logo web

Sinopsis & Review Serial Black Knight, Hero Berkedok Kurir

Ditulis oleh Gerryaldo
Black Knight
3.7
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kabar baik nih untuk kalian para penggemar aktor Kim Woo Bin, pasca recovery dari penyakitnya, pria asal Korea yang sudah malang melintang di dunia drama juga film ini lama hiatus. Namun di awal tengah tahun 2023, namanya kembali naik ke permukaan setelah dipercaya membintangi drama di Netflix.

Baca Juga: 19 Drama Korea Original Netflix Terbaik yang Harus Kamu Tonton

Drama tersebut berjudul Black Knight yang menceritakan tentang seorang kurir yang bekerja untuk mengantar suplai oksigen setelah dunia luluh lantak akibat dihajar meteor. Korea yang makmur akhirnya hancur dan menjadi padang pasir dengan kualitas oksigen yang buruk. Selain menjadi kurir, ia pun menjadi seorang pahlawan.

Sinopsis

Black Knight_Poster (Copy)

Episode 1 

Black Knight_Episode 1 (Copy)

40 tahun lalu, bumi dihantam oleh meteor sehingga menciptakan katastropi yang masif. Hanya 1% dari seluruh penduduk dunia yang selamat. Korea sendiri kini menjadi padang pasir tandus dengan kadar oksigen rendah dan kualitas yang buruk. Hal ini membuat pemerintah memilih penduduk yang bisa ‘diselamatkan’.

Mereka diberikan suplai oksigen lewat kurir. Salah satunya kurir dengan kode 5-8 (Kim Woo Bin). Satu kali, setelah mengantar oksigen ke kediaman perwira intelijen militer, Seol-Ah (Esom), kediaman itu diserang dan menewaskan adik kandungnya, Seul-Ah (Roh Yoon Seo) dan melukai adik angkatnya, Sa-Wol (Kang Yeo Sook).

Episode 2 

Black Knight_Episode 2 (Copy)

5-8 yang sempat mencegah penyerangan lantas dimintai keterangan oleh Seol-Ah. Semua alibinya tepat namun Seol-Ah masih menaruh kecurigaan padanya. Di sisi lain, 5-8 menemukan hal menarik. Sa-Wol seharusnya sudah tewas karena ditembak di kepala namun ia kebal peluru karena ternyata Sa-Wol merupakan mutan.

Grup Cheonmyeong yang merupakan perusahaan penyuplai oksigen mengerjakan satu proyek rahasia untuk eksperimen manusia. Mereka menculik anak-anak di distrik umum untuk di uji coba. Hal ini tercium oleh 5-8 dan tim, sehingga mereka bekerja sama untuk menginvestigasi, bersama dengan Sa-Wol yang hendak menjadi kurir.

Episode 3

Black Knight_Episode 3 (Copy)

Cerita kembali ke 9 tahun lalu, dimana ternyata 5-8 adalah seorang pengungsi. Ia memiliki kesumat terhadap penguasa saat itu. Ini yang membuat 5-8 bersikeras untuk bergabung menjadi kurir supaya ia mendapatkan akses guna membalaskan dendamnya. Tak peduli butuh waktu berapa lama, 5-8 akan menjalankan misinya.

Sa-Wol yang lulus registrasi penerimaan kurir baru Grup Cheonmyeong segera menjalani proses eliminasi. Dari sekian banyak pendaftar, Sa-Wol berhasil masuk untuk meneruskan pertandingan namun ia gugur akibat membantu sesama peserta. Mengetahui hal tersebut, 5-8 kesal namun ia tidak bisa berbuat apa-apa.

Episode 4

Black Knight_Episode 4 (Copy)

Aksi yang dilakukan oleh Sa-Wol ternyata berdampak besar, para kurir senior yang menjadi juri mendesak pimpinan Grup Cheonmyeong, Ryu Seok (Song Seung Hoon), untuk tetap memasukkan Sa-Wol ke dalam grand final. Hal itu pun disetujui oleh Ryu Seok dan Sa-Wol kembali ke pertandingan dan menang.

Grup Cheonmyeong hendak merelokasi para pengungsi, namun alih-alih direlokasi, Ryu Seok malah melakukan pembunuhan dan terus melakukan penculikan anak-anak untuk di buat eksperimen. Untuk menghentikan semua hal buruk itu, 5-8 dan Seol-Ah bekerja sama untuk menjatuhkan Grup Cheonmyeong.

Episode 5

Black Knight_Episode 5 (Copy)

Uji laboratorium Grup Cheonmyeong terhadap Sa-Wol menunjukan bahwa remaja pria itu merupakan mutan. Hal ini menarik perhatian Ryu Seok karena ia berhasil menemukan manusia mutan tanpa harus melakukan eksperimen terhadapnya. Begitu Sa-Wol memulai pekerjaannya menjadi kurir, ia belajar banyak hal.

Salah satunya adalah kenyataan bahwa ia bekerja untuk orang yang membunuh Seul-Ah. Informasi itu diberikan oleh 5-8, dan langsung jadi fokus utama 5-7 untuk ‘bekerja’ lebih giat. Rencana membuka tabir Grup Cheonmyeong mulai dilaksanakan, kaki tangan Ryu Seok, Oh Ji-Wan (Lee Sung Wook) berhasil ditangkap.

Episode 6

Black Knight_Episode 6 (Copy)

Oh Ji-Wan berjanji akan membantu 5-8 dan timnya, namun pada saat hari eksekusi, Oh Ji-Wan mengkhianati 5-8 dan membeberkan semua aksi mereka pada Ryu Seok yang langsung naik darah. Seol-Ah memberitahu kebusukan Ryu Seok, pada Ayahnya, Ryu Jae-Jin (Nam Kyung Eup) yang merupakan pemilik Grup Cheonmyeong.

Ryu Jae-Jin murka mengetahui rencana anaknya tersebut, ia lantas menyerahkan proyek relokasi itu pada pemerintah langsung. Tak terima, Ryu Seok mengkudeta Ayahnya sendiri. Huru-hara yang terjadi membuat Sa-Wol tertangkap, Seul-Ah dan 5-8 akhirnya menyerang Grup Cheonmyeong dan menang.

Pahlawan Berkedok Kurir

Black Knight_Heroes (Copy)

Butuh waktu 9 tahun sebelum akhirnya rencana busuk Grup Cheonmyeong terbongkar oleh 5-8. Ia ngamuk begitu tahu bahwa untuk membungkam para pengungsi yang protes karena tidak bisa masuk ke dalam distrik pilihan, Grup Cheonmyeong melakukan pembunuhan. 5-8 pun berusaha untuk menghancurkan grup itu.

Ia membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan para kurir lain yang berasal dari pengungsian guna menyerang Grup Cheonmyeong di saat yang tepat. Pekerjaan kurir lah yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi dari distrik inti, tempat dimana Grup Cheonmyeong berjaya.

Penampilan Kim Woo Bin

Black Knight_Kim Woo Bin (Copy)

Menghilang untuk waktu yang cukup lama membuat para penggemar Kim Woo Bin rindu sekali melihatnya lagi di layar kaca. Penampilan kali ini akhirnya mengobati rasa kangen para penggemar. Akting Kim Woo Bin dalam drama ini cukup keren, meski sebenarnya kualitas akting Kim Woo Bin yang masih standar saja.

Kita sudah tahu kalau karakter Kim Woo Bin di tiap drama atau film pasti menjadi cowok cool dan rupawan, tapi itu jadi signature Kim Woo Bin yang membosankan. Para penonton pasti berharap lebih nih dari seorang Kim Woo Bin dalam drama ini. Semoga Kim Woo Bin bisa kasih kejutan apabila drama ini lanjut ke season 2 ya!

Season 2

Black Knight_Season 2 (Copy)

Di pertengahan menjelang akhir cerita episode 6, Ryu Seok sudah sempat mendapat transfusi darah dari Sa-Wol yang adalah manusia mutan. Ini berarti sebagian darah mutan sudah masuk dan bereaksi dalam tubuh Ryu Seok, sehingga sesaat sebelum kantor Grup Cheonmyeong meledak, Ryu Seok terlihat menggerakkan tangannya.

Padahal saat itu ia sudah ditembak di bagian kepala oleh 5-8. Hal ini seperti terulang kembali dimana Sa-Wol selamat dari tembakan di kepala karena ia mutan. Apabila Ryu Seok selamat, maka bisa dipastikan cerita tentang balas dendam Ryu Seok akan diceritakan kembali di Black Knight musim kedua. 

Untuk kalian yang belum menonton kisah si kurir legend 5-8 ini, buruan deh ikuti kisahnya. Selain kalian bisa kangen-kangenan dengan Mas Kim Woo Bin, kalian juga bisa melihat keseruan ceritanya. Showpoiler memberi skor 3.7/5 atas pemilihan aktris/aktor, visual, plot juga kualitas akting dalam drama ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram