logo web

20 Rekomendasi Film India Paling Inspiratif Sepanjang Masa

Ditulis oleh Aditya Putra

India adalah negara salah satu negara penghasil film terbesar di dunia. Bagi orang awam, film India mungkin identik dengan roman picisan, lagu-lagu, dan tarian. Namun, belum banyak yang tahu kalau film India jauh lebih luas daripada itu. Ada film aksi, komedi, sampai film inspiratif.

Kalau kamu belum tahu banyak soal film India dan ingin mencari hiburan yang inspiratif, film-film yang akan diulas di sini bisa menjadi referensi yang baik. Berikut adalah daftar rekomendasi film India inspiratif terbaik sepanjang masa versi Showpoiler, yang sangat menarik untuk ditonton.

Baca juga: 20 Film India Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2023

1. Gangubai Kathiawadi

Gangubai Kathiawadi

Gangubai Kathiawadi (2022) memang layak disebut sebagai film India paling inspiratif. Menyinggung soal isu sensitif, film garapan Sanjay Leela Bhansali ini mengisahkan kisah nyata aktivis wanita India.

Film ini dibintangi oleh Alia Bhatt, Ajay Devgn dan Shantanu Maheshwari sebagai pemeran utamanya. Kisahnya berawal ketika Gangubai dijual oleh kekasihnya ke rumah bordir di Kamathipura. Terpaksa jadi PSK, Gangubai memutuskan untuk menjadi penguasa Kamathipura dan tidak ingin diinjak-injak seperti budak.

Untungnya ia mendapatkan bantuan dari Rahim Lala, sejak saat itu Gangubai mulai memperjuangkan hak hidup bagi para pekerja seks dan anak-anak yang hidup di lingkungan tersebut. Jalan panjang dan sulit dilaluinya, tapi Gangubai tidak pernah menyerah menyuarakan hak mereka.

2. My Name is Khan

My Name Is Khan

Film satu ini pasti sudah tidak asing lagi, pasalnya My Name is Khan (2010) adalah film yang berhasil menggebrak dunia. Film ini mendapatkan banyak apresiasi tinggi dari para kritikus film dan mendapatkan nilai 85% dari 27 review.

Berkat My Name is Khan, dunia mulai membuka mata mengenai umat muslim yang tinggal di Amerika atau Eropa. Film ini Rizwan Khan seorang pria muslim dan penyandang autisme, tapi hidupnya berubah pasca tragedi 11 September di Amerika.

Masyarakat sekitar mulai memandang mereka sebagai teroris dan memperlalukan mereka seperti sampah. Rizwan berusaha untuk bertemu dengan Presiden Amerika untuk mengubah cara pandang masyarakat akan agamanya.

3. 3 Idiots

3 Idiots (2009)

3 idiots adalah salah satu film India yang paling populer dan sukses di pasaran. Bahkan banyak orang yang sebelumnya tidak pernah menonton film India menyempatkan diri untuk menonton film ini.

Ya, film India inspiratif yang satu ini memang sebagus itu. Pendidikan jadi fokus utama film ini, yang dikemas dengan kasual tetapi mendalam. Film ini mengisahkan Farhan, Raju, dan Rancho yang bertemu dan bersahabat di kampus tempat mereka kuliah teknik mesin.

Raju yang banyak takut, Farhan yang sebenarnya tidak ingin menjadi insinyur karena lebih suka fotografi, dan Rancho yang jenius sekaligus misterius. Akankah mereka berhasil di kampus itu? Kisah mereka sangat inspiratif, terlalu sayang untuk dilewatkan.

4. Chhatriwali

Chhatriwali_

Chhatriwali (2023) menjadi salah satu film inspiratif India yang wajib banget kamu tonton. Disutradarai oleh Tejas Prabha Vijay Deoskar, berbagai kritik sosial dan pembelajaran soal seks edukasi disampaikan dalam balutan komedi yang ringan.

Kali ini Rakul Preet Singh bakalan didapuk sebagai pemeran utamanya bersama Sumeet Vyas, Satish Kaushik, Rajesh Tailang dan Dolly Ahluwalia.

Filmnya mengisahkan seorang wanita muda bernama Sanya Dhingra. Gadis ini sudah lama lulus dari kuliahnya tapi masih belum juga mendapatkan pekerjaan.

Memiliki kemampuan bersosial dan pengetahuan yang luar, Sanya Dhingra berpikir untuk menjadi guru bagi masyarakat sekitar. Bukan guru biasa, Sanya mengajarkan pentingnya seks edukasi kepada pria dan wanita yang ada di desanya.

5. Gandhi Godse – Ek Yudh

Gandhi Godse – Ek Yudh

Sosok Mahatma Gandhi memang begitu dihormati oleh banyak penduduk di India. Kisah menegangkan saat Gandhi selamat dari insiden penembakan disajikan dalam film Gandhi Godse – Ek Yudh (2023).

Sutradara Rajkumar Santoshi berhasil menggarap filmnya dengan alur dan sinematografi yang indah. Deepak Antani didapuk sebagai pemeran utamanya bersama Chinmay Mandlekar dan Tanisha Santoshi.

Menganggap Gandhi bertanggung jawab dalam insiden pemisahan dan kesengsaraan umat hindu, Godse berusaha membunuh Gandhi. Namun secara ajaib Gandhi berhasil selamat dan memberikan maafnya kepada Godse. Karena sebuah insiden, Gandhi dan Godse kembali bertemu di penjara dan ketegangan diantara mereka pun kembali terjadi.

6. Shiv Shastri Balboa

Shiv Shastri Balboa

Siapa yang bilang kalau orang tua tidak bisa produktif? Aktor populer India bernama Anupam Kher berhasil menunjukkan, kalau tidak ada kata terlambat untuk berkembang.

Film berjudul Shiv Shastri Balboa (2023) mengisahkan seorang pensiunan bernama Shiv Shastri menjelajah Amerika. Rasa cintanya pada Rocky, membuat Shiv berpetualang di Amerika Serikat dan mempelajari banyak hal baru.

Mulai dari tidak ada kata terlambat untuk menemukan jati diri yang baru, berhadapan dengan stigma miring soal budaya, ras dan sosial selama di Amerika. Film ini menyuguhkan banyak sekali nilai-nilai sosial. Tak hanya Anupam Kher, Neena Gupta, Jugal Hansraj dan Nargis Fakhri juga didapuk sebagai salah satu pemeran utamanya.

7. Mrs Chatterjee Vs Norway

Mrs Chatterjee Vs Norway

Mrs Chatterjee Vs Norway (2023) bisa dikatakan sebagai film India yang wajib banget kamu tonton. Disutradarai oleh Ashima Chibber, film garapan Zee Studios ini mengadaptasi ceritanya dari kisah nyata Sagarika Chakraborty.

Film ini menjadi comeback Rani Mukerji ke layar lebar, ia akan beradu akting dengan Anirban Bhattacharya, Neena Gupta dan Jim Sarbh.

Seorang imigran India bernama Debika Chatterjee yang berjuang melawan hukum dan negara. Debika harus kehilangan anak-anaknya, karena sistem Penitipan Anak Norwegia (Barnevernet) merampas sang putri secara paksa.

Debika mencari berbagai cara untuk mendapatkan sang anak, bahkan ia tidak peduli jika harus melawan sebuah negara sekalipun.

8. Laal Singh Chadda

Laal Sing Chadda

Mengadaptasi kisahnya dari novel Winston Groom berjudul Forrest Groom, Laal Sing Chadda (2022) menginspirasi dengan caranya sendiri. Film ini disutradarai oleh Advait Chandan, serta dibintangi oleh Aamir Khan, Kareena Kapoor, Naga Chaitanya dan Mona Singh.

Berpusat pada Laal Sing Chadda, seorang anak laki-laki yang terlahir dengan kaki lemah dan harus memakai penyangga seumur hidupnya. Saat Laal mulai bersekolah, ia menunjukkan bahwa kegigihan membuat kakinya yang lemah menjadi seorang pelari nasional.

Banyak hal yang harus dilalui Laal. Bahkan ia hanya memiliki waktu yang sangat singkat bersama dengan wanita yang dicintainya. Meski begitu, hatinya yang murni dan keluguannya selalu membawa Laal berlari ke jalan yang baik.

9. English Vinglish

English Vinglish

English Vinglish (2012) mungkin terkesan jadul, namun film ini bikin masyarakat terutama wanita India bangga dengan dirinya. Film ini dibintangi oleh mendiang Sridevi, bahkan film ini membawa sang aktris legendaris ke puncak karirnya lagi.

Film ini mengisahkan seorang ibu rumah tangga bernama Shashi Godbole. Sebenarnya tidak ada masalah soal rumah tangganya tapi lingkungan ia hidup. Tidak bisa berbahasa Inggris seperti kebanyakan wanita lainnya, Shashi Godbole kerap direndahkan oleh keluarga besarnya.

Puncaknya saat Shashi diminta untuk membantu pernikahan adik iparnya di New York. Wanita ini diam-diam mengambil kursus bahasa tanpa sepengetahuan anggota keluarganya. Namun dari sini juga berbagai masalah dalam rumah tangganya mulai bermunculan.

10. Slumdog Millionaire

Slumdog Millionaire (2008)

Kalau kamu ingat, dulu sempat ada acara kuis Who Wants To Be a Millionaire yang disiarkan di televisi. Acara ini cukup digemari di seluruh dunia. Seorang yang terpilih akan duduk di kursi panas untuk menjawab pertanyaan.

Dia akan mendapatkan sejumlah uang setiap kali menjawab dengan benar. Nah, film India inspiratif yang satu ini bercerita tentang kuis itu.

Seorang pemuda dari daerah kumuh di Mumbai mengikuti kuis ini demi meraih cintanya. Sisi menariknya bukan mengenai kuisnya, tetapi cerita dibaliknya.

Setiap pertanyaan yang diajukan pembawa acara sangat berkorelasi dengan hidup pemuda itu. Tentang cinta, kemiskinan, dan konflik sosial yang dia alami sendiri. Film ini agak menampar penonton dengan cara yang unik.

11. Taare Zameen Par

Taare Zameen Par_

Mengira anaknya nakal dan bodoh, siapa sangka Ishaan adalah anak yang sangat spesial dan artistik. Anak berusia 8 tahun ini harus merasakan dibuang dari keluarganya dan tinggal di asrama.

Ishaan sendiri merasa sangat kecewa baik pada keluarga maupun pada dirinya sendiri. Tapi pertemuannya dengan Ram Shankar Nikumbh membuat keluarganya memahami bahwa Ishaan mengalami disleksia.

Sesuai dengan arahan gurunya, Ishaan mulai bisa mengikuti pelajaran dan bergaul dengan anak lainnya. Hal paling penting, bakat Ishaan dalam menggambar bisa dituangkannya dengan sangat baik.

Taare Zameen Par (2007) membuat banyak orang tua tahu tentang disleksia dari film yang mengharukan ini. Film ini mendapatkan nilai 90% di Rotten Tomatoes, serta membekas di hati dan ingatan penontonnya.

12. Life of Pi

Life of Pi (2012) (Copy)

Film yang sempat viral banget di Indonesia, Life of Pi (2012) diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Yann Martel tahun 2001. Film ini mengisahkan perjalanan hidup seorang pendongen bernama Pi Patel yang sangat mengesankan. Dahulu Ayah Pi memiliki kebun binatang dan salah satunya ada harimau bernama Richard Parker.

Karena keadaan politik India yang memanas, kebun binatang dan semua binatangnya dijual lalu dibawa ke Kanada. Di tengah-tengah perjalanan terjadi badai besar, Pi dan para hewan harus betahan hidup teormbang-ambing di samudra. Kala itu Pi berada di atas sekoci bersama dengan Richard Parker, akankah mereka berhasil selamat?

13. Toilet: Ek Prem Katha

Toilet Ek Prem Katha_

Pernah terpikirkan kalau rumah tangga bisa terancam perceraian hanya karena masalah toilet? Hal ini dirasakan oleh Keshav yang digugat cerai istrinya Jaya karena rumah mereka tidak ada toilet.

Setelah menikah, Jaya tinggal bersama suaminya Keshav, tapi desa itu tidak ada satupun fasilitas sanitasi. Para wanita pagi-pagi buta pergi ke sawah untuk buang hajat atau menunggu kereta api yang berhenti 7 menit.

Jaya muak dengan keadaan, hal ini membuat Keshav nekat membangun toilet tapi mendapatkan banyak penolakan. Keshav berusaha mengedukasi masyarakat, hingga masalah ini diketahui oleh media masa.

Toilet: Ek Prem Katha (2017) merupakan kritik sosial untuk masyarakat tradisional India yang masih meremehkan sanitasi rumah dengan cara yang lucu.

14. Gully Boy

Gully Boy

Kisah hidup para rapper jalanan India, memang jarang disentuh sineas India. Namun salah satu sutradara terbaik India Zoya Akhtar, berani membawa kisah mereka dalam Gully Boy (2019).

Dibintangi oleh Ranveer Singh, Alia Bhatt dan Sidharth Chaturvedi, film ini berhasil meraih banyak prestasi. Mengisahkan seorang pria muslim bernama Murad Ahmed yang hidup di keluarga konservatif.

Dibalik sikap diamnya, Murad memiliki ketertarikan soal musik rap. Ia bertemu dengan MC Sher dan membangun kolaborasi. Lagu mereka hits dikalangan masyarakat India dan mulai mengubah hidup Murad.

Ia membawa pergi ibunya dari sang ayah yang abusive, tapi kemewahan dan ketenaran juga membuat Murad kehilangan dirinya.

15. Mili

Mili

Kecelakaan dalam bekerja, menjadi sesuatu yang menyeramkan. Hal inilah yang terjadi pada salah satu karyawan restoran cepat saja bernama Mili.

ukan kecelakaan lalu lintas atau alam, kecelakaan bekerja yang hampir membunuhnya adalah ia terjebak di freezer restoran. Dalam lima jam kedepan, Mili harus bisa menyelamatkan dirinya sendiri di sebuah ruangan bersuhu minus 18 derajat.

Itulah kisah Mili (2022), remake dari film Helen (2019) yang disutradarai oleh Alfred Kurian Joseph, Noble Babu Thomas dan Mathukutty Xavier.

Film ini disutradarai oleh Mathukutty Xavier dan dibintangi oleh aktris cantik Janhvi Kapoor. Tak hanya itu, Mili (2022) menjadi proyek pertama bagi Janhvi Kapoor bekerjasama dengan sang ayah Boney Kapoor.

16. Chandigarh Kare Aashiqui

Chandigarh Kare Aashiqui

Chandigarh Kare Aashiqui (2021) adalah film India yang berani mengusung tema soal wanita transgender. Film garapan Abhishek Kapoor ini dibintangi oleh Ayushmann Khurrana dan Vaani Kapoor sebagai pemeran utamanya.

Filmnya mengisahkan seorang wanita cantik bernama Maanvi Brar yang baru saja menjalani hidup barunya di Chandigarh. Berbeda dengan kebanyakan wanita, Maanvi sangat tertutup bahkan menolak cinta Manu Munjal berkali-kali.

Hingga alasan dibalik penolakan itu terbongkar, ternyata Maanvi terlahir sebagai pria dan ia berusaha menjalani hidupnya pasca jadi transgender. Pengakuan ini membuat Manu marah, terlebih lagi identitas Maanvi tersebar ke seluruh kota. Apakah Maanvi harus lari lagi dari kenyataan?

17. I Am Kalam

I Am Kalam_

Berbicara mengenai film yang inspiratif, I Am Kalam (2011) tidak boleh terlewatkan di list ini. Pasalnya film ini akan membuat kamu sadar betapa beruntungnya kita bisa hidup dan belajar dengan mudah.

Film ini menceritakan kisah Chotu seorang anak yang berasal dari keluarga miskin. Anak ini harus bekerja keras menghidupi keluarganya meski usianya masih sangat kecil.

Chotu di balik hidupnya yang sulit, anak ini sangat cerdas dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Terinspirasi kisah hidup luar biasa dari Presiden India A. P. J. Abdul Kalam, Chotu terus berusaha. Film ini memiliki skenario yang penuh dengan makna dan semangat juang akan pendidikan yang baik dan layak.  

18. Dangal

Dangal (2016)

Kalau kamu suka mengikuti dunia olahraga, film India inspiratif yang ini jangan sampai dilewatkan. Kenapa? Karena film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang atlet gulat perempuan di India. Cerita yang diangkat adalah drama keluarga dan perjuangan seorang ayah dalam menyukseskan anak-anaknya.

Mahavir Phogat gagal membawa pulang medali emas untuk negaranya. Dia ingin penerusnya yang berhasil mempersembahkan medali. Masalahnya, dia tidak mempunyai anak laki-laki.

Jadi, dia melatih dua anak perempuannya untuk menjadi atlet. Perjuangan mereka yang akan membuat kamu takjub dan bisa sangat menginspirasi.

19. Chak De! India

Chak De! India (2007)

Chak De! India adalah film inspiratif India lainnya yang mengangkat cerita dunia olahraga. Kali ini, ceritanya berasal dari cabang olahraga hoki. Olahraga ini tidak sepopuler sepak bola atau atletik, karena itulah film ini menjadi sangat menarik untuk ditonton. Kita disuguhi dunia baru yang mungkin sepenuhnya asing.

Ini tentang Kabir Khan, seorang atlet andalan pada masanya. Sayangnya, dia harus mengalami kekalahan yang memalukan di lapangan. Bertahun-tahun setelah menghadapi kekalahan itu, dia kembali sebagai pelatih tim hoki wanita India. Dia ingin mengabdi sekaligus membuktikan diri kepada negara.

20. Bhagban

Bhagban_

Bhagban (2003) sebuah film yang menunjukkan bahwa anak tidak hanya sumber kebahagiaan, tapi sumber penderitaan. Raj dan Pooja Malhotra memiliki empat putra kandung dan satu putra angkat, mereka membesarkan semua anaknya sama rata.

Setelah anak-anaknya dewasa dan berkeluarga, Raj dan Pooja harus hidup terpisah untuk tinggal dengan anak-anak mereka. Namun perlakuan dari putra dan menantunya sangat kasar dan penuh rasa tidak hormat. Setelah sekian lama terpisah, Raj dan Pooja akhirnya bisa bertemu kembali. Mereka juga bertemu lagi dengan Alok.

Putra angkatnya, Alok, sangat menghargai dan menghormati mereka. Hingga malam peluncuran novelnya, Raj dan Pooja bertemu dengan anak-anaknya, tapi anak-anaknya sendiri tidak mau memaafkan mereka dan pergi begitu saja.   

Itulah daftar film India paling inspiratif yang bisa membuat kamu takjub dan terinspirasi. Showpoiler juga memiliki kumpulan artikel mengenai film inspiratif lainnya, seperti film inspiratif tentang memasak, pengusaha, penemuan, dan masih banyak lagi.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram