logo web

20 Rekomendasi Film Horor India yang Siap Meneror Anda

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Selama ini, Thailand dan Jepang adalah juaranya jika sudah membicarakan tentang film-film bertema misteri. Namun, film horor India di bawah ini juga tidak kalah mencekam. Kehadirannya sekaligus seperti mematahkan anggapan bahwa Bollywood hanya kuat pada cerita-cerita drama yang menyayat hati.

Premis pada film horor ala India juga tidak kalah beragam. Unsur tradisional dan kepercayaan setempat masih cukup kuat terasa pada setiap ceritanya.

Jika tidak percaya, kami sudah rekomendasikan beberapa film India bertema horor, thriller, dan misteri yang siap membuat bulu-bulu tubuh meremang pada artikel di bawah ini. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Bhoothakalam

film horor india_ Bhoothakalam_

Bhoothakalam (2022) memang berbeda dengan kebanyakan film horor yang pernah kamu tonton. Film ini tidak mengandalkan sosok hantu yang menyeramkan dan menghujaninya dengan banyak jumpscare.

Justru film garapan sutradara Rahul Sadasivan ini lebih menitik beratkan pada teror psikologi, sehingga para penonton bisa merasakan sisi mencekam. Tidak ada sosok hantu menyeramkan, tetapi teror itu membuat Asha dan putranya Vinu tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Mereka berpikir teror itu hanyalah khayalan, namun ternyata Asha dan Vinu tidak menyadari bahwa rumah yang mereka tempati memiliki misteri aneh. Sebelum mereka menyewa rumah tersebut, sudah ada beberapa keluarga yang tinggal dan berakhir dengan bunuh diri.

2. Chhorii

film horor india_Chhorii_

Kembali ke layar lebar, kali ini Nushrratt Bharuccha memilih untuk bermain dalam sebuah film horor. Chhorii (2021) adalah film yang disutradarai oleh Vishal Furia ini dipenuhi dengan misteri yang membuat bulu kuduk merinding.

Film ini mengisahkan Sakshi dan suaminya, saat mereka berusaha bersembunyi dari debt collector. Sialnya, Sakshi dan Hemant malah berakhir di sebuah rumah angker yang berada di tengah-tengah ladang tebu. Sakshi dikejar oleh sosok hantu menakutkan yang ingin membunuh bayi dalam kandungannya.

3. 12 O’Clock

film horor india_12 O’Clock_

Beralih ke film yang didominasi oleh para aktor kawakan Bollywood, 12 O’Clock (2021) terasa menegangkan untuk di tonton.

Film yang dibintangi oleh Mithun Chakraborty ini sempat membuat para pecinta film horor India penasaran. Pasalnya sang sutradara, Ram Gopal Varma, tidak pernah mau memberikan bocoran mengenai jajaran para pemeran hingga ceritanya.

Adapun film ini mengisahkan mengenai seorang gadis muda bernama Gauri, yang kerap mengalami mimpi buruk setiap jam 12 malam.

Untuk mengobati gadis ini, keluarganya membanya ke dukun, namun semua ini tidak berguna. Mereka sempat membawa Gauri kepada psikolog dan ternyata ada fakta mengejutkan yang membuat semua orang tercengang.

4. Stree

Stree_

Stree (2018) merupakan film horor komedi yang disutradarai oleh Amar Kaushik dan mengangkat motor populer “Oh Stree Repu Ra”. Dalam Rotten Tomatoes film ini mendapatkan nilai 78% dari sembilan ulasan.

Film ini dibintangi oleh Shraddha Kapoor dan Rajkummar Rao, pasangan ini berhasil membuat filmnya terasa seram tapi masih bisa tertawa. Kisahnya dimulai ketika Desa Chaderi selama bertahun-tahun diteror oleh hantu wanita bernama Stree.

Vicky tidak mempercayai kisah hantu wanita itu, akibat ulahnya seorang temannya diculik oleh Stree saat sedang berpesta. Vicky yang dibantu oleh Gayatri berusaha untuk memusnahkan hantu itu, mereka melakukan ritual pernikahan untuk memancingnya lalu memotong rambut si hantu. 

5. Ghost Stories

Ghost Stories_

Ghost Stories (2021) berbeda dengan kebanyakan film Bollywood lainnya, karena memasukkan empat cerita yang berbeda dalam satu film. Dalam durasi 144 menit, penonton akan dibawa untuk menikmati empat kisah horor yang digarap oleh empat sutradara yang berbeda.

Kisah pertama disutradarai Zoya Akhtar yang mengangkat cerita Sameera seorang perawat yang mengalami kisah horor merawat anak sudah meninggal. Cerita kedua disutradarai oleh Anurag Kashyap mengangkat kisah Neha wanita hamil yang paranoid.

Suatu hari Neha kehilangan kesadarannya tentang mana yang nyata dan mana yang tidak, kejadian ini membuatnya keguguran. Dua kisah lainnya juga tidak kalah seru dan menegangkan, pokoknya film ini sangat kami rekomendasikan.  

6. Roohi

roohi_

Film horor komedi satu ini juga tidak boleh dilewatkan, Roohi (2021) adalah film di bawah Dines Vijan’s Horror-Comedy Universe. Sama seperti Stree (2018), film ini kembali mengambil cerita rakyat soal hantu yang menculik pengantin saat bulan madu.

Ceritanya dimulai ketika Bhawra dan Kattanni diperintahkan menculik seorang wanita sebagai pengganti pengantin yang melarikan diri. Menculik wanita untuk dinikahi hal yang lumrah di Bagadpur, tapi wanita yang mereka culik ternyata dirasuki oleh roh penyihir Mudiyapairi.

Roohi dimasuki roh Afza yang selalu muncul di malam hari, hal ini membuat Bhawra berusaha keras mencari cara menyelamatkan gadis itu. Bhawra dibantu Guniya Bhai menyusun rencana untuk memusnahkan Afza, namun hal ini ditolak oleh Roohi. 

7. Bhediya

film horor india_Bhediya_

Masih ingat dengan film Stree (2018) dan Roohi (2021)? Dua film tadi adalah film yang masuk dalam Dinesh Vijay’s Horror-Comedy Universe. Di tahun 2022, Dinesh Vijay memproduseri film horor komedi terbarunya yang berjudul Bhediya (2022).

Film garapan sutradara Amar Kaushik ini dibintangi oleh artis ternama seperti Varun Dhawan dan Kriti Sanon. Sayangnya, ide cerita mengenai film ini masih dirahasiakan, pasalnya film ini baru mulai tayang pada November tahun 2022.

Meski begitu, para pemeran utamanya menegaskan bahwa Bhediya (2022) bukan film yang membicarakan mengenai manusia serigala. Film ini dijamin akan memiliki efek visual yang mumpuni dan kisah yang khas India dengan bumbu komedi.

8. Phone Bhoot

Phone Bhoot

Phone Bhoot (2022) menjadi salah satu rekomendasi film horor India yang tidak boleh kamu lewatkan. Dibintangi oleh Katrina Kaif, Ishaan Khattar dan Siddhant Chaturvedi, pairing ketiganya memang bikin penasaran. Film horor ini disutradarai oleh Gurmmeet Singh dan filmnya diproduksi oleh Excel Entertainment.

Mengisahkan Gullu da Major, dua sahabat yang terobsesi untuk menjadi ghostbusters profesional. Suatu hari, mereka bertemu dengan sosok hantu ramah bernama Ragini.

Bersama Ragini, mereka berhasil membangun bisnis pengusiran hantu. Namun kedua pemuda ini tidak sadar, bahwa Ragini memiliki agendanya sendiri, Kira-kira apa yang dirahasiakan oleh hantu cantik ini?

9. Rocket Gang

Rocket Gang

Dibintangi oleh deretan selebriti muda India, Rocket Gang (2022) adalah film horor dan komedi yang cukup menghibur. Diproduksi oleh Zee Studios, film garapan Bosco Martis ini memiliki banyak sekali kejutan.

Untuk jajaran pemeran utamanya, film ini akan dibintangi oleh Aditya Seal, Nikita Dutta, Jason Tham hingga Mokshda Jaikhani dan Sahaj Singh Chahal.

Nama-nama aktor di atas mungkin terdengar asing, tapi mereka berhasil menunjukkan akting yang baik. Film ini mengisahkan lima sahabat yang berniat untuk menikmati liburan bersama.

Mereka melakukan perjalanan ke Wonder Villa, namun penginapan tersebut terasa sangat menyeramkan. Ternyata, villa tersebut dihuni oleh beberapa hantu yang gemar menari. Siapakah mereka?

10. Intezaar: Koi Aane Ko Hai

Intezaar: Koi Aane Ko Hai
Tahun Rilis 2021
Genre
Sutradara
Pemeran Man Singh Priyanka Singh

Intezaar: Koi Aane Ko Hai (2021) menjadi salah satu film horor India yang mendapatkan penilaian tinggi dari para kritikus film. Film ini disutradarai dan dibintangi sendiri oleh Man Singh, sedangkan filmnya bakalan diproduksi oleh Monk Monkey Production.

Untuk jajaran pemeran utamanya, film ini memang dibintangi oleh deretan nama asing. Man Singh bakalan beradu akting dengan Priyanka Singh, Girdhar Kumar. Sumeet Chaudhary hingga Goving Jarwal. Filmnya mengisahkan sepasang suami istri bernama Neil dan Alya.

Awalnya rumah tangga ini berjalan bahagia, namun lama kelamaan berbagai masalah mulai berdatangan. Keduanya sengaja melakukan perjalanan bersama-sama, namun hal-hal aneh kerap berdatangan.

11. The Y

The Y

The Y (2023) adalah film horor dan thriller asal India yang mungkin bisa dijadikan salah satu rekomendasi tontonan akhir pekan. Film ini disutradarai oleh Girideva Raaj dan cerita yang diadaptasi adalah kisah yang Girideva Raaj buat sendiri. Film ini dibintangi oleh Yuvan Hariharan, Leonilla, Abhinava Kiran dan Prithal Uday sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan sepasang suami istri yang baru saja membangun kehidupan baru mereka. Memiliki istri yang bisu, bukanlah masalah yang membuat pasangan ini selalu diterpa masalah.

Justru rumah tangga mereka yang awalnya dipenuhi kebahagiaan, kini terasa sangat mencekam. Semua ini karena berbagai aktivitas supranatural yang menyeramkan.

12. Dybbuk: The Curse is Real

film horor india_Dybbuk The Curse is Real_

Dybbuk: The Curse is Real (2021) menjadi salah satu film India bergenre horor yang harus kamu tonton. Film yang diproduksi oleh T-Series dan Panorama Studios ini mengisahkan berbagai hal supernatural yang berasal dari sebuah kotak antik.

Kisahnya bermula ketika Mahi sedang menikmati indahnya hidup sebagai pasangan pengantin baru. Suatu hari, Mahi mendapatkan sebuah kotak antik yang sangat menarik dan membawanya pulang ke rumah.

Namun Mahi tidak mengetahui bahwa ternyata kotak antik itu menyimpan dybbuk (roh jahat) yang bisa mengancam nyawa mereka.

13. Bhool Bhulaiyaa 2

film horor india_Bhool Bhulaiyaa 2_

Merombak habis-habisan jajaran pemeran utamanya dengan aktor dan aktris muda, Bhool Bhulaiyaan 2 (2022) sempat dipandang sinis oleh penggemar.

Alasannya, karena mereka merasa film ini tidak akan selucu film pertamanya jika tidak ada Akshay Kumar. Namun, Kartik Aryan dan Kiara Advani bisa menunjukkan, bahwa mereka mampu memberikan vibes yang sama dengan senior mereka.

Bhool Bhulaiyaa 2 (2022) sendiri mengisahkan Rahun yang menyamar menjadi seorang pengusir hantu bernama Rooh Baba. Ia berusaha mengusir hantu manjulika yang kini merasuki tubuh Reet, seorang gadis cantik dan manis.

Berbagai kejadian aneh dan kocak pun terjadi. Kira-kira, bisakah Rahun menyelamatkan Reet dari cengkraman hantu tersebut?

14. Bulbbul

Bulbbul

Bulbbul menjadi film horror India yang siap membuat bulu kuduk Anda merinding. Ia mengisahkan tentang teror seorang penyihir yang membuat sebuah desa kecil di Benggala jadi mencekam.

Semua bermula dari kejadian di tahun 1881. Ketika itu perjodohan atau pernikahan anak adalah sesuatu yang biasa saja. Tersebutlah seorang anak perempuan bernama Bulbbul yang harus menikah dengan Indranil saat usianya baru saja menginjak 5 tahun.

Bulbbul lebih dekat dengan Satya, adik Indranil yang sebaya dengannya. Keduanya tumbuh besar bersama, bermain dan kerap bercerita tentang Chudail (wanita iblis). Siapa sosok misterius itu sesungguhnya?

15. Raaz

Raaz_

Raaz (2020) adalah film yang membawa nama Bipasha Basu dan Dino Morea naik di Industri perfilman Bollywood. Film yang disutradarai oleh Vikram Bhatt ini tidak pernah disangka-sangka berhasil membuat banyak orang ketakutan. Film yang berhasil masuk dalam jajaran box office ini memang dikatakan sebagai film horor seram.

Filmnya menceritakan kisah pasangan suami istri yang kala itu sedang dilanda keretakan. Sanjana dan Aditya berusaha untuk memperbaiki rumah tangganya, mereka memutuskan untuk berlibur ke Ooty. 

Di sana mereka menemukan sebuah rumah yang cocok, tapi rumah itu menyimpan sebuah misteri. Sejak mereka datang, banyak sekali kejadian aneh dan mistis yang menimpa pasangan ini. Apa yang terjadi?

16. Blurr

Blurr

Blurr (2022) adalah film horor yang bikin penasaran. Dibintangi oleh Taapsee Pannu dan Gulshan Devaiah sebagai pemeran utamanya. sebenarnya, Blurr (2022) adalah proyek remake dari film Spanyol berjudul Julia’s Eye (2010).

Versi Indianya akan digarap oleh sutradara Ajay Bahl, sementara filmnya diproduksi oleh Zee Studios, Outsiders Films dan Echelon Productions.

Adapun filmnya mengisahkan seorang wanita bernama Gayatri. Pada awalnya ia hidup bahagia, hingga berita mengenai kematian saudara kembarnya membuat Gayatri kaget.

Tak percaya kematian adiknya adalah sebuah kecelakaan. Gayatri berusaha mencari tahu, apa yang terjadi pada saudarinya yang tunanetra dan tidak mudah bergaul dengan banyak orang. 

17. 13B: Fear has a New Address

13B_

Pindah rumah memang momen yang membahagiakan, apalagi tujuannya untuk meningkatkan kehidupan. Inilah yang dilakukan oleh Manohar dan keluarganya, mereka pindah ke sebuah apartemen di lantai 13 nomor 13B.

Keanehan terjadi ketika keluarga itu merasa apa yang dilihatnya di acara Yavarum Nalam mirip dengan yang terjadi pada mereka. Manohar mulai curiga dengan kemiripan ini, apalagi semakin hari banyak hal menakutkan yang terjadi di rumahnya.

Pria ini sangat terkejut ketika mengetahui rahasia dari apartemen yang ditinggalinya, ternyata ada satu keluarga yang tinggal di sana menjadi korban pembunuhan. Hal yang lebih aneh lagi, polisi yang menyelidiki kasus ini juga ikut melakukan aksi bunuh diri. Lalu, bagaimana dengan Manohar?

18. Ragini MMS

Ragini MMS_

Ragini MMS (2011) akan memberikan sensasi menegangkan yang berbeda dengan kebanyakan film horor lainnya. Film ini menggabungkan horor, paranormal, seks dalam satu film berbentuk footage yang diangkat dari kisah nyata. Uday mengajak Ragini untuk berlibur ke salah satu rumahnya yang sudah terbengkalai di lokasi sepi.

Ternyata rumah itu memiliki kisah soal penyihir wanita yang menghantui rumah, tapi pria ini tidak menanggapinya. Uday tetap melancarkan aksinya untuk bisa berhubungan intim bersama kekasihnya, bahkan berusaha merekamnya.

Tapi aksinya diganggu dengan roh jahat yang meneror mereka, Ragini menjadi korban akan teror menakutkan yang tidak pernah terpikirkan akan terjadi.

19. Bhoot – Part One: The Haunted Ship

Bhoot-–-Part-One-The-Haunted-ShipSumber: photogallery.indiatimes.com

Prithvi Prakashan (Vicky Kaushal) bersama Riaz (Akash Dhar) menyelidiki Sea-Bird yang ditemukan telah ditinggalkan penumpangnya secara misterius di sebuah pelabuhan.

Mereka kemudian menemukan sesosok mayat gadis terkubur di pinggir pantai. Prithvi dan Riaz mencoba menari Sea-Bird untuk dibuang, tetapi kapal penyelamat mereka rusak.

Setelah peristiwa tersebut, Prithvi mengalami banyak kejadian aneh. Belakangan sebuah rahasia mengerikan terungkap di balik hilangnya para penumpang Sea-Bird. Apa yang terjadi sesungguhnya dan bagaimana Prithvi keluar dari teka-teki ini?

20. Laxmii

Laxmii_

Laxmii (2020) merupakan film horor yang sempat menimbulkan kontroversi karena peran yang dilakukan Akshay Kumar. Film ini menceritakan pengalaman Asif saat berkunjung kampung halaman mertuanya yang angker.

Asif sebenarnya tidak percaya hal mistis, namun kejadian aneh terjadi setelah ia sengaja masuk ke halaman rumah yang katanya angker.

Pria ini mulai berhalusinasi, tingkahnya aneh dan sikapnya berubah-ubah, hal ini membuat keluarga mertuanya berpikir ada arwah yang mengganggu. Mereka berusaha mencari tahu siapa tiga arwah yang mengganggu Asif sampai ia tega membunuh seseorang.

Beberapa film horor India yang sudah disebutkan di atas menjadi pilihan lain bagi yang gemar sekali dengan Bollywood. Sensasi deg-degan dan ngeri selama menontonnya jadi hal yang justru membuat ketagihan.

Bagaimana pun cerita seram penuh misteri memang punya pesonanya sendiri, termasuk yang datang dari India. Jadi sudah tahu mau menyaksikan yang mana dulu?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram