logo web

Sinopsis dan Review Aquaman and the Lost Kingdom

Ditulis oleh Gerryaldo
Aquaman and the Lost Kingdom
4.2
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Para penggemar DC pasti lagi kegirangan banget nih! Pasalnya film Aquaman baru yang ditunggu-tunggu akhirnya tayang juga setelah mengalami penundaan penayangan akibat banyak faktor. Berjudul Aquaman and the Lost Kingdom, Jason Momoa kembali hadir sebagai Raja dari kota legendaris bawah laut Atlantis.

Film karya sutradara kondang James Wan ini mengisahkan tentang perseteruan Black Manta dengan Aquaman. Black Manta ingin membalaskan dendamnya dengan mengambil kekuatan dari Raja laut terkutuk, Kordax. Namun apa yang dilakukan Black Manta malah menjadi efek domino. Mampukah Aquaman menghentikannya?

Sinopsis

Aquaman and the Last Kingdom_Poster (Copy)

Aquaman (Jason Momoa) kini hidup dalam dua dunia. Saat menjadi manusia di darat, ia menjadi seorang Ayah yang hebat dari anak lelakinya Arthur Junior, sedangkan saat masuk ke laut, ia akan menjadi Raja Atlantis. Hal itu jelas membuat dirinya kewalahan mengingat ada dua tugas besar yang ia emban.

Namun Aquaman telah berjanji untuk bisa membagi semua tugasnya itu dengan baik. Apalagi setelah berhasil mengalahkan adiknya sendiri, Orm (Patrick Wilson), untuk menggantikannya sebagai seorang Raja. Saat ia menjabat, kehidupan di kerajaan Atlantis tampak damai meski kadang Aquaman masih saja suka melakukan hal sembrono.

Di sisi lain, tepatnya jauh di laut dalam Atlantik, musuh bebuyutan Aquaman yakni David Kane alias Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II) sedang menyusun strategi. Ia mempersiapkan diri untuk membalaskan dendam sang Ayah yang mati di tangan Aquaman. Bersama timnya, ia berusaha untuk mencari kekuatan yang berasal dari kota Atlantis kuno. 

Kota itu merupakan wilayah terkutuk bernama Necrus yang dipimpin oleh Raja Kordax, pemegang trisula hitam yang sakti. Usaha Black Manta bersama timnya, salah satunya Dr. Shin (Randall Park), berhasil. Mereka menemukan kota Necrus, bahkan Black Manta menemukan trisula hitam milik Kordax yang akhirnya memberikannya kekuatan jahat penuh.

Black Manta pun mantap untuk pergi ke Atlantis demi mengalahkan Aquaman serta menghancurkan kerajaannya. Ia menggunakan seluruh peralatan perang milik Kordax, diisi dengan bahan bakar kuno yang disimpan baik-baik oleh kerajaan Atlantis. Bahan bakar itu sangat berbahaya karena mampu memicu kekacauan iklim.

Mengetahui hal tersebut, Dr. Shin mencoba untuk memperingatkan Black Manta, namun tidak digubris. Ia tetap menginginkan bahan bakar itu dipakai untuk mengisi tenaga teknologi Kordax guna mengalahkan Aquaman apa pun risikonya. Dr. Shin lantas merasa hal tersebut sudah tidak bisa ditoleransi lagi, meski keberatan, ia hanya bisa diam.

Pencurian itu diketahui oleh penjaga Atlantis sehingga seluruh pasukan kerajaan berikut Aquaman mengejar Black Manta dan timnya. Aquaman sadar bahwa musuh bebuyutannya itu jadi lebih kuat dari sebelumnya, ia hampir tidak bisa mengalahkan Black Manta yang akhirnya berhasil kabur dari kerajaan Atlantis. 

Mengetahui rencana busuk Black Manta, Aquaman pun berunding dengan dewan bawah laut juga keluarganya. Aquaman yakin bahwa mereka butuh bantuan dari sang adik, Orm, yang sudah ia kalahkan dan dijebloskan ke dalam penjara bawah tanah. Semua orang menganggap Aquaman gila karena ingin membebaskan Orm.

Meski banyak kecaman, Aquaman tetap melakukannya. Ia menjemput Orm dan mengembalikannya ke dalam lautan. Orm heran bukan main mengetahui kakaknya kembali untuk menyelamatkan dirinya. Selama proses penyelamatan, Aquaman menjelaskan alasan kenapa ia memebaskan Orm. 

Aquaman membutuhkan bantuan Orm untuk menemukan Black Manta. Bukan hanya itu, Aquaman butuh bantuan adiknya itu untuk sekaligus mengalahkan sang musuh. Jalinan persaudaraan yang sempat putus mulai pulih kembali. Meski terkadang Orm masih enggan menerima Aquaman menjadi Raja Atlantis, Orm telah berjanji pada ibunya untuk saling membantu.

Misi pencarian Black Manta pun dimulai. Mereka berdua menghadapi banyak rintangan, namun bisa menyelesaikannya bersama. Usaha mereka akhirnya membawa keduanya sampai di tempat Black Manta berada. Di sana mereka bertemu dengan Dr. Shin yang meminta keduanya untuk menghentikan Black Manta atau dunia akan hancur lebur.

Di saat yang sama, Black Manta pun muncul. Aquaman dan Orm segera bertarung habis-habisan. Orm yang sempat memegang trisula hitam lantas mengetahui maksud Black Manta yang sebenarnya. Saat hampir kalah, seluruh keluarga Aquaman datang untuk membantu; khususnya Mera (Amber Heard), istri Aquaman. 

Mereka pun berkumpul untuk menyusun strategi. Orm menjelaskan apa yang terjadi pada Black Manta sehingga ia bisa menjadi sekuat itu. Semua ulah Kordax yang merasuki Manta lewat trisula. Kordax telah mengimingi Manta untuk membebaskannya dari kutukan Raja Atlan, dengan begitu Kordax akan mentransfer kekuatannya untuk mengalahkan Aquaman.

Lebih mengerikannya lagi, Manta membutuhkan darah terakhir dari keturunan Raja Atlan, yakni Arthur Jr., anak Aquaman untuk melepaskan Kordax. Tidak mau itu terjadi, Aquaman dan keluarganya langsung mencari Black Manta yang kini tengah menuju Necrus. Manta yang berhasil menculik Arthur Jr, sudah siap menyayat sang bayi untuk diambil darahnya.

Beruntung Dr. Shin mampu menyelamatkannya sebelum terlambat. Aquaman marah besar terhadap Black Manta yang telah membahayakan nyawa sang anak. Aquaman bertarung bersama Orm melawan Manta. Orm berhasil merebut trisula hitam Kordax, dan mulai terhasut untuk mengalahkan Aquaman dan berniat menjadi Raja kembali.

Namun Aquaman berhasil membuat Orm sadar, begitu Kordax berhasil bebas dari kutukan berkat darah Aquaman yang jatuh di meja persembahan, Aquaman langsung melempar trisula miliknya hingga membunuh Kordax dan menghancurkan Necrus. Black Manta pun tewas dalam kehancuran tersebut.

Aquaman dan Orm lantas kembali ke permukaan. Berkumpul bersama keluarga dan sahabatnya. Mereka semua setuju untuk melepas Orm. Seluruh pertarungan tersebut akhirnya membuat Aquaman alias Raja Atlantis berani menampakkan diri ke daratan. Kerajaan Atlantis sepakat untuk bekerjasama dengan manusia untuk membuat dunia jadi lebih baik.

Pertarungan Epik

Aquaman and the Last Kingdom_Battle (Copy)

Bukan Aquaman namanya kalau tidak menyajikan pertarungan seru. Apalagi lawannya sepadan, Black Manta. Dalam film ini hampir seluruhnya merupakan adegan pertarungan Aquaman dengan musuh bebuyutannya itu. Diselingi aksi kocak dan komedi ringan, kisah pertarungannya jadi lebih asyik nih untuk diikuti.

Namun bukan bagian gelut Aquaman saja yang seru ditonton. Perlawanan dari Orm, Mera, Atlanta (Nicole Kidman), Raja Nereus (Dolph Lundgren) juga cukup bikin breathtaking. Apalagi saat mereka melawan warga Necrus yang bebas dari kutukan dan mulai menyerang mereka guna menghalangi Aquaman menyerang Kordax.

Akhir dari Black Manta dan Awal Baru untuk Orm?

Aquaman and the Last Kingdom_Black Manta (Copy)

Seperti yang kita tahu, tokoh Black Manta dalam film ini tewas dalam reruntuhan kota terkutuk Necrus, padahal Aquaman sudah mengulurkan tangannya untuk memberi bantuan, namun Manta memilih untuk jatuh dan terbentur hingga tewas. Gak tahu nih, apakah nanti ada film Aquaman lainnya dan menampilkan kembali Manta.

Sedangkan hidup baru diterima oleh Orm. Setelah berhasil menumpas kejahatan bersama sang Kakak dan anggota keluarga lainnya. Orm berubah menjadi pribadi yang lebih tenang dan mementingkan keluarga ketimbang obsesi menjadi Raja. Namun hidup baru Orm tidak dijelaskan lebih detail lagi. 

Bahkan post-credit pun hanya menayangkan Orm menjadi manusia darat dan mulai mengkonsumsi makanan yang direkomendasikan oleh Aquaman, burger dan bir. Setelahnya ya tidak ada cerita tambahan lagi. Untuk film Aquaman and the Lost Kingdom ini Showpoiler memberi skor 4.2. Bagaimana dengan kalian?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram