logo web

Sinopsis dan Review Series Brooklyn Nine-Nine Season 4

Ditulis oleh Aditya Putra
Brooklyn Nine Nine Season 4
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Di season ketiga Brooklyn Nine-Nine, puncak konflik terjadi ketika Adrian menjadi target pembunuhan oleh Figgis dan seorang informan di FBI.

Seluruh tim di bawah komando Holt mencoba mendapatkan file tentang Figgis tapi Bob Annderson, seorang agen FBI, berhasil mencurinya kembali. Setelah bersusah payah, tim akhirnya berhasil mendapatkan file itu.

Figgis yang sudah jadi buronan terus memberikan ancaman pada tim. Holt dan Jake terpaksa masuk ke dalam program perlindungan saksi dan pindah ke Florida. Mereka juga punya nama baru yaitu Greg untuk Holt dan Larry untuk Jake.

Seperti apa kelanjutan kisah Jake beserta timnya? Yuk, kita bahas di sinopsis dan review series Brooklyn Nine-Nine Season 4!

Sinopsis

brooklyn-nine-nine-s4-2_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Fremulon, Dr. Goor Productions, 3 Arts Entertainment, Universal Television
  • Sutradara: Michael McDonald, Trent O’Donnell, Payman Benz, Tristram Shappero, Claire Scanlon
  • Pemain: Andy Samberg, Stephanie Beatriz, Terry Crews, Mielissa Fumero, Joe Lo Truglio
  • Jumlah Episode: 22

Enam bulan sudah Jake dan Holt ikut dalam program perlindungan saksi di Florida. Jake mulai nggak betah tinggal jauh dari New York. Dia pun mulai melakukan investigasi terhadap Figgis secara diam-diam. Jake dan Holt mendapat pekerjaan di The Fun Zone.

Upayanya melakukan investigasi ketahuan oleh Holt. Holt pun  mengambil file yang dikerjakan Jake supaya keberadaan mereka nggak diketahui oleh Figgis.

Jake memanfaatkan posisinya sebagai asisten manajer dengan mengerjai Holt. Caranya adalah memberikan pekerjaan sebanyak mungkin bagi Holt agar mau menyerahkan file mengenai Figgis. Ketika berdiskusi tentang Figgis, mereka berdua tertabrak oleh go-kart dan ada wanita yang merekam hal tersebut.

Wanita perekam video Jake dan Holt berniat mengunggah video ke internet. Dia meminta uang sebesar 15.000 USD supaya niatnya diurungkan. Jake dan Holt mencoba menipunya tapi menemui kegagalan. Alhasil, mereka membiarkan video itu diunggah ke internet dengan tujuan memancing Figgis agar keluar dari persembunyiannya.

Figgis menemukan video Jake dan Holt kemudian menculik Karen Haas, petugas yang bertanggung jawab atas hidup Jake dan Holt di Florida. Sementara itu, Jake dan Holt ditangkap oleh polisi karena membeli senjata untuk menghadapi Figgis sampai dimasukkan ke penjara.

Tim di Brooklyn mendapat kapten baru yaitu C.J. yang melarang siapapun untuk menolong Jake dan Holt. Tanpa seizin C.J., tim berangkat ke Florida.

Jake dan Holt berhasil melarikan diri dari penjara. Mereka berdua ditemukan oleh Figgis. Kekacauan pun terjadi di The Fun Zone yang menjadi tempat pertarungan antara tim dengan Figgis dan anak buahnya.

Figgis menodongkan pistol ke kepala Jake. Amy tiba di saat yang tepat dan menembak. Sayang, tembakannya malah mengenai Jake.

Figgis berhasil melarikan diri dari sergapan tim. Dia menggunakan mobil untuk kembali menghilang. Upaya itu gagal setelah mobilnya ditabrak oleh truk yang dikemudikan oleh Gina bersama Holt.

Kesuksesan itu membuat Jake dan Holt diperbolehkan kembali ke Brooklyn dan bergabung bersama tim. Tapi C.J. nggak begitu saja menerima tim. Dia memberi hukuman berupa kerja malam untuk semua anggota.

Penderitaan tim atas perlakuan C.J. berakhir setelah C.J. dipindahtugaskan karena dianggap nggak kompeten menangani Brooklyn Nine-Nine. Adrian kembali setelah menghilang dan berniat menikahi Rosa dalam waktu 14 jam ke depan.

Tapi, Adrian merasa bahwa dia melihat banyak tanda supaya pernikahan itu nggak terjadi. Hasilnya, dia dan Rosa memutuskan untuk saling mengenal dulu satu sama lain.

Jake dan Rosa menangani investigasi kasus narkoba. Lt. Hawkins merupakan anggota kepolisian yang menyamar untuk kasus tersebut. Hawkins mengatakan bahwa ada lowongan untuk satu atau dua anggota Brooklyn Nine-Nine untuk memecahkan kasus tersebut. Hal itu menyebabkan adanya persaingan ketat di dalam tim.

Jake menemukan fakta bahwa Hawkins terlibat dalam kasus perampokan bank. Bersama Rosa, dia mencoba membuktikan bahwa operasi yang dilakukan Hawkins pun banyak melanggar hukum.

Jake dan Rosa pun ikut dalam misi penyamaran bersama Hawkins. Hawkins memberi alamat untuk pencurian bank yang sebenarnya merupakan jebakan. Bisakah Jake dan Rosa selamat?

Kemunculan Karakter Pendukung yang Sama

brooklyn-nine-nine-s4-3_

Brooklyn Nine-Nine menampilkan banyak sekali karakter di luar tim utama. Tapi ada beberapa karakter yang menjadi favorit dari penggemar karena setiap kehadirannya berhasil membuat cerita lebih berwarna.

Adrian kembali muncul setelah memalsukan kematian di season sebelumnya karena dijadikan target oleh Figgis. Sebagaimana kemunculan sebelumnya, dia lagi-lagi punya ide absurd untuk melangsungkan pernikahan.

Favorit lain dari penggemar serial ini adalah Doug Judy. Setiap kemunculan pencuri mobil eksentrik ini selalu menghadirkan kekonyolan. Doug yang sudah ditangkap oleh polisi, ikut dalam rombongan bus yang memuat narapidana.

Bus itu dibajak dan para narapidana berhasil melarikan diri. Narapidana terakhir yang belum tertangkap adalah Doug.

Pengembangan Para Karakter Utama

brooklyn-nine-nine-s4-4_

Para karakter utama di Brooklyn Nine-Nine adalah alasan mengapa serial ini begitu banyak disukai orang. Setiap karakter dikembangkan dari setiap season-nya seperti memberi pesan bahwa masih banyak hal personal di luar pekerjaan yang bisa diangkat.

Hebatnya semua diangkat dengan cara yang ringan dan yang terpenting adalah menyenangkan. Jake yang menjadi nyawa serial ini harus melewati season keempat dengan bertaruh melawan Amy. Siapa di antara mereka yang lebih banyak memecahkan kasus, maka apartemen merekalah yang harus menjadi tempat tinggal.

Ada juga Gina yang tertabrak bus dan hamil anak dari sepupu Boyle, Milton, serta menyelamatkan Brooklyn Nine-Nine yang sempat akan ditutup.

Subplot-subplot para karakter utama ini memberikan pendalaman karakter yang baru. Pendalaman itu secara sekilas terasa kurang optimal tapi cukup untuk membuat cerita tetap seru.

Terlebih durasi yang pendek yaitu di bawah 25 menit setiap episode menjadi alasan hal itu terjadi. Durasi pendek pula yang menyebabkan setiap masalah begitu cepat mendapatkan solusinya.

Secara sinematografi, serial ini nggak bergeming dengan cirinya. Banyak mid shot untuk menangkap dialog yang menjadi andalan utama dalam berkomedi.

Selain itu, wide shot menjadi cara untuk menangkap bagaimana tugas mereka ketika berada di TKP. Sebagai serial yang mengutamakan cerita berupa komedi, sinematografi bukanlah sesuatu yang dijadikan andalan.

Mengangkat Isu Rasisme

brooklyn-nine-nine-s4-5_

Brooklyn Nine-Nine bukan cuma memberikan hiburan berupa komedi, melainkan juga menyelipkan isu-isu yang berkembang di masyarakat. Di episode Moo Moo, serial ini mengangkat tema rasisme. Terry tengah mencari selimut anaknya yang jatuh dari mobil yang dikemudikan Jake dan Amy.

Dia dihampiri oleh polisi yang hampir menangkapnya tanpa alasan kuat tapi urung terjadi setelah Terry mengaku sebagai polisi juga.

Season keempat serial ini dirilis ketika di Amerika marak terjadi rasisme yang dilakukan oleh polisi. Orang-orang Afrika-Amerika seringkali menjadi korban penangkapan atau kekerasan padahal mereka nggak terbukti melakukan kesalahan.

Keberanian serial ini mengangkat rasisme menjadi bukti keberanian mereka melawan isu ketidakadilan yang tengah terjadi. Terlebih para karakter utama di serial ini pun berprofesi sebagai polisi.

Brooklyn Nine-Nine masih berpegang teguh pada karakteristik mereka, cerita yang ringan serta kegemilangan mengemas komedi. Season keempat kembali menyajikan 22 episode yang terbilang sangat panjang.

Tapi itu semua bukanlah masalah karena kemampuan mereka menyajikan hiburan yang bisa dinikmati semua orang. Sudah nonton season sebelumnya? Season ke berapa nih yang jadi favorit kamu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram