logo web

15 Film Komedi Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda

Genre film romantis mungkin dianggap membosankan oleh sebagian orang. Oleh karena itu, banyak sutradara kreatif yang memutuskan untuk menambahkan unsur komedi ke dalamnya, menghasilkan film komedi romantis yang lebih dapat dinikmati oleh penggemar dari berbagai genre film.

Di Indonesia, komedi romantis telah menjadi salah satu genre film favorit yang diproduksi dengan cukup aktif hampir setiap tahunnya, meski tidak sebanyak film horor. Beberapa bahkan berhasil menarik perhatian hingga ratusan ribu penonton pada awal penayangannya.

Nah, berikut ini adalah deretan film komedi romantis Indonesia yang siap membuatmu terhibur dengan kisahnya yang manis sekaligus menggelitik. Simak daftarnya, ya!

 

1. Kapan Kawin

Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Adinia Wirasti Reza Rahadian Adi Kurdi Ivanka Suwandi
Selengkapnya →

Film ini mengisahkan tentang seorang wanita karier berusia 30an bernama Dinda. Dia bekerja di Jakarta, sedangkan kedua orang tuanya tinggal di Jogja. Fakta bahwa Dinda belum menikah adalah sebuah kegagalan bagi orang tuanya, maka dari itu mereka selalu menuntut Dinda untuk segera menikah.

Rencananya, pada hari ulang tahun pernikahan orang tuanya, Dinda akan membawa seorang pacar "sewaan". Hal ini dia lakukan agar orang tuanya tidak perlu menekannya terus dengan pertanyaan yang sama. Pria yang dia sewa bernama Satrio, seorang aktor teater dengan gaya nyentrik.

Dinda kira, dengan membawa pasangan akan membuat orang tuanya tidak bertanya 'Kapan kawin?' lagi, tapi ternyata perkiraannya salah. Setelah bertemu Satrio, orang tuanya malah jadi memaksa mereka untuk segera menikah. Lalu, bagaimana akhir kisah Dinda yang selalu dituntut untuk menikah itu?

Film yang dibintangi oleh aktor peraih penghargaan Citra ini memiliki kisah komedi romantis dengan isu yang pasti sangat relate untuk kalangan yang belum menikah di usia matang.

Terlahir dengan kulit tidak putih dan bertubuh gemuk, Rara (Jessica Mila) sering mendapatkan perlakuan diskriminatif dan bullyan body shaming, mulai dari teman-teman, rekan kerja, hingga dari mamanya sendiri yang dulunya berprofesi sebagai model. Rara sangat berbeda dengan Lulu, adiknya yang cantik dan langsing, sehingga Rara sering dibanding-bandingkan.

Meski demikian, Rara memiliki kekasih yang mencintainya apa adanya, yaitu Dika (Reza Rahadian). Keduanya sama-sama menyukai kesederhanaan dan kerja sosial secara cuma-cuma. Hingga suatu hari, Rara berkesempatan untuk naik jabatan di perusahaan tempatnya bekerja, dengan syarat ia harus menurunkan berat badan dan memperbaiki penampilannya.

Seiring dengan perubahan penampilan Rara yang semakin cantik dan memukau orang-orang, ternyata sikapnya terhadap orang lain pun justru berubah. Apakah yang sebenarnya terjadi pada Rara?

Disutradarai oleh Ernest Prakarsa, film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia, yang tidak lain adalah istri dari Ernest Prakasa sendiri.

 

3. Love for Sale

Tahun Rilis 2018
Genre ,
Sutradara
Pemeran Gading Marten Della Dartyan
Selengkapnya →

Love for Sale merupakan film pertama dari Gading Marten yang mendapuknya sebagai pemeran utama. Dari film ini, Gading memenangkan Piala Citra untuk nominasi aktor terbaik. Dan lawan mainnya, Della Dartyan, mendapatkan nominasi aktris terbaik

Film ini mengisahkan tentang Richard, seorang pria paruh baya yang masih betah dengan status single-nya. Pada suatu hari, temannya menantang Richard untuk datang ke pesta pernikahannya dengan membawa pasangan dan jika tidak, harga diri Richard yang akan dipertaruhkan.

Richard akhirnya menyewa pasangan melalui situs kencan online. Dia pun berhasil datang ke acara dengan membawa pasangannya yang bernama Arini. Namun karena kesalahan sistem pada situs kencannya, ternyata Richard menyewa pasangannya itu selama 45 hari.

Meskipun Richard sudah perbolehkan pulang, Arini tetap tidak bisa pergi karena dia mengikuti aturan dari situs kencan itu. Pada akhirnya Arini juga ikut pulang ke rumah Richard dan tinggal bersama di rumahnya. Selama itulah Richard akhirnya sadar kalau dia menyukai Arini. Tapi saat dia siap untuk mengajak Arini ke jenjang yang serius, Arini malah pergi menghilang tanpa kabar.

 

Di usianya yang ke-70 tahun, Fatmawati merasa sedih karena tahu bahwa anaknya akan mengirimnya ke panti jompo. Dia juga sedih karena merasa tidak berdaya. Namun, hidupnya berubah total ketika dia menyambangi sebuah studio foto. Fatmawati memutuskan untuk foto di studio bernama "Forever Young" tersebut, dengan niat untuk menyiapkan foto pemakamannya sendiri.

Ketika sang fotografer bertanya mengenai hasil foto yang diinginkan, Fatmawati pun menyatakan keinginannya untuk terlihat lebih muda dan cantik. Anehnya, terjadi keajaiban yang luar biasa, di mana penampilan Fatmawati benar-benar berubah menjadi 50 tahun lebih muda setelah flash foto bekedip.

Di umurnya yang kembali menjadi 20 tahun, Fatmawati bisa melakukan apa yang dia impikan, yaitu menjadi penyanyi. Dengan gayanya yang unik dan pakaiannya yang jadul, Fatmawati justru bisa menarik hati beberapa pria. Tapi, akankah Fatmawati bertahan di umurnya yang kembali muda ini atau dia akan kembali ke umurnya yang semula?

Sweet 20 merupakan remake dari film Korea yang berjudul Miss Granny. Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang ikut membuat ulang film ini seperti China, Vietnam, Jepang dan Thailand. Film ini juga masuk ke banyak nominasi dari Indonesian Film Festival seperti Best Director, Best Writing – Adapted Screenplay, Best Leading Actress dan masih banyak lagi.

5. Teman Tapi Menikah

Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Adipati Dolken Vanesha Prescilla Refal Hady Denira Wiraguna
Selengkapnya →

Teman Tapi Menikah mengisahkan kisah persahabatan antara Ditto dan Ayu yang berujung menjadi cinta. Ayu yang tomboy ternyata telah menarik hati Ditto, namun Ditto tidak pernah bisa mengungkapkan perasaannya karena Ayu hanya menganggapnya sebagai sahabat.

Mereka sudah berteman sejak zaman SMP dan Ditto selalu ada untuk mendengarkan kisah cinta Ayu yang berliku. Bahkan ada waktu di mana mereka sempat double date, tapi perasaan Ditto pada Ayu selalu tidak pernah berubah.

Banyak cara yang Ditto lakukan demi selalu berada dekat Ayu, tapi semua usahanya itu dianggap biasa saja oleh sang sahabat. Perasaan Ditto pun makin tak menentu ketika pada suatu hari Ayu bercerita akan menikah dengan pacarnya. Akankah Ditto menghentikan rencana Ayu dan mengungkapkan perasaannya selama ini?

Film ini merupakan film adaptasi buku karya Ayudia Bing Slamet dan suaminya yang menceritakan perjalanan kisah cinta mereka mulai dari teman hingga akhirnya menikah. Kini Ayudia telah menikah dengan sahabatnya yang dikenal dengan nama Ditto Percussion.

6. Koala Kumal

Tahun Rilis 2016
Genre ,
Sutradara
Pemeran Raditya Dika Acha Septriasa Sheryl Sheinafia
Selengkapnya →

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Raditya Dika dan merupakan spin-off dari film Kambing Jantan. Salah satu hal menarik dari film ini adalah banyaknya jumlah aktor dan aktris pendukung yang hadir, menjadikannya sebagai film karya Raditya dengan jumlah cameo terbanyak.

Koala Kumal menceritakan kisah seorang penulis bernama Dika (Raditya Dika). Dia dan tunangannya, Andrea (Acha Septriasa), gagal menikah karna Andrea ketahuan selingkuh padahal mereka sudah menyebar undangan pernikahan. Hal itu seketika membuat Dika tidak bisa menulis lagi karena dia sangat patah hati.

Mama Dika (Cut Mini) pun mencoba mencarikannya jodoh supaya melupakan Andrea, tapi usahanya gagal. Suatu hari, Dika bertemu dengan Trisna (Sheryl Sheinafia), gadis yang periang dan unik. Trisna ingin membantu Dika melanjutkan tulisannya, namun dia tahu bahwa Dika masih patah hati. Trisna bahkan menawarkan bantuan untuk membalas dendam pada Andrea.

Akankah Dika berhasil membalas perlakuan Andrea yang membuatnya sangat patah hati?

Tristan (Reza Rahadian) adalah seorang mahasiswa yang kuliahnya tak kunjung lulus. Dia bersama kedua temannya, Amel dan Rio, membuka sebuah usaha yang bernama Toko Barang Mantan.

Sesuai dengan namanya, toko ini menjual barang-barang dari mantan kekasih bagi mereka yang ingin melepaskan kenangan dan move on. Setiap barang dijual di tokonya itu memiliki ceritanya masing-masing, ada yang kisahnya lucu, aneh, hingga sedih. Tristan bangga memiliki toko unik itu meski akhir-akhir ini tokonya sepi.

Suatu ketika Laras (Marsha Timothy) yang merupakan mantan kekasih Tristan datang ke tokonya dan ingin menjual cincin tunangannya. Tristan melihat hal itu sebagai peluang untuk kembali merebut hati Laras. Namun usahanya tidak akan mudah sebab masih ada cerita yang ternyata belum tuntas antara keduanya.

8. My Sassy Girl (2022)

Tahun Rilis 2022
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jefri Nichol Tiara Andini Raja Giannuca Petrus Mahendra
Selengkapnya →

Kisahnya diawali dengan pertemuan Gian (Jefri Nichol) dan Sisi (Tiara Andini) di stasiun kereta api. Saat itu Sisi yang sedang mabuk berat tidak sengaja muntah di pakaian Gian. Mulai dari insiden itulah hubungan mereka berlanjut hingga menjadi hubungan romantis. Sayang, hubungan ini tidak direstui oleh orang tua Sisi yang menganggap Gian belum memiliki masa depan jelas.

Gian yang sakit hati pun mulai menjauh dan Sisi dan berhenti menghubunginya. Setelah sama-sama menerima kenyataan, beberapa bulan kemudian Sisi mengajak Gian bertemu di sebuah cafe. Ternyata Sisi berniat mengenalkan pria yang dijodohkan orang tuanya pada Gian. Saat Sisi sedang ke toilet, Gian mengatakan beberapa hal yang perlu pria itu tahu jika mau mendekati Sisi.

Setelahnya, Gian pergi tanpa pamit dan saat Sisi kembali, pria itu menceritakan apa yang Gian katakan padanya. Sisi pun sadar, bahwa Gian adalah satu-satunya orang yang memahaminya. Tanpa berpikir panjang, Sisi mengejar Gian dan meninggalkan pria yang dijodohkannya itu di cafe. Jadi, apakah Gian dan Sisi akan bersama di akhir cerita?

Film ini merupakan remake dari film korea legendaris dan terlaris di tahun 2001 dengan judul yang sama. Selain film ini, Falcon Pictures juga sudah membuat remake film Korea lainnya seperti Miracle in Cell No. 7 dan Hello Ghost.

Ariel (Enzy Storia) adalah seorang gadis muda yang menjalankan sebuah toko kaos kaki peninggalan keluarganya. Sayangnya, toko tersebut meninggalkan banyak hutang yang kini menjadi tanggung jawab Ariel.

Anggun (Karina Nadila), sahabat Ariel, yang kasihan dengan keadaan Ariel kemudian mencari cara untuk membantu melunasi hutang sahabatnya. Anggun lantas mengikutsertakan Ariel dalam kompetisi vlog bertema zodiak yang berhadiah ratusan juta. 

Dalam kompetisi tersebut, Ariel harus membuktikan bahwa rasi bintang tidak ada kaitannya dengan percintaan. Kebetulan, Ariel juga tidak percaya pada jodoh berdasarkan rasi bintang. Untuk membuktikannya, Ariel bahkan mendekati 12 pria dengan zodiak berbeda-beda.

Apakah Ariel berhasil membuktikan bahwa jodoh tidak terikat pada rasi bintang? Atau, justru ia terpikat pada salah satu di antara 12 pria tersebut? Disutradarai oleh Dinna Jasanti, film ini bisa menjadi tontonan ringan yang seru untuk mengisi akhir pekanmu!

Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga adalah film spin off dalam semesta Ada Apa dengan Cinta. Dan film ini fokus menceritakan lika-liku kisah rumah tangga Milly dan Mamet setelah menikah dan mempunyai anak.

Milly yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai bank, akhirnya keluar dari pekerjaan untuk fokus dalam mengurus anak. Sedangkan Mamet bekerja di perusahaan milik ayahnya Milly untuk menghidupi keluarga kecilnya. Mamet merasa kehidupan pekerjaannya mempengaruhi hubungannya dengan sang mertua dan hal ini menjadi masalah untuknya.

Suatu hari teman kuliahnya Mamet, Alexandra (Julie Estelle), mengajaknya untuk bergabung dengannya untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner. Tanpa pikir panjang, Mamet pun mengiyakan ajakan tersebut.

Di sisi lain, Milly sedang kesulitan menjalani kegiatan barunya sebagai ibu rumah tangga. Melihat Mamet yang sibuk dengan pekerjaan barunya, membuat Milly merasa kesal dan di sinilah kehidupan pernikahan mereka mulai diuji. Sanggupkah mereka menjalani semua ini?

Seorang ayah, Kardi (Bucek Depp), harus merawat keempat putrinya setelah istrinya meninggal saat melahirkan anak terakhirnya. Kardi adalah pensiunan Angkatan Laut yang merawat anak-anaknya dengan gaya militer.

Meski merupakan anak bungsu, Windi (Yuki Kato) selalu lebih unggul dari kakak-kakaknya yaitu Vera (Dahlia Poland), Lira (Kimberly Ryder) dan Tara (Sylvia Fully). Suatu hari, Windi bertemu dengan Rendi (Adipati Dolken) yang mengajaknya kencan. Namun, ayah dan para kakaknya selalu membuat cara supaya Rendi tidak nyaman.

Ternyata, Rendi tidak mudah putus asa. Bahkan pria itu berani mengatakan bahwa jika tidak diperbolehkan berpacaran dengan Windi, ia akan menikahi Windi. Tanpa disangka, permintaannya dikabulkan, dengan syarat bahwa semua kakak Windi harus menikah terlebih dahulu. Selain itu, semua calon pasangan keempat putrinya harus berhasil melewati tes yang dibuat oleh Kardi.

Kesuksesan Operation Wedding sebagai film membuat sutradara Sony Gaokasak membuatnya ulang dalam sebuah series berjumlah 17 episode. Kalau kamu penggemar film ini, maka jangan lewatkan juga untuk menonton series-nya yang tak kalah kocak!

12. 200 Pounds Beauty (Remake Indonesia)

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Syifa Hadju Baskara Mahendra Alyssa Daguise Edward Akbar Zsa Zsa Utari
Selengkapnya →

Film ini diangkat dari komik Jepang berjudul Daiseikou Desu dan saduran ulang dari film Korea Selatan berjudul 200 Pounds Beauty. Cerita berpusat pad seorang wanita muda yang kelebihan berat badan bernama Juwita (Syifa Hadju). 

Meskipun pandai bernyanyi, berat badannya yang berlebih membuat Juwita diabaikan. Dia hanya bisa menjadi penyanyi di balik panggung untuk seorang ‘penyanyi’ bernama Eva. Alasan lainnya ia menerima pekerjaan itu, tak lain karena Andre, pria yang disukainya.

Suatu waktu, Juwita dipermalukan di atas panggung dan di hadapan banyak orang. Kejadian tersebut membuat Juwita malu dan putus asa hingga mengasingkan diri. Mencoba untuk bangkit, Juwita pun menjalani operasi plastik besar-besaran untuk mengubah dirinya. 

Setelah menjalani serangkaian operasi plastik, Juwita berubah menjadi Angelica dan berhasil debut sebagai penyanyi. Dia menghadapi banyak gejolak emosi dan identitas diri di sepanjang perjalanan. Dia menyadari kecantikan batin lebih penting, dan dia perlu mencintai serta berani menjadi dirinya sendiri di atas segalanya.

Kisah Eiffel... I'm in Love berpusat pada Tita, seorang gadis remaja yang memiliki ibu sangat protektif. Tita bahkan tidak diizinkan untuk pergi jalan-jalan ke mal bersama teman-teman sekolahnya tanpa diantar oleh sopirnya. Dan jika ingin pergi ke mal, ia harus ditemani ibunya.

Suatu hari, teman ibu Tita datang dari Perancis bersama anak laki-lakinya yang seumuran dengan Tita, yakni Adit. Kemudian Tita tahu bahwa orang tuanya berencana untuk menjodohkan Tita dengan Adit. Tita tentu merasa bingung karena pada saat itu sebenarnya dia sudah memiliki pacar, yaitu Ergi.

Singkat cerita, ternyata Ergi ketahuan berselingkuh. Adit pun berusaha menghibur Tita dengan mengajaknya nonton ke bioskop. Saat itu, Tita sudah mulai memiliki perasaan untuk Adit karena ternyata Adit perhatian dan baik. Namun ketika Tita mulai menyukai Adit, ternyata Adit harus kembali ke Perancis. Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta antara Tita dan Adit?

Film Eiffel...I'm in Love telah meraih banyak penghargaan, termasuk Most Favorite Movie di MTV Indonesia Movie Award pada tahun 2004. Pemeran utamanya, Samuel Rizal, juga meraih penghargaan Best Actor di ajang yang sama.

Seorang pemuda lajang bernama Alfi (Raditya Dika) masih menganggur karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di Jakarta. Pada satu waktu, ia mendengar kabar bahwa adiknya, Alfa (Frederik Alexander), akan menikah.

Berita itu membuat Alfi yang sama sekali belum pernah pacaran selama hidupnya menjadi kalang kabut. Dia tidak ingin terlihat menyedihkan di pernikahan adiknya nanti. Lalu kedua teman kosnya, Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita), pun membantu Alfi untuk mencari pacar.

Tak disangka, seorang wanita cantik baru saja pindah ke tempat kosnya, yakni Angel (Annisa Rawles). Tanpa pikir panjang, Alfi pun segera mendekati Angel meski sayangnya, ada pemuda tampan yang juga tengah mendekati Angel juga yaitu Joe (Chandra Liauw). Apakah Alfi akan menjadi pemenang terakhir dan mendapatkan pujaan hatinya itu? Pastikan untuk menonton film ini agar tahu jawabannya!

Single bukanlah film pertama dari Raditya Dika karena sebelumnya Radit juga telah menghasilkan film seperti Marmut Merah Jambu dan Malam Minggu Miko. Hal menarik lainnya dari film ini adalah kehadiran aktor dan aktris terkenal sebagai cameo, seperti Pevita Pearce, Dede Yusuf, dan bahkan band D'Masiv.

Film ini menceritakan tentang Alam (Chicco Jerikho) dan Mia (Lala Karmela), pasangan muda yang sedang menantikan kelahiran anak pertama mereka. Alam dan Mia bertemu di media sosial lalu saling jatuh cinta dan menikah. Tapi awal hubungan mereka tidak selancar itu, sebenarnya orang tua Mia tidak merestui hubungan mereka.

Hingga Mia sudah hampir melahirkan cucu mereka, orang tua Mia tetap tidak menyukai Alam. Oleh karena itu, Alam berusaha membuktikan bahwa dia adalah suami idaman dengan membawa Mia ke rumah sakit terbaik untuk bersalin. Sayangnya, uang yang dimiliki Alam tidak mencukupi.

Paket promo persalinan di rumah sakit tersebut ternyata sudah berakhir, dan sekarang uang yang dimiliki hanya cukup untuk membayar setengah dari biaya persalinan. Dari situlah timbul masalah lain yang membuat Alam terpaksa menjual laptop dan mobilnya. Mampukah Alam membuktikan bahwa dia adalah suami dan menantu yang baik?

Film dengan yang mengambil latar belakang hampir 90% di rumah sakit ini masuk ke beberapa nominasi penghargaan seperti Pemeran Wanita Terbaik dan Pasangan Terbaik di Indonesian Movie Actors Awards tahun 2017. Plotnya yang unik dan menghibur siap menghiburmu di waktu senggang.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram