logo web

15 Film Indonesia Terbaru yang Wajib Ditonton di 2024

Ditulis oleh Sera Serinda A

Kualitas dunia perfilman tanah air semakin meningkat dengan pesat. Setiap bulan, film-film nasional baru bermunculan dengan kisah, pengambilan gambar, dan kemampuan akting pemeran yang tak kalah dengan produksi internasional. Bahkan, beberapa judul film Indonesia telah berhasil meraih perhatian jutaan penonton.

Jika kamu salah satu penggemar film-film Indonesia, Showpoiler akan memberikan ulasan tentang judul-judul film terbaru yang baru saja mempercantik layar kaca tanah air. Agar tidak ketinggalan informasi mengenai film-film nasional terkini, mari simak daftarnya berikut ini!

1. The Architecture of Love

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Nicholas Saputra Putri Marino
Selengkapnya →

Daya tarik kota New York memang tak terbantahkan. Kota ini mampu memikat hati siapapun yang mengunjunginya, termasuk Raia (Putri Marino), seorang penulis ternama yang tengah dilanda kebuntuan.

Di tengah perjuangannya melawan writer's block, Raia memutuskan untuk mencari inspirasi di New York. Ia tinggal bersama sahabatnya, Erin, dan menjelajahi setiap sudut kota ini sambil berharap menemukan kisah yang menanti untuk dituangkan dalam karyanya.

Suatu malam, Raia bertemu dengan River (Nicholas Saputra), seorang pria yang berprofesi sebagai arsitek asal Jakarta. Keduanya perlahan menjalin persahabatan karena sering bertemu.

Namun ketika perasaan mereka berkembang, perilaku River mulai berubah. Pria itu rupanya menyembunyikan luka di masa lalu yang mengubahnya menjadi pribadi yang sekarang ini. Tapi siapa sangka, Raia hanya menetapkan perasaan pada River, tanpa menyadari bahwa ada pria-pria lain yang juga menginginkannya.

2. Glenn Fredly: The Movie

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Marthino Lio
Selengkapnya →

Glenn Fredly The Movie yang disutradarai oleh Lukman Sardi ini menyelami kisah hidup sang legenda musik Indonesia, mendiang Glenn Fredly. Kita akan diajak untuk kembali ke era awal tahun 2000-an, saat lagu "Januari" mengantarkan Glenn Fredly ke puncak popularitas.

Perjalanan Glenn tak selalu mulus. Di balik kesuksesannya, ia harus menghadapi berbagai rintangan, termasuk konflik di Ambon pada tahun 1999. Tak hanya itu, hubungan Glen dengan ayahnya juga tidak dalam keadaan baik karena sebuah konflik yang berkepanjangan dan hal ini menjadi ujian lain yang harus Glenn lalui.

Glenn pun sadar bahwa ia harus bisa memberikan dampak positif pada masyarakat. Karenanya, ia berusaha menyampaikan nilai tersebut lewat karya-karyanya. Dapatkan Glenn mewujudkan tekadnya ini?

3. Dua Hati Biru

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Angga Yunanda Aisha Nurra Datau Farrell Rafisqy
Selengkapnya →

Kesuksesan film Dua Garis Biru menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan penonton: akan seperti apa kelanjutan kisah kehidupan Dara dan Bima? Setelah akhirnya Dara memutuskan untuk menggapai mimpinya belajar di Korea Selatan dan Bima yang mengambil alih untuk mengurus putra mereka. Nah, film ini akan menjawab pertanyaan besar tersebut.

Di balik kebahagiaan Dara karena bisa bersekolah di negara impiannya, terselip rasa sedih karena harus berpisah dengan suaminya, Bima, dan putra mereka Adam. Dara dan Bima sebenarnya sudah terbiasa dengan hubungan jarak jauh karena sejak sebelum menikah mereka telah menjalin kasih dengan cara ini. Meski begitu, kini Bima harus memikul tanggung jawab ganda: menjadi ayah dan ibu bagi Adam.

Saat Dara memutuskan kembali ke Indonesia dan menjadi ibu sepenuhnya bagi Adam, permasalahan pun mulai datang silih berganti. Adam tampak tak mengenali ibunya sendiri, membuat Dara kebingungan dengan sikap putra semata wayangnya itu. Belum lagi campur tangan orang tua Bima dan Ibunya di rumah tangga mereka yang memperumit semuanya.

Akhirnya, Bima dan Dara memutuskan untuk membangun kehidupa rumah tangga mereka secara mandiri dengan Adam di sebuah rumah kecil. Tapi, bukan berarti keputusan ini membuat kehidupan rumah tangga mereka langsung berjalan mulus. Konflik demi konflik kembali datang dan menguji kesiapan mereka sebagai orang tua.

4. Siksa Kubur

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Faradina Mufti
Selengkapnya →

Siksa Kubur merupakan film asal Indonesia yang ditulis, diproduseri, dan juga disutradarai langsung oleh Joko Anwar. Film ini menjadi salah satu film horor Indonesia yang paling ditunggu setelah sebelumnya Joko Anwar sukses dengan film-film horor lainnya terdahulu. Kira-kira apa kisah mengerikan yang akan Joko tawarkan untuk kita?

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Sita (Faradina Mufti). Ia menolak mempercayai agama setelah kedua orang tuanya tewas dalam bom bunuh diri. Ia selalu skeptis dengan hal-hal yang ada kaitannya dengan Tuhan. Sita benar-benar dibutakan oleh rasa amarahnya, dan tujuan hidupnya adalah meyakini apa yang ia percaya.

Namun teman Sita yakni Adil (Reza Rahardian) yang bekerja di mortuarium mencoba untuk meyakinkan Sita bahwa Tuhan itu ada, agama itu nyata. Untuk membuktikannya, Sita pun mencari orang yang paling berdosa. Dan ketika orang itu meninggal, Sita mau masuk ke dalam kubur untuk membuktikan bahwa apa yang dikatakan Adil hanyalah bualan.

Begitu Sita melakukannya, Ia pun terkejut dengan apa yang terjadi. Saksikan kisah seru menegangkan selengkapnya di film Siksa Kubur!

5. Badarawuhi Di Desa Penari

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Aulia Sarah Maudy Effrosina
Selengkapnya →

Tahukah kamu kalau teror Badarawuhi sudah lama terjadi bahkan sebelum bertemu dengan rombongan KKN Ayu dan teman-temannya? Dalam film ini, sang hantu penari dikisahkan pernah menganggu kehidupan seorang gadis bernama Mila.

Karena ketakutan akan kehilangan ibunya yang tengah sakit keras, Mila gelap mata dan mencari pertolongan di luar pengobatan dokter. Alhasil, ia pergi ke dukun. Sang dukun pun memberikan petunjuk bila Mila ingin ibunya sembuh, ia harus mengembalikan gelang penari Kawaturih ke sebuah desa di timur Pulau Jawa.

Mila tentu saja menerima tawaran itu. Ia dibantu oleh dua kakak sepupunya, Yuda dan Arya, pergi ke desa yang dimaksud. Namun, yang tidak mereka sadari adalah fakta bahwa desa tersebut adalah Desa Penari, tempat Badarawuhi bersemayam.

Mila juga malah nekat mengembalikan Kawaturih tanpa menunggu sesupuh desa, Mbah Buyut. Keputusannya ini pun mendatangkan petaka karena Badarawuhi jadi menebar teror tak hanya pada Mila, tapi juga pada semua orang di sekitarnya.

6. Keluar Main 1994

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Arif Brata
Selengkapnya →

Sebenarnya Keluar Main 1994 punya premi yang super simpel: seorang anak muda yang kebingungan antara mengejar cita-citanya atau memenuhi keinginan orang tuanya. Namun, yang bikin film ini unik adalah aspek komedinya yang dikemas dengan cukup natural.

Cerita berpusat pada Ibo, siswa SMA yang sangat menyukai sepak bola. Ia selalu menghabiskan waktu bermain bersama sahabat-sahabatnya: Puding, Ippang, dan Concong. Namun, mimpi Ibo untuk menjadi pemain sepak bola profesional terhalang oleh ambisi ayahnya, Pak Karim.

Pak Karim ingin Ibo fokus belajar dan menjadi insinyur. Demi mewujudkan keinginan ayahnya itu, Ibo pun terpaksa mengikuti bimbingan belajar, tempat ia menemukan kejutan tak terduga: Vivi, teman sekolahnya sekaligus gadis yang Ibo sukai, ternyata menjadi salah satu gurunya.

Kehadiran Vivi membuat Ibo termotivasi untuk mencapai nilai terbaik. Namun, saat turnamen sepak bola sekolah tiba, kesibukan Ibo belajar membuat teman-temannya marah. Mereka merasa Ibo mengabaikan latihan dan tim. Ibo pun dihadapkan pada pilihan sulit: fokus pada pelajaran, memenangkan turnamen sepak bola, atau memenangkan hati Vivi.

7. 24 Jam Bersama Gaspar

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Shenina Cinnamon Laura Basuki Kristo Immanuel
Selengkapnya →

Dibintangi banyak seleb ternama, 24 Jam Bersama Gaspar adalah film yang diangkat dari novel fiksi misteri berjudul sama karya Sabda Armandio tahun 2017. Karena ceritanya menarik, sutradara Yosep Anggi Noen pun percaya diri mengangkat kisah ini ke layar kaca, bahkan Netflix akan menjadi platform resmi yang pertama kali menyiarkan film ini.

Kisahnya berkutat pada seorang detektif bernama Gaspar. Setelah divonis memiliki kelainan posisi jantung, Gaspar hanya punya waktu 24 jam untuk bertahan hidup. Sang detektif kini berupaya untuk memecahkan misteri teman masa kecilnya, Kirana, yang tiba-tiba menghilang saat mereka masih anak-anak.

Penyelidikannya pun tertuju pada seorang pemilik toko perhiasan Bernama Wan Ali, yang tidak lain adalah ayah Kirana sendiri. Tak disangka, kasus ini punya skala yang sangat besar karena rupanya Wan Ali merupakan bagian dari sindikat perdagangan manusia.

Dengan penuh amarah, Gaspar pun berencana untuk melakukan sebuah perampokan pada toko Wan Ali, sebagai ajang balas dendam atas hilangnya sang sahabat.

8. Dealova (2024)

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Givina Lukita Pradikta Wicaksono Harris Illano Vriza
Selengkapnya →

Judul film ini terdengar tidak asing, bukan? Ya, benar! Film ini merupakan spin-off dari film Dealova yang sangat populer di tahun 2005. Meski punya formulasi yang sama, kisahnya dikemas dalam versi yang modern dengan tokoh-tokoh baru yang diperankan aktor muda seperti Givina Lukita, Pradikta Wicaksono dan Harris Illano Vriza.

Cerita berpusat pada seorang anak SMA bernama Libby (Givina Lukita) yang memiliki ambisi besar untuk menjuarai kompetisi basket antar sekolah. Demi mengasah kemampuannya, ia nekat meminta bantuan Tama (Harris Illano Vriza), mantan atlet basket yang terkenal ketus dan suka bikin ulah.

Namun, ibunya ternyata melarang Libby bermain basket, sehingga Libby harus berpura-pura menjadi anggota cheerleaders untuk terus memainkan hal yang disukainya itu. Dan untuk mewujudkan mimpinya, Libby bersekongkol dengan Abi (Pradikta Wicaksono), sahabatnya, bahkan berpura-pura menjalin hubungan asmara dengan Abi.

Di tengah perjuangannya meraih prestasi, Libby malah terjebak dalam cinta segitiga. Abi, yang sebenarnya memiliki perasaan padanya, harus bersaing dengan Tama yang juga mulai menunjukkan perhatian pada Libby.

9. Pemandi Jenazah

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Aghniny Haque Djenar Maesa Ayu
Selengkapnya →

Di balik profesinya yang sakral, seorang pemandi jenazah menyimpan rahasia kelam, dan film Pemandi Jenazah menyoroti fenomena ini. Film arahan Hadrah Daeng Ratu ini membawa kita mengikuti kisah dari Lela (Aghniny Haque), seorang gadis yang mewarisi tugas mulia memandikan jenazah di desanya.

Awalnya tugas ini Lela lakukan bersama ibunya, Bu Siti (Djenar Maesa Ayu), yang sudah lama menggeluti profesi tersebut. Namun, ketika sang ibu ditemukan tewas, hanya tersisa Lela yang bertugas menggantikan pekerjaan itu.

Kehidupan Lela berubah drastis saat ia melihat ibunya, Bu Siti, yang meninggal secara mendadak pada suatu malam. Ketika memandikan jenazah sang ibu, Lela menemukan keanehan di tubuh Bu Siti. Lebih anehnya lagi, setelah kematian Bu Siti, kasus kematian pun terjadi silih berganti di kampung tempat tinggal Lela. Apa yang sebenarnya terjadi?

Pemandi Jenazah diangkat dari kisah nyata dan ditulis oleh Lele Laila. Lebih dari sekadar film horor, film ini mengajak kita merenungkan makna kematian dan sisi spiritual yang tersembunyi di balik ritual memandikan jenazah.

10. Ali Topan

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jefri Nichol Lutesha
Selengkapnya →

Lahir dari keluarga bermasalah membuat Ali Topan (Jefri Nichol) menemukan kedamaian dengan geng motornya. Meski tampak seperti anak berandalan, nyatanya Ali adalah siswa yang cukup pintar di sekolah. Namun, kehidupan Ali berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis bernama Karenina (Lutesha) yang juga kerap dipanggil Anna.

Berbeda dengan Ali yang punya hidup “bebas,” kehidupan Anna sebagai putri dari keluarga konglomerat sangatlah terkekang. Namun karena sering bertemu, Ali dan Anna perlahan mengembangkan perasaan khusus, bahkan akhirnya memutuskan untuk berpacaran.

Sayang, perbedaan kelas sosial membuat hubungan mereka tidak direstui, terutama oleh orangtua Anna. Dari kekecewaan inilah Ali dan Anna berusaha untuk “kabur” dari kekangan orang tua mereka dengan melakukan perjalanan penuh tantangan melintasi pulau Jawa menggunakan motor demi mencari masa depan yang mereka inginkan.

Meski secara keseluruhan mengisahkan perjalanan cinta antara dua pemeran utamanya, film Ali Topan juga menarasikan banyak isu sosial yang kerap terjadi di masyarakat, termasuk untuk menyuarakan kebebasan penuh tanggung jawab pada para anak muda.

11. Pasutri Gaje

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Bunga Citra Lestari
Selengkapnya →

Kehadiran Pasutri Gaje memang cukup ditunggu oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi para penggemar webtoon karya Annisa Nisfihani yang menjadi bahan adaptasi. Tak hanya itu, cast bertabur bintang dan pengarahan dari Fajar Bustomi semakin menjamin menariknya film ini.

Premi Pasutri Gaje sebenarnya sangat sederhana, mengisahkan tentang pasangan Pegawai Negeri Sipil yang berusaha mempertahankan hubungan pernikahan mereka agar tetap harmonis di tengah banyaknya badai yang mendera.

Adimas (Reza Rahadian) dan Adelia (Bunga Citra Lestari) selalu tegar walau banyak dihadapkan dengan masalah sulit, misalnya ayah Adel yang tampak masih belum setuju dengan pernikahan mereka. Ada juga tuntutan untuk memperoleh keturunan padahal mereka sudah mencoba berkali-kali.

Cerita Pasutri Gaje tak hanya realistis menampilkan permasalah yang mungkin dialami banyak pasangan suami istri, namun penyampaiannya yang dikemas dalam humor yang pas dijamin membuat siapa pun yang menontonnya terhibur.

12. Munkar

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Adhisty Zara Safira Ratu Sofya
Selengkapnya →

Umbara brothers sekali lagi membuktikan kapasitasnya dalam menghasilkan film-film horor berkualitas di Indonesia. Kali ini, mereka mengangkat kisah urband legend hantu Herlina yang populer di Lamongan, Jawa Timur, ke layar kaca dalam film berjudul Munkar.

Disutradarai oleh Anggy Umbara, filmnya mengeksplorasi sisi lain kehidupan di pondok pesantren, di mana meski kegiatannya belandaskan agama, tak mustahil kejadian menyimpang terjadi di lingkungan akademis tersebut. Anggy bersama penulis naskah, Evelyn Afnilia, menitikberatkan isu perundungan dalam kisahnya.

Dikisahkan Herlina selalu menjadi korban perundungan teman-temannya di pesantren. Karena tak kuat menahan perlakuan teman-temannya, gadis itu pun berusaha kabur dari pondok. Nahas, saat kabur ia malah tertabrak truk dan meninggal dunia.

Anehnya, beberapa hari setelah dinyatakan tewas, Herlina kembali dalam keadaan sehat ke pesantren. Tapi di sinilah kengerian dimulai, Herlina yang sekarang tampak berbeda mulai menebarkan teror di pesantren sebagai pembalasan atas tindakan teman-temannya dulu.

13. Agak Laen

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Bene Dion Boris Bokir Indra Jegel Oki Rengga Winata
Selengkapnya →

Hadir dengan genre komedi dan sedikit sentuhan horor, Agak Laen diambil dari nama podcast yang dijalankan oleh empat pemeran utamanya yakni Bene Dion, Indra Jegel, Boris Bokir dan Oki Rengga. Kalau kamu penggemar podcast tersebut, pasti senang melihat kuartet Agak Laen resmi merilis film mereka sendiri.

Dalam film ini, mereka berperan sebagai empat orang sahabat yang memiliki permasalahan ekonomi masing-masing. Boris, Bene, dan Jegel sebenarnya menjalankan sebuah usaha bersama, yakni menjadi penjaga sebuah rumah hantu di pasar malam. Tapi usaha ini mulai sepi dan terancam bangkrut.

Datang dengan ide brilian, Oki yang baru keluar dari penjara pun mengusulkan untuk merenovasi rumah hantu mereka dan membuatnya menjadi lebih “realistis”. Namun, masalah datang ketika salah seorang pengunjung terkena serangan jantung dan tewas di dalam rumah hantu mereka.

Karena terdesak, keempatnya memutuskan untuk mengubur jasad sang pengunjung di rumah hantu tersebut. Dan ketika polisi mulai menyelidiki, Oki cs melakukan berbagai cara konyol untuk menutupi kejadian sebenarnya.

14. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Zee JKT48 Arbani Yasiz
Selengkapnya →

Tak sedikit penggemar yang penasaran dengan kelanjutan kisah Dilan setelah akhirnya resmi berpisah dengan Milea. Rupanya lembaran kisah cinta sang mantan panglima geng motor asal kota Kembang yang super romantis ini berlanjut, terutama ketika ia akhirnya bertemu dengan seorang gadis bernama Ancika.

Ancika Mehrunisa Rabu adalah siswi SMA berusia 17 tahun yang terpaut usia cukup jauh dari Dilan, yang di tahun 1995 ini, sudah menjadi seorang mahasiswa. Pertemuan pertama keduanya di ulang tahun Kakek Ancika tidak meninggalkan kesan baik pada Ancika yang tidak suka dengan rumor tentang Dilan sebagai mantan anggota geng motor.

Anehnya setelah pertemuan ini, keduanya jadi kerap bertemu dalam berbagai situasi dan tanpa sadar, Acika serta Dilan pun perlahan jadi membangun hubungan pertemanan. Sejak awal sudah tertarik, Dilan berusaha dengan berbagai cara untuk menaklukkan hati pujaan hati barunya itu yang memiliki kepribadian jauh berbeda dari sang mantan kekasih.

Meski secara umur lebih muda, Ancika ternyata memiliki sifat yang sangat dewasa dan mandiri. Yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa Ancika tidak suka dengan konsep berpacaran. Lalu, akan seperti apa cara Dilan untuk mendapatkan hati Ancika?

15. Sehidup Semati

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Laura Basuki Ario Bayu
Selengkapnya →

Mengusung genre thriller, kisah Sehidup Semati sangat menyentil isu sosial yang melekat pada masyarakat Indonesia, yakni pandangan tentang lebih rendahnya derajat perempuan dibandingkan laki-laki. Ide brilian ini rupanya sudah ditulis oleh Upi Avianto sejak 13 tahun silam, namun baru terealisasikan saat ia bertemu dengan produser dari rumah produksi Starvision.

Kita juga akan kembali menyaksikan kepiawaian akting Laura Basuki yang sebelumnya sukses dengan film bertema sama, yakni Sleep Call. Di film ini, ia berperan sebagai seorang istri bernama Renata yang rumah tangganya tengah diguncang karena keanehan perilaku suaminya.

Renata selalu ditanamkan stigma bahwa kodrat seorang istri adalah untuk mengabdi dan menjaga keutuhan rumah tangga. Dan karena itulah ketika suaminya, Edwin, mulai menunjukkan perilaku abusive, Renata memilih pasrah karena tak mau rumah tangganya rusak.

Namun, kesabaran Renata sudah mencapai puncak ketika mencurigai suaminya berselingkuh dengan wanita yang dikabarkan hilang akhir-akhir ini, Ana. Meski sang suami terus menyangkal, Renata mencoba untuk membuktikan hal tersebut. Sayang, usahanya ini malah membuat Rena dihantui oleh teror tentang Ana dan kemarahan dari Edwin yang semakin menggila.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram