showpoiler-logo

12 Pemeran Utama yang Bermain dalam My Liberation Notes

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Mengangkat tema yang sangat dekat dengan pengalaman paling personal, My Liberation Notes (2022) ramai diperbincangkan. Drama berjumlah 16 episode ini memotret kegelisahan Yeom bersaudara dengan masalahnya masing-masing.

Bagaimana seorang introvert bertahan hidup dan bagaimana masalah-masalah memuakkan bisa dihadapi, adalah beberapa konflik yang disuguhkan drama ini.

Para pemeran My Liberation Notes (2022) adalah aktor dan aktris berpengalaman. Mereka jagonya bermain ekspresi. Tidak heran setiap detail emosi dalam drama ini tersampaikan secara baik. Siapa saja mereka? Mari kenali lebih jauh!

Baca juga: 10 Drama Terbaik Kim Ji Won, Aktris Cantik dengan Baby Face

1. Yeom Mi Jeong (Kim Ji Won)

Yeom Mi Jeong (Kim Ji Won)

Yeom Mi Jeong merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia bekerja sebagai desainer kontrak di sebuah perusahaan kartu. Mi Jeong sosok yang pendiam tetapi paling rajin membantu kedua orangtuanya di ladang saat libur bekerja.

Mi Jeong merasa sudah sangat muak dengan rutinitas keseharian dan muak dengan orang-orang brengsek di hidupnya.

Hal-hal itu membuatnya kehilangan percaya diri dan semangat hidup. Mi Jeong butuh seseorang yang memujanya agar rasa percaya dirinya kembali muncul.

Hidup Mi Jeong yang datar dan suram berubah setelah bertemu dan dekat dengan Mr. Gu. Mi Jeong wanita yang mandiri dan tidak pernah bercerita tentang kesulitannya pada siapa pun, kecuali Mr. Gu.

Di antara dua saudaranya Mi Jeong adalah anak kesayangan sang ayah. Keduanya sama-sama pendiam dan menyeramkan ketika marah.

Mi Jeong merupakan salah satu anggota pendiri Klub Pembebasan di kantornya. Tips bertahan hidup ala Mi Jeong adalah berpegang pada kebahagiaan lima menit setiap harinya dan berjalan pelan-pelan.

2. Mr. Gu (Son Suk-ku)

Mr. Gu (Son Suk-ku)

Mr. Gu yang diperankan oleh aktor Son Suk-ku mendadak jadi pria ideal bagi banyak penonton My Liberation Notes (2022). Gak heran karena penampilan Suk-ku sebagai Mr. Gu memang memesona.

Dia adalah pria misterius yang bekerja untuk ayah Mi Jeong, baik di ladang atau di pabrik wastafel. Mr. Gu anak buah yang rajin dan pendiam sehingga tidak sulit beradaptasi dengan bosnya itu.

Mr. Gu seorang pecandu alkohol yang senang diganggu. Dia tidak suka terlibat pembicaraan dengan orang lain sebelum akhirnya dekat dengan Mi Jeong.

Bersamanya Mr. Gu lebih sering terlihat tersenyum. Bagi Mr. Gu, Mi Jeong adalah sesuatu yang menakutkan tetapi selalu ditunggu.

Nama asli Mr. Gu adalah Gu Ja Gyeong. Rupanya dia merupakan pengelola klub malam yang dekat dengan kehidupan malam yang berisiko.

Sebelum dipercaya mengelola klub malam, Mr. Gu adalah seorang pria penghibur. Mr. Gu muak dengan kehidupannya yang mewah tapi berbahaya dan memilih menyepi di Sanpo.

Di Seoul, Gu sosok yang tempramen karena tuntutan pekerjaan. Dia tidak menikmati hidup dan kembali mencandu alkohol.

Sikapnya yang mengerikan berubah melunak saat berhadapan dengan Mi Jeong. Dia sangat menyukai gadis itu dan banyak belajar serta merasa terselamatkan olehnya.

3. Yeom Chang Hee (Lee Min Ki)

Yeom Chang Hee (Lee Min Ki)

Pemeran My Liberation Notes (2022) selanjutnya yaitu aktor Lee Min Ki. Dia berperan sebagai Yeom Chang Hee, yaitu kakak kandung Yeom Mi Jeong atau anak kedua sekaligus anak lelaki satu-satunya di keluarga Yeom.

Yeom Chang Hee bekerja di sebuah perusahaan retail. Tugasnya melakukan pengecekan barang dan kontrol kualitas terhadap barang-barang yang dijual.

Chang Hee pribadi yang cerewet dan suka sekali bercerita. Dia sangat ekspresif ketika ada hal-hal yang disuka atau dibenci. Chang Hee pribadi yang apa adanya dan blak-blakan.

Namun, dia sebenarnya tidak percaya diri, terutama karena rumahnya jauh dari Seoul. Fakta itu menjadi kendala bagi Chang Hee untuk dekat dengan seorang wanita.

Chang Hee punya takdir yang unik karena dia selalu jadi orang pertama yang mendapati kematian anggota keluarganya; mulai dari kakek, nenek, ibu sampai kenalan yang tidak terlalu dekat.

Chang Hee berubah jadi pria yang lebih pendiam dan bijak seiring banyak kesulitan yang dialaminya. Dia hanya ingin hidup biasa-biasa saja.

4. Yeom Gi Jeong (Lee El)

Yeom Gi Jeong (Lee El)

Lee El menjadi pemeran My Liberation Notes (2022) selanjutnya yang tampil dengan cemerlang. Berperan sebagai Yeom Gi Jeong dia adalah anak sulung dari keluarga Yeom. Sebagai anak tertua, Gi Jeong cenderung paling kekanakan dibanding yang lain.

Dia tidak berbakat menjadi pelindung untuk adik-adiknya. Perkataanya cenderung sembarangan sehingga beberapa kali kerap merugikan diri sendiri.

Gi Jeong sibuk dengan urusannya mengenai perkara jodoh. Di usia yang sudah semakin tua, Gi Jeong gelisah karena tak kunjung memiliki pacar.

Dia merasa diburu waktu sehingga cenderung tidak rasional dan logis. Gi Jeong bahkan berniat memacari sembarang orang. Ketika akhirnya dia jatuh cinta dan dicintai, Gi Jeong tidak peduli pada yang lain.

Dia bersedia melalui kesulitan selama tetap bersama kekasihnya. Dia rela ‘makan ati’ asal tetap bersama Tae Hun. Gi Jeong menjuluki dirinya sebagai Wanita Penerima.

5. Yeom Je Ho (Cheon Ho Jin)

Yeom Je Ho (Cheon Ho Jin)

Aktor senior Cheon Ho Jin memberikan penampilan terbaiknya sebagai ayah Yeom bersaudara di drama ini. Karakter yang Cheon Ho Jin bawakan bernama Yeom Je Ho, yaitu seorang ayah pekerja keras yang tidak terlalu banyak bicara.

Je Ho cenderung pendiam dan hanya mengekspresikan ketidaksukaannya terhadap sesuatu. Yeom Je Ho memiliki ladang dan usaha pembuatan wastafel. Sebagai atasan Mr. Gu, dia bukan bos yang suka ikut campur atau menuntut apa pun.

Keduanya sama-sama pendiam tetapi kompak. Yeom Je Ho mendukung hubungan Mr. Gu dengan putri kesayangannya, Mi Jeong. Di balik sikapnya yang dingin, Je Ho ingin anak-anaknya bahagia.

6. Kwak Hye Suk (Lee Kyung Sung)

Kwak Hye Suk (Lee Kyung Sung)

Aktris senior Lee Kyung Sung dipasangkan dengan Cheon Ho Jin sebagai suami istri dalam drama My Liberation Notes (2022). Karakter yang Lee Kyung Sung bawakan bernama Kwak Hye Suk.

Kwak adalah ibu yang menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Dia memasak untuk keluarga, mengurus rumah dan membantu pekerjaan suaminya di ladang.

Kwak tidak pernah mengeluh, kecuali di hari-hari terakhirnya. Satu-satunya kesedihan wanita hebat ini adalah kenyataan bahwa dia tidak terlalu mengenal anak-anaknya. Kwak sedih karena tidak ada satu anak pun yang bercerita secara personal padanya.

Baca juga: Sinopsis & Review Our Blues, Drama yang Bertabur Bintang Besar

7. Cho Tae Hun (Lee Ki Woo)

Cho Tae Hun (Lee Ki Woo)

Lee Ki Woo menjadi pemeran My Liberation Notes (2022) selanjutnya. Di sini dia berperan sebagai Cho Tae Hun; seorang duda beranak satu yang jadi kekasih Gi Jeong.

Cho Tae Hun adalah rekan kerja Mi Jeong yang sama-sama tergabung dalam Klub Pembebasan. Keinginan Tae Hun adalah bebas dari perasaannya sebagai lelaki lemah.

Cho Tae Hun tinggal bersama dua kakak perempuannya dan putri semata wayangnya. Tae Hun sangat menyayangi putrinya sehingga cukup berhati-hati menghadapinya. Kehati-hatian inilah yang membuat Tae Hun menjadi kurang tegas terhadap hubungannya dengan Gi Jeong.

8. Ji Hyeon-a (Jeon Hye Jin)

Ji Hyeon-a (Jeon Hye Jin)

Aktris cantik Jeon Hye Jin ikut berperan dalam drama My Liberation Notes (2022). Dia berperan sebagai Ji Hyeon-a, yaitu sahabat bagi anak-anak keluarga Yeom, terutama Mi Jeong dan Chang Hee. Hyeon-a pribadi yang bebas; kebebasannya membuat Mi Jeong iri dan terinspirasi.

Namun, siapa sangka Hyeon-a tidak sebebas itu. Dia pribadi yang selalu merasa berhutang budi atas apa pun yang orang lain lakukan padanya.

Ketika Hyeon-a mendapatkan cinta, dia akan membalasnya berlipat-lipat. Hyeon-a sempat menjadi kekasih Chang Hee tapi kemudian berpisah karena satu alasan tertentu.

9. Oh Du Hwan (Han Sang Jo)

Oh Du Hwan (Han Sang Jo)

Bersama Lee Min Ki, aktor Han Sang Jo yang bertumbuh tambun menjadi elemen komedi dalam My Liberation Notes (2022). Tandemnya dengan Yeom Chang Hee selalu menimbulkan tawa.

Berperan sebagai Oh Du Hwan dia adalah pemuda Sanpo sejati. Du Hwan bekerja sebagai guru olahraga di desanya.

Du Hwan memiliki sebuah cafe di Sanpo tapi kemudian bangkrut karena sepi pengunjung. Du Hwan terlihat menyukai seorang wanita yang baru saja berpisah dari suaminya. Pemuda ini merupakan pendengar keluh kesah Chang Hee yang paling setia.

10. Park Jin-u (Kim Woo Hyung)

Park Jin-u (Kim Woo Hyung)

Jika Du Hwan adalah pendengar Chang Hee paling setia, Park Jin-u adalah pendengar Gi Jeong nomor satu! Diperankan oleh aktor Kim Woo Hyung, dia sosok teman curhat yang baik dan mendukung apa pun pilihan Gi Jeong.

Park Jin-u terkenal sebagai pria flamboyant yang tidak segan-segan terus berganti pasangan. Dia punya kebiasaan berbagi tiket lotre pada setiap gadis yang didekati atau yang menurutnya menarik.

Lucunya, dia tak pernah memberikan tiket lotre pada Gi Jeong. Hubungan mereka yang semula canggung perlahan membaik. Jin-u penyelamat Gi Jeong dari perasaan insecure-nya.

11. Cho Yu Rim (Kang Joo Ha)

Cho Yu Rim (Kang Joo Ha)

Aktris cilik Kang Joo Ha yang diperankan Cho Yu Rim menjadi pemeran My Liberation Notes (2022) selanjutnya. Wajahnya yang kecut menjadi ciri khas dari karakter yang dia bawakan.

Cho Yu Rim adalah putri tunggal Cho Tae Hun yang mulai beranjak remaja. Selayaknya ABG, Yu Rim selalu bersikap ketus dan sulit dikontrol.

Yu Rim memiliki kesedihan atas perpisahan kedua orangtuanya. Ketika mengetahui ayahnya menjalin hubungan dengan Gi Jeong, Yu Rim tidak menunjukkan sikap yang hangat. Pasalnya dia terlanjur sakit hati dengan perkataan Gi Jeong yang menyakitinya. Yu Rim cenderung bersikap tidak peduli.

12. Cho Gyeong Seon (Jung Soo Young)

Cho Gyeong Seon (Jung Soo Young)

Pemeran My Liberation Notes (2022) yang satu ini dijamin akan membuatmu emosi. Jung Soo Young sebagai Cho Gyeong Seon terkenal memiliki mulut yang suka bicara sembarangan.

Sedihnya dia adalah satu dari dua kakak Cho Tae Hun sekaligus teman Gi Jeong semasa sekolah dulu. Cho Gyeong Seon benar-benar pribadi yang menyebalkan terutama karena ucapan-ucapannya.

Perkataan Gyeong Seon yang pedas dan kerap memojokkan Gi Jeong berasal dari kegelisahannya karena dia tak ingin Yu Rim terluka. Di balik sikap kekanakannya, dia seorang bibi yang penyayang.

Para pemeran My Liberation Notes (2022) memberikan penampilan terbaiknya untuk menghidupkan cerita yang penuh pelajaran. Mereka luwes berperan dan terhubung satu sama lain.

Karakter-karakter dalam drama ini mencerminkan sifat-sifat manusia yang realistis. Gimana? Di antara mereka siapa favoritmu? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram