logo web

10 Film Indonesia Terbaru tentang Kisah Cinta Anak SMA

Ditulis oleh Gerryaldo

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa cerita percintaan masa SMA adalah yang paling indah. Kisah cinta seragam putih abu-abu ini memang banyak mengukir kenangan. Mulai dari cinta pandangan pertama, suka dengan sahabatan sendiri, hingga rela jadi secret admirer. Apakah kamu salah satunya?

Nah, karena dirasakan oleh banyak orang, maka tidak heran jika beberapa rumah produksi mengangkat kisah cinta anak SMA jadi sebuah film. Jajaran film cinta masa SMA ini berhasil dikemas secara apik, tentunya dengan alur cerita yang sangat related dengan penonton, bahkan beberapa penuh dengan pelajaran hidup. Kira-kira film apa sajakah itu?

 

1. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Zee JKT48 Arbani Yasiz
Selengkapnya →

Tak sedikit penggemar yang penasaran dengan kelanjutan kisah Dilan setelah akhirnya resmi berpisah dengan Milea. Rupanya lembaran kisah cinta sang mantan panglima geng motor asal kota Kembang yang super romantis ini berlanjut, terutama ketika ia akhirnya bertemu dengan seorang gadis bernama Ancika.

Ancika Mehrunisa Rabu adalah siswi SMA berusia 17 tahun yang terpaut usia cukup jauh dari Dilan, yang di tahun 1995 ini, sudah menjadi seorang mahasiswa. Pertemuan pertama keduanya di ulang tahun Kakek Ancika tidak meninggalkan kesan baik pada Ancika yang tidak suka dengan rumor tentang Dilan sebagai mantan anggota geng motor.

Anehnya setelah pertemuan ini, keduanya jadi kerap bertemu dalam berbagai situasi dan tanpa sadar, Acika serta Dilan pun perlahan jadi membangun hubungan pertemanan. Sejak awal sudah tertarik, Dilan berusaha dengan berbagai cara untuk menaklukkan hati pujaan hati barunya itu yang memiliki kepribadian jauh berbeda dari sang mantan kekasih.

Meski secara umur lebih muda, Ancika ternyata memiliki sifat yang sangat dewasa dan mandiri. Yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa Ancika tidak suka dengan konsep berpacaran. Lalu, akan seperti apa cara Dilan untuk mendapatkan hati Ancika?

Argantara diadaptasi dari novel Wattpad karya Falistyana yang telah dibaca lebih dari 48 juta kali. Kisahnya berawal dari Arga dan Syera, dua remaja yang dijodohkan oleh orang tua mereka. Meski masih berstatus pelajar, mereka memutuskan untuk menikah. Namun tentu saja, pernikahan dini ini malah membawa banyak tantangan dalam hidup mereka.

Syera adalah siswa berprestasi, sementara Arga dikenal sebagai siswa populer dan pemimpin geng motor di sekolah. Awalnya, mereka sangat tidak cocok dan sering bertengkar, namun seiring berjalannya waktu, cinta mulai tumbuh di antara keduanya.

Konflik mencuat ketika Syera mengandung. Hal ini menjadi masalah baru karena ia belum lulus dan harus merahasiakan kehamilannya dari pihak sekolah. Lantas, mampukah Syera dan Arga menyembunyikan hubungan dan kehamilan ini?

3. Mariposa

Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Angga Yunanda Adhisty Zara
Selengkapnya →

Mariposa bercerita tentang kisah cinta unik namun penuh liku dari dua siswa berprestasi yaitu Acha (Adhisty Zara) dan Iqbal (Angga Yunanda). Kisahnya dimulai saat Acha, yang saat itu merupakan seorang murid baru, jatuh cinta pada pandangan pertama pada Iqbal.

Keduanya memiliki sifat yang sangat bertolak belakang layaknya air dan minyak: Acha adalah siswi yang sangat ceria, sementara Iqbal dikenal sebagai siswa berkepribadian dingin di sekolah. Meski begitu, keduanya sangat unggul dalam bidang akademis.

Hingga pada suatu hari, perjuangan konsisten Acha berhasil membuat hati Iqbal luluh. Hubungan keduanya pun jadi semakin dekat. Tapi sayangnya, orang tua Iqbal tidak menyetujui kedekatan mereka karena takut mengganggu fokus Iqbal saat menempuh ujian masuk universitas. Apa yang akan Acha lakukan setelah mengetahui fakta ini?

Diangkat dari novel Wattpad dengan judul yang sama karya Luluk Hidayatul Fajriyah, Mariposa menggambarkan perjuangan Acha yang tak kenal lelah untuk mendapatkan hati pujaan hatinya, Iqbal. Dengan latar belakang kehidupan sekolah, film ini adalah menggambarkan sebuah cerita tentang cinta, tekad, dan persahabatan.

4. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jefri Nichol Aurora Ribero Nadya Arina Axel Matthew
Selengkapnya →

Pada tahun 2016, penulis Boy Chandra berhasil melahirkan novel berjudul Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi yang langsung menjadi hit di kalangan anak muda Indonesia. Sampai saat ini, novel tersebut sudah lebih dari 14 kali dicetak ulang karena kepopulerannya, hal ini jugalah yang membuat sutradara Lasja F. Susatyo tertarik untuk membuatnya ke dalam sebuah film.

Sama seperti kisah di novelnya, film ini mengisahkan cinta segitiga antara Nara (Aurora Ribero), Kevin (Jefri Nichol), dan Juned (Axel Matthew). Kevin dan Nara yang sudah bersahabat sejak kecil berjanji untuk selalu menjadi sahabat. Tapi seiring waktu bergulir, Kevin jatuh cinta pada Nara.

Masalahnya, Kevin tidak berani mengungkapkan perasaannya pada sang sahabat karena takut akan merusak hubungan persahabatan mereka. Sayangnya di saat bersamaan, Nara malah jatuh cinta pada seorang mahasiswa ahli panjat tebing bernama Juned. Hal ini membuat Kevin sangat patah hati.

Situasi makin runyam ketika Nara malah menyuruh Kevin untuk segera mendapatkan pasangan. Padahal, hati Kevin hanya tertaut pada Nara seorang. Akan seperti apa akhir kisah cinta yang rumit antara dua sahabat ini?

Dignitate menggambarkan bagaimana perubahan bisa datang dari mana saja dan bagaimana kita harus menghadapinya. Fokus ceritanya berpusat pada dua karakter utama kita, Alfi (Al Ghazali) dan Alana (Caitlin Halderman). Alfi adalah siswa SMA Sanjaya yang terkenal tampan dan cerdas, namun kepribadiannya sangat dingin bagai es; dia selalu bersikap sarkastis, terutama pada perempuan.

Di sisi lain, Alana adalah siswi cantik yang baru saja pindah ke sekolah Alfi. Ia punya kepribadian yang 180 derajat berbeda dengan Alfi, yakni periang, baik dan bahkan terkesan polos. Alana juga merupakan mantan kekasih kakak dari Alfi, yakni Regan (Giorgino Abraham). Tapi karena sebuah tragedi yang kelam, Alana pergi menjauh dari Regan sampai dia pindah sekolah.

Saat mengetahui trauma Alana yang diakibatkan oleh Regan, Alfi berusaha untuk menjaga Alana dari Regan. Berkat Alfi, Alana pun berhasil melupakan masa lalunya dengan Regan. Perlahan, keduanya bahkan mulai merasakan perasaan khusus.

Bima dan Dara adalah sepasang remaja yang menjalin kasih di bangku SMA. Walau berbeda status sosial, mereka tidak peduli, karena perasaan keduanya begitu menggebu. Hingga suatu hari, keduanya melakukan hubungan suami-istri yang membuat Dara hamil. 

Pada awalnya mereka berpikir untuk menggugurkan kandungan tersebut. Tapi, Dara tidak tega, dan akhirnya mereka membatalkan niat tersebut. Lambat laun Dara ketahuan tengah hamil dan di-drop out dari sekolah. Sementara Bima masih bisa bersekolah, karena sebagai pihak lelaki, dia harus bisa menafkahi Dara.

Dara dan Bima pun dipaksa untuk menjadi dewasa lebih cepat dari usia mereka. Masing-masing mengalami perubahan signifikan akibat insiden yang mereka ciptakan sendiri.

Film ini merupakan sex education yang sangat penting untuk disimak, terutama bagi orang tua dan remaja. Film ini juga mengantongi banyak penghargaan, baik untuk filmnya maupun bagi para aktornya. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menontonnya, ya!

Something in Between punya kisah yang unik karena memadukan sedikit elemen fantasi di dalamnya. Film garapan Asep Kusdinar ini menceritakan perjuangan Gema (Jefri Nichol) untuk memenangkan hati Maya (Amanda Rawles), siswi berprestasi yang menjadi pujaan hatinya.

Dengan bantuan sahabatnya, Surya (Junior Liem), Gema mencoba berbagai cara untuk mendekati Maya. Usahanya pun tidak sia-sia karena Maya akhirnya luluh dan bersedia berpacaran dengan Gema.

Namun, hubungan mereka tidak berjalan lancar karena ada beberapa pihak yang menentang. Di sisi lain, ada seseorang bernama Abi yang selalu bermimpi tentang kisah cinta Gema dan Maya. Abi, yang tinggal di London, kembali ke Indonesia karena mimpinya tersebut. Abi tak hanya membuat sketsa wajah, tapi juga tempat yang ada dalam mimpinya.

Tak hanya menyoroti perjalanan cinta Gema dan Maya, kita juga akan mempertanyakan hubungan Abi dengan dua protagonis utama kita tersebut. Pastikan untuk menonton film ini untuk menguak semua misterinya, ya!

Berlatar di tahun 1990, film bergenre romansa ini merupakan film yang diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Pidi Baiq. Sebelum benar-benar tampil di layar lebar, pemilihan aktor untuk memerankan karakter Dilan bahkan ramai diperbincangkan, hingga akhirnya pilihan jatuh kepada Iqbaal Ramadhan.

Milea (Vanesha Prescilla) baru saja pindah dari Jakarta ke sebuah sekolah di Bandung. Suatu pagi, seorang siswa bernama Dilan (Iqbaal Ramadhan) mengajak Milea berkenalan. Gaya perkenalan Dilan yang tidak biasa membuat Milea tertarik dengan siswa yang terlihat 'tengil' itu.

Dilan bisa dibilang sangat unik, romantis, dan juga cerdas. Sayangnya, ia juga terkenal sebagai murid yang nakal dan merupakan ketua geng motor yang cukup dikenal di Bandung pada waktu itu.

Di sisi lain, Milea sudah memiliki pacar di Jakarta, yaitu Beni. Namun, sifat Beni yang terlalu posesif dan kasar membuat Milea memutuskannya. Setelah itu, Milea dan Dilan semakin dekat hingga akhirnya resmi berpacaran. Walau begitu, hubungan mereka tidak selalu lancar. Lika liku hubungan Milea dan Dilan bisa kamu saksikan secara lengkap di film ini. Tonton sekarang juga!

 

9. Dear Nathan

Tahun Rilis 2017
Genre
Sutradara
Pemeran Jefri Nichol Amanda Rawles Surya Saputra
Selengkapnya →

Dua remaja SMA, Nathan (Jefri Nichol), dan Salma (Amanda Rawles), memiliki karakter yang sangat berbeda. Nathan dikenal sebagai siswa yang nakal, sementara Salma adalah siswi yang berprestasi.

Namun, Nathan mulai jatuh cinta pada Salma ketika dia membantu Salma lolos dari hukuman karena terlambat ke sekolah. Meski Salma berusaha menjaga jarak, Nathan tetap mengejarnya dengan terang-terangan.

Seiring berjalannya waktu, Salma pun mulai luluh dengan perhatian Nathan. Di sisi lain, Nathan juga berusaha memperbaiki dirinya demi Salma. Sayangnya hubungan mereka terganggu ketika orang tua Salma tidak menyetujui hubungan ini. Nathan dan Salma pun harus mencari jalan keluar atas permasalahan yang mereka hadapi.

Dear Nathan adalah salah satu film adaptasi novel karya Erisca Febriani yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para penggemar film romantis remaja. Film ini menjadi salah satu film adaptasi novel paling laris di Indonesia.

10. Marmut Merah Jambu

Tahun Rilis 2014
Genre ,
Sutradara
Pemeran Raditya Dika Christoffer Nelwan Franda Sonya Pandarmawan
Selengkapnya →

Marmut Merah Jambu merupakan film keempat karya Raditya Dika yang diambil dari buku berjudul sama yang juga ditulis oleh Radit sendiri. Film ini mengisahkan tentang Dika (Raditya Dika) yang menceritakan kembali tentang cinta pertamanya yaitu Ina (Anjani Dina).

Ina yang kini sudah dewasa, tiba-tiba datang kembali dengan membawa sebuah undangan pernikahan. Hal ini membuat Dika menjadi teringat kembali pada masa lalunya, saat dia masih mengejar cintanya Ina di sekolah.

Dengan pola pikir anak sekolahan yang sangat sederhana dan lugu, mereka berpikir demi mendapatkan seorang yang disukai mereka harus terkenal. Maka dari itu, Dika dan dua temannya yaitu Bertus dan Cindy membentuk tim detektif agar jadi populer.

Sayangnya usaha yang dilakukan Dika gagal. Dan akibat satu kesalahan yang Dika lakukan, pertemanannya dengan Bertus dan Cindy pun retak. Bagaimanakah kisah Dika selanjutnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram