logo web

Inilah 8 Pemeran Utama dalam Film Korea New Trial (2017)

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kim Tae Yoon dikenal sebagai sutradara yang cukup banyak menggarap film-film berdasarkan kisah nyata. Masih ingat dengan film Another Family (2014)? Film yang menguras air mata itu sukses melejitkan nama Kim Tae Yoon.

Tahun 2017, sutradara satu ini merilis satu film yang juga didasarkan pada sebuah kisah nyata di Korea, yakni mengenai insiden pembunuhan Iksan.

Kasus yang terjadi pada tahun 2000 di Korea itu melibatkan seorang pemuda yang menjadi korban salah tangkap aparat. Ia awalnya jadi saksi pembunuhan di kasus itu.

Namun, dia diputuskan bersalah dan harus menjalani hukuman penjara selama belasan tahun atas pembunuhan yang tidak dilakukannya. Siapa pemuda dan orang-orang yang menjebaknya? Inilah para pemeran yang muncul dalam film New Trial!

1. Lee Jun Young (Jung Woo)

Lee Jun Young (Jung Woo)

Kali ini aktor Jung Woo berperan sebagai Lee Jung Young, seorang pengacara yang tidak beruntung. Karirnya mandek dan dia ditinggalkan istri dan anaknya.

Di persidangan kasus yang terakhir ditanganinya Jun Young bahkan nyaris bangkrut. Dia kalah di persidangan dan kehilangan uang tabungannya.

Jung Young ingin memperbaiki nasibnya. Dia pun mulai menghubungi rekan-rekannya untuk mendapatkan pekerjaan.

Melalui Mo Chang Hwan (Lee Dong Hwi), Jun Young mendapatkan kasus pembunuhan yang belum terselesaikan. Dari berkas-berkas kasus tersebut, dia melihat sudah banyak pengacara yang menolak menanganinya.

Melihat fakta itu, Jun Young ogah-ogahan menanganinya sebab dia sudah menduga bahwa kasus itu hanya akan membuatnya lelah. Akan tetapi, dia melihat banyak kejanggalan di dalamnya.

Selain itu, dia juga menilai bahwa kasus pelik itu dapat mengembalikan citranya sebagai seorang pengacara. Maka mulailah dia menggali dan menghubungi pemuda yang dituduh membunuh sopir taksi itu.

Semakin digali, semakin banyak fakta yang terkuak. Muncul nama-nama besar yang terlibat dalam insiden salah tangkap di kasus pembunuhan Iksan itu.

Langkah Jun Young semakin tersendat saat dia mulai mendapat tekanan dan ancaman untuk menghentikan penyelidikan kasusnya.

2. Jo Hyun Woo (Kang Haneul)

Jo Hyun Woo (Kang Haneul)

Inilah pemuda yang diplot sebagai pusat cerita dalam New Trial. Dialah korban salah tangkap yang kehilangan masa muda akibat dijebloskan oleh polisi atas perbuatan yang tidak dilakukannya.

Hyun Woo dikisahkan hanyalah seorang pemuda biasa yang bekerja di sebuah kafe. Dia tinggal bersama ibunya yang sakit-sakitan.

Derita Hyun Woo bermula saat di suatu malam dia menyaksikan seseorang ditikam di sebuah mobil taksi. Hyun Woo melaporkan kejadian tersebut kepada polisi, namun ia malah dituduh sebagai pembunuh sopir tersebut.

Tuduhan polisi semakin kuat sebab ditemukan sebilah pisau di jok motor yang dikendarai oleh Hyun Woo. Dengan bukti yang sedikit itu, Hyun Woo disiksa agar mengaku bahwa dialah pembunuhnya sampai akhirnya hakim memutuskan hukuman 15 tahun penjara dengan potongan 5 tahun penjara.

Setelah bebas, Hyun Woo kedatangan Jun Young yang mengaku seorang pengacara yang akan membantunya mengembalikan nama baiknya.

Namun, Hyun Woo sudah terlanjur kecewa dan marah atas ketidakadilan hukum negaranya. Dia mengusir Jun young dan bersikap kasar.

Akan tetapi, Hyun Woo berubah pikiran setelah dia mengingat semua kejanggalan dan perlakuan tidak adil polisi yang menangkapnya dulu. Hal itu kemudian menumbuhkan semangat Hyun Woo untuk membuka sidang kasusnya dulu.

3. Mo Chang Hwan (Lee Dong Hwi)

Mo Chang Hwan (Lee Dong Hwi)

Mo Chang Hwan adalah rekan Jun Young yang memperkenalkan pengacara itu pada kasus Hyun Woo. Dia sebetulnya tidak sebaik kelihatannya. Dan kasus itu juga sudah diprediksikan akan menjadi kasus yang rumit dan melelahkan.

Mo Chang Hwan hanya iseng memberikan kasus pembunuhan Iksan itu kepada Jung Young hanya agar pengacara itu berhenti merengek kepadanya. Dia yakin bahwa Jun Young tidak akan berhasil memenangkan kasus itu.

Maka dari itu, ketika Chang Hwan melihat progres kasus itu, dia merasa cemas kasus itu akan berdampak buruk terhadap karirnya. Rupanya Chang Hwan terlibat dalam kasus Hyun Woo. Dia tahu bahwa pemuda itu tidak bersalah dan seharusnya dibebaskan saat itu pula.

Akan tetapi, jika hal itu dibiarkannya, dirinya akan kena hukuman dan kariernya terancam berakhir. Demi melindungi dirinya sendiri, Chang Hwan membujuk Jun Young untuk menghentikan kasusnya. Dia mengatakan bahwa kasus itu tidak akan membawa kebaikan untuk Jun Young.

4. Goo Pil Ho (Lee Geung Young)

Goo Pil Ho (Lee Geung Young)

Goo Pil Ho adalah CEO Themis, firma hukum tempat Mo Chang Hwan bekerja. Lewat Chang Hwan, Jun Young berhasil mendapatkan izin untuk membuka kembali sidang kasus itu. Akan tetapi, Pil Ho pesimis bahwa kasus tersebut akan menguntungkan perusahaan secara finansial.

Namun, Pil Ho berubah pikiran ketika Jun Young memaparkan bahwa perusahaan akan mendapat keuntungan yang lebih besar dari sekadar uang.

Mendengar hal itu, Pil Ho menyetujui keinginan Jun Young. Proses kasus itu sepenuhnya diserahkan kepada Jun Young. Sementara itu, perusahaan hanya memantau perkembangan kasusnya nanti.

5. Baek Chul Gi (Han Jae Young)

Baek Chul Gi (Han Jae Young)

Nah, anggota polisi satu ini adalah biang keladi kesialan dalam hidup Hyun Woo. Dia adalah seorang polisi tidak jujur yang hanya mencari keuntungan, bukan menegakkan keadilan.

Ketika ia mendapat laporan kasus pembunuhan sopir taksi, Baek Chul Gi ogah-ogahan menanganinya. Dia bahkan lebih tertarik membahas kenaikan jabatan yang akan diperolehnya ketimbang mencari barang bukti di TKP.

Chul Gi yang tidak mau direpotkan dengan kasus itu segera menetapkan Hyun Woo sebagai tersangka pembunuhan. Penetapan tersangka tersebut dilakukannya setelah dia melihat adanya pisau di bawah jok motor pemuda itu.

Menyadari kurangnya bukti, Baek Chul Gi dan satu rekannya hanya harus menambah bukti kuat yang akan memberatkan Hyun Woo.

Pemuda itu pasti tidak akan tahan disiksa sehingga dia akhirnya bersedia menulis surat pengakuan dan permintaan maaf. Dengan begitu, Chul Gi tidak perlu bersusah payah menyelidiki kasus lebih lanjut. Ada Hyun Woo yang dijadikan kambing hitam.

6. Choi Young Jae (Kim Young Jae)

Choi Young Jae (Kim Young Jae)

Choi Young Jae adalah jaksa yang menangani kasus Hyun Woo. Dia sama saja dengan Baek Chul Gi, tidak mau repot mengurusi kasus karena dianggap tidak akan menguntungkan dirinya. Tiga tahun setelah Hyun Woo di penjara, muncul seorang pemuda yang mengaku pembunuh sebenarnya.

Tapi karena tidak mau dianggap sebagai jaksa yang tidak kompeten dalam menangani kasusnya, Choi Young Jae malah mendesak pemuda itu untuk mengakui bahwa keterangan yang disampaikannya adalah palsu.

Lebih parahnya lagi, Young Jae-lah yang memaksa Baek Chul Gi untuk tutup mulut dan membiarkan Hyun Woo yang terlanjur dipenjara.

7. Soo Jung (Kim Yeon Seo)

Soo Jung (Kim Yeon Seo)

Soo Jung dalam film ini adalah rekan kerja Hyun Woo di kafe sekaligus gadis yang disukainya. Dia adalah saksi kunci yang dapat membebaskan Hyun Woo dari segala tuduhan.

Pasalnya gadis itu punya alibi bahwa Hyun Woo bukanlah pembunuh sopir taksi malang itu. Ketika memori Hyun Woo kembali, ia ingat bahwa pisau yang ada di dalam jok motornya adalah pisau Soo Jung.

Dia ingat bahwa di malam nahas itu, Hyun Woo menyelamatkan Soo Jung dari bos yang hendak memperkosanya. Beruntung, Hyun Woo datang tepat waktu sehingga gadis itu selamat.

Akan tetapi Soo Jung masih belum puas dan berniat menusuk bosnya yang mesum itu dengan pisau. Sialnya, pisau Soo Jung inilah yang dijadikan oleh Baek Chul Gi sebagai barang bukti.

8. Soon Im (Kim Hae Sook)

Soon Im (Kim Hae Sook)

Aktris langganan peran ibu ini hadir pula di film New Trial. Dia diplot sebagai Soon Im, Ibu dari Hyun Woo. Soon Im memang tidak sehat.

Diabetes yang dideritanya membuatnya tidak bisa bergerak dengan bebas. Namun, dia tetap mengupayakan segala cara untuk mengeluarkan Hyun Woo dari penjara.

Soon Im mendengar bahwa Firma Themis membuka program layanan pendampingan pengacara gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Itulah titik awal pertemuan Hyun Woo dengan Jun Young. Tanpa sepengetahuan Hyun Woo, Soon Im mengabari Jun Young dan meminta bantuan kepadanya.

Dia nyaris putus asa karena diabetes yang dideritanya semakin parah. Dia bahkan kehilangan penglihatannya dan pergerakan tubuhnya terbatas.

Kesengsaraan hidupnya bertambah saat pengadilan menagih uang denda akibat kasus pembunuhan itu. Jumlah yang diminta pengadilan sangat besar dan dia tidak mampu untuk memenuhinya. Itulah sebabnya, dia meminta Jun Young agar mau membantu kasus Hyun woo.

Nah, itulah deretan pemeran dalam film New Trial. Peristiwa pembunuhan yang terjadi betulan itu amat menghebohkan Korea. Banyak pihak yang menyoroti kasus cacat hukum yang telah mengorbankan masa muda seorang anak itu.

Tema yang diangkat dalam film ini memang sarat dengan isu sensitif. Namun, Kim Tae Yoon menyuguhkan film ini dengan balutan kisah yang emosional yang membawa penonton hanyut dalam kisahnya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram