showpoiler-logo

10 Rekomendasi Film yang Dibintangi Song Kang Ho

Ditulis oleh Siti Hasanah

Para penyuka film Korea pasti sudah tahu film Parasite karya sutradara Bong Joon-ho yang sukses meriah empat penghargaan Oscar pada The 92nd Academy Awards tahun di tahun 2020.

Salah satu pemain dalam film itu adalah Song Kang-ho. Sebelum namanya mendunia berkat perannya dalam Parasite, dia sudah menjadi bintang besar di negeri ginseng tersebut.

Selama lebih dari dua dekade dia berkarya di dunia akting. Film dia yang terkenal lainnya adalah The Taxi Driver yang ceritanya bersumber dari kisah nyata di Gwangju.

Dia memulai kariernya di dunia perfilman dengan memainkan peran kecil hingga menjadi bintang internasional seperti sekarang. Selain Parasite dan The Taxi Driver, berikut ini film-film yang dibintangi oleh Song Kang-ho.

1. Parasite 

film song kang ho-1_

Film pemenang Oscar ini mengisahkan tentang kesenjangan sosial di antara keluarga miskin dan keluarga kaya. Kisahnya dimulai ketika Kim Ki-woo (Choi Woo-shik) mendapatkan tawaran untuk bekerja sebagai guru privat bahasa Inggris di keluarga Park Dong-ik (Lee Sung-kyun) yang kaya. 

Ketika istri Park Dong-ik, Choi Yeon-gyo (Cho Yeo-jeong) mencari seorang guru terapi seni untuk anak laki-lakinya, Ki-woo pun menawarkan temannya yang bernama Jessica untuk pekerjaan itu.

Jessica tak lain dari saudara perempuannya sendiri yang bernama Kim Ki-jung (Park So-dam). Baik Ki-woo dan Ki-jung keduanya tak memiliki gelar untuk pelajaran yang mereka ajarkan. 

Tipu daya Ki-woo berlanjut dengan membuat ayahnya, Kim Ki-taek (Song Kang-ho), menjadi supir keluarga tersebut setelah mendepak sopir sebelumnya.

Tak berhenti di situ. Ki-woo kemudian membuat asisten rumah tangga keluarga tersebut dipecat dan digantikan oleh ibunya, Chung-sook (Jang Hye-jin). Tanpa disadari oleh keluarga Park, keluarga Kim jadi parasit di rumah mereka.

2. Broker 

film song kang ho-2_

Broker membawakan cerita yang cukup gelap yaitu tentang perdagangan bayi di negeri ginseng. Dikisahkan Sang-hyeon yang diperankan oleh Song Kang-ho adalah pemilik usaha laundry.

Bersama temannya yang bernama Dong-soo (Kang Dong-won), Sang-hyeon menjalankan bisnis gelap. Karena terlilit utang, dia pun akhirnya nekat menjalankan bisnis yang melibatkan kotak bayi.

Kotak bayi ini merupakan tempat para orang tua meletakkan anak yang tak mereka inginkan atau tak sanggup mereka biayai. Di suatu malam, Song-young (IU) memutuskan untuk menyimpan bayinya di kotak bayi tersebut. 

Setelah meletakkan bayinya, dari kejauhan dia memantau orang yang mengambil bayinya. Dari sinilah kemudian terjadi hubungan antara Sang-hyeon, Dong-soo dan Song-young.

3. Memories of Murder 

film song kang ho-3_

Memories of Murder ceritanya berpusat pada para detektif yang mencoba untuk mengungkap kasus pembunuhan berantai. Park Doo-man (Song Kang-ho) adalah salah satu detektif tersebut. Film ini berlatar Kota Hwaseong di tahun 1986. Kasusnya bermula saat ditemukan sesosok tubuh perempuan yang diperkosa lalu dibunuh secara tragis. 

Kasus berlanjut dengan kemunculan korban pemerkosaan dan pembunuhan yang lain. Park Doo-man bersama dengan para detektif lainnya mencoba untuk mengumpulkan bukti kuat yang berhubungan dengan kasus pembunuhan berantai tersebut. 

Demi menangkap sang penjahat, mereka pun membuat jebakan, tapi tak berhasil. Ketidakberhasilan menangkap sang pembunuh membuat Park Doo-man dan detektif lainnya frustasi. Mampukah mereka menangkap sang pembunuh berantai?

4. Snowpiercer

film song kang ho-4_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Sci-Fi, Action, Thriller
  • Produksi: Moho Film, Union Investment Partners, Opus Pictures, Stillking Films
  • Sutradara: Bong Joon-ho
  • Pemeran: Chris Evans, Tilda Swinton, Song Kang-ho, Octavia Spencer, Jamie Bell, Ewen Bremner, John Hurt, Ko Asung, Ed Harris

Film bergenre fiksi ilmiah ini merupakan sebuah karya dari Bong Joon-ho yang sukses dengan Parasite-nya. Snowpiercer diadaptasi dari pada novel berjudul 'Le Transperceneige' karya Jacques Lob, Benjamin Legrand serta Jean Marc Rochette.

Diceritakan di tahun 2014, dilepas bahan kimia ke atmosfer untuk memerangi pemanasan global. Akan tetapi, usaha tersebut malah menghancurkan bumi. Sebagai akibatnya, es dan salju menutupi bumi sepenuhnya. Di tahun 2031, selain di kereta Snowpiercer, kehidupan di Bumi menjadi mandul. 

Kereta Snowpiercer selama bertahun-tahun sudah mengelilingi dunia. Kereta ini mempunyai 1001 gerbong dan penumpang yang dipisahkan berdasarkan orang kaya dan orang miskin. Mereka yang kaya bisa mendapatkan gerbong yang paling depan, sedangkan yang miskin menghuni gerbong belakang secara bersama-sama. 

Kelompok gerbong belakang melakukan pemberontakan ketika ada dua anak yang diambil. Dalam usahanya menemukan anak itu, mereka mengetahui kalau mereka diberi makan protein yang berasal dari kecoa. 

Pemimpin pemberontakan itu bernama Curtis (Chris Evans). Dia berencana mengambil alih ruang mesin. Sedangkan Namgoong Min-soo (Song Kang-ho) dia adalah spesialis yang mendesain fitur keamanan kereta tersebut.

5. A Taxi Driver

film song kang ho-5_

A Taxi Driver mengambil kisah kerusuhan besar yang terjadi di Kota Gwangju. Dikisahkan seorang ayah tunggal bernama Kim Man-seob (Song Kang-ho) bekerja sebagai supir taksi di Kota Seoul. Dia mempunyai seorang putri dengan usia 11 tahun. Keduanya hidup bersama setelah istri Man-seob meninggal.

Suatu hari, Man-seob mendapat tawaran untuk mengantar seorang turis ke Kota Gwangju dengan bayaran sebesar 100.000 won atau sekitar 1,2 juta rupiah. Pria yang bernama Peter (Thomas Kretschmann) asal Jerman itu adalah seorang jurnalis. Dia ingin meliput peristiwa di Kota Gwangju.

Setelah berhasil memasuki Kota Gwangju, Peter melihat mahasiswa yang melakukan aksi protes. Karena identitasnya diketahui aparat, dia pun diburu untuk ditangkap. Keduanya berusaha untuk melepaskan diri dari tangkapan aparat.

6. Emergency Declaration

film song kang ho-6_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Thriller, Action
  • Produksi: Showbox Co., Ltd., Wooju Film Co., Ltd.
  • Sutradara: Han Jae-rim
  • Pemeran: Song Kang-ho, Lee Byung-hun, Kim Nam-gil, Im Si-wan, Jeon Do-yeon, Kim So-jin, Park Hae-joon

Emergency Declaration mengisahkan tentang sebuah pesawat yang pergi ke Hawaii, tapi di luar dugaan, pesawat tersebut mengalami bencana luar biasa. Pilot pesawat mencoba supaya pesawatnya bisa melakukan pendaratan darurat. Hal ini tentu saja tidaklah mudah. 

Song Kang Ho memerankan karakter bernama In-ho, seorang detektif yang berusaha menyelidiki kecelakaan yang menimpa pesawat tersebut. Lee Byung-hun berperan sebagai Jae-hyuk, penumpang pesawat tersebut dan Kim Nam-gil memerankan karakter Hyun-soo yang merupakan pilot pesawat tersebut. 

Ada im Si-wan yang menjadi penumpang bernama Jin-seok dan Kim So-jin yang berperan sebagai pramugari. Park Hae-joo berperan sebagai Tae-su, kepala pusat manajemen krisis dari pihak pemerintah.

7. The Good, the Bad, the Weird

film song kang ho-7_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Adventure, Action, Comedy
  • Produksi: Barunson Co. Ltd., Grimm Pictures
  • Sutradara: Kim Jee-woon
  • Pemeran: Lee Byung-hun, Song Kang-ho, Jung Woo-sung

The Good, the Bad, the Weird berlatar Korea tahun 1930-an. Film itu mengisahkan sosok The Weird (Song Kang Ho). Dia adalah seorang pencuri ulung dengan kemampuan menembak yang luar biasa, tapi tingkahnya lucu. Penampilannya terlihat lusuh dan kepalanya ditutup oleh topi seperti orang Manchuria.

The Bad (Lee Byung Hun) adalah seorang jago tembak dan pisau dengan karakter yang buruk juga. Penampilan The Bad sangat rapi lengkap dengan jas dan rambutnya berponi panjang yang terlempar ke kanan. Namun dia terkenal sadis ketika memperlakukan orang.

The Good (Jung Wo Sung) juga ahli tembak-menembak dan memiliki senjata khas, yaitu sebuah senapan laras panjang serta selalu mengenakan topi koboi. Ketiganya terlibat dalam perburuan peti harta karun.

8. The Age of Shadows

film song kang ho-8_
Tahun Rilis 2016
Genre ,
Sutradara
Pemeran Song Kang Ho Gong Yoo

The Age of Shadows merupakan film yang berlatar tahun 1920-an saat Jepang menjajah Korea Selatan. Song Kang-ho berperan sebagai Lee Jung-chul. Dahulu dia adalah anggota gerakan kemerdekaan Korea kemudian menjadi perwira polisi untuk pemerintah Jepang.

Lee Jung-chul diberi tugas untuk menyelidiki kelompok gerakan kemerdekaan Korea yang bernama The Righteous Brotherhood. Dahulu dia adalah anggota kelompok tersebut. Ketika melaksanakan misinya, dia menyamar agar bisa dekat dengan pemimpin kelompok tersebut. 

Sementara itu, dalam kelompok tersebut juga terdapat mata-mata yang memberikan informasi kepada Jepang. Akhirnya, Lee Jung-chul dihadapkan pada pilihan antara realitas dengan nalurinya.

9. Secret Sunshine

film song kang ho-9_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Pine House Films
  • Sutradara: Lee Chang-dong
  • Pemeran: Jeon Do-yeon, Song Kang-ho

Film ini sukses menyabet penghargaan di ajang Asian Film Awards dan Asian Pacific Screen Awards. Dikisahkan Lee Shin-ae pindah ke daerah selatan, yaitu Miryang. Daerah itu adalah kampung halaman suaminya yang baru meninggal karena kecelakaan mobil. 

Ketika berusaha untuk tinggal di tempat barunya ini, dia menemukan kenyataan kalau dirinya tidak bisa menyesuaikan diri. Untung ada Kim Jong-chan (Song Kang-ho), seorang pria lajang pemilik bengkel mobil yang mau membantunya meskipun agak mengganggu. 

Nasib buruk masih menghantui Shin-ae. Kali ini anaknya hilang dan ditemukan sudah tewas. Penculiknya adalah guru di daycare tempat anaknya dititipkan. Shin-ae pun diajak untuk mengikuti jalan Tuhan agar rasa sakitnya hilang. Namun, dia malah mengobarkan peperangan terhadap Tuhan. 

10. The Drug King

film song kang ho-10_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Crime, Action, Drama
  • Produksi: Hive Media Corp.
  • Sutradara: Woo Min-ho
  • Pemeran: Song Kang-ho, Bae Doona, Jo Jung-suk

Film ini bercerita tentang Lee Doo-sam (Song Kang-ho), seorang pria yang sudah lama berkutat dalam dunia bisnis ilegal di Busan. Dia sempat sukses dengan bisnisnya tapi kemudian ditangkap aparat berwajib. Mau tak mau dia pun harus berada di balik jeruji besi untuk beberapa tahun.

Sekeluarnya dari penjara, dia memulai peruntungan baru. Dia ditawari untuk berbisnis kokain. Pada awal bisnis haramnya, dia bertemu dengan Kim Jeong-ah (Bae Doo-na) yang memiliki banyak koneksi orang-orang kaya dan pebisnis.

Lee Doo-sam pun berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis penyelundup narkoba di Busan. Akan tetapi, Kim In-goo (Jo Jung-suk), seorang detektif yang baru dipindahkan ke Busan merasa curiga melihat kekayaan Doo-sam. Dia pun berusaha mencari info tentang Doo-sam dan mencoba menjatuhkannya. 

Nah, itulah 10 film Song Kang-ho yang kini namanya sudah terkenal di dunia perfilman barat berkat beberapa film yang dibintanginya, seperti Parasite. Dia merupakan seorang aktor yang memberikan inspirasi pada para bintang film Korea.

Tak hanya bermain di film Korea saja, dia juga bermain bersama aktor Hollywood kenamaan, sebut saja Chris Evans dalam Snowpiercer. Nah, selain Parasite, apakah kamu sudah nonton film Song Kang Ho lainnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram