showpoiler-logo

Sinopsis & Review Drama Crash Course in Romance (2023)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Crash Course in Romance
3.8
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Nam Haeng Seon tak tahu jika putrinya, Nam Hae-e, sangat ingin mendaftar dan mengikuti akademik Matematika Choi Chi Yeol. Begitu mengetahuinya dia berusaha keras mendaftarkan sang putri di tengah ketatnya persaingan. Setelah berhasil dia kembali sibuk mencari uang dari menjual lauk-pauk atau banchan.

Banchan yang dijual Haeng Seon membuat seorang Guru Bintang pengidap gangguan makan, akhirnya bisa makan tanpa muntah. Belakangan terungkap kalau Haeng Seon dan Chi Yeol sudah terhubung dari dulu.

Ingin tahu dengan kisah mereka selanjutnya? Drama Jung Kyung Ho dan Jeon Do Yeon berjudul Crash Course in Romance ini siap menghiburmu!

Sinopsis

Haeng Seon sibuk mengelola usaha banchan sembari mengurusi adiknya yang autis dan menjadi “ibu” untuk keponakannya yang beranjak dewasa. Kedainya cukup ramai pembeli karena masakannya terkenal enak.

Cita rasa masakan Haeng Seon bahkan membuat Guru Bintang, Choi Chi Yeol, yang selalu muntah setiap makan, doyan dan nyaman. Ada rahasia apa pada masakan Haeng Seon?

Episode 1-2

Crash Course in Romance_Ep 1-2_

Haeng Seon adalah mantan atlet nasional yang kini sibuk mengelola usaha jualan lauk-pauk atau banchan. Dia hidup bersama adik lelakinya yang autis, Jae Woo, dan keponakan yang sudah dianggap putri sendiri serta memanggilnya dengan sebutan ibu, Nam Hae-e. 

Di sekolah hanya Hae-e murid yang tidak mendaftar akademik atau bimbingan belajar Matematika, sehingga nilainya menurun. Dia kalah saing dengan temannya, Bang Su-a, yang unggul karena mengikuti akademik Matematika Choi Chi Yeol yang terkenal sebagai Guru Bintang.

Di balik kesuksesannya, Chi Yeol punya trauma akibat kejadian di masa lalu yang menewaskan salah satu muridnya. Akibat hal tersebut, dia memiliki gangguan makan yang parah sampai-sampai selalu mual setiap kali makan.

Hal itu diperparah dengan kondisi Chi Yeol yang stress karena salah satu siswi di akademiknya menguntit sampai ke rumah dan menyebabkan rumor. Chi Yeol pun harus dibawa ke rumah sakit oleh asistennya, Ji Dong Hui.

Saat di rumah sakit, jaket yang dipakai Chi Yeol menarik perhatian Jae Woo yang kebetulan juga ada di sana. Adik Haeng Seon tersebut kemudian memotretnya tanpa izin dan membuat Chi Yeol kesal lalu merebut ponsel Jae Woo. Terjadilah kejar-kejaran antara Chi Yeol dan Haeng Seon yang tidak terima ponsel adiknya diambil paksa.

Ketika Haeng Seon hampir berhasil menangkapnya, Chi Yeol melempar ponsel Jae Woo hingga membuat ponsel tersebut rusak. Jae Woo terus merajuk mengetahui ponselnya rusak. Dia menolak makan dan membuat Haeng Seon bingung. 

Masalah bertambah ketika Hae-e ikut ngambek karena tertekan dengan persaingan di sekolah. Setelah sempat menahan diri, Hae-e akhirnya berani mengutarakan keinginannya pada Haeng Seon untuk mengikuti akademik Matematika Choi Chi Yeol. 

Di rumahnya, Choi Chi Yeol tengah takjub karena bisa makan tanpa mual. Lauk dan nasi yang dia makan rupanya dibeli Dong Hui dari banchan milik Haeng Seon. Setelah sekian lama selalu muntah sehabis makan, akhirnya Chi Yeol bisa makan dengan nyaman. Ternyata di masa lalu, Chi Yeol dengan masakan banchan milik Haeng Seon punya hubungan istimewa.

Dulu, saat masih menyiapkan diri sebagai guru dan saat sang ayah meninggal dunia, masakan mendiang ibu Haeng Seon adalah makanan Chi Yeol sehari-hari. Ia menjadi teman saat Chi Yeol membutuhkan. Kini saat ibu Haeng Seon tiada, usaha dan resepnya dilanjutkan oleh Haeng Seon.

Saking bergantungnya pada masakan Haeng Seon, Chi Yeol nekat datang sendiri untuk membelinya. Dia rela menyembunyikan diri di balik kacamata dan topi untuk menutupi identitasnya sebagai perusak ponsel Jae Woo.

Pada kedatangan keduanya, Chi Yeol yang merasa bersalah telah merusakkan ponsel Jae Woo. Dia pun membelikan ponsel baru karena mendengar Haeng Seon kesulitan uang. 

Sikap Chi Yeol membuat teman Haeng Seon, Kim Yeong Ju, berpikir kalau lelaki itu menyukainya. Haeng Seon yang baru saja berhasil mendaftarkan Hae-e ke akademik berpikir tak mau menjalin hubungan lebih dulu. Di luar itu, dia merasa harus mengembalikan ponsel yang diberikan Chi Yeol. 

Dia menunggu Chi Yeol datang ke kedainya lagi untuk mengembalikannya secara langsung. Sesuai dugaan, Chi Yeol memang datang lagi, tapi kali ini Jae Woo mengenalinya sebagai si pelaku perusak ponsel. Haeng Seon pun langsung bereaksi karena tidak terima dengan sikap Chi Yeol.

Alih-alih meminta maaf, Chi Yeol malah langsung membelikan ponsel seolah menggampangkan kesalahannya. Ketika mereka tengah ribut, sebuah peluru besi berbentuk bulat tiba-tiba menghancurkan salah satu kaca di kedai Haeng Seon dan membuat mereka panik.

Peluru besi itu sebelumnya terlihat membuat siswi penguntit Chi Yeol jatuh pingsan karena seseorang menembakkannya.

Episode 3-4

Review Crash Course in Romance_Ep 3-4_

Insiden kaca pecah oleh peluru besi membuat hubungan Haeng Seon dan Chi Yeol bertambah runyam karena sampai melibatkan kepolisian. Namun, kekacauan itu mendadak berubah ketika Hae-e datang. Gadis itu tentu saja mengenali gurunya.

Haeng Seon hanya bisa menyesal karena sudah memperlakukan Chi Yeol dengan kasar. Untuk menebus kesalahan, Haeng Seon memperlakukan Chi Yeol dengan baik. Dia sengaja membuatkan makanan dalam jumlah banyak untuk Chi Yeol.

Sayang, Chi Yeol tidak sempat memakannya karena sibuk dengan rapat mengenai Kelas Intensif Jurusan Kedokteran yang jadwalnya mendadak dimajukan. 

Semua bermula dari rengekan Su-a yang tidak terima tersaingi oleh Hae-e. Ibunya, Jo Su Hui, ikut kesal karena putrinya tersaingi oleh anak penjual lauk.

Kebetulan dia mendapat telepon dari ibu seorang siswa bernama Lee Young Min yang cukup berpengaruh. Wanita itu ingin Young Min bisa masuk Kelas Intensif Jurusan Kedokteran.

Su Hui lantas mengajak ibu Sun Jae, Jang Seo Jin, untuk sama-sama menyingkirkan Hae-e dari daftar siswa akademik yang lolos tes kelas intensif. Hasilnya, Hae-e yang sudah senang karena menjadi satu dari tujuh siswa yang lolos, harus kecewa karena dikeluarkan secara tidak adil. 

Haeng Seon melakukan protes dan membenci para pegawai akademik, termasuk Chi Yeol. Dia melarang mereka membeli banchan di tempatnya.

Tanpa sepengetahuan Haeng Seon, Chi Yeol juga berniat keluar dari kelas intensif. Namun, karena tak mungkin mengorbankan siswa lain, Chi Yeol memutuskan tetap mengajar. Sambil menahan lapar karena tak bisa mendapatkan lauk dari kedai Haeng Seon, Chi Yeol mulai mengajar anak-anak kelas intensif.

Young Min sebagai siswa pengganti Hae-e memperlihatkan sikap yang kasar dan tidak sopan selama di kelas. Alhasil, dia diusir dan akibatnya Young Min berencana mempermalukan Chi Yeol melalui forum online khusus siswa dan wali murid.

Belum sempat melakukan itu, Young Min mendapat serangan dari peluru besi yang sebelumnya mengenai kaca kedai Haeng Seon. Pemuda itu terlihat dikejar oleh orang misterius hingga kemudian terjatuh dari ketinggian sebuah gedung.

Chi Yeol tentu tidak mengetahui insiden berdarah itu. Dia fokus pada kondisi mental dan perutnya. Selesai mengajar kelas intensif, Chi Yeol memutuskan segera mendatangi kedai Haeng Seon.

Chi Yeol menawarkan diri untuk menjadi guru privat Matematika Hae-e. Hae-e sendiri tengah diminta tolong oleh salah satu teman sekelasnya, Geon Hu, untuk mengajarinya belajar. 

Episode 5-6

Review Crash Course in Romance_Episode 5-6_

Chi Yeol menawarkan diri memberi les privat pada Hae-e tanpa meminta bayaran. Dia hanya ingin Haeng Seon menyiapkan sarapan dan makan malam.

Chi Yeol juga ingin kesepakatan mereka dirahasiakan, tidak boleh diketahui oleh siapa pun. Hae-e sendiri juga sepakat dan bersedia membantu Geon Hu belajar untuk menyusul ketertinggalan.

Kematian siswa yang jatuh dari gedung akademik tempat Chi Yeol mengajar, menimbulkan kegaduhan. Chi Yeol mengajar setengah hati karena bagaimana pun dia masih shock dengan kematian Young Min. Kematian Young Min ditutup sebagai kasus bunuh diri, tetapi detektif Bae Jung Soo merasa tak puas dan terus berusaha menyelidikinya. 

Dia menemukan luka gores di dahi jasad Young Min dan mendapati rekaman CCTV yang memperlihatkan adanya bola besi mencurigakan di sekitar lokasi kejadian. Di tengah kondisi yang masih tegang, Chi Yeol harus menepati janjinya mengajar Hae-e Matematika secara privat. 

Tiba di kediaman Hae-e untuk mengajar, Chi Yeol terlihat terganggu dengan Haeng Seon yang sangat antusias. Haeng Seon memang sangat bersemangat, termasuk ketika mengirim sarapan untuk Chi Yeol keesokan harinya. 

Dia melakukan itu dengan suasana hati yang baik hingga pada malam harinya, Jae Woo, sang adik, dilaporkan ke polisi dan dimasukkan ke dalam sel karena dianggap menguntit seorang pelayan toko. Haeng Seon panik dan bersedih melihat Jae Woo berada di dalam sel. 

Kasih sayang Haeng Seon terhadap Jae Woo membuat Chi Yeol tampak tersentuh. Dia merasa tak tega melihat Haeng Seon mabuk sendirian sepulangnya dari kantor polisi.

Walau Jae Woo sudah bisa pulang, Haeng Seon tetap tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Dua orang itu mabuk bersama, tetapi Chi Yeol sampai tak sadarkan diri.

Pagi harinya dia panik karena mendapati dirinya tidur di rumah Haeng Seon. Saat buru-buru pulang, keduanya terpergok oleh Yeong Ju dan Ji Dong Hui.

Rahasia tentang privatMatematika yang dilakukan Chi Yeol pun terbongkar. Dong Hui keberatan, tetapi tak punya pilihan selain sebisa mungkin melindungi bosnya itu.

Terbongkarnya rahasia Chi Yeol oleh Dong Hui bukan satu-satunya yang mengejutkan karena setibanya di kantor, dia dikagetkan oleh unggahan seseorang.

Dalam unggahan tersebut dikatakan bahwa sepuluh tahun lalu Chi Yeol terlibat dalam kematian seorang siswi bernama Su Hyeon, yang tewas bunuh diri karena depresi mengetahui dirinya mendapat bocoran soal dari sang ibu.

Chi Yeol dihantui penyesalan karena merasa bersalah telah menghubungkan beberapa pihak, sehingga Su Hyeon bisa mendapatkan bocoran soal tersebut.

Sementara itu, Su-a diam-diam mendapati soal latihan khusus kelas intensif di meja milik Hae-e. Untungnya Sun Jae segera datang dan mengaku kalau soal latihan itu sengaja dia pinjamkan.

Setelah kembali dari berkemah bersama sang ibu dan pamannya, juga Chi Yeol yang bertemu tidak sengaja di area camping, Hae-e mengajak Sun Jae bertemu.

Saat berdua, Sun Jae bercerita tentang kondisi kakaknya, Hui Jae, yang sebenarnya. Hae-e juga akhirnya bercerita tentang privatMatematika yang dia terima dari Chi Yeol. 

Sayangnya, rahasia Hae-e mungkin akan segera diketahui oleh Su-a dan ibunya yang secara tidak sengaja memergoki Chi Yeol berada di lingkungan kedai banchan Haeng Seon. Dari dalam mobil mereka melihat Chi Yeol berjalan ke arah rumah Haeng Seon.

Episode 7-8

crash course in romance_Episode 7-8_

Su-a dan ibunya, Jo Su Hui, gagal memergoki Chi Yeol karena Haeng Seon sudah lebih dulu melihat mereka dan meminta Guru Bintang itu pergi untuk sementara.

Les privatyang diberikan Chi Yeol kepada Nam Hae-e memang harus kucing-kucingan, tetapi hasilnya luar biasa. Hae-e menjadi juara di sekolah mengalahkan Su-a.

Untuk merayakannya, Haeng Seon mengajak Chi Yeol bersenang-senang. Mereka bermain olahraga dan tertawa bersama. Hal itu membuat Chi Yeol merasakan sesuatu terhadap Haeng Seon. Berulangkali coba mengalihkan, tetap gagal. Tangan Chi Yeol sampai terkilir karena tidak fokus. 

Chi Yeol berkonsultasi dengan psikiater karena perasaan yang menurutnya aneh tersebut. Dia lantas disarankan untuk bertemu orang lain agar perasaan berdebar terhadap Haeng Seon dapat hilang. Chi Yeol pun melakukan kencan buta dengan seorang pianis cantik bernama Hong Hye Yeon. 

Nyatanya perasaan itu belum sepenuhnya hilang, apalagi Haeng Seon mengajak Chi Yeol pergi ke alternatif untuk mengobati tangannya yang cedera. Pulang dari alternatif, Haeng Seon mengajak Chi Yeol makan di restoran yang pernah dikelola mendiang ibunya dulu. 

Haeng Seon banyak bercerita tentang mendiang sang ibu dan dari sana Chi Yeol akhirnya tahu bahwa Haeng Seon adalah putri dari wanita yang sudah sangat berjasa di hidupnya.

Perasaan bahagia Chi Yeol terganggu ketika dia memergoki Jin Yi Sang tengah berencana menyebarkan rumor bahwa dirinya menjadi guru privat untuk Hae-e. Beruntung Chi Yeol bisa tegas dan Yi Sang pun membatalkan rencananya.

Chi Yeol sendiri juga punya rencana, tetapi dalam kebaikan karena dia ingin balas budi terhadap mendiang ibu Haeng Seon. Chi Yeol pun membeli gedung tempat banchan Haeng Seon beroperasi, memotong biaya sewa serta membelikan pendingin ruangan berharga mahal.

Kebaikan Chi Yeol membuat Yeong Ju curiga. Dia berpikir kalau Chi Yeol punya perasaan khusus untuk sahabatnya itu, apalagi Chi Yeol juga memesan makanan dalam jumlah banyak untuk pekerja di kantor.

Namun, saat mereka mengantar makanan, secara mengejutkan Hong Hye Yeon juga datang membawa makanan. Situasi canggung terjadi antara mereka.

Situasi tidak menyenangkan juga tengah mengintai Nam Hae-e. Pasalnya, Su-a mencurigai bahwa kertas soal kelas intensif yang dia temukan di tas Hae-e, bukan punya Sun Jae.

Setelah melaporkan hal itu pada ibunya, Su Hui menyewa jasa detektif swasta untuk mengintai Chi Yeol. Beberapa foto Chi Yeol yang tengah berada di lingkungan rumah Haeng Seon pun berhasil didapatkan.

Malam itu, Chi Yeol yang sedang menonton recital piano Hye Yeon, segera pergi setelah mendapat telepon dari Hae-e dan panik karena mendengar Haeng Seon terluka.

Haeng Seon tampak tidak senang melihat kemunculan Chi Yeol karena dia tahu Guru Bintang itu mengikuti kencan buta dan seharusnya tidak datang ke rumah. 

Sebaliknya, Chi Yeol malah mencari cara untuk mendekati Haeng Seon hingga kemudian keduanya terpergok oleh ibu-ibu kelas intensif tepat di depan toko banchan.

Di tempat lain, Jin Yi Sang tak kalah panik melihat orang misterius mendatanginya dan membuatnya terkapar. Sebelum itu, Hui Jae, kakak Sun Jae, kedapatan memiliki bola besi yang selama ini dicurigai polisi.

Episode 9-10

crash course in romance_Episode 9-10_

Di hadapan ibu-ibu kelas intensif yang siap mengamuk, Chi Yeol mengaku kalau dia memang memberikan Hae-e les privat. Namun, Chi Yeol tidak menunjukkan rasa bersalah karena dia melakukannya tanpa bayaran.

Su Hui sebagai ibu Su-a merasa kesal hingga terus mengorek hubungan antara Chi Yeol dan Haeng Seon. Su Hui kemudian teringat kalau dirinya pernah melihat Haeng Seon di apartemen Chi Yeol. Dia kemudian mengecek CCTV di apartemen Chi Yeol dan menemukan Haeng Seon terekam di sana.

PIkiran Su Hui langsung tak terkendali. Dengan yakin dia menuliskan rumor di situs online Suaimdang kalau Haeng Seon menjual diri untuk mendapatkan les privat gratis dari Chi Yeol.

Rumor itu menyebar dengan cepat di lingkungan akademi, tapi Chi Yeol tidak terintimidasi dan tetap mengajar. Hal sebaliknya terjadi di sekolah Hae-e, karena remaja itu harus menghadapi omongan-omongan jelek dari teman-teman sekolahnya. Sun Jae dan Geon Hu sampai turun tangan membela Hae-e.

Akibat rumor tersebut pula warung banchan Haeng Seon sepi pembeli. Puncaknya seorang Youtuber menerobos masuk ke warung banchan untuk menyorot wajah Haeng Seon dan memperlihatkannya pada para subscriber.

Jae Woo yang ada di sana histeris dan terserang panik hingga harus dirawat di rumah sakit. Keadaan ini membuat Haeng Seon berpikir untuk mencari tempat les lain. Kebetulan dia menemukan flyer tentang acara talk show mengenai persiapan ujian ke universitas. Haeng Son tidak tahu jika Chi Yeol yang jadi pembicara.

Sesampainya di tempat acara, Haeng Seon baru mengetahuinya.  Dia berusaha tidak menonjol hingga seorang ibu peserta talk show terdengar mulai mengajukan pertanyaan soal skandal yang tengah menimpa Chi Yeol. Ibu lainnya menimpali dengan menjelek-jelekkan Haeng Seon.

Tak tahan mendengar perkataan buruk tentangnya, Haeng Seon meninggalkan ruangan. Saat itulah Chi Yeol melihatnya dan secara mengejutkan, Guru Bintang itu justru mengakui bahwa dirinya lah yang lebih dulu menyukai Haeng Seon.

Haeng Seon yang terkejut mengajak Chi Yeol bertemu untuk mendengarkan penjelasannya. Sekali lagi Chi Yeol mengakui kalau dirinya menyukai Haeng Seon. 

Situasi menjadi berbalik dan tidak terkendali untuk Chi Yeol. Akademik Pride mulai mencari guru pengganti dan Chi Yeol dipindahkan ke ruangan yang lebih kecil, sementara itu kedai Haeng Seon mulai ramai kembali.

Chi Yeol butuh waktu untuk sendiri guna menenangkan diri dari perasaan terlarang. Dia membuat Ji Dong Hui frustasi karena sulit dihubungi. 

Chi Yeol lalu menyimpulkan bahwa perasaannya hanya sebatas balas budi karena ibu Haeng Seon adalah penyelamatnya di masa lalu. Dia tidak akan menemui Haeng Seon lagi. Perkataannya membuat Haeng Seon sedih dan kehilangan.

Di tengah suasana menyedihkan itu, sesuatu yang mengerikan terjadi karena jasad Jin I Sang ditemukan. Polisi lalu melakukan penyelidikan ke Akademi Pride.

Berita ditemukannya jasad Jin I Sang belum terdengar secara luas. Chi Yeol pun diam-diam masih sibuk dengan rindunya pada Haeng Seon.

Malam itu dia sampai terpergok oleh Hae-e sedang melihat Haeng Seon dari kejauhan. Esoknya Youtuber yang menerobos masuk kedai banchan Haeng Seon mendatangi Chi Yeol terkait pernyataannya beberapa waktu lalu.

Chi Yeol diserang dengan klaim sepihak tentang dirinya yang mencintai istri orang lain. Tak tahan melihat bibinya dan gurunya diterpa rumor tak sedap, Hae-e mengatakan fakta bahwa Haeng Seon bukan ibunya, melainkan bibinya dan dia masih melajang.

Episode 11-12

CCIR_Episode 11-12_

Setelah mendengar pengakuan Hae-e mengenai status Haeng Seon yang sebenarnya, Chi Yeol tidak buang waktu untuk menemui wanita yang dia cintai itu. Begitu pula Haeng Seon yang bergegas mencari Chi Yeol setelah mengetahui pengakuan Hae-e. 

Pasca pengakuan Hae-e tersebut, situasi seketika berubah. Chi Yeol tidak lagi mendapat cap sebagai penyuka istri orang. Akademi Pride yang mendepak dia pun memintanya kembali bergabung. Saat mendapat tawaran itulah Chi Yeol baru mendengar kabar kalau Jin I Sang meninggal karena dibunuh.

Chi Yeol belum membuat keputusan untuk kembali ke Akademi Pride. Selain itu, dia juga sedang mempertimbangkan tawaran dari akademi lain.

Namun, dengan segala pertimbangan dan tukar pikiran dengan Haeng Seon, Chi Yeol mantap kembali ke Akademi Pride. Keputusannya yang sepihak dan mendadak hingga mengecewakan akademi lain, membuat Ji Dong Hui kesal. 

Kekesalan Dong Hui bertambah ketika dia tahu kalau Haeng Seon ada di balik keputusan Chi Yeol. Sikap asisten kepercayaan Chi Yeol terhadap Haeng Seon itu pun mulai berubah. Saat berkumpul dengan Haeng Seon dan yang lain, Dong Hui mengabaikan wanita tersebut dengan sengaja.

Sikap Dong Hui membuat Haeng Seon bertanya-tanya, tetapi Chi Yeol coba menengahi yang malah membuat wanita tersebut tersinggung.

Saat keduanya bertengkar, mobil mereka hampir menabrak Hui Jae, kakak Sun Jae yang lari setelah dua polisi datang ke rumahnya. Hui Jae langsung ditangkap polisi saat itu juga atas dugaan pembunuhan Jin I Sang.

Berita penangkapan Hui Jae langsung membuat heboh banyak orang, terutama karena selama ini, ibu mereka atau Pengacara Jang Seo Jin, mengatakan kalau anak sulungnya pergi belajar ke Amerika. Melihat sang kakak ditangkap di depan mata, Sun Jae shock sampai tidak masuk sekolah. 

Setelah sebelumnya kaget karena melihat Geon Hu menyatakan cinta pada Hae-e di depan kelas, Sun Jae harus mengalami kejutan lain yang lebih berat.

Untungnya Hae-e adalah sahabat yang bisa diandalkan. Gadis yang mendapat banyak simpati dari teman-temannya setelah mengungkapkan kisahnya itu dapat menjadi tempat sandaran bagi Sun Jae.

Bolosnya Sun Jae karena memikirkan kakaknya, membuat sang ibu, Jang Seo Jin, geram. Dia lantas meminta bantuan seorang guru untuk mendapatkan materi yang akan keluar saat UTS. Sun Jae tidak tahu kalau itu adalah bocoran, sehingga dia memberikannya pada Hae-e sebagai materi untuk belajar semata.

Kesalahpahaman antara Chi Yeol dan Haeng Seon masih berlanjut sampai-sampai keduanya tidak saling bertukar kabar. Chi Yeol sibuk dengan kegiatannya di akademi, begitu pula Dong Hui sebagai asistennya. Anehnya, begitu mereka hendak pulang, seorang pria mengenali Dong Hui sebagai Jeong Seong Hyeon. 

Jeong Seong Hyeon adalah adik dari siswi Chi Yeol yang meninggal bunuh diri beberapa tahun lalu, yang hilang tanpa kejelasan. Dong Hui mengelak dan meyakinkan pria tersebut bahwa dia salah orang.

Saat Dong Hui berusaha mengelak, Chi Yeol berusaha memperbaiki kesalahpahaman dengan Haeng Seon dengan menemaninya berbelanja.

Setelah semalam menunggu pesan yang tidak berbalas, Haeng Seon lega karena Chi Yeol mendatanginya. Dari sana Haeng Seon tahu kalau pesan yang dia kirimkan tidak sampai ke Chi Yeol.

Mereka tidak akan menyangka jika Dong Hui diam-diam sudah menghapus pesan itu lebih dulu. Tindakan jahat Dong Hui pada Haeng Seon berlanjut ketika ketiganya menaiki kapal untuk melihat laut.

Dong Hui yang mengemudikan kapal, dengan sengaja membanting setir hingga kapal sempat oleng dan Haeng Seon terjatuh dan membuat tangannya terluka. Perbuatan Dong Hui diam-diam disadari Haeng Seon, tetapi dia tak mau hubungannya dengan Chi Yeol kembali salah paham karena hal itu.

Di sekolah saat ujian tiba, Hae-e dan Sun Jae sama-sama terkejut melihat soal yang dibagikan. Pasalnya soal itu mirip dengan materi yang mereka pelajari sebelumnya.

Keterkejutan lain terjadi di pengadilan ketika Hui Jae akhirnya buka suara. Kakak Sun Jae itu mengaku dirinya bukan pembunuh, melainkan saksi.

Episode 13-14

CCIR_Episode 13-14_

Hui Jae memberikan kesaksian di pengadilan bahwa dia melihat peristiwa pembunuhan Jin I Sang. Sayang dia tidak melihat jelas wajah si pelaku karena menggunakan topi.

Atas kesaksiannya, Hui Jae dibebaskan dan polisi mulai melakukan penyelidikan ulang. Di rumah, Hui Jae mendapati Sun Jae berada dalam keadaan kacau karena merasa dibohongi oleh sang ibu.

Sun Jae merasa bersalah karena mendapatkan bocoran soal lebih dulu. Akibat hal itu, dia juga menghindar dari Hae-e. Rasa bersalahnya semakin jadi ketika Sun Jae mendapatkan peringkat pertama.

Berbeda dengan Hae-e yang memilih untuk mengosongkan lembar jawabannya. Sikap Hae-e sampai membuat gurunya, Jeon Jong Ryeol, kebingungan.

Haeng Seon sendiri tak tahu kalau Hae-e sedang mengalami kesulitan. Dia sibuk dengan urusannya sendiri, termasuk mengantar pesanan pada pembeli dan Chi Yeol.

Begitu sampai di akademi untuk mengantarkan makanan, Haeng Seon menitipkannya pada Ji Dong Hui. Namun, saat dia kembali untuk menyerahkan tisu yang ketinggalan, Haeng Seon melihat jelas Dong Hui membuang makanannya. 

Keduanya sempat bersitegang hingga Chi Yeol datang memisahkan. Dong Hui tetap menyangkal semua perkataan Haeng Seon dan tidak merasa bersalah.

Perasaan bersalah justru masih terus menghantui Sun Jae sampai-sampai dia menolak ketika Hae-e mengajaknya bertemu untuk membicarakan masalah mereka. 

Jang Seo Jin mengetahui kalau putranya membagikan soal latihan pada Hae-e. Seo Jin pun mengajak Hae-e bertemu guna meminta gadis tersebut tutup mulut, tetapi ditolak. Hae-e tetap bertekad akan melaporkan kebocoran soal itu pada guru.

Selesai bicara dengan Seo Jin, Hae-e segera pulang. Tetapi sampai tengah malam, Hae-e tak kunjung sampai rumah.

Haeng Seon mulai panik, untungnya ada Chi Yeol yang menemani. Sampai pagi harinya, keberadaan Hae-e belum diketahui dan gadis itu dinyatakan hilang oleh kepolisian.

Polisi yang sempat melacak aktivitas pada ponsel Hae-e mengabarkan kalau nomor terakhir yang dihubungi gadis itu adalah nomor Seo Jin. 

Rupanya, sepulang dari bertemu Seo Jin, Hae-e memergoki Dong Hui hendak menembakkan bola logam ke arah Haeng Seon.

Dong Hui yang sadar tindakannya diketahui langsung mengejar gadis itu dan menyekapnya. Dengan susah payah, Hae-e bisa melepaskan ikatan di tangannya menggunakan ballpoint milik Dong Hui. 

Gadis itu berlari karena Dong Hui terus mengejarnya hingga akhirnya tertabrak mobil. Dong Hui yang memegang ponsel Hae-e meninggalkan pesan seolah-olah Hae-e berusaha bunuh diri. Ponsel itu yang kemudian ditemukan polisi sehingga mereka menyimpulkan hal serupa. 

Berita kecelakaan Hae-e mengguncang Haeng Seon, apalagi dia mendengar dari polisi kalau kecelakaan itu murni kasus bunuh diri. Suasana hati Haeng Seon yang sudah tak menentu karena mendengar penjelasan dokter yang memprihatinkan tentang kondisi Hae-e, jadi semakin kacau.

Sun Jae yang mengetahui info itu merasa semakin bersalah dan bingung karena mengira keputusan Hae-e untuk bunuh diri adalah sebab dirinya.

Chi Yeol yang menemani Haeng Seon tak kalah bingung karena Camp Matematika yang ingin dia undur, ternyata tidak disampaikan Dong Hui pada pihak akademi. Dia kecewa lantas memecat Dong Hui setelah pemuda itu mengatakan hal buruk tentang Haeng Seon dan Hae-e.

Tak lama berselang, Chi Yeol dipanggil polisi untuk diperiksa. Chi Yeol terkejut ketika mengetahui semua kematian yang terjadi karena bola logam rupanya terkait dengan dirinya. Dia juga mendapat info kalau salah satu ciri pelaku adalah memiliki kapalan di jari telunjuknya.

Kembali ke rumah dengan perasaan dan pikiran yang campur aduk, Chi Yeol menemukan buku catatan Dong Hui bertuliskan ballpoint dengan tinta yang sama seperti warna ballpoint di tangan Hae-e. Chi Yeol yang mulai curiga terhadap asistennya, menerima pemuda itu kembali setelah dia meminta maaf. 

Saat menjabat tangan Dong Hui, Chi Yeol merasakan ada kapalan di telunjuknya. Ji Dong Hui ternyata benar-benar adik kandung Su Yeon, siswi Chi Yeol yang meninggal bunuh diri beberapa tahun lalu.

Setelah lepas dari tuduhan membunuh ibu kandungnya, dia “menghilang” dan mengganti identitasnya lalu bertekad menjaga Chil Yeol sampai-sampai terobsesi.

Episode 15-16

review crash course in romance_Episode 15-16_

Kasus kebocoran soal telah menghukum ibu Sun Jae yang kemudian mendapat pendampingan dari suaminya. Sun Jae sendiri memutuskan untuk keluar dari sekolah dan memilih mengejar Paket C.

Keputusan berani Sun Jae dimiliki pula oleh Chi Yeol ketika dia menerima Dong Hui bekerja kembali. Namun, hal itu ternyata bagian dari rencananya sebab diam-diam Chi Yeol mendiami kediaman Dong Hui.

Dong Hui yang hari itu bersiap menggantikan Chi Yeol pergi rapat, mendadak membatalkan rencananya karena mendengar kabar kalau Hae-e siuman. Chi Yeol belum mendengar kabar itu karena dia berada di kediaman Dong Hui dan mendapati banyak hal yang membuatnya terkejut.

Chi Yeol tahu kalau dia adalah adik lelaki Su Hyeon. Dia sangat kaget mengetahui kalau Dong Hui yang selama ini dikenalnya ternyata punya obsesi untuk melindunginya.

Dong Hui tak tahu kalau identitas aslinya sudah terbongkar karena sibuk memikirkan cara melenyapkan Hae-e. Beruntung sebelum itu terjadi, Haeng Seon datang memergokinya.

Dua orang itu terlibat perkelahian sebelum Chi Yeol juga datang menendang Dong Hui yang langsung segera kabur ke arah atap gedung rumah sakit.

Dong Hui yang merasa tak punya alasan lagi untuk hidup memutuskan bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari ketinggian gedung. Peristiwa itu membuat Chil Yeol shock, tapi berkat bantuan Haeng Seon, dia bisa segera pulih dan menerima keadaan.

Kondisi Hae-e sendiri sudah membaik sehingga dia bisa pulang. Namun, suasana hatinya tidak sebaik itu karena ibu kandungnya mencoba menguras uang Chi Yeol. Hae-e benar-benar malu pada Haeng Seon sehingga memutuskan untuk ikut sang ibu pulang ke Jepang.

Keputusan Hae-e membuat Haeng Seon dan Jae Woo bersedih. Sebagai sosok yang merawat Hae-e sejak kecil, Haeng Seon paham semua hal detail kebutuhan keponakannya itu. Semua sudah Haeng Seon siapkan tetapi Hae-e tidak mau menerimanya dan membuat suasana antara mereka sangat emosional. 

Melihat hubungan Haeng Seon dan Hae-e berubah kacau, Haeng Ja atau ibu kandung Hae-e menyadari bahwa mereka berdua tak bisa dipisahkan. Walau dia yang melahirkan, Haeng Seon lebih mengenai Hae-e. Haeng Ja pun memutuskan pergi ke Jepang seorang diri setelah mengambil beberapa lembar foto Hae-e.

Ketika keadaan mulai membaik, Haeng Seon dan Chi Yeol kembali diterpa rumor tidak sedap karena sebuah foto. Chi Yeol dirumorkan putus dan menjalin hubungan dengan gadis lain yang pernah jadi teman kencan butanya dulu.

Alih-alih marah, secara terpisah kedua orang itu menyiapkan sebuah cincin. Baik Haeng Seon atau Chi Yeol saling melamar satu sama lain. Namun, keduanya sepakat untuk menunggu sampai Hae-e diterima masuk di universitas dan Haeng Seon lulus ujian pelatih olahraga.

Chi Yeol harus menunggu Haeng Seon gagal ujian berkali-kali hingga akhirnya lulus juga. Hae-e sendiri tak kesulitan diterima sebagai mahasiswa. Perlahan, hati Hae-e terbuka untuk Sun Jae dan keduanya berpacaran.

Kebahagiaan terjadi pula pada Yeong Ju dan Jae Woo yang sepakat berkencan dan menikah. Su-a sendiri sadar dengan kesalahannya, begitu pula sang ibu yang mendapat ganjaran berupa perselingkuhan suaminya. Haeng Seon tampak memaafkan semua perbuatan wanita itu dan menjalani hidup bahagia bersama Chi Yeol.

Dimainkan Aktor Berpengalaman

Crash Course in Romance_Ep 1-2_Dimainkan Aktor Berpengalaman_

Pairing tidak terduga antara Jeon Do Yeon dan Jung Kyung Ho dalam drama bergenre romance comedy, slice of life ini sudah ditunggu-tunggu para penggemarnya.

Penonton yang tahu kualitas dan jam terbang mereka pasti sudah sangat antusias menantikan aksi keduanya sebagai pemeran utama drama Crash Course in Romance. Benar saja, pada dua episode perdana drama ini penampilan mereka sudah sangat menjanjikan.

Jeon Do Yeon luwes berperan sebagai Nam Haeng Seon: wanita mandiri, berhati dan bermental baja. Begitu pula Jung Kyung Ho, sebagai seorang jenius Matematika yang mengalami gangguan makan akibat stress, perawakan kurus sang aktor sangat mendukung. 

Jung Kyung Ho juga luwes menyampaikan emosi yang meledak-ledak tetapi komedi seperti karakternya di drama Hospital Playlist (2021).

Aktor pendukung lain dalam drama ini tak kalah menjanjikan dan berpengalaman. Wajah-wajah mereka pasti familiar dengan penonton drama, seperti Lee Bong Ryun, Kim Sun Young, Jang Young Nam dan Hwang Bo Ra.

Cerita Hangat dan Karakter-Karakter Loveable

Crash Course in Romance_Ep 1-2_Cerita Hangat dan Karakter-karakter Loveable_

Penceritaan dua episode drama Crash Course in Romance, langsung mencuri hati karena latar belakang karakter utama disampaikan dengan rapi, baik dan hangat. Tanpa diulur-ulur kita bisa mengetahui kalau Nam Haeng Seon dan Choi Chi Yeol sudah terhubung sejak dulu dengan backstory yang mengharukan. 

Mereka sama-sama kehilangan orang yang paling disayangi di hari yang hampir berdekatan. Lebih mengharukan karena tanpa disadari mereka terhubung oleh resep masakan milik mendiang ibu Haeng Seon.

Di episode dua pula dijamin kamu akan sangat mengagumi karakter Haeng Seon yang luar biasa. Dia rela melepas kariernya sebagai atlet dan mengurus keponakan serta adiknya yang membutuhkan.

Karakter-karakter utama drama Crash Course in Romance sejauh ini sangat loveable dan cerita yang disuguhkan pun hangat. Terutama ketika mengikuti kisah hidup Nam Haeng Seon yang sejak muda mengabdikan dirinya untuk Hae-e dan Jae Woo, sampai-sampai tidak punya waktu untuk berkencan atau memikirkan kebahagiaan diri sendiri.

Selain itu, dua episode perdana drama ini juga suguhkan ketegangan dan misteriyang cukup bikin penasaran dan khawatir.

Scene siswi penguntit seperti “ditembak” peluru besi lalu jatuh tersungkur dan scene ketika peluru besi itu menghancurkan kaca banchan Haeng Seon memberi sedikit bumbu thriller yang intriguing. Salah satu faktor yang bikin penasaran untuk menantikan episode selanjutnya!

Haeng Seon Tahu Identitas Chi Yeol

Review Crash Course in Romance_Ep 3-4_Haeng Seon Tahu Identitas Chi Yeol_

Hubungan Haeng Seon dan Chi Yeol memasuki babak baru di episode tiga dan empat karena akhirnya Haeng Seon tahu bahwa lelaki yang tidak disukainya itu adalah Guru Bintang yang sangat dikagumi Hae-e.

Setelah drama-drama pertengkaran yang kocak, kecanggungan mulai terlihat di antara keduanya, terutama Haeng Seon yang merasa bersalah. Situasi yang awkward antara mereka tetap terasa lucu dan mulai ada manis-manisnya.

Perubahan hubungan antara mereka tidak mengurangi keseruan dari interaksi Haeng Seon dan Chi Yeol yang sejak awal seperti kucing dan anjing. Kamu bisa tetap tersenyum melihat tingkah konyol Chi Yeol dan Haeng Seon yang berusaha akrab setelah salah paham sebelumnya.

Nuansa Thriller Semakin Terasa

Review Crash Course in Romance_Ep 3-4_Nuansa Thriller Semakin Terasa_

Alur Crash Course in Romance yang menyenangkan, sedikit dapat sentuhan thriller di dua episode ini. Teror peluru atau bola besi yang sudah muncul di episode lalu, muncul lagi dan kali ini semakin intens. Nuansa thriller terasa lebih kuat dari sebelumnya karena sosok orang misterius mulai dimunculkan walaupun masih samar.

Lebih menegangkannya lagi kamu juga akan mendapati alur cerita mendadak berubah mengerikan karena insiden jatuhnya seorang siswa dari atas gedung. Scene itu sangat kontras dengan kehangatan yang dimiliki Haeng Seon dan Chi Yeol yang menyesal terhadap Hae-e di menit berikutnya. 

Meski begitu, rasa penasaran justru semakin besar; siapa sebenarnya sosok misterius yang meneror dengan bola besi itu?

Masa Lalu Chi Yeol Diceritakan

Review Crash Course in Romance_Episode 5-6_Masa Lalu Chi Yeol Diceritakan_

Dari episode awal, karakter Chi Yeol digambarkan sebagai Guru Bintang yang punya trauma di masa lalu sehingga memengaruhi mentalnya sampai-sampai membuat dia sulit makan.

Petunjuknya sendiri hanya disampaikan melalui potongan-potongan scene yang kurang begitu jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui kelengkapan ceritanya.

Nah! Pada dua episode ini, pengalaman traumatis Chi Yeol di masa lalu akhirnya diceritakan secara utuh. Kamu akan mengetahui rasa bersalah seperti apa yang menghantuinya sehingga dia melalui hari-hari dengan kesulitan.

Hal yang kemudian bikin penasaran adalah keberadaan adik Su Hyeon yang belum diketahui. Apakah dia pemilik bola-bola besi yang meneror dari episode awal?

Chi Yeol Mulai Naksir Haeng Seon?

crash course in romance_Episode 7-8_Chi Yeol Mulai Naksir Haeng Seon_

Dari perut masuk ke hati memang berlaku untuk kisah cinta Chi Yeol dan Haeng Seon dalam drama ini. Berawal dari pelanggan yang merasa terselamatkan oleh masakan Haeng Seon, di episode 7 dan 8 Chi Yeol mulai memperlihatkan tanda-tanda jatuh cinta.

Kamu akan melihat Guru Bintang berusaha menyangkal perasaannya karena yang dia tahu Haeng Seon sudah bersuami.

Tingkah Chi Yeol yang canggung jadi hiburan yang bisa kamu dapatkan di dua episode Crash Course in Romance kali ini. Belum lagi Haeng Seon yang sedikit banyak memperlihatkan kecemburuannya karena mengetahui Chi Yeol melakukan kencan buta. 

Di episode 8, Chi Yeol akhirnya tahu bahwa Haeng Seon adalah putri dari wanita yang sangat berjasa di hidupnya. Dia tidak bingung lagi mengapa hanya masakan Haeng Seon yang bisa dia makan. Ingatanya tentang kebaikan ibu Haeng Seon, membuat sikapnya bertambah hangat terhadap keluarga Haeng Seon. 

Guru Bintang yang dingin itu mulai memperlihatkan kehangatannya walau dengan canggung dan ragu-ragu. Perkembangan karakter Chi Yeol dan hubungannya dengan Haeng Seon semakin menarik diikuti.

Chi Yeol Akui Perasaannya pada Haeng Seon

crash course in romance_Episode 9-10_Chi Yeol Akui Perasaannya pada Haeng Seon_

Pada episode tujuh dan delapan, perasaan dan sikap Choi Chi Yeol terhadap Haeng Seon terlihat tidak menentu. Tanda-tanda bahwa dia mulai jatuh cinta sudah jelas diperlihatkan, tetapi dia masih menyangkal. Di episode ini, episode 9-10, Chi Yeol mengakui perasaannya terhadap Haeng Seon secara jelas. 

Cerita Crash Course in Romance semakin seru karena kehidupan Chi Yeol dan Haeng Seon yang tenang mulai diganggu rumor tak sedap.

Warung banchan Haeng Seon sempat sepi pembeli dan Chi Yeol melepaskan pekerjaannya di akademi akibat rumor itu. Perasaan romantis yang dikembangkan Chi Yeol terhadap Haeng Seon jadi lebih dramatis karena keadaan tidak mendukung mereka.

Kebimbangan Chi Yeol karena mencintai wanita bersuami ditambah rumor yang menyerang keduanya, tiba-tiba mengubah drama segar ini menjadi lebih berat. Belum lagi scene ketika jasad Jin I Sang ditemukan di sungai dan sosok pembunuh yang masih misterius.

Babak Baru Hubungan Chi Yeol dan Haeng Seon

CCIR_Episode 11-12_Babak Baru Hubungan Chi Yeol dan Haeng Seon_

Pada episode 11-12, tidak ada lagi drama salah paham dan kegalauan Chi Yeol karena mengira dirinya tengah mencintai wanita bersuami.

Semua berkat pengakuan Hae-e dan sikap dewasanya yang membanggakan, yang bisa rela mengakui kalau dia bukan anak kandung Haeng Seon, melainkan keponakannya.

Kegalauan Chi Yeol dan Haeng Seon berubah menjadi kecanggungan karena keduanya tak punya alasan untuk menutupi perasaan masing-masing.

Untuk pertama kalinya dalam hidup Haeng Seon, ada seorang pria yang membuatnya menangis dan bahagia secara bergantian. Babak baru hubungan keduanya pun dimulai dari sini. Oleh karena itu, siap-siap saja mendapatkan asupan yang manis dari dua orang yang tengah kasmaran, ya!

Chi Yeol yang biasanya dingin lalu berubah jadi hangat, dijamin bikin kamu ikutan melting. Sikap Haeng Seon yang malu-malu tapi jelas terlihat sangat bahagia, jadi hiburan tersendiri. Melihat dua orang dewasa yang canggung tapi menikmati rasanya jatuh cinta, membuatmu ikut bahagia.

Sikap Ji Dong Hui yang Mulai Mencurigakan

CCIR_Episode 11-12_Sikap Ji Dong Hui yang Mulai Mencurigakan_

Sayangnya, di episode 11 dan 12 pula sikap Ji Dong Hui atau asisten pribadi Choi Chi Yeol justru mulai terlihat aneh. Pemuda yang ramah itu diam-diam dan secara mencurigakan memperlihatkan sikap tidak bersahabat terhadap Haeng Seon, bahkan cenderung berniat mencelakainya. 

Latar belakang Ji Dong Hui sejauh ini memang belum diceritakan, tetapi tampaknya dia punya rahasia kelam terkait masa lalu Choi Chi Yeol. Di bagian akhir episode 12, sedikit diperlihatkan kalau Dong Hui tampak mengincar Haeng Seon dengan ketapelnya.

Wajah Asli Ji Dong Hui

CCIR_Episode 13-14_Wajah Asli Ji Dong Hui_

Menjelang berakhir, Crash Course in Romance memasuki fase baru ke arah yang lebih “gelap”. Plot yang manis-manis berganti dengan ketegangan karena karakter Ji Dong Hui mulai menunjukkan wajah aslinya di episode 13 dan 14.

Demi membangun atmosfer yang mendukung, masa lalu Ji Dong Hui ketika masih menjadi Jeong Seong Hyeon pun ditampilkan. Kamu diajak melihat backstory seorang Ji Dong Hui yang gelap dan traumatis. Sosok Dong Hui yang dari episode awal terkesan ramah dan lembut ternyata terbentuk oleh traumatis yang mendalam.

Bagian dalam dari diri Dong Hui jauh dari ramah dan lembut, seperti yang dia perlihatkan di luar. Dia seseorang yang mengerikan karena membenarkan obsesinya sendiri terhadap Chi Yeol. Pada dua episode ini, karakternya menjadi sangat menyeramkan dan berbahaya.

Kamu akan marah dan kesal melihatnya berpura-pura lembut di depan Chi Yeol, tetapi sangat kasar terhadap Haeng Seon dan Hae-e. Tidak ada lagi sosok Ji Dong Hui yang menyenangkan dan bisa diandalkan. Dia berubah jadi sebuah ancaman.

Kematian Dong Hui yang Mengejutkan

review crash course in romance_Episode 15-16_Kematian Dong Hui yang Mengejutkan_

Dua episode terakhir Crash Course in Romance memperlihatkan nasib asisten Chi Yeol yang berakhir tragis. Dimulai dari scene ketika Chi Yeol akhirnya tahu identitas Dong Hui yang asli, hubungan mereka yang semula dekat seketika terasa asing.

Tatapan iba dan rasa tidak percaya terlihat di mata Chi Yeol ketika dia berhadapan dengan Dong Hui yang memilih untuk bunuh diri.

Romantisasi terhadap karakter Dong Hui sedikit ditampilkan melalui scene flashback ketika kakak perempuannya yang sekaligus murid Chi Yeol masih hidup.

Namun, tetap saja kematiannya terlalu tiba-tiba walau plot tersebut rasanya paling tepat. Banyak di antara penonton yang merasa kecewa karena Dong Hui harusnya mendapat hukuman lebih dulu.

Namun, mengingat latar belakang Dong Hui yang trauma, putus asa dan hanya mengutamakan Chi Yeol, pilihannya untuk bunuh diri adalah sesuatu yang paling mungkin dilakukannya.

Setelah Chi Yeol tahu identitas dia yang asli, apalagi sangat kecewa dengan tindakannya, sulit bagi Dong Hui untuk terus hidup. 

Akhir Bahagia untuk Semua

review crash course in romance_Akhir Bahagia untuk Semua_

Setelah kematian Dong Hui yang terkesan mendadak, alur sempat terasa muram ketika Chi Yeol menenggelamkan diri pada situasi yang traumatis.

Emosi kemudian disusul dengan penyelesaian konflik Hae-e, ibunya dan Haeng Seon. Ini karena Hae-e mulai bereaksi terhadap ibu kandungnya setelah cukup banyak diam sejak Haeng Ja datang. 

Di bagian itu, penceritaan mengenai kedekatan antara Hae-e dan Haeng Seon sebagai ibu dan anak walau sebenarnya bukan, sangat menyentuh dari sebelumnya.

Kisah mereka menggambarkan bahwa ikatan yang kuat antara dua orang bukan hanya darah, melainkan ketulusan dan keberanian untuk saling melindungi. 

Akhir drama Crash Course in Romance sangat manis untuk semua karakternya. Mereka yang menyebalkan dan sukses memancing amarah pun, diganjar dengan teguran dan mendapat kebahagiaan yang pantas.

Su-a dan ibunya serta ibu Sun Jae yang sejak awal benar-benar menyebalkan, bahagia sesuai porsinya. Semua berakhir menyenangkan!


cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram