logo web

Mengenang Lee Sun Kyun Lewat 10 Film Terbaiknya

Ditulis oleh Reisa Caroline

Lee Sun Kyun, aktor yang turut membintangi film Parasite, ternyata sudah sering memainkan banyak film lainnya. aktor ini telah membintangi berbagai film dengan beragam genre. Sun Kyun pernah berperan sebagai polisi, cowok bucin, suami menyebalkan, hingga seorang raja. Ini membuktikan kalau dia merupakan aktor yang sangat versatile.

Meski hari ini sang aktor sudah tiada, kita bisa mengenang sosoknya lewat karya-karyanya. Di bawah ini adalah urutan film terbaik yang pernah dibintangi oleh mendiang Lee Sun Kyun yang telah Showpoiler kumpulkan buat kamu.

Dikisahkan satu keluarga miskin tinggal di apartemen semi-basement yang sangat lembap. Keluarga ini terdiri dari sang ayah Gi Taek (Song Kang Ho), sang ibu Choong Sook (Jang Hye Jin), anak laki-laki Ki Woo (Choi Woo Shik) dan anak perempuan Ki Jung (Park So Dam). Suatu hari, teman Ki Woo, Min Hyuk, menawarkan sebuah pekerjaan yang cukup menarik.

Min Hyuk meminta Ki Woo untuk menggantikannya sebagai tutor privat seorang anak perempuan dari keluarga yang kaya. Setelah mulai bekerja, Ki Woo lantas mengajak Ki Jung untuk menjadi tutor untuk anak laki-laki di rumah tersebut. Namun, mereka berpura-pura seperti tidak mengenal satu sama lain.

Tidak berhenti di situ, mereka kemudian merancang rencana agar ayah dan ibu mereka juga bisa bekerja di rumah tersebut. Gi Taek pun berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai sopir, sementara Choong Sook menjadi pembantu di sana. Keluarga itu akhirnya berkumpul tanpa sang pemilik rumah tahu bahwa mereka adalah keluarga.

Pada awalnya semuanya berjalan dengan lancar, mereka semua mempunyai pekerjaan dengan gaji yang besar. Namun, muncul sebuah masalah yang membuat mereka akhirnya kehilangan semuanya. Film ini menonjolkan banyak kesenjangan sosial yang terjadi, di mana yang kaya menjadi semakin kaya, dan yang miskin jadi semakin miskin.

2. Project Silence

Tahun Rilis 2023
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Ju Ji Hoon Kim Hee Won
Selengkapnya →

Korea Selatan memang tidak pernah kehabisan film thriller seru yang pasti menghibur banget! Kali ini berjudul Project Silence yang disutradarai oleh Kim Tae Gon. Film ini mendapat sambutan meriah dalam ajang Cannes 2023, namun penayangannya ditunda akibat salah satu tokoh utamanya yakni Lee Sun Kyun ditemukan meninggal dunia pada 27 Desember 2023. 

Filmnya sendiri mengisahkan tentang adanya kabut yang tak lazim di beberapa wilayah di Korea akibat suhu udara yang berantakan. Titik kabut paling tebal ada di wilayah tinggi, salah satunya di jembatan penghubung antara kota Seoul dan Bandara Incheon. Hal ini lantas menimbulkan masalah besar ketika kecelakaan besar menjebak pengendara di atas sana.

Tak selesai sampai disitu, anjing mutan yang hendak dibawa ke laboratorium malah lepas setelah mobil yang membawanya terjungkir akibat kecelakaan. Hasilnya, anjing itu jadi predator untuk para pengendara yang tidak bisa melihat apa-apa di tengah kabut. Mampukah semua pengendara selamat dari atas jembatan dimana bahaya tak terlihat mengancam mereka?

3. A Hard Day

Tahun Rilis 2014
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Cho Jin Woong Jung Man Sik
Selengkapnya →

Dari sekian banyak film aksi yang rilis di pasar internasional, salah satu film asal Korea Selatan berjudul A Hard Day bisa jadi bahan tontonan kalian nih! Film yang terpilih untuk bersaing di bagian Director's Fortnight di Festival Film Cannes tahun 2014 ini menceritakan tentang detektif licik yang mencoba menutupi sebuah kasus supaya tidak tertangkap.

Detektif itu bernama Ko Gun Su (Lee Sun Kyun). Saat bertugas dalam penyelidikan dalam negeri, ia tidak sengaja menabrak seorang tunawisma dengan mobilnya hingga tewas. Alih-alih melapor, ia malah menyembunyikan mayatnya di peti mati ibunya. Begitu diselidiki oleh Gun Su, pria yang ia tabrak merupakan seorang buronan pembunuh. 

Sayang, aksi tabrak lari itu disaksikan oleh seorang pria yang bekerja juga di kepolisian yakni Letnan Park (Cho Jin Woong) dan memanfaatkan kesempatan itu untuk memeras Gun Su.

Tidak mau diperas, Gun Su kembali menyelidiki siapa sebenarnya pria yang ia tabrak. Betapa terkejutnya Gun Su ketika tahu bahwa pria itu ada kerja sama dengan Letnan Park dalam urusan penyitaan kokain. Kini keadaan pun terbalik, giliran Gun Su yang menyerang Letnan Park. Siapakah yang kira-kira menang?

4. Kingmaker

Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Sol Kyung Gu Lee Sun Kyun Yoo Jae Myung Jo Woo Jin
Selengkapnya →

Film yang rilis di tahun 2022 ini menceritakan tentang hubungan seorang politikus dan ahli strategi politiknya yang memiliki misi berbeda. Terinspirasi dari kisah tokoh politik Korea Selatan, Kim Dae Jung (Presiden ke-8 Korea Selatan), film ini akan sangat menghibur bagi kalian yang senang dengan kisah tentang sistem pemerintahan atau isu politik. Dijamin!

Selama masa kerja di dunia politik, Kim Woon Beon (Sol Kyung Gu) memiliki seorang staff yang merupakan ahli strategi politiknya bernama So Chang Dae (Lee Sun Kyun). Awalnya mereka bekerja sepaham, namun masuk masa kampanye, sikap Chang Dae berubah. 

Dirinya sangat ingin memenangkan Woon Beon sebagai petinggi Korea Selatan dengan cara apapun, hal ini terjadi karena Chang Dae ingin mengubah sistem pemerintahan sebelumnya yang dianggap tiran. Chang Dae pun menawarkan strategi kotor yang terbukti ampuh membawa Woon Beon ke puncak karirnya.

Hingga sampai suatu waktu, ketika Woon Beon sudah berada di posisinya yang paling tinggi, Chang Dae dibuang. Apa yang sebenarnya terjadi pada keduanya?

5. The King’s Case Note

Tahun Rilis 2017
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Ahn Jae Hong Kim Hee Won Kyung Soo Jin
Selengkapnya →

Kapan lagi bisa menonton kisah sejarah Korea Selatan yang dibalut dengan komedi menghibur? Kalian bisa mendapatkan itu semua dalam film berjudul The King’s Case Note yang kisahnya diambil dari sebuah komik berjudul sama di majalah populer Wink tahun 2012.

Dibintangi banyak aktor dan artis terkenal Korea Selatan, film ini menceritakan tentang seorang raja dan anak buahnya dalam misi mencari kebenaran di balik kejahatan yang mengancam stabilitas kerajaan.

Yejong (Lee Sun Kyun) dikenal sebagai raja yang baik dan bijaksana meski banyak hal konyol yang selalu menimpanya. Ia memiliki anak buah bernama Yi Seo (Ahn Jae Hong) yang bertanggung jawab atas pengarsipan catatan sejarah kerajaan mereka. Mereka berdua seringkali terlibat dalam hal-hal bodoh akibat ulah Yi Seo.

Satu waktu stabilitas kerajaan dirasa mulai goyah akibat adanya rumor yang menyebar di sekitar kerajaan. Hal itu dapat mengganggu kinerja kerajaan dan berkurangnya kepercayaan masyarakat yang dipimpin. Akhirnya Raja Yejong dan Yi Seo berusaha mengungkap kebenaran rumor aneh tersebut untuk mengembalikan kerajaan pada titik puncaknya kembali.

6. The Advocate: A Missing Body

Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Kim Go Eun Jang Hyun Sung Choi Jae Woong
Selengkapnya →

Aktor Lee Sun Kyun memang tidak habisnya ya dipercaya banyak rumah produksi dan sutradara untuk memainkan film atau drama dari berbagai genre, termasuk komedi. Dari sekian banyak film komedi yang ia bintangi salah satu yang seru adalah filmnya yang berjudul The Advocate: A Missing Body karya sutradara Heo Jong Ho.

Film dengan genre komedi thriller ini menceritakan tentang seorang pengacara bernama Byeon Ho Sung (Lee Sun Kyun) yang selalu menang dalam tiap kasus. Satu waktu, ia dan timnya diminta untuk membela seorang supir dari konglomerat yang tersandung kasus pembunuhan seorang siswi bernama Han Min Jeong (Kim Yoon Hye).

Sang supir bernama Kim Jeong Hwan (Choi Jae Woong) mengatakan bahwa ia tidak bersalah, namun sepertinya jaksa tidak puas dan selalu mencari kesalahan. Saat Ho Sung hampir berhasil memenangkan kasus itu, tiba-tiba saja Jeong Hwan mengaku bahwa ia merupakan pembunuh Min Jeong.

Tidak puas dengan pengakuan Jeon Hwan yang tiba-tiba, ia pun menyelidiki sendiri kasus tersebut. Kecurigaan Byeong Ho pun mengarah pada konglomerat yang mempekerjakan Jeong Hwan. Apa yang sebenarnya terjadi?

7. Sleep

Tahun Rilis 2023
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jung Yu Mi Lee Sun Kyun Kim Gook Hee
Selengkapnya →

Dikisahkan sepasang suami istri mengalami serangkaian hal aneh ketika saat mereka sedang tidur. Pada awal cerita, Hyun Soo (Lee Sun Kyun) dan Soo Jin (Jung Yu Mi) digambarkan sebagai pengantin baru yang bahagia. Rumah tangga mereka terasa indah, apalagi Soo Jin saat itu sedang hamil.

Kebahagiaan itu pun tidak berlangsung lama, karena Soo Jin mulai terganggu dengan keanehan Hyun Soo ketika sedang tidur. Dimulai dari sering bicara dalam tidurnya atau mengigau, hingga terbangun lalu berperilaku layaknya orang lain. Lebih anehnya lagi, Hyun Soo tidak akan mengingat apa yang terjadi ketika terbangun dan inilah yang membuat istrinya semakin khawatir.

Soo Jin pun merasa takut untuk tidur bersama suaminya, khawatir bahwa perilaku mengerikan Hyun Soo dapat membahayakan nyawanya. Perilaku sleepwalking yang dilakukan oleh Hyun Soo ini memang sangat misterius. Namun, apakah yang membuatnya seperti itu? Apakah ini merupakan gangguan tidur yang dapat dijelaskan secara biologis, atau adakah unsur mistis di dalamnya?

Walau punya jajaran cast yang tidak terlalu banyak, film garapan Yoo Jae Sun ini mengangkat tema tentang "tidur" yang jarang dilirik oleh para sineas lain. Campuran unsur komedi dan horor di dalamnya juga berpadu baik menghasilkan kisah yang tetap menghibur di kala penonton kebingungan dengan apa yang terjadi pada Hyun Soo.

8. Helpless

Tahun Rilis 2012
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Kim Min Hee Jo Sung Ha
Selengkapnya →

Mengusung genre thriller-psikologis, film yang diangkat dari sebuah novel asal Jepang berjudul All She Was Worth karya Miyabe Miyuki ini berhasil menghantarkan Helpless ke dalam banyak nominasi dan penghargaan dalam beberapa ajang festival film Korea Selatan. 

Film ini mengisahkan tentang seorang dokter hewan bernama Jang Mun Ho (Lee Sun Kyun) yang akan menikah dengan tunangannya, Kang Seon Yeong (Kim Min Hee) dalam waktu dekat. Namun tiba-tiba saja, Seon Yeong menghilang saat beristirahat di rest area menuju kediaman orang tua Mun Ho.

Mun Ho pun segera melakukan pencarian, baik lewat polisi maupun melalui investigasi pribadi. Begitu ditelusuri, betapa terkejutnya Mun Ho mengetahui siapa calon tunangannya itu sebenarnya, ia merupakan penipu identitas, memanipulasi bank, pemalsuan data dan hal kriminal lainnya. Ia bahkan rela membunuh ibunya sendiri untuk mendapatkan uang asuransi!

Kini Mun Ho dan teman detektifnya Kim Jong Geun (Jo Sung Ha) berusaha mencari Seon Yeong bukan untuk dinikahi, melainkan untuk menangkap wanita gila itu.

9. Jo Pil Ho: The Dawning Rage

Tahun Rilis 2019
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Lee Sun Kyun Jeon So Nee Park Hae Joon Song Young Chang
Selengkapnya →

Aktor segala bisa Lee Sun Kyun dipercaya kembali untuk memerankan tokoh dalam film aksi-kriminal berjudul Jo Pil Ho: The Dawning Rage. Film ini memiliki plot yang garis besarnya mengungkap kebobrokan polisi di Korea Selatan oleh seorang detektif korup yang tidak terima bahwa rekannya terbunuh.

Detektif itu bernama Jo Pil Ho (Lee Sun Kyun), ia memiliki seorang informan yang selalu membantunya dalam banyak misi bernama Gi Chul (Jung Ga Ram). Satu waktu, mereka melakukan perampokan di sebuah gudang polisi, namun ledakan tiba-tiba terjadi menghanguskan banyak bukti yang terkait pada sebuah kasus skandal perusahaan besar, Grup Taesung.

Jo yang ada di lokasi kejadian mengalami luka cukup parah dan terbangun di rumah sakit, sedangkan Gi Chul ditemukan tewas. Naasnya, kasus ledakan itu dituduhkan pada Gi Chul dengan bukti-bukti yang dimanipulasi dalam ponsel milik Gi Chul.

Tak sudi rekannya jadi kambing hitam, Pil Ho berubah jadi detektif bijak dan mengungkap polisi kotor yang membantu perusahaan Grup Taesung meskipun ia harus mengorbankan dirinya sendiri untuk mengungkap kebenaran.

10. Take Point

Tahun Rilis 2018
Genre ,
Sutradara
Pemeran Ha Jung Woo Lee Sun Kyun
Selengkapnya →

Take Point atau PMC: The Bunker merupakan sebuah film aksi-thriller karya sutradara Kim Byung Woo yang berkolaborasi dengan banyak aktor dan artis dari luar Korea. Film ini menceritakan tentang seorang kapten dan timnya yang terdiri dari 12 tentara menyusup ke bunker bawah tanah rahasia untuk menghabisi target di zona demiliterisasi Korea.

Hal ini dilakukan oleh CIA, yang merekrut Kapten Tentara bayaran bernama Ahab (Ha Jung Woo) guna menghabisi Pemimpin Tertinggi Korea Utara, King (Sun Wook Hyun) di sebuah bunker rahasia. Misi pun dengan cepat dimulai, Tim Ahab berhasil menyandera beberapa orang di dalam bunker. Namun saat pertempuran itu, Ahab mengalami cedera parah.

Begitu hendak keluar dari bunker, tempat itu dibom membuat Ahab dan salah satu anggota medis yang bertugas dalam tim yakni Dr. Yoon (Lee Sun Kyun) terjebak. Agen CIA MacKenzie (Jennifer Ehle) yang memimpin misi pun jadi kehilangan otoritas untuk berkomunikasi dengan tim penyelamat.

Selama menunggu bantuan, Ahab dan Dr. Yoon berjuang untuk bertahan hidup, dan akhirnya diselamatkan oleh tim cadangan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram