logo web

Sinopsis & Review Bad Prosecutor, Jaksa Nyentrik Usut Kasus Kematian

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Bad prosecutor
3.4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Berbeda dengan jaksa lain di kantornya, Jin Jung, menonjol dengan tingkah yang unik. Tak hanya itu penampilannya juga mencolok karena tak pernah mengenakan setelan jas yang rapi.

Jin Jung lebih suka bergaya casual yang terkesan berantakan, termasuk rambut yang seperti tak terurus. Namun, soal menyelidiki satu kasus, Jin Jung sangat serius.

Dia tak mundur sekalipun lawan yang dihadapi adalah atasannya sendiri. Dibantu empat orang temannya, Jin Jung mulai menyelidiki satu kasus kematian yang punya banyak keganjilan.

Apakah jaksa ‘bandel’ itu berhasil mengungkap pelaku pembunuhan yang sebenarnya? Bad Prosecutor (2022) akan menjawabnya untukmu setiap minggu!

Baca juga: 10 Drama Korea tentang Jaksa yang Seru dan Penuh Intrik

Sinopsis

Drama tentang jaksa dan hukum hadir lagi mengisi slot di tahun 2022. Salah satu drama jaksa yang perlu diantisipasi para pecinta K-Drama adalah Bad Prosecutor. Berikut sinopsi lengkapnya dari Bad Prosecutor.

Episode 1-4

Sinopsis

Dipindahkan ke divisi pembuangan oleh atasannya karena berlaku suka-suka, seorang jaksa nyeleneh bernama Jin Jung tak putus semangat. Dia dan beberapa teman, terus menyelidiki kematian seorang gadis yang terhubung dengan atasannya sendiri.

Sayangnya, kasus berubah buntu karena atasannya tersebut tewas terjatuh dari ketinggian. Apa yang akan dilakukan Jin Jung untuk mengungkapnya?

Jin Jung, seorang jaksa yang nyentrik dan kerap melabrak aturan karena cenderung membatasi penyelidikan, tertarik menyelidiki kasus pembunuhan seorang gadis bernama Park Ye Young.

Sebelumnya kasus tersebut sudah dilimpahkan pada jaksa lain, Oh Do Hwan. Do Hwan sudah yakin bahwa pembunuh Ye Young adalah Kim Hyo Jun.

Jin Jung merasa ada yang ganjal dengan kematian Ye Young karena sidik jari yang ditemukan pada senjata pembunuhan adalah jari kanan, sementara Hyo Jun seorang kidal.

Namun, Hyo Jun sendiri bersikeras bahwa dia adalah pelakunya. Jaksa ini mulai menyelidiki diam-diam dengan bantuan beberapa temannya. Mereka adalah Shin A Ra, seniornya di kejaksaan, Lee Chul Ki yang merupakan penyidik, serta dua orang teman setia, Go Joong Do dan Baek Eun Ji.

Walau dilakukan diam-diam, penyelidikan yang dilakukan Jin Jung dan geng tetap menimbulkan kegaduhan. Wakil Kepala Jaksa Wilayah, Lee Jang Won, paling vocal menentangnya.

Dia sampai memerintahkan Oh Do Hwan untuk mengurus Jin Jung. Bukan itu saja, Jang Won yang sudah tak tahan dengan ulah Jin Jung memutasinya ke Divisi Sipil.

Berada di divisi yang baru, Jin Jung bertemu dengan kepala Park Jae Kyung. Namun, berada di divisi ‘pembuangan’ tidak membuat jaksa unik itu betah.

Jin Jung diam-diam kembali menyelidiki kasus kematian Ye Young hingga mengantarkannya pada Yu Jin Cheol. Jin Cheol diketahui merupakan pemilik bar tempat Ye Young bekerja.

Pada malam kematian Ye Young, dia berhasil memotret saat Jang Won bersama Ye Young. Mengetahui hal ini, Jin Jung yakin bahwa Jang Won adalah pembunuhnya.

Keyakinan Jin Jung dikuatkan dengan sikap Jang Won yang memerintahkan Oh Do Hwan untuk mengirim Jin Cheol ke luar negeri. Namun, usahanya gagal.

Jang Won bahkan harus menanggung malu ketika Jin Jung terang-terangan mengatakan di depan banyak orang bahwa pembunuh Ye Young sebenarnya adalah dia.

Jin Cheol terus diperiksa oleh Oh Do Hwan karena jaksa muda itu mulai penasaran. Do Hwan bukan peduli pada kebenaran, dia melakukan itu karena tak ingin menjilat sepatu dari orang yang salah. Jin Cheol kemudian memberinya sebuah micro SD dan membuat Do Hwan terlihat sangat terkejut.

Dalam keadaan terdesak, Jang Won sendiri akhirnya buka suara dan mengatakan bahwa pembunuh Ye Young bukan dirinya, melainkan orang lain.

Sayangnya, belum sempat bertemu Jin Jung untuk mengatakan kebenaran, Jang Won tewas terjatuh dari ketinggian. Jin Jung yakin dia dibunuh, tetapi hasil otopsi mengatakan bahwa pria paruh baya tersebut bunuh diri.

Tak puas dengan hasil otopsi, Jin Jung melakukan otopsi ulang secara diam-diam. Hasilnya sesuai perkiraan bahwa Jang Won tewas dibunuh.

Di tempat berbeda, Kim Tae Ho naik pangkat menjadi Kepala Jaksa Wilayah, menggantikan posisi yang harusnya diisi Jang Won. Sejurus kemudian Do Hwan datang membawa surat perintah penangkapan Jin Jung karena diduga telah membunuh Jang Won.

Episode 5-6

Episode 5-6

Jin Jung dibawa ke kejaksaan untuk diinterogasi karena dituduh membunuh Lee Jang Won. Akan tetapi berkat bantuan Lee Chul Ki, dia berhasil kabur dan membawa berkas kasus penyelidikan Lee Jang Won.

Dari berkas itu Jin Jung mengetahui kalau Jang Won tewas dibunuh setelah sebelumnya mendapat suntikan obat terlarang dari seseorang. Dibantu Eun Ji dan Joong Do, Jin Jung berhasil melacak pengedar narkoba yang kemungkinan dapat mengantarkannya pada pelaku pembunuhan Jang Won.

Pasalnya, pengedar tersebut pasti tahu nama-nama pelanggan yang bertransaksi dengannya. Jin Jung kemudian menyerahkan data tersebut pada seniornya, Shin A Ra untuk menyelidikinya.

Saat menyerahkan data itu, Oh Do Hwan dan anak buahnya kembali berusaha menangkap Jin Jung. Jaksa nyentrik itu dapat kabur, tapi seseorang misterius berhasil menusuknya. A Ra yang menemukan Jin Jung sudah tergeletak, lekas membawanya ke tempat Park Jae Kyung untuk diobati. 

Luka Jin Jung belum sembuh benar, tetapi dia kembali beraksi dibantu tiga temannya. Dia memerintahkan Joong Do untuk mendapatkan navigasi GPS mobil Oh Do Hwan karena itu bisa membawanya pada petunjuk baru. Sementara itu A Ra berhasil mendapatkan satu nama dari daftar pembeli narkoba yang diserahkan Jin Jung. 

Nama yang dimaksud adalah Tae Hyung Wook, dia merupakan kepala sekretaris kantor hukum terbesar di Korea pimpinan Seo Hyun Kyu. Jin Jung sendiri mulai mencurigai Jaksa Kepala yang baru, Kim Tae Ho, atas beberapa bukti yang dia temukan, termasuk bukti percakapan dengan Do Hwan.

Jin Jung lantas meminta bantuan A Ra untuk menangkap Kim Tae Ho. Dengan menjalankan skenario, A Ra coba melakukan konfrontasi langsung.

Dia menuduh Tae Ho menjadi dalang di balik tuduhan yang menimpa Jin Jung. Kim Tae Ho yang berada di bawah kendali Seo Hyun Kyu tidak bisa memberi jawaban tegas. Semua percakapannya berhasil direkam oleh Jin Jung dan dia siap memperkarakannya.

Episode 7-8

Episode 7-8

Jin Jung nekat kembali ke kejaksaan setelah berhasil membuat Kim Tae Ho ketar-ketir. Tae Ho yang merasa terdesak melampiaskan kekesalannya pada Do Hwan. Tak menerima diperlakukan semaunya, Do Hwan mulai mencari tahu dan mengikuti gerak-gerik Tae Ho yang mengantarkannya pada Seo Hyun Kyu.

Jin Jung masih harus membuktikan kalau Tae Ho terlibat dalam kematian Lee Jang Won. Dia kemudian menemukan keberadaan Jung Jae Hoon, dokter forensik yang memalsukan keterangan hasil otopsi Lee Jang Won. Namun, mendapatkan pengakuan dari Jung Jae Hoon tentu saja tidak semudah itu. 

Anak buah Seo Hyun Kyu berusaha mendapatkan Jae Hoon saat lelaki itu sedang bersiap memberi kesaksian di depan kamera untuk bukti di pengadilan. Shin A Ra yang mendampinginya, bergegas membawa Jae Hoon kabur. Sayang, karena kalah jumlah, A Ra tidak bisa membawa Jae Hoon. 

Namun, jaksa itu diam-diam menaruh ponselnya di saku Jae Hoon sehingga mereka bisa tetap melacak keberadaannya. Jihun dan tim segera menuju ke tempat Jae Hoon berada dan mendapati lelaki itu hampir tewas dibunuh.

Beruntung Jihun berhasil menyelamatkannya dan mendapat kesaksian dari Jae Hoon mengenai keterlibatan Kim Tae Ho dalam kematian Jang Won.

Kim Tae Ho pun didakwa dan menjadi tahanan kejaksaan. Oh Do Hwan yang sudah mendapat akses bertemu Seo Hyun Kyu, tampaknya telah mendapat tempat perlindungan baru.

Akan tetapi dia harus lebih dulu berhadapan dengan putra Hyun Kyu, Seo Ji Han. Dari pertemuan itu Do Hwan menemukan fakta bahwa Ji Han adalah pembunuh Park Ye Young; gadis yang sebelumnya diduga dibunuh Jang Won.

Setelah menjebloskan Tae Ho ke dalam penjara, Jin Jung sendiri bisa sedikit bernapas lega. Namun, dia masih harus menemukan pembunuh Jang Won yang sebenarnya.

Nama Tae Hyung Wook pun kembali disebut-sebut. Bersamaan dengan itu, Jin Jung secara tidak sengaja menemukan MP3 Player milik Jang Won yang sebelumnya diberikan pada Park Jae Kyung. 

Dalam recorder tersebut tersimpan sesuatu yang sangat dicari oleh Seo Hyun Kyu. Jae Kyung melarang Jin Jung menghadapi Seo Hyun Kyu sendirian karena itu akan membahayakan dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Jae Kyung yang sudah kehilangan istri dan anak akibat menyelidiki Seo Hyun Kyu merasa perlu balas dendam menggunakan tangan sendiri. Namun, Jin Jung bersikeras dan malah sengaja memancing Tae Hyung Wook untuk bertemu.

Jin Jung yakin bahwa Tae Hyung Wook adalah pembunuh Jang Won sekaligus orang yang menusuknya beberapa waktu lalu. Tanpa rasa takut Jin Jung mengajak berduel. Setelah sempat kewalahan, Hyung Wook menyuntik Jin Jung dari arah belakang. Akibatnya jaksa itu terlihat mulai limbung.

Episode 9-10

Episode 9-10

Dalam keadaan lemah Jin Jung dapat melumpuhkan Tae Hyung Wook. Anak buah Seo Hyun Kyu itu pun ditangkap. Oh Do Hwa bertindak sebagai pengacaranya, tapi dia tidak datang untuk menyelamatkan. Tae Hyung Wook seperti dibuang begitu saja oleh Seo Hyun Kyu. 

Nasib Do Hwan sendiri tidak begitu sempurna karena walau sudah mendapat kepercayaan Seo Hyun Kyu, dia diperlakukan buruk oleh putranya, Seo Ji Han. Tertangkapnya Tae Hyung Wook tidak lantas menghentikan Jin Jung dan tim untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

Sayang, penyelidikan terhambat karena file barang bukti pada MP3 yang dia dapat diamankan menggunakan sebuah kode. Walau begitu, penyelidikan tetap dilanjutkan.

Shin A Ra sampai menyelidiki media sosial Park Ye Young dan menyimpulkan kalau Ye Young menjalin hubungan dengan pria lain selain Lee Jang Won. 

Pasca mendengar kabar itu, Jin Jung bersama Chul Ki mencari keberadaan Yu Jin Cheol. Lelaki itu mengaku bahwa dia sudah memberi tahu Oh Do Hwan mengenai lelaki misterius yang bersama Ye Young, berikut rekaman kamera dashboard miliknya. 

Jin Jung mulai mengarahkan penyelidikan pada Kim Hyo Jin yang sedang dipenjara. Bersama A Ra, Jin Jung menuju rumah Kim Hyo Jin dan menemukan setumpuk uang.

Dengan ancaman, Kim Hyo Jin akhirnya mengaku bahwa dia bukan pembunuh Ye Young, melainkan diperintah oleh seseorang yang tidak dia ketahui wajahnya. 

Selesai menemui Kim Hyo Jin, Jin Jung menemui Park Jae Kyung. Jaksa nyeleneh itu diam-diam ingat kalau Jae Kyung adalah kenalan lama mendiang ayahnya. Jae Kyung bercerita bahwa Seo Hyun Kyu adalah pengacara korup yang piawai memalsukan bukti dan mengorbankan orang tidak bersalah. 

Saat dua orang itu tengah berbincang, Hyun Kyu tiba-tiba datang dan membuat Jin Jung panik karena lelaki paruh baya tersebut terdengar mengancam ibunya. Beruntung sang ibu segera dibawa ke rumah sakit setelah mengalami retak tulang kaki.

Sementara itu hubungan Oh Do Hwan dan Seo Ji Han bertambah buruk. Berangkat dari sakit hati, Do Hwan memberi rekaman kamera dashboard yang merekam kedatangan Ji Han ke kediaman Ye Young kepada Jin Jung.

Dengan bantuan teman-temannya, Jae Kyung dan Kim Tae Ho, surat penangkapan Ji Han dikeluarkan kejaksaan. Putra Seo Hyun Kyu itu pun tidak bisa lagi mengelak. 

Selesai menangkap Ji Han, Jin Jung kembali berkutat dengan file yang dikunci. Dengan susah payah, Jin Jung berhasil membuka file tersebut.

File itu rupanya berisi rekaman pembunuhan yang dilakukan Seo Hyun Kyu. Ia didapat oleh mendiang ayah Jin Jung yang bekerja sebagai reporter. Jae Kyung yang ikut menyaksikan rekaman video tersebut melarang Jin Jung terlibat terlalu jauh. 

Jin Jung tentu menolak dan Jae Kyung terlihat mengalah. Jae Kyung kemudian meminta Jin Jung pergi untuk merayakan ulang tahun ibunya di rumah sakit.

Setelahnya dia menghubungi Seo Hyun Kyu dan memancing pria itu datang menggunakan rekaman dalam MP3. Sejurus kemudian Jin Jung mendapat kabar kalau Jae Kyung meninggal dunia.

Episode 11-12

Episode 11-12

Oh Do Hwan melihat Seo Hyun Kyu membunuh Park Jae Kyung. Dia sangat shock tetapi tak punya kekuatan untuk melawan. Kematian Jae Kyung juga memberi pukulan bagi Jin Jung dan kawan-kawan.

Namun, sebuah cahaya muncul ketika orang misterius menyerahkan patung kecil berlumuran darah yang dipakai Hyun Kyu untuk membunuh Jae Kyung padanya.

Jin Jung juga menemui Tae Ho untuk mendapatkan informasi perihal rahasia terbesar Seo Hyun Kyu yang dapat melumpuhkannya. Walau sempat menolak, Tae Ho mau buka suara.

Dia membeberkan rahasia Hyun Kyu berupa ruang penyimpanan arsip kejahatan para petinggi yang disimpan untuk mengontrol orang-orang berkuasa.

Jin Jung kembali mendapatkan percaya diri untuk menghadapi Seo Hyun Kyu. Sayangnya, dia malah diskors. Joong Du dan Eun Ji juga ditangkap, sementara Shin A Ra dan Chul Ki diinterogasi. Keadaan semakin di luar kendali ketika Jin Jung diculik dan disekap anak buah Seo Hyun Kyu.

Hyun Kyu menghancurkan semua barang bukti dan memerintah anak buahnya untuk membunuh Jin Jung. Beruntung Shin A Ra dan Chul Ki yang sebelumnya berhasil membebaskan Eun Ji dan Joong Du datang menyelamatkan pemuda itu.

Seo Ji Han melarikan diri melihat anak buahnya diserang. Namun, Jin Jung berhasil menghentikannya dan membuat jaksa itu pingsan. Menggunakan akalnya Jin Jung sukses menjebak Ji Han untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi ruang arsip milik ayahnya.

Setelah mendapatkan alamat pasti, Jin Jung mendatangi lokasi ruang arsip tersebut. Tak lama Hyun Kyu datang bersama Oh Do Hwan. Dia lantas meminta Oh Do Hwan menembak Jin Jung, tetapi yang terjadi selanjutnya di luar dugaan karena Do Hwan justru mengarahkan senjata pada Hyun Kyu.

Rupanya Do Hwan diam-diam sudah ada di pihak Jin Jung setelah melihat peristiwa tragis yang menimpa Jae Kyung. Sayang, Hyun Kyu masih cukup licin untuk dikalahkan keduanya. Jin Jung dan Do Hwan malah diculik dan disekap oleh anak buah Hyun Kyu.

Untungnya mereka berhasil bebas setelah bekerjasama. Selamat dari peristiwa itu Jin Jung ingin segera mengamankan arsip-arsip yang dia temukan, tetapi sesuai dugaan, Hyun Kyu sudah lebih dulu memindahkannya.

Berkat ide cerdik Jin Jung, dia bisa menemukan lokasi arsip yang baru. Seo Hyun Kyu pun tidak bisa lagi mengelak dan harus menjalani penyidangan. Saksi-saksi dihadirkan tetapi Hyun Kyu masih bisa mengelak. Jin Jung yang berlaku sebagai jaksa penuntut sangat geram.

Dia kemudian mengeluarkan saksi kunci terakhirnya yaitu Park Jae Kyung. Jae Kyung ternyata belum meninggal. Selama ini dia diselamatkan diam-diam oleh Do Hwan.

Sejak peristiwa itu Do Hwan dan Jin Jung sudah mulai bekerjasama. Jin Jung kemudian menuntut hukuman mati atas tindak kejahatan yang dilakukan Hyun Kyu.

Berkat prestasinya Jin Jung kembali ditugaskan di Divisi Sipil; lengkap dengan Park Jae Kyung sebagai atasannya. Jin Jung terlihat tidak mau menenggelamkan diri dalam kesedihan setelah mengetahui kalau sang ayah adalah salah satu korban Hyun Kyu. Dia memilih melanjutkan hidup sebagai jaksa yang menegakkan kebenaran.

Jaksa Nyentrik Selidiki Kasus Kematian

Jaksa Nyentrik Selidiki Kasus Kematian

Selain kasus-kasus, penyelidikan dan penyelesaian yang menarik, karakter jaksa dalam drama ber-genre hukum dan kriminal menjadi magnet tersendiri. Bagaimana cara mereka menyelesaikan kasus, bagaimana mereka menggunakan kecerdasannya untuk mengungkap sebuah kejahatan selalu satisfying.

Nah! Kepuasan semacam itu bisa kamu temukan juga dalam drama Bad Prosecutor (2022). Sesuai judulnya, drama ini berfokus pada sepak-terjang Jin Jung, seorang jaksa muda yang nyentrik. Jin Jung khas dengan rambut berantakan dan penyelidikan yang kerap melanggar aturan.

Sebagai jaksa dia sering membuat rekan jaksa lainnya kewalahan, sementara bagi para penjahat, dia adalah ancaman. Sampai episode empat, Jin Jung tidak sendirian karena dia dibantu beberapa teman yang sama-sama nekat, loyal dan solid.

Mulai dari jaksa senior, penyidik, sampai gadis bergaya unik yang tampak menaruh ketertarikan padanya. Keberadaan mereka membuat cerita Bad Prosecutor (2022) bertambah menarik karena alur gak hanya suguhkan sesuatu yang serius, tetapi juga lucu.

Comeback Do Kyung Soo Setelah 2018

Comeback Do Kyung Soo Setelah 2018

Bad Prosecutor (2022) menjadi proyek kembalinya Do Kyung Soo ke drama land setelah terakhir membintangi 100 Days My Princes (2018) bersama Nam Ji Hyun.

Drama ini sekaligus menjadi drama pertamanya pasca sang aktor menyelesaikan wajib militer pada Januari 2021 silam. Penampilan D.O sebagai jaksa unik dalam karya sutradara Kim Sung Ho ini sudah pasti ditunggu para penggemarnya.

Di luar itu, karakter yang dia bawakan kali ini terhitung baru dalam karirnya sebagai aktor. Dengan kemampuan akting yang sudah teruji, D.O tidak kesulitan menghidupkan karakter Jin Jung yang nyeleneh, tetapi cerdas dandetail.

Sejauh ini, Bad Prosecutor (2022) suguhkan plot yang sebenarnya tidak terlalu baru untuk ukuran drama hukum dan kriminal; ada sosok misterius dan kejahatan yang harus diungkap.

Akan tetapi perjalanan mengungkap hal itu jadi hal menarik karena ditangani oleh Jin Jung dan kawan-kawan. Penasaran dengan akting D.O sebagai jaksa ‘bandel’?

Jin Jung Mulai Mencurigai Kim Tae Ho

Jin Jung Mulai Mencurigai Kim Tae Ho

Pasca kematian Lee Jang Won yang mendadak di episode lalu, pada dua episode ini Jin Jung ditetapkan sebagai tersangka. Namun, sebagai jaksa dengan segudang ide, Jin Jung tentu tidak menyerah begitu saja, apalagi dia juga tidak merasa melakukan perbuatan keji itu.

Alhasil, aksi seru dan konyol Jin Jung beserta tiga temannya untuk melepaskan diri bisa kamu lihat kembali. Sejauh ini karakter jahat dalam Bad Prosecutor (2022) cukup jelas, yaitu Seo Hyun Kyu, seorang pimpinan firma hukum terbesar di Korea sekaligus orang yang mengendalikan Jaksa Kepala Kim Tae Ho.

Secara eksplisit dijelaskan pula bahwa Seo Hyun Kyu adalah dalang di balik kematian Lee Jang Won dan tuduhan terhadap Jin Jung. Namun, sejauh ini, motif Seo Hyun Kyu masih belum terlalu jelas. Lelaki paruh baya tersebut hanya diperlihatkan sebagai sosok yang cukup ditakuti oleh Kim Tae Ho.

Dia punya kendali dan pengaruh besar terhadap kepala jaksa yang baru terpilih itu. Apa sebenarnya motif Seo Hyun Kyu membunuh Jang Won dan mengincar Jin Jung? Adakah dia memiliki dendam terhadap kejaksaan?

Kim Tae Ho Ditangkap, Jin Jung Lanjutkan Penyelidikan

Kim Tae Ho Ditangkap, Jin Jung Lanjutkan Penyelidikan_

Tak perlu waktu lama bagi Jin Jung untuk membuktikan keterlibatan Kim Tae Ho dalam peristiwa kematian Lee Jang Won, karena di dua episode ini Jaksa Kepala itu akhirnya berhasil ditangkap.

Melihat Jin Jung dan tim melakukan penyelidikan demi penyelidikan untuk menangkap Kim Tae Ho rasanya memuaskan. Mulai dari Shin A Ra sampai Eun Ji kompak membantu Jin Jung.

Namun, cerita Bad Prosecutor (2022) tentu masih panjang. Kim Tae Ho ibarat anak tangga bagi Jin Jung untuk menemukan penjahat sesungguhnya.

Jin Jung dan tim masih harus bekerjasama mengungkap pelaku pembunuh Lee Jang Won. Artinya kita masih akan bertemu dengan kejutan-kejutan serta aksi Jin Jung lainnya. 

Sementara itu, keseruan sudah semakin terasa ketika di akhir episode delapan, Jin Jung terlihat dalam kondisi berbahaya. Jaksa yang pecicilan dan tak kenal takut itu tampak kewalahan mendapat serangan dari arah belakang dari Tae Hyung Wook. Lantas, skankah penyelidikan Jin Jung dapat terus berlanjut?

Jin Jung Semakin Dekat Ungkap Kebenaran

Jin Jung Semakin Dekat Ungkap Kebenaran

Jin Jung memang karakter paling menarik dari drama Bad Prosecutor (2022). Dengan tingkahnya yang nyeleneh, dia punya tekad kuat mengungkap kebenaran atas satu kejahatan. Terbukti di awal episode sembilan, dalam keadaan hampir limbung, Jin Jung masih bisa mengalahkan Tae Hyung Wook. 

Sempat dibuat was-was di akhir episode minggu lalu, Jin Jung ternyata baik-baik saja di dua episode ini. Kekuatan tekadnya menjadi tenaga terbesar Jin Jung untuk menegakkan keadilan atas kematian Lee Jang Won.

Ada kepuasan tersendiri ketika melihat dia, Shin A Ra, Eun Ji, Chul Ki dan Jung Do bekerja sama mencari bukti-bukti kejahatan Seo Hyun Kyu. Kerja keras mereka akhirnya membawa Jin Jung semakin dekat dengan kebenaran. Sayang, hal itu diiringi dengan kehilangan yang besar karena Park Jae Kyung menjadi korban keganasan Hyun Kyu selanjutnya.

Keberanian Jin Jung melawan pria paruh baya tersebut harus dibayar mahal. Lalu dengan kematian Jae Kyung apakah Jin Jung akan mundur atau semakin kuat melawan?

Oh Do Hwan Jadi ‘Senjata Rahasia’ Jin Jung

Oh Do Hwan Jadi ‘Senjata Rahasia’ Jin Jung

Pada dua episode akhir Bad Prosecutor (2022) kamu masih akan melihat Jin Jung melalui kesulitan. Setidaknya sebanyak dua kali dia diculik dan disekap oleh anak buah Seo Hyun Kyu. Bukan hanya Jin Jung yang kesulitan, tetapi teman satu timnya seperti Eun Jin dan Joong Do juga ditangkap, Shin A Ra dan Chul Ki diinterogasi.

Langkah Jin Jung untuk menangkap dan menjebloskan Seo Hyun Kyu ke dalam penjara sangat berat. Semua usaha yang sudah dilakukan seperti sia-sia. Untungnya, plot memberi angin segar dengan perubahan mengejutkan dari karakter Oh Do Hwan.

Pengacara Kangsan yang sejak awal episode berlaku menyebalkan pada Jin Jung itu berubah jadi ‘senjata rahasia’ yang bisa diandalkan. Karakternya yang seolah tak punya hati dan hanya mementingkan keuntungan diri sendiri, mengalami perubahan di episode akhir.

Kejutan untuk Seo Hyun Kyu

Kejutan untuk Seo Hyun Kyu

Selain Oh Do Hwan, episode terakhir Bad Prosecutor (2022) juga menyajikan plot twist lain yang tentu saja tidak terduga. Kesedihan di awal episode 11 karena kematian Park Jae Kyung, berubah jadi kejutan besar karena ternyata karakter itu masih bisa diselamatkan.

Bad Prosecutor (2022) menutup ceritanya dengan kurang memuaskan karena hukuman untuk Seo Hyun Kyu rasanya tidak setimpal. Tidak ada scene yang memperlihatkan dirinya menderita di balik jeruji penjara atau mengenakan pakaian tahanan.

Namun, drama ini memperlihatkan kepuasan dari sisi lain, yaitu kepuasan seorang Jin Jung yang akhirnya bisa mengalahkan Hyun Kyu. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram