logo web

Inilah 8 Pemeran Penting dalam Film Decision to Leave (2022)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Film Decision to Leave (2022) mendapat perhatian dan penghargaan di ajang Cannes Film Festival. Park Chan Wook sebagai sutradara bahkan menyabet penghargaan sebagai Best Director.

Film ini mengisahkan tentang hubungan terlarang, emosional dan sensual antara seorang detektif dengan wanita yang diduga sebagai tersangka pembunuhan.

Film investigasi yang bercampur dengan romansa tipis-tipis, tapi terasa magis ini dibintangi oleh aktor dan aktris yang punya nama besar.

Para bintang yang memerankan karakter utama atau special appearance punya pengalaman segudang. Siapa saja pemeran Decision to Leave (2022)? Simak ulasannya di bawah ini! 

Baca juga: Suka Cerita Detektif? Ini 10 Film Detektif Korea Paling Seru

1. Seo Rae (Tang Wei)

Seo Rae (Tang Wei)

Aktris berkebangsaan China, Tang Wei, mendapat kepercayaan untuk memerankan karakter utama dalam film Decision to Leave (2022). Di film ini Tang Wei berperan sebagai Seo Rae.

Dia adalah wanita yang berasal dari Tiongkok dan menikah dengan pria Korea bernama Ki Do Soo. Seo Rae merupakan cucu dari tentara pembebasan yang punya pengaruh besar.

Seo Rae memiliki perbedaan usia yang cukup jauh dengan suaminya, sehingga kerap disalahpahami sebagai anak Ki Do Soo. Sebagai wanita Tiongkok, Seo Rae tidak terlalu fasih berbahasa Korea.

Pada beberapa kesempatan dia membutuhkan bantuan penerjemah digital. Seo Rae sosok wanita yang cukup tenang, tetapi misterius.

Selain punya kebiasaan sarapan dengan es krim, Seo Rae sibuk melayani atau mengurusi para wanita jompo. Dia hangat dan telaten menjaga mereka.

Seo Rae sebenarnya sangat kesepian dan kurang perhatian dari suaminya. Dia bahkan merasa tidak diinginkan sehingga melakukan hal yang merenggut nyawa. Seo Rae seorang yang manipulatif dan memiliki obsesi terhadap Hae Jun.

Tang Wei diketahui melejit namanya melalui film kontroversial berjudul Lust, Caution (2007). Dia berhasil mengalahkan 10.000 aktris untuk mendapatkan posisi tersebut. Pada film ini penampilannya membawa aura sensual sekaligus misterius.

2. Hae Jun (Park Hae Il)

Hae Jun (Park Hae Il)

Aktor kawakan lain yang terlibat dalam film ini adalah Park Hae Il. Berpengalaman main film sejak 2001, penampilan Hae Il dalam berakting gak perlu kamu ragukan.

Di sini aksinya sebagai detektif bernama Hae Jun sangat menarik. Hae Jun merupakan anggota polisi yang sangat mencintai pekerjaannya.

Suasana hatinya dipengaruhi kasus yang datang. Dia sangat bersemangat jika ada kasus yang harus diselesaikan, sebaliknya Hae Jun tampak lesu dan kehilangan gairah jika kasusnya mandeg.

Dia punya kebiasaan memajang foto-foto korban dari kasus yang belum terpecahkan, dan sulit tenang jika belum selesai.

Hae Jun pria yang sudah menikah tetapi tinggal berjauhan dengan istrinya. Dia bukan sosok suami yang romantis, tapi pandai memasak. Hae Jun memiliki ketertarikan terhadap adrenalin, sehingga nekat jatuh cinta pada Seo Rae yang sedang diselidikinya sebagai calon tersangka.

Dia tidak berusaha menghalau perasaannya dan membiarkan hal itu memengaruhi pekerjaannya. Sebagai anggota polisi, sayangnya Hae Jun ternyata mudah kalah dan mengutamakan perasaan pribadi daripada kebenaran yang harus ditegakkan. Dia bukan penyidik yang profesional, melainkan bertindak berdasarkan emosi.

3. Jung An (Lee Jung Hyun)

 Jung An (Lee Jung Hyun)

Aktris Lee Jung Hyun turut menjadi pemeran Decision to Leave (2022) selanjutnya. Lee Jung Hyun diketahui memulai debut akting di usianya ke 16 dalam film berjudul A Petal (1996). Di sini, Lee Jung Hyun berperan sebagai Jung An. Dia merupakan istri Hae Jun yang tinggal terpisah.

Jung An seorang istri sekaligus wanita karir. Dia sosok yang pengertian, tetapi juga berusaha menjaga keharmonisan keluarganya. Dia khawatir dengan kondisi pernikahannya yang tinggal berjauhan. Namun, Jung An punya cara sendiri untuk mempertahankannya.

Dalam berumahtangga Jung An istri yang pintar dan lebih proaktif dibanding Hae Jun. Dia memahami betul kebutuhan suaminya yang ‘ketagihan’ dan bersemangat menghadapi kasus-kasus.

Jung An tidak banyak menuntut, tapi sangat kecewa ketika mengetahui suaminya bermain di belakang. Dia wanita yang tegas dan berani; tak sungkan mengungkapkan sesuatu yang ada di pikirannya.

4. Soo Wan (Go Kyung Pyo)

Soo Wan (Go Kyung Pyo)

Pemeran Decision to Leave (2022) selanjutnya adalah aktor yang lebih familiar khususnya untuk penonton drama. Go Kyung Pyo yang terkenal sukses membintangi beberapa drama, terlibat dalam film jebolan Cannes Film Festival ini.

Dia berperan sebagai Soo Wan; anggota kepolisian yang bekerja bersama Hae Jun mengungkap kasus kematian Ki Do Soo.

Dibanding Hae Jun yang emosional, Soo Wan lebih logis. Dengan bukti-bukti yang ada dia melihat dan meyakini Seo Rae sebagai tersangka pembunuhan.

Soo Wan dan Hae Jun kerap berselisih karena perbedaan analisis. Selain logis, Soo Wan berani dan cekatan.

5. Yeon Soo (Kim Shin Young)

Yeon Soo (Kim Shin Young)

Kim Shin Young yang lebih dikenal sebagai komedian, MC dan DJ, ikut berpartisipasi dalam film garapan Park Chan Wook ini.

Peran yang dia bawakan bernama Yeon Soo, dia adalah detektif yang bekerja bersama Hae Jun saat lelaki itu dipindahtugaskan ke wilayah baru. Sebagai rekan baru Hae Jun, Yeon Soo bisa bekerjasama dengan baik.

Dia mengikuti semua arahan Hae Jun dengan baik dan ikut menganalisisnya. Dia membantu Hae Jun menyelidiki kasus kematian lainnya yang juga melibatkan Seo Rae. Dalam film ini Kim Shin Young tidak terlalu banyak muncul, tepatnya menjelang film berakhir.

6. Hong San Oh (Park Jeong Min)

Hong San Oh (Park Jeong Min)

Muncul sebagai salah satu special appearance, Park Jeong Min tidak mengurangi kualitasnya. Walau hanya muncul beberapa menit, dia bisa tampil meyakinkan sebagai seorang pemuda yang bermasalah.

Park Jeong Min berperan menjadi Hong San Oh; dia adalah kriminal yang membuat Hae Jun frustasi karena sulit ditangkap.

San Oh merupakan buronan yang dicari karena dicurigai membunuh seseorang. San Oh sangat sulit ditangkap karena dia lebih memilih meninggal daripada dipenjara. Pemuda ini memiliki cinta yang besar untuk kekasihnya dan hal tersebut yang mendorongnya menjadi pembunuh.

7. Ki Do Soo (Yoo Seung Mok)

Ki Do Soo (Yoo Seung Mok)

Pemeran Decision to Leave (2022) selanjutnya yakni aktor senior Yoo Seung Mok. Dalam film ini, aktor Yoo juga muncul sebagai special appearance sama seperti Park Jeong Min. Dia berperan sebagai Ki Do Soo, yaitu suami Seo Rae yang ditemukan tewas terjatuh dari atas gunung batu.

Ki Do Soo seorang pria paruh baya yang kaya raya. Dia bahkan mencetak inisial namanya pada barang-barang pribadi seperti dompet dan jaket.

Selain itu Do Soo juga mengenakan barang-barang mahal saat ditemukan tewas. Aktor Yoo Seung Mok punya pengalaman berakting yang panjang. Walau sebagian besar berposisi sebagai pemeran pendukung, kemunculannya dibutuhkan dalam cerita.

8. Direktur Lee (Teo Yoo)

Direktur Lee (Teo Yoo)

Aktor bernama asli Kim Chi Hun ini turut menyukseskan film Decision to Leave (2022) melalui kemunculannya yang tidak terlalu banyak.

Sebagai special appearance sosoknya baru muncul di pertiga film terakhir. Di sini dia berperan sebagai Direktur Lee; suami kedua Seo Rae.

Lee merupakan atasan Jung An atau istri Hae Jun di tempat kerja. Dia seorang pengusaha sukses yang bernasib malang.

Direktur Lee sosok suami yang tidak tinggal diam mengetahui masa lalu Seo Rae dan Hae Jun. Sayang, dia kurang waspada dan berhati-hati.

Cerita Decision to Leave (2022), sejatinya hanya berfokus pada karakter Seo Rae dan Hae Jun. Kemunculan para pemeran lain, rata-rata tidak terlalu intens atau lama.

Namun, kehadiran mereka tetap penting untuk menguatkan jalan ceritanya sendiri. Gak penasaran dengan aksi Park Hae Il dan Tang Wei beradu akting?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram