logo web

8 Karakter Utama dalam Film Anime Free! The Final Stroke: Kouhen

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Free! The Final Stroke: Kouhen- dikenal juga dengan judul Free! The Final Stroke: Part 2. Film ini merupakan duology yang ditayangkan pada 22 April 2022 di Jepang. Sementara di Indonesia, film ini baru ditayangkan pada 12 Agustus 2022.

Film ini mengambil tema olahraga khususnya renang. Karakter utama pada film adalah Nanase Haruka, Matsuoka Rin, Tachibana Makoto dan Kirishima Ikuya. Mereka sama-sama mengikuti sebuah turnamen renang dunia di Sydney. Film ini juga berfokus pada penyelesaian konflik yang dihadapi oleh Haru.

Kali ini Showpoiler akan membahas dalam karakter penting dalam film Free! The Final Stroke: Kouhen. Nah, kira-kira seperti apakah karakter-karakter yang ada di film ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Nanase Haruka (Shimazaki Nobunaga)

karakter free the final stroke kouhen_Nanase Haruka_

Nanase Haruka atau yang lebih sering dipanggil Haru merupakan karakter utama dan menjadi pusat cerita pada film ini. Suara Haru ini dibawakan oleh voice actor terkenal Shimazaki Nobunaga.

Haru memiliki keahlian khusus berenang gaya bebas. Banyak orang yang terpikat dengan gaya renang Haru. Sementara Haru sendiri dari kecil memang sudah sangat tertarik dengan air.

Haru merupakan orang yang kuat, pendiam dan sulit mengekspresikan apa yang dia rasakan. Sehingga ketika ingin mengkomunikasikan apa yang sesungguhnya dia rasakan, sering kali yang diucapkannya bertolak belakang dengan yang dirasakannya.

Saat menghadapi masalah, dia cenderung menyimpannya sendiri. Sampai akhirnya dia tenggelam ke dalam jurang kegelisahan. Tapi, Haru mulai bisa bangkit kembali ketika orang-orang terdekatnya mulai kembali mengajaknya berkomunikasi secara perlahan.

Bisa dibilang Haru ini orang yang tak mau kalah. Dalam artian, ketika dia kalah dari lawannya, maka Haru akan mendorong kemampuannya untuk minimal seimbang dengan lawannya itu. Meskipun akhirnya malah membuat dirinya kelelahan, tapi semua usahanya tidak ada yang sia-sia.

2. Matsuoka Rin (Miyano Mamoru)

karakter free the final stroke kouhen_Matsuoka Rin_

Matsuoka Rin merupakan karakter utama kedua yang disuarakan oleh Miyano Mamoru. Sama seperti pengisi suara Haru, pengisi suara Rin pun merupakan voice actor terkenal.

Dalam berenang, Rin memiliki dua spesialis gaya yaitu, gaya kupu-kupu dan gaya bebas. Dia merupakan teman baik Haru dan salah satu karakter yang sering berselisih dengan Haru. 

Tapi, meskipun dia berselisih dengan Haru, Rin sebenarnya masih peduli pada Haru. Dia bahkan mencoba menurunkan egonya untuk kembali berbicara pada Haru yang mulai menjauh. Perkataan tulus dari Rin ini akhirnya membuat Haru luluh dan kembali berjuang bersama dalam turnamen renang dunia. 

Rin memiliki karakter yang agak bertolak belakang dari Haru. Dia cukup mudah mengutarakan apa yang dirasakannya. Tapi, dia juga cukup bisa mengontrol diri, sehingga tidak terlalu meledak-ledak ketika marah.

3. Tachibana Makoto (Suzuki Tatsuhisa)

karakter free the final stroke kouhen_Tachibana Makoto_

Karakter utama ketiga adalah Tachibana Makoto yang suaranya diisi oleh Suzuki Tatsuhisa. Sama seperti Rin, Makoto pun merupakan teman baik Haru yang telah berteman sejak kecil. Dalam berenang, Makoto mengkhususkan dalam renang gaya punggung.

Makoto memiliki penampilan dan karakter yang sangat tenang. Dia sangat ramah dan lebih mudah berkomunikasi dibandingkan dengan Haru.

Selain itu, Makoto merupakan karakter yang sensitif dan cukup mudah takut. Seperti ketika mengetahui kondisi Haru yang sesungguhnya. Hal tersebut membuat Makoto sangat cemas dan mengkhawatirkan sahabatnya itu. 

Meski sudah tidak menjadi atlet renang, Makoto masih aktif terjun dalam dunia renang sebagai pelatih. Dia bercita-cita menjadi seorang pelatih renang profesional. 

4. Kirishima Ikuya (Uchiyama Kouki)

karakter free the final stroke kouhen_Kirishima Ikuya_

karakter utama yang terakhir adalah Kirishima Ikuya yang suaranya diisi oleh Uchiyama Kouki. Ikuya sudah berteman lama dengan Haru dan Makoto. Dia sudah menjadi tim renang bersama Haru dan yang lainnya sejak masih SMP. 

Berenang gaya dada merupakan spesialisasi Ikuya. Saat berenang, dia bisa bergerak dengan elegan dan memiliki kecepatan juga gaya yang hampir mirip dengan Haru. 

Pada film ini, Ikuya kembali menjadi tim renang bersama Haru, Rin, dan Yamazaki. Dia yakin bisa mewujudkan mimpinya bersama mereka. Terutama keyakinannya pada Haru. Dan akhirnya, mimpi Ikuya untuk berkompetisi di turnamen renang dunia pun bisa terwujud.

5. Yamazaki Sosuke (Hosoya Yoshimasa)

karakter free the final stroke kouhen_Yamazaki Sosuke_

Yamazaki Sosuke yang suaranya diisi oleh Hosoya Yoshima merupakan teman masa kecil Rin. Sama seperti sahabatnya itu, Yamazaki pun berspesialisasi dalam renang gaya kupu-kupu.

Bahunya Yamazaki sempat terluka karena pelatihan yang terlalu berat sehingga dia harus menjalani rehabilitasi. Meski awalnya tidak memungkinkan menjadi atlet profesional dunia, tapi di film ini, Yamazaki berkesempatan untuk tanding di turnamen dunia. 

Rehabilitasi yang dijalaninya telah selesai, sehingga bisa mengikuti turnamen tersebut. Dan secara profesional, dia kembali menjadi atlet renang dalam klub yang sama dengan Rin juga Haru.

6. Hazuki Nagisa (Yonaga Tsubasa)

karakter free the final stroke kouhen_Hazuki Nagisa_

Gaya dada merupakan keahlian Hazuki Nagisa dalam berenang. Dia merupakan tipikal karakter yang ceria, bersemangat dan blak-blakan. Intonasinya dalam berbicara sangat khas dan terdengar manis, cocok dengan karakternya. Suasana pun akan langsung terasa ceria ketika Nagisa muncul.

Jika ada hal yang berkaitan dengan Haru, maka Nagisa akan selalu bersemangat. Dia sudah mengagumi Haru sejak lama dan bisa dibilang nagisa ini adalah fanboy-nya Haru. 

Terlihat sekali ketika dia ingin mendukung Haru dalam pertandingan dunia, dia bahkan membuat gelang yang dianggapnya sebagai jimat keberuntungan. Dan dia membagikan gelang-gelang buatannya tersebut pada orang-orang yang mendukung Haru.

Setelah lulus SMA, Nagisa masuk ke Universitas Naribusawa dan menjadi adik kelasnya Kinjo Kaede. Nagisa sudah cukup lama mengenal Kaede, sehingga membuatnya langsung akrab dengan kakak kelasnya itu. 

7. Kinjou Kaede (Ono Daisuke)

karakter free the final stroke kouhen_Kinjou Kaede_

Kinjou Kaede merupakan seorang mahasiswa di Universitas Naribusawa. Dia merupakan kakak kelasnya Nagisa yang dianggap sebagai perenang terbaik. Ketika masuk tim renang di Universitas, Kaede dikenal sebagai kakak kelas yang menyeramkan. Membuat anak-anak baru segan untuk mendekatinya.

Kaede memiliki karakter yang bisa dibilang agak tsundere. Meskipun terkesan ‘galak’, tapi sebenarnya dia sangat perhatian. Sama seperti ketika dia mempertanyakan tujuan Haru berenang. Dia merasa heran dengan Haru yang terlihat kehilangan arah saat berenang.

Dia juga cukup agresif dan memiliki sikap yang mendominasi orang lain. Kaede tidak menyukai renang secara kelompok, sehingga dia lebih senang jika mengikuti lomba renang individu.

8. Albert Volander (Manning Jeff)

karakter free the final stroke kouhen_Albert Volander_

Albert merupakan seorang perenang dari Swedia. Dia memegang rekor dunia dalam lomba renang gaya bebas 100 dan 200 meter. Rekor tersebut membuat Albert dikenal sebagai ‘Dewa Kematian’. 

Saat berenang, Albert memancarkan aura yang menakutkan. Tapi, sebenarnya dia merupakan karakter yang tenang dan ramah. Dia kembali terjun dalam turnamen renang ketika mengetahui Haru pun ikut bertanding.

Nah, itulah delapan karakter penting dalam film Free! The Final Stroke: Kouhen. Sebetulnya di film ini cukup banyak sekali karakter yang muncul, seperti pelatih renang dan beberapa teman Haru yang lainnya. Tapi dari sekian banyak karakter tersebut, hanya delapan karakter yang memiliki peranan cukup penting dalam film ini.

Dari delapan karakter di atas, manakah karakter yang paling kamu sukai? Penasaran dengan filmnya? Jangan lupa untuk membaca dulu ulasan filmnya di artikel Sinopsis & Review Free! The Final Stroke: Kouhen, sebelum kamu memutuskan untuk menonton filmnya

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram