showpoiler-logo

20 Karakter Kunci Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 2

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Pada 4 April 2022 yang lalu, anime Shingeki no Kyojin: The Final Part 2 baru saja selesai tayang. Di part ke-2 ini ceritanya makin seru dan para penontonnya dibuat penasaran.

Namun, sayangnya rasa penasaran para penonton masih harus digantung, karena ceritanya akan dilanjutkan pada part ke-3 yang akan ditayangkan pada tahun 2023 mendatang.

Pada part ke-2 anime ini, ada beberapa karakter yang baru muncul dan menjadi salah satu kunci dari asal usul munculnya kyojin. Selain itu, ceritanya semakin fokus pada kisah Eren yang ingin menghancurkan para musuhnya. Namun disisi lain, terbentuk aliansi baru yang ingin menghentikan rencana Eren.

Berikut Showpoiler telah merangkum karakter yang memiliki peranan cukup penting dalam peristiwa yang terjadi di part 2 ini. Setidaknya ada 20 daftar karakter yang memiliki peranan penting tersebut. Simak ulasannya.

1. Eren Yeager (Kaji Yuuki)

eren_

Pada part 2 ini, Eren akhirnya berhasil bertemu dengan Zeke. Namun, Eren ternyata memiliki rencana yang berbeda dari Zeke.

Eren kemudian mencoba meyakinkan Ymir, bahwa ia adalah orang yang bebas. Eren percaya dengan melepaskan jutaan kyojin dinding adalah satu-satunya cara untuk memberikan kebebasan untuk pulau Paradis.

Dengan darah kyojin yang dimilikinya, Eren bisa melihat masa depan. Dan dengan melihat masa depan yang terjadi, Eren mengarahkan semua kejadian sesuai dengan kehendaknya. Setelah bertemu dengan Ymir, Eren meminta agar Ymir memberikan kekuatan kyojin Perintis kepada dirinya.

Setelah Eren mendapatkan kekuatan dari Ymir, ia langsung menjalankan rencananya. Eren berubah menjadi sosok kyojin yang sangat besar dan berbeda dari penampilan sebelumnya. Kemudian, Eren mengendalikan para kyojin raksasa yang ada di dinding untuk mulai melakukan genosida terhadap orang-orang yang dulu pernah menyerang orang-orang di Pulau Paradis.

2. Mikasa Ackerman (Ishikawa Yui)

mikasa_

Mikasa cukup terguncang dengan perkataan Eren tentang darah Ackerman dalam dirinya. Namun, Armin cukup memberikan keyakinan pada dirinya untuk menolong Eren yang sedang bertarung melawan bangsa Marley.

Meskipun merasa sedih ketika melepaskan syal yang biasa digunakan, tapi Mikasa memutuskan untuk mulai mencoba terbebas dari darah Ackerman. Mikasa kemudian memutuskan untuk bergabung dengan aliansi untuk menghentikan rencana Eren yang hendak melakukan genosida di dunia.

Pada akhir episode, Mikasa sempat membayangkan. Mungkin ceritanya akan berbeda jika dulu ia sempat memberikan jawaban yang berbeda pada Eren. Namun, sampai akhir, ia masih belum yakin apakah Eren benar-benar berubah atau sebenarnya Eren tidak pernah berubah sejak dulu.

3. Armin Springer (Inoue Marina)

armin_

Armin dipenjara bersama Mikasa oleh kelompok fraksi Eren. Selama penyergapan yang dilakukan oleh Marley, Armin yakin kalau Eren sebenarnya masih berada di pihak Eldia. Kemudian, ia memutuskan untuk membantu Eren melawan Marley.

Sama seperti Mikasa, Armin juga kemudian bergabung bersama aliansi untuk menghentikan rencana genosida Eren. Armin terpaksa harus melawan orang Eldia dari fraksi Eren yang dipimpin oleh Floch. Armin membuat sebuah taktik agar bisa mengambil pesawat yang ada di pelabuhan.

Namun, saat itu, rencana Armin dan yang lainnya sudah ketahuan oleh Floch. Kemudian Armin ditembak oleh salah seorang pasukan fraksi Eren yang merupakan temannya sendiri.

Tapi, berkat darah kyojin yang ada pada dirinya, Armin masih bisa bertahan, meskipun membutuhkan waktu untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

4. Connie Springer (Shimono Hiro)

connie_

Connie merupakan salah satu anggota Pasukan Pengintai yang memiliki kekuatan yang cukup hebat. Connie sempat tersulut emosi ketika Onyankopon menjelaskan tentang situasi yang terjadi di luar saat pasukan Marley menyerang.

Namun, setelah cukup ditenangkan oleh Armin, Connie pun akhirnya ikut bergabung untuk membantu Eren.

Setelah pasukan kyojin dinding muncul, Connie membawa Falco pergi ke desa tempat ibunya berada. Connie bermaksud untuk menjadikan Falco sebagai makanan untuk ibunya yang telah berubah menjadi kyojin. Namun, Connie merasakan perasaan yang cukup campur aduk.

Tak lama, Armin bersama Gabi datang ke tempat Connie berada dan berhasil menghentikan tindakan dirinya. Kemudian, Connie bergabung dengan aliansi untuk menghentikan rencana Eren.

5. Jean Kristein (Taniyama Kishou)

jean_

Jean dianggap sebagai orang yang cukup kompeten dalam pasukan pengintai. Jean merasa kesal kepada Eren, karena ia selalu kalah dari dirinya. Terlebih Jean memiliki perasaan kepada Mikasa, tapi Mikasa lebih melihat Eren dibandingkan dirinya. 

Namun, ketika terjadinya gemuruh dari pasukan kyojin dinding yang dikendalikan oleh Eren, Jean sempat bimbang. Antara menerima dengan gemuruh tersebut kemudian menikmati hidup di pedalaman, atau menghentikan gemuruh tersebut. Tapi, Jean memutuskan untuk meninggalkan mimpinya dan menyelamatkan dunia.

Jean pun bergabung dengan pasukan aliansi untuk menyelamatkan dunia. Ketika bergabung, Jean masih sering bertengkar dengan Magath yang merupakan bangsa Marley.

Ia memperdebatkan perihal sejarah kelam antara dua negara tersebut. Tapi kemudian Jean mulai bisa menerima dan mencoba untuk sama-sama menghentikan Eren.

6. Hanji Zoe (Park Romi)

hanji_

Saat Hanji disuruh menunjukkan tempat Levi berada oleh pasukan fraksi Eren, Hanji mendengarkan sebuah ledakan. Hanji kemudian menemukan tubuh Levi yang terkena oleh ledakan bom yang didengarnya tadi.

Hanji mengatakan kalau Levi telah meninggal, namun memanfaatkan situasi ketika yang lainnya fokus pada kemunculan Zeke.

Hanji melawan beberapa pasukan dari Eldian kemudian merawat Levi secara diam-diam di dalam hutan. Setelah melihat pesan dari Eren tentang subjek Ymir, Hanji bersama Levi memutuskan untuk membentuk aliansi dari sisa Pasukan Pengintai dan Pasukan Marley.

Hanji menemui Jean dan Mikasa secara diam-diam kemudian menjelaskan tentang rencananya. Dan pada waktu yang telah ditentukan, Hanji pun berkumpul dengan beberapa anggota lainnya yang bergabung dalam aliansi tersebut. Hanji dan yang lainnya mulai menyusun rencana untuk menyelamatkan dunia dan menghentikan Eren.

7. Levi Ackerman (Kamiya Hiroshi)

levi_

Levi mengalami luka yang cukup parah akibat ledakan yang dilakukan oleh Zeke. Levi hampir meninggal setelah ledakan terjadi, namun tubuhnya berhasil ditemukan oleh Hanji. Kemudian, Levi menerima perawatan dari Hanji dan perlahan mulai pulih.

Levi dan Hanji membuat aliansi baru, dengan landasan dasarnya adalah untuk membunuh Zeke. Levi dan Hanji bertemu dengan Magath dan Pieck, kemudian menjelaskan maksud dan tujuannya. Dan setelahnya, mereka mulai menyusun rencana untuk menghentikan Eren.

8. Zeke Yeager (Koyasu Takehito)

zeke_

Zeke berhasil selamat dari ledakan bunuh diri yang ia lakukan. Saat itu, Zeke berada di tempat misterius yang disebut dengan ‘Paths’. Di tempat misterius itu, ia dirawat oleh seorang gadis Ymir dan akhirnya bisa pulih kembali.

Zeke juga berhasil bertemu dengan Eren di Shiganshina dan mulai menjalankan rencananya bersama Eren. Ia berhasil mengajak Eren masuk ke dalam ‘Paths’ sebuah dunia misterius tempat jiwa Ymir berada.

Zeke kemudian memperlihatkan ingatan masa lalu ayah mereka, Grisha. Tapi, dalam ingatan itu, Zeke melihat ingatan lain yang baru pertama kali ia melihat dan membuat dirinya terkejut. 

Dalam ingatan Grisha itu, dia mengetahui kalau selama ini Eren telah memanipulasi ayah mereka untuk membunuh keluarga Reiss.

Semua hal yang terjadi selama ini adalah salah satu rencana dari Eren yang bisa melihat masa depan. Kemudian, Zeke diminta Grisha untuk menghentikan Eren. Namun, Zeke tidak bisa mengalahkan Eren. 

9. Reiner Braun (Hosoya Yoshimasa)

reiner_

Setelah serangan Eren di Liberio, Reiner merencanakan serangan ke Paradis dengan tujuan untuk menghentikan Eren yang menjadi ancaman besar dunia. Reiner sekuat tenaga menghentikan Eren, namun semua usahanya berakhir sia-sia ketika Eren memulai membangkitkan para kyojin di dalam dinding.

Reiner yang cukup putus asa, bertemu kembali dengan rekan-rekannya yang lain dari Marlet, termasuk Gabi. Reiner kemudian bergabung dengan aliansi untuk menghentikan Eren dan menyelamatkan dunia. 

10. Falco Grice (Hanae Natsuki)

falco_

Setelah pertempuran di Liberio, Falco bersama Gabi berada di Paradis. Namun, secara tidak sengaja Falco meneran anggur yang berisi cairan tulang belakang milik Zeke, sehingga sewaktu-waktu ia bisa berubah menjadi kyojin

Saat terjadi penyerangan ke Pradis, Falco ditangkap oleh Pasukan Eldia. Namun ia dibebaskan oleh salah seorang Pasukan Eldia dan menyuruhnya pulang bersama Gabi dan Colt.

Falco tiba-tiba menyatakan perasaannya pada Gabi saat sedang bersembunyi. Ia takut jika suatu saat ia akan berubah menjadi kyojin dan belum sempat menyatakan perasaannya.

Kemudian, Falco berubah menjadi kyojin murni setelah mendengarkan teriakan dari Zeke. Saat menjadi kyojin, Falco mencoba menyerang Reiner dan kemudian memakan Porco, sehingga ia memiliki kekuatan kyojin rahang.

Falco bergabung dengan aliansi untuk menghentikan Eren. Melihat perjuangan rekan-rekannya yang lain, Falco nekat berubah menjadi kyojin rahang, meskipun ia belum bisa sepenuhnya mengendalikan diri. Dan setelah berubah menjadi kyojin, Falco diselamatkan dan cukup kelelahan setelahnya.

11. Gabi Braun (Sakura Ayane)

gabi_

Gabi diselamatkan oleh Pieck yang menyusup ke Paradis. Kemudian, Gabi berhasil bertemu dengan Falco dan Colt. Saat mereka sedang bersembunyi, Gabi terkejut karena tiba-tiba Falco menyatakan perasaannya. 

Ketika bersembunyi, Gabi mendengar ucapan Kaya yang ingin membunuh dirinya. Dan saat itu, ia tersadar kalau bangsa Eldia yang berada di Paradis hanyalah manusia biasa. Di lain tempat, Gabi menembak dan berhasil memutuskan kepala Eren saat akan melakukan kontak fisik dengan Zeke.

Gabi kemudian bergabung dengan aliansi untuk menghentikan Eren. Gabi meminta kepada Jean dan bangsa Eldia yang ada di aliansi itu untuk menolong bangsa Marley. Ia juga meminta maaf atas perilakunya selama ini kepada bangsa Eldia.

12. Pieck Finger (Nakamura Manami)

pieck_

Pieck berhasil menyelamatkan Gabi, kemudian ia menyusun rencana bersama Pasukan Marley untuk menyerang Paradis. Saat melakukan penyusupan ke Paradis, Pieck menemukan kalau Zeke mengkhianati Marley setelah mencari tahu tentang Yelena.

Pieck memberitahu Magath tentang rencana Zeke kemudian bersama-sama menyerang Paradis. Namun, mereka harus munduk ketika Eren membangkitkan kyojin yang berada di dalam dinding.

Pieck menyelamatkan Magath, kemudian bertemu dengan Hanji dan Levi. Setelahnya, Pieck bergabung dengan aliansi yang dibentuk oleh Hanji dan Levi untuk menghentikan Eren.

Dalam aliansi baru tersebut, Pieck mencoba mencari informasi yang berada di pelabuhan. Kemudian, ia melaporkan situasi di pelabuhan yang telah dikepung oleh pasukan fraksi Eren.

13. Porco Galliard (Masuda Toshiki)

porco_

Saat melakukan penyerangan ke Paradis, Porco kembali menyerang Eren bersama Reiner, Pieck dan Pasukan Marley. Porco mendapatkan banyak cukup luka saat bertarung melawan Eren, hingga akhirnya ia sulit untuk memulihkan dirinya sendiri.

Porco membiarkan Reiner melihat masa lalunya yang membuat Reiner menjadi kyojin zirah. Kemudian untuk membalas kebaikan Reiner, Porco mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Reiner dari Falco dan membiarkan dirinya dimakan oleh Falco, sehingga falco memperoleh kekuatan kyojin rahang dari dirinya.

14. Magath Theo (Saitou Jirou)

magaht_

Magath memimpin Pasukan Marley menyerang Pulau Paradis. Dengan menggunakan baju besi dan bantuan dari Pieck, ia berhasil mengarahkan tembakan kepada Zeke yang telah mengkhianati bangsa Marley.

Namun, saat pertarungan yang cukup sengit, Magath melarikan diri setelah Eren membangkitkan kyojin yang berada di dinding Shiganshina. Kemudian, Magath bertemu dengan Hanji dan Levi yang mengajaknya untuk beraliansi.

Magath setuju dengan rencana tersebut, meskipun awalnya ia tetap bertengkar dengan Jean mengenai sejarah masa lalu. Tapi, ia cukup terharu melihat Gabi yang meminta maaf dan memohon untuk menyelamatkan bangsa Marley.

Magath pun kemudian meminta maaf kepada bangsa Eldia dan mengorbankan diri untuk mendukung rencana menghentikan Eren.

15. Yelena (Saiga Mitsuki)

yelena_

Yelena yang awalnya optimis dengan rencana Zeke melakukan euthanasia bangsa Eldia, terkejut dengan tindakan dari Eren. Setelah serangan dari bangsa Marley ke Pulau Paradis, Yelena diinterogasi oleh Pixis bersama dengan sukarelawan lainnya.

Namun, setelah kebangkitan kyojin dinding, Yelena akan dieksekusi oleh fraksi Eren yang kini dipimpin oleh Floch, dengan tuduhan kalau Yelena adalah dalang dari rencana euthanasia Eldia. Namun, Yelena diselamatkan oleh pasukan aliansi dan dibawa oleh Hanji dan yang lainnya.

16. Leonhart Annie (Shimamura Yuu)

annie_

Annie terbangun dari kristal kyojin setelah empat tahun terkurung di sana. Annie sadar setelah kyojin di dalam dinding dibangkitkan oleh Eren. Annie menceritakan kalau ia ingin menghentikan Eren karena ada ayahnya angkatnya di Marley. 

Annie bergabung dengan aliansi Levi, Hanji dan yang lainnya dalam misi untuk menghentikan Eren dan menyelamatkan dunia. Annie bertanya kepada Mikasa apakah ia bisa membunuh Eren yang merupakan temannya sendiri, meskipun pada akhirnya ia sudah menebak jawaban dari Mikasa.

17. Fritz Ymir (Miura Chiyuki)

ymir_

Ymir adalah seorang gadis yatim piatu dari keturunan Eldia. Saat kecil, Ymir dijadikan kambing hitam oleh orang-orang di sekitarnya, sehingga ia dihukum oleh Fritz dan dijadikan layaknya buruan. Namun, ketika sedang berlindung, Ymir masuk ke dalam sebuah pohon misterius yang di dalamnya terdapat air.

Di dalam sana, Ymir didekati oleh makhluk misterius yang menyebabkan dirinya bangkit menjadi sosok kyojin perintis pertama. Setelahnya, Ymir dimanfaatkan oleh Raja Fritz untuk memperluas wilayah kekuasaannya. 

Ymir kemudian melahirkan anak dari hubungannya bersama raja Fritz. Ia dikaruniai tiga orang anak, namun ia meninggal setelah melindungi Raja Fritz. Tubuhnya dijadikan makanan untuk tiga anak-anaknya atas perintah Raja Fritz yang mengingkan keturunan kyojin tetap berlanjut.

Setelah meninggal, jiwa Ymir berada di sebuah tempat yang disebut dengan ‘Paths’ atau koordinat. Di sana, ia mulai membentuk beragam kyojin. Namun, saat bertemu dengan Eren, Ymir diyakinkan kalau ia bisa hidup bebas tanpa menjadi budak kembali. Akhirnya, Ymir memberikan kekuatan kyojinnya kepada Eren.

18. Frieda Reiss (Youko Hikasa)

frieda_

Freida Reiss adalah seorang wanita yang muncul dalam ingatan ayahnya Eren dan Zeke. Freida merupakan kakak tiri Historia yang baik hati dan merawat Historia. Ia mengajadi Historia untuk membaca dan menjadi orang yang baik.

Freida memperoleh kekuatan kyojin pendiri saat ia berusia 15 tahun. Ia bisa memanipulasi ingatan dan mengetahui tentang sejarah manusia. Namun, Frieda tidak bisa mengendalikan kyojin, sehingga ia dimakan oleh Grisha.

19. Grisha Yeager (Hiroshi Tsuchida)

grisha_

Grisha Yeager adalah ayah dari Eren dan juga Zeke. Grisha merupakan seorang dokter medis terkenal dan dihormati di Shiganshina. Grisha memiliki sebuah rahasia yang kemudian diketahui oleh Eren. Ia merupakan seorang Eldia yang kecewa atas kematian adik perempuannya.

Grisha bergabung dengan Restorasionis Eldia tujuh tahun kemudian. Ia menikahi Dina Fritz dan dikarunia anak laki-laki bernama Zeke. Namun, Grisha menikah kembali dengan Carla dan mempunyai anak bernama Eren. 

Grisha kembali melacak keberadaan keluarga Reiss dan memohon Freida untuk menghentikan invasi kyojin dan menyelamatkan Shiganshina.

Namun, Grisha dimanipulasi oleh Eren dalam ingatan masa depan Eren, sehingga ia membantai keluarga Reiss. Melihat Zeke yang sudah tumbuh dewasa pada ingatan dirinya, Grisha meminta tolong Zeke untuk menghentikan Eren. 

20. Floch Forster (Ono Kensho)

floch_

Floch menjadi pendukung setia Eren dan menjadi pemimpin pasukan fraksi Eren setelah menggulingkan Yelena. Floch yakin kalau Eren adalah satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan bangsa Eldia. Floch mengetahui rencana Eren yang sesungguhnya, kalau Eren sebenarnya hanya pura-pura setuju dengan rencana Zeke.

Floch memimpin pasukan fraksi Eren dan menyandera Kiyomi Azumabito di pelabuhan Paradis. Namun, Floch dikhianati oleh aliansi Hanji dan yang lainnya, sehingga ia harus bertarung dengan mantan rekannya sendiri. 

Nah, itulah 20 karakter yang menjadi kunci di anime Shingeki no Kyojin; The Final Season Part 2. Namun, kita masih harus bersabar menunggu kelanjutan cerita anime ini, karena Part 3 baru akan ditayangkan pada tahun 2023 mendatang. 

Sambil menunggu lanjutan ceritanya, kamu bisa membaca kembali ulasan anime Shingeki no Kyojin dari season pertama hingga akhir di Showpoiler. Atau menonton anime-nya di iQIYI dan Netflix.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram