yang mereka impikan?

2. Always

Always [2011]
Tahun Rilis 2011
Genre , ,
Sutradara
Pemeran So Ji Sub Han Hyo Joo

Sebenarnya film ini cukup emosional, tapi ada juga bumbu komedi yang ringan dan segar. Film ini mengisahkan tentang Jang Cheol Min (So Ji Sub), seorang mantan petinju yang kemudian menjadi penjaga parkir.

Hari pertama dia menjadi juru parkir, datanglah Ha Jung Hwa (Han Hyo Joo), seorang wanita tunanetra yang cantik. Dia tiba-tiba datang memberi Cheol Min sekotak makanan dan mengajaknya mengobrol. Sejak itu, kedekatan mereka pun mulai terjalin dengan baik, hingga cinta tumbuh di hati keduanya.

Mengetahui Jung Hwa akan buta permanen karena penglihatannya berangsur-angsur menghilang, Cheol Min rela bertinju ilegal kembali supaya mendapatkan uang untuk biaya operasi wanita itu. Demi keselamatan Jung Hwa, Cheol Min juga memilih untuk menjauh dan 'menghilangkan' dirinya dari kehidupan Jung Hwa.

Setelah Jung Hwa masuk ruang operasi, Cheol Min membakar semua kenangan mereka berdua, bahkan fotonya sendiri. Ini semua dilakukannya agar Jung Hwa tidak pernah tahu identitas dan wajah Cheol Min. Setelah itu, dia pergi dari kehidupan Jung Hwa selama-lamanya. Apakah kisah mereka akan berakhir begitu saja?

3. Love, Lies

Love, Lies [2016]

Love, Lies berlatar tahun 1940-an, ketika Korea masih ada dalam penjajahan Jepang. Han Hyo Joo berperan sebagai Jeong So Yool, gadis yang bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi. Dia tinggal di tempat pelatihan Gisaeng bersama Seo Yeon Hee.

Mereka bersahabat karib karena punya mimpi yang sama, yaitu menjadi diva yang terkenal. Di tengah-tengah perjuangan mereka, ada seorang lelaki yang kemudian memberi pengaruh besar. Dia adalah Kim Yoon Woo (Yoo Yeon Seok), pacar So Yool.

Sebagai penulis dan produser lagu, dan juga sebagai kekasih, Yoon Woo sangat ingin mendukung So Yool agar bisa menjadi penyanyi terkenal. Tapi, entah mengapa, Yoon Woo tidak melihat itu dari diri So Yool. Dia malah menemukan bakat menarik dari Yeon Hee (Chun Woo Hee). Karena tertarik dengan suara Yeon Hee, mereka jadi sangat dekat yang berujung perselingkuhan.

Dendam, So Yool pun setuju untuk menikah dengan petinggi Jepang pada masa itu agar bisa memiliki kuasa menolak perilisan album Yeon Hee yang diciptakan oleh Yoon Woo. Mengetahui ulah So Yool, Yeon Hee menghajarnya, yang menyebabkan dia dibunuh oleh ajudan Jepang karena dianggap menyerang istri jendral.

Setelah musuhnya hilang, So Yool pikir Yoon Woo akan kembali padanya. Namun, sepeninggal Yeon Hee, Yoon Woo malah tidak memiliki semangat hidup lagi. Dia juga sudah tidak mencintai So Yool sedikit pun.

4. Believer 2

Believer 2_

Han Hyo Joo muncul di sekuel film Believer, yaitu Believer 2. Dibintangi oleh Jo Jin Woong, Cha Seung Won dan Han Hyo Joo, Believer 2 merupakan film yang menyuguhkan banyak pertumpahan darah. Film ini dibuka dengan rangkuman peristiwa-peristiwa penting dari film pertama.

Diceritakan kapten polisi Jo Won Ho (Jo Jin Woong) masih memburu bos kriminal, Tuan Lee. Pencarian Tuan Lee yang asli semakin sulit, karena ada sejumlah pihak yang mengklaim gelar tersebut.

Han Hyo Joo berperan sebagai Big Knife, kaki tangan utama Tuan Lee. Dia tidak segan-segan membunuh siapa saja yang ingin menghancurkan Tuan Lee.

Walau menjadi sekuel film yang cukup dinanti, Believer 2 tidak mengisi plot hole yang terjadi pada akhir film pertama. Bahkan, film ini tidak bisa berdiri sendiri karena sangat bergantung pada plot film pertamanya. Bagaimanapun juga, kalau kamu ingin melihat Hyo Joo beraksi sebagai penjahat berdarah dingin, inilah film yang harus kamu saksikan.

5. The Beauty Inside

The Beauty Inside [2015]

Seperti apa rasanya jika ketika bangun tidur, kamu ada di dalam tubuh yang berbeda? Itulah yang dialami oleh Woo Jin, seorang pria yang selalu terbangun di tubuh yang berbeda-beda setiap harinya. Dia tidak bisa memilih mau hidup dengan tubuh milik siapa.

Woo Jin mengalami kejadian aneh ini sejak mendapat kutukan di ulang tahunnya yang ke-18. Hidupnya jadi sangat sulit setelah itu. Rahasianya ini cuma diketahui oleh ibunya dan sahabatnya saja, yaitu Sang Baek (Lee Dong Hwi). Untuk menghidupi dirinya sendiri, dia dan Sang Baek berbisnis furniture bersama.

Ketika sedang 'studi banding' ke bisnis tetangga, Woo Jin tertarik dengan salah satu pegawainya, yakni Yi Soo (Han Hyo Joo). Rasa tertarik itu berubah jadi suka, dan Woo Jin ingin menyatakan cinta, tapi dia harus mengumpulkan keberanian dan juga memilih 'wajah yang paling tampan' yang dia dapatkan pagi itu.

Ternyata Yi Soo menyambut perasaan Woo Jin dengan baik. Demi tidak berganti wajah, Woo Jin memutuskan untuk tidak tidur selama 3 hari, namun pada akhirnya dia ketiduran juga dan dia berganti tubuh. Untunglah, setelah melalui drama dan kesalahpahaman, Yi Soo mengerti kondisi Woo Jin dan tetap setia bersamanya.

Hingga Woo Jin berniat melamar Yi Soo, wanita itu ternyata tidak siap mendengar rekan kerjanya membicarakan kalau dia selalu bergonta-ganti pasangan, padahal semua itu adalah Woo Jin yang memiliki wajah berbeda setiap harinya. Melihat Yi Soo menderita sampai harus ke psikiater, Woo Jin pun pergi ke Ceko, meninggalkan semuanya.

6. The Sun Does not Move

The Sun Does not Move

Kazuhiko Takano (Tatsuya Fujiwara) dan Ryoichi Taoka (Ryoma Takeuchi) bekerja untuk kelompok mata-mata industri AN Tsuushin. Saat ini, tugas mereka adalah untuk mendapatkan informasi rahasia dan mutakhir tentang energi matahari dan bagaimana energi tersebut dapat digunakan dalam industri mereka.

Negara-negara lain menginginkan inovasi energi surya tersebut karena teknologi ini dapat mengguncang lanskap politik dan ekonomi Jepang. Takano dan Taoka pun harus mendapatkan data pengembangan energi surya sebelum jatuh ke tangan rival mereka.

Dalam pertempuran ini, Taoka dan Takano harus melawan mata-mata Korea Selatan, wanita misterius bernama Ayako (Han Hyo Joo), dan juga seorang pria asing yang kuat. Ya, dari film ini kita mengetahui kalau Han Hyo Joo telah melebarkan karirnya tak hanya di dalam negeri, tapi sampai negara tetangga, yaitu Jepang.

7. Masquerade

Masquerade (2012)_

Kalau kamu suka film tentang sejarah, masukkan Masquerade ke daftar film yang wajib ditonton. Kapan lagi melihat Han Hyo Joo sebagai permaisuri dan beradu akting dengan Lee Byung Hun yang berperan sebagai Raja Gwanghae? Di sini, Lee Byung Hun punya peran ganda, yaitu sebagai raja dan Ha Sun, seorang pemain akrobat.

Ya, sebenarnya Ha Sun hanyalah rakyat jelata. Dia memiliki kemiripan yang luar biasa dengan Raja Gwanghae, sehingga menteri pertahanan mencarinya demi menghindari ancaman pembunuhan raja yang sesungguhnya. Ketika mengisi posisi raja sementara, gaya Ha Sun dalam memimpin ternyata lebih manusiawi dibanding Gwanghae.

Ha Sun diberi pendidikan administrasi dan politik oleh Heo Gyun, sekretaris kerajaan. Ha Sun juga memperbaiki pemerintahan dengan menurunkan pajak untuk orang miskin.

Hubungan raja dengan Ratu Joon Jung (Han Hyo Joo), istri raja, juga membaik setelah kakak ratu yang dipenjara dibebaskan. Dengan semua perbedaan ini, tentunya orang-orang di istana menyadari perubahan sikap raja.

Orang-orang yang memang tidak menyukai raja pun menyelidiki jati diri raja yang ada di hadapan mereka dan merencanakan kudeta.

8. Illang: The Wolf Brigade

a

Dari judulnya saja pasti penonton sudah bisa menebak kalau ini adalah film aksi. Tapi, bukan cuma memuat genre action, film ini juga mengangkat cerita tentang masa depan, tepatnya ada di Korea pada tahun 2029.

Saat itu, Korea Utara dan Selatan sudah sepakat untuk menyatukan pemerintahan. Keputusan ini menimbulkan gesekan dari pihak yang yang mendukung dan menolak. Situasi semakin kacau ketika sebuah organisasi teror bernama SECT muncul.

Pemerintah langsung gerak cepat menyiapkan unit spesial untuk melawan mereka. Ada desas-desus bahwa pemerintah membentuk Illang (Brigade Serigala), unit khusus yang terdiri dari human soldier yang dijadikan senjata.

Han Hyo Joo berperan sebagai Lee Yoon Hee, kakak perempuan yang adiknya terbunuh dalam sebuah insiden kerusuhan karena menjadi kurir bom bagi SECT. Yoon Hee bertemu dengan Im Joong Kyung (Kang Dong Won), pemimpin batalion Illang yang sempat menemukan adik Yoon Hee.

Sebenarnya problem politik kekuasaan dalam remake dari film Jepang berjudul The Red Spectacles (1987) ini masih sangat rumit. Untuk mengetahui siapa pihak yang salah dan benar, lalu siapa Yoon Hee dan Joong Kyung sebenarnya, sebaiknya kamu menonton film ini sekarang juga.

9. Cold Eyes

Cold Eyes [2013]

Yoon Joo (Han Hyo Joo) adalah agen baru di tim khusus kriminal yang dikepalai Detektif Hwang. Dia bergabung dengan Detektif Hwang karena punya kemampuan mengintai dan mengingat yang luar biasa.

Tugas pertama Yoon Joo adalah menyelidiki kasus perampokan yang didalangi oleh penjahat misterius yang dikenal dengan nama Phantom. Phantom sendiri sebenarnya memiliki bos yang mempekerjakannya. Tak hanya merampok bank, Phantom dan anak buahnya sering melakukan pencurian lainnya, seperti data penting, misalnya.

Setiap perampokan yang dilakukan Phantom berjalan rapi, bahkan dia tidak ada di lokasi kejadian. Kerennya lagi, setiap perampokan itu cuma berjalan kurang lebih 3 menit saja. Rupanya, Phantom tidak pernah ada di lokasi kejadian, karena dia hanya memberi perintah dan mengawasi dari jauh.

Akankah Detektif Hwang dan Yoon Joo berhasil meringkus Phantom? Saksikan keseruan aksi para detektif, termasuk Yoon Joo yang diperankan oleh Han Hyo Joo, di film ini, yuk!

10. Love 911

Love 911 [2011]

Dalam film ini, Han Hyo Joo berperan sebagai seorang dokter muda bernama Mi Soo. Mi Soo salah mendiagnosa seorang wanita, sehingga dia diskors kemudian ditempatkan sebagai dokter untuk tim pemadam kebakaran.

Di sana, dia bertemu Kang Il (Ko Soo), seorang petugas pemadam kebakaran pemberani yang tidak akan ragu-ragu untuk menyelamatkan nyawa setiap orang. Dia memiliki kisah pilu, di mana dia telah kehilangan istrinya untuk selama-lamanya.

Mi Soo yang emosian merasa tidak cocok bekerja dalam satu tim dengan Kang Il sehingga mereka sering bertengkar. Tapi, mau tidak mau, mereka harus bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa orang-orang.

Seiring waktu, mereka menjadi dekat dan mendatangkan perubahan untuk masing-masing. Mi Soo belajar tentang tugas para pemadam kebakaran dari Kang Il, juga mempelajari tentang kehidupan romansanya di masa lalu kemudian.

11. C'est Si Bon

C'est Si Bon [2015]

Akhir tahun 1960-an, ada sebuah tempat bersantai yang memiliki panggung di dalamnya, yakni C'est Si Bon. Tempat itu menjadi venue bagi para musisi folk terkemuka untuk menggelar pentas dan menjadi lokasi impian seluruh musisi Korea, karena dianggap telah melahirkan banyak musisi besar.

Oh Geun Tae (Jung Woo) merupakan salah satu orang yang sangat ingin menggelar pementasan musiknya di sana. Ketika penyanyi dan penulis lagu berbakat, Lee Jang Hui, mendengar suara bariton Geun Tae yang menggelegar, dia membawanya ke dunia yang ramai di kafe musik rakyat legendaris di Seoul, C'est Si Bon.

Geun Tae sangat senang karena itulah cita-citanya selama ini. Di bawah naungan Jang Hui, Geun Tae dan dua temannya pun membentuk trio yang diberi nama sama seperti tempat tujuan mereka, yaitu C'est Si Bon Trio.

Tapi, untuk bisa debut, trio tersebut ternyata dipaksa untuk bertindak sebagai pendamai antara dua musisi yang berseteru, Song Chang Shik dan Yoon Hyung Ju. Suatu hari, ketiga pemuda itu dilihat oleh sosialita muda, Min Ja Young (Han Hyo Joo).

Ja Young pun mulai masuk lebih dalam ke kehidupan mereka. Dan, Geun Tae jatuh cinta pada Ja Young dalam waktu singkat. Ja Young menjelma menjadi inspirasi yang mungkin bisa membantu C'est Si Bon Trio membuat musik yang hebat.

12. Golden Slumber

Golden Slumber [2018]

Kim Geon Woo (Kang Dong Won), seorang pengantar paket, harus terseret ke dalam konspirasi kelas atas. Tak main-main, dia menjadi pelaku utama yang dituduh melakukan pembunuhan calon presiden.

Padahal, Geon Woo tidak tahu apa-apa tentang kekuasaan. Dia hanya rakyat kecil yang jujur dan lugu. Sekarang, dia harus berusaha keras untuk mencari keadilan bagi dirinya dan orang-orang tersayangnya.

Apakah dia akan berhasil? Film ini memberikan twist yang menarik, loh! Kamu akan dibuat geregetan sendiri sepanjang film sampai klimaksnya di akhir film.

Dalam film ini, Han Hyo Joo memerankan karakter Sun Young, penyiar radio yang punya berteman baik dengan Geon Woo. Sun Young tidak percaya kalau Geon Woo bisa melakukan hal itu, dan dia yakin Geon Woo innocent. Dia berharap Geon Woo mendapatkan keadilan, dan bisa kembali ke kehidupan lamanya dengan selamat.

13. Ride Away

Ride Away han hyo-joo

Im Ha Jeong (Han Hyo Joo), bersama orang tua dan adik laki-lakinya, Seung Hwi (Song Kwang Won), pindah ke sebuah desa kecil untuk memulai hidup baru. Bertahun-tahun berlalu, ibunya meninggal dan kakak laki-lakinya melarikan diri, sementara ayahnya menjadi alkoholik.

Semua kemalangan beruntun itu membuat nilai Ha Jeong ingin meninggalkan rumah. Namun, niatnya dia urungkan ketika bertemu dengan Soo Wook (Lee Yeong Hoon) di sebuah toko buku. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama dengan penjaga toko buku itu.

Kehidupan Ha Jeong menjadi semakin terpusat pada Soo Wook. Dia rutin mengunjungi toko buku untuk membeli atau menjual buku. Semua itu Ha Jung lakukan hanya untuk melihat Soo Wook dari kejauhan. Ha Jeong tidak tahu, kalau Soo Wook memiliki seorang pacar yang dalam keadaan koma di rumah sakit selama tiga tahun.

Usaha Ha Jeong untuk mendekati Soo Wook tampak sia-sia karena pria itu tidak bisa melepaskan pacarnya, terutama karena dia lah yang bertanggung jawab atas keadaannya. Namun, Ha Jeong juga tidak dapat menyangkal perasaannya terhadap Soo Wook. Akan seperti apa kelanjutan hubungan Ha Jeong dan Soo Wook?

14. Postman to Heaven

Postman to Heaven

Jae Joon dulunya adalah CEO dari sebuah perusahaan IT yang sukses. Namun, dalam sekejap, dia turun derajat dan menjadi tukang pos. Tidak ada yang tahu mengapa seorang pebisnis kaya raya mendadak melakukan pekerjaan tersebut.

Walau menjadi tukang pos, Jae Joon hanya mengirim surat yang ditulis kepada orang yang mereka cintai, yang telah berada di surga. Suatu hari, Jae Joon bertemu Hana. Gadis itu sangat berbeda dari klien-kliennya yang lain karena Hana justru menulis surat berisi kebencian untuk orang yang pernah dia cintai, yang kini sudah tiada.

Jae Joon lantas mengajak Hana memikirkan cara untuk merasakan kedamaian dan kebahagiaan bagi mereka yang telah ditinggalkan. Sayang, saat keduanya mulai memiliki perasaan satu sama lain, mereka tidak bisa bersama.

15. Ad-Lib Night

Ad-Lib Night

Ada dua orang pemuda dari pedesaan yang mendekati Lee Bo Kyung (Han Hyo Joo). Keduanya yakin bahwa dia adalah Myung Eun, gadis yang meninggalkan desa beberapa tahun yang lalu, yang ayahnya sedang sakit.

Kedua pria itu kemudian memberi tahu Bo Kyung bahwa ayahnya, atau ayah Myung Eun, sedang sekarat. Namun, ternyata Bo Kyung tidak seperti yang mereka pikirkan, Bo Kyung bukanlah Myung Eun.

Salah satu dari pemuda itu yang lebih blak-blakan, Jang Ki Yong (Kim Young Min), memintanya untuk menjadi 'pengganti' Myung Eun untuk satu malam saja. Ki Yong berpikir ayah Myung Eun akan segera meninggal, sehingga dia ingin si pria tua bisa melihat putrinya yang terasingkan untuk terakhir kalinya.

Walau tidak mengenal mereka sama sekali, Bo Kyung setuju untuk melakukan hal tersebut, agar pria tua yang sakit-sakitan itu bisa meninggal dengan tenang.

16. Miracle: Devil Claus' Love and Magic

Miracle: Devil Claus’ Love and Magic

Han Hyo Joo berperan sebagai So Young dalam film ini. Dia bekerja sebagai lighting designer yang namanya sudah cukup terkenal di dunia. So Young mengenal seorang pemuda yang bekerja di toko buku, namanya Hiraki.

So Young dan Hikari sama-sama bertemu seseorang yang memberi mereka keajaiban di malam natal. So Young bertemu dengan Kitayama, teman kampusnya dulu, sementara Hikari bertemu dengan Anna, sahabat kecilnya. Pada malam Natal, keajaiban terjadi yang mengubah kehidupan romantis dari keempat orang ini.

Ya, ini adalah film Jepang. Ternyata Han Hyo Joo tidak hanya satu kali bermain film di negara sakura tersebut, ya? Ini membuktikan kebolehan Hyo Joo sebagai aktris internasional!

17. My Boss, My Teacher

My Boss My Teacher [2006]

Apa yang akan terjadi kalau seorang preman melanjutkan jenjang pendidikannya? Itulah yang dilakukan Doo Shik (Jung Jun Ho), anggota nomor dua dari D-Dogs yang diminta untuk kembali ke bangku sekolah oleh bosnya.

Perbedaan dunia yang sangat bertolak belakang yang dilalui oleh Doo Shik dikemas melalui komedi yang segar dan ringan dalam film ini. Plot twist-nya, Doo Shik ternyata diharuskan mengajar di sebuah sekolah menengah atas.

Doo Shik harus menghadapi masalah-masalah khas remaja yang tentu saja memancing kelucuan demi kelucuan dalam film ini. Apakah Do Shik mampu menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik?

Han Hyo Joo memerankan karakter Yoo Mi Jung, salah satu murid di sekolah itu, yang kemudian berhubungan dekat dengan Doo Shik.

18. 20th Century Girl

20th century girl han hyo joo_

Kamu bisa melihat penampilan Han Hyo Joo sebentar di film original Netflix, 20th Century Girl. Film ini berkisah tentang kenangan pada tahun 1999 yang direkam oleh seorang gadis bernama Na Bo Ra (Kim Yoo Jung). Rekaman video itu berisi 'penelitian'nya terhadap gebetan sahabatnya yang sedang berobat di luar negeri.

Dilansir dari Naver, kemunculan Han Hyo Joo sebagai kameo di film ini tak lain tak bukan adalah berkat bintang utama film, yaitu Kim Yoo Jung. Sutradara film mengatakan bahwa Yoo Jung lah yang meyakinkan Hyo Joo untuk memerankan Bo Ra versi dewasa.

Rupanya, Yoo Jung dan Hyo Joo memang cukup dekat di dunia nyata! Yoo Jung yang jauh lebih muda menganggap Hyo Joo sebagai unnie-nya yang sangat dia hormati. Yoo Jung sangat senang ketika Hyo Joo setuju menjadi versi dewasa karakternya, yaitu Bo Ra, di dalam film ini.

Han Hyo Joo sudah membintangi film dengan berbagai genre. Kamu mau nonton yang mana dulu, nih? Kalau sudah menonton film-film Hyo Joo, bagikan pendapat kamu di kolom komentar, yuk!

Kamu juga bisa ikut menambahkan informasi lain yang belum tertulis tentang film Han Hyo Joo. Tidak perlu malu untuk berbagi, teman-teman, kami nantikan kehadiranmu di kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram