logo web

Sinopsis & Review Dear. M, Drama Romansa Anak Kuliahan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Dear. M
3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Persahabatan antara pria dan wanita kerap dianggap mitos karena tak mungkin terjadi. Terbiasa saling mengandalkan dan membantu, mustahil jika tidak tumbuh cinta antara keduanya. Kegalauan ini yang sedang menghampiri Joo Ah dan Min Ho.

Mereka sudah bersahabat sejak 12 tahun lalu, tapi perasaan itu muncul ketika mereka mulai berkuliah dan perhatian salah satunya teralihkan pada orang lain.

Kegalauan juga terjadi pada Ji Min dan Ha Neul. Pasangan populer di kampus ini harus putus karena trik teman lama Ji Min yang ingin menghancurkan hubungan mereka.

Kisah Joo Ah dan Min Ho atau Ji Min dan Ha Neul, serta satu lagi pasangan menggemaskan bisa kamu nikmati dalam drama Dear. M (2022). Seperti apa ulasan dan sinopsis singkatnya?

Baca juga: 10 Drama Korea Tentang Remaja yang Menarik untuk Ditonton

Sinopsis

Sinopsis

Ma Joo Ah (Park Hye Su) bertemu seorang pemuda tampan yang berkesan untuknya di bus saat berangkat menuju kampus.

Ternyata pemuda tersebut adalah Moon Joon (Lee Jung Shik), senior dari sahabatnya, Cha Min Ho (Jeong Jae Hyun). Joo Ah dan Min Ho bersahabat dari kecil. Keduanya tak canggung satu sama lain.

Mengetahui Moon Joon adalah senior Min Ho, Joo Ah meminta dicomblangkan. Dia sengaja membuat seratus pertanyaan untuk Moon agar lebih mengetahui kepribadiannya. Dari jawaban-jawaban itu Joo Ah berusaha mendekati pemuda tersebut.

Moon Joon sendiri menyambut Joo Ah dengan terbuka. Dia menyukai sifat ceria gadis itu. Bagi Joo Ah, Moon Joon adalah cinta pertamanya selama 21 tahun.

Selama berkuliah, Joo Ah tinggal di asrama dengan dua gadis lain yang sama-sama mengambil jurusan yang sama, yaitu Administrasi Bisnis.

Mereka adalah Seo Ji Min (Roh Jeong Eui) dan Hwangbo Young (Woo Da Vi). Seo Ji Min gadis berusia 22 tahun yang populer di universitas. Bersama pasangannya, Park Ha Neul (Bae Hyun Sung), mereka jadi couple bintang di kampus.

Hwangbo Young sendiri berusia 24 tahun dan baru mulai berkuliah. Young menderita diabetes dan setiap hari membutuhkan suntikan insulin.

Ketiganya tidak butuh waktu lama untuk akrab dan dekat. Mereka sama-sama dihebohkan dengan postingan romantis tentang cinta pertama di situs universitas mereka. Postingan tersebut dikenal juga dengan sebutan Maple Latte.

Hari-hari kuliah Joo Ah menjadi lebih menyenangkan karena Moon Joon terlihat tertarik dengannya. Namun, bagi Joo Ah tampaknya Min Ho masih lebih penting.

Ketika dirinya dan Moon Joon akan menghadiri pameran foto, Joo Ah rela membatalkannya demi menemani Min Ho yang trauma terhadap hujan.

Sebagai sahabat Joo Ah merasa hanya bisa melakukan itu untuk menenangkan Min Ho. Dia tidak tahu betapa hal tersebut sangat berkesan bagi Min Ho.

Sejak kejadian itu Min Ho kesulitan menyembunyikan perasaannya, tapi dia tetap berusaha bersikap biasa saja. Lain Joo Ah, lain pula Ji Min. Hubungannya dengan Ha Neul berjalan lancar. Mereka serasi dan terlihat tak pernah bertengkar.

Namun, tanpa Ji Min sadari, teman SMA yang baru pulang dari pertukaran pelajar, Choi Ro Sa (Hwang Bo Reum Byeol), mengincar Ha Neul.

Sejak SMA, Ro Sa sebenarnya merasa iri terhadap Ji Min, terutama karena lelaki idamannya, ternyata jatuh cinta pada gadis tersebut.

Kedengkian Ro Sa berlanjut karena di kampus dia kalah populer dibanding Ji Min. Sebagai asisten pelatih tim pemandu sorak pun, dia tetap kalah bersinar dibanding Ji Min.

Ro Sa diam-diam sampai membuang seragam milik Ji Min. Kebencian Ro Sa semakin menjadi karena Ha Neul terlihat sangat mencintai Ji Min. Dia berusaha melakukan banyak cara agar bisa mendekati kekasih temannya itu.

Ji Min sendiri selalu berpikir positif terhadap Ro Sa. Secara kebetulan Ro Sa dan Ha Neul sama-sama kuliah di jurusan Teknik Komputer.

Dia tak pernah menaruh curiga sedikit pun sampai selalu mengajak Ro Sa setiap kali bertemu Ha Neul. Ketika Ji Min merasa ada yang ganjil dengan sikap Ro Sa, dia berusaha menepisnya.

Seperti ketika Ro Sa memberikan gantungan kunci pasangan untuk Ji Min dan Ha Neul atau ketika Ro Sa diam-diam memotret Ha Neul untuk klub fotografi. Sikap Ro Sa yang ganjil terhadap Ha Neul justru lebih dicurigai oleh Joo Ah dan Young.

Hingga suatu hari Ji Min mengajak Ro Sa bermain di sebuah wahana hantu bersama Ha Neul dan Gil Mok Jin (Lee Jin Hyuk). Dari foto yang diambil oleh wahana tersebut, terlihat Ro Sa memeluk Ha Neul.

Sejak itu, perasaannya mulai tidak enak. Lebih-lebih ketika Ji Min mengetahui kalau kontak Ha Neul di ponsel Ro Sa disimpan menggunakan nama Maneul, yaitu panggilan yang dia buat untuk kekasihnya.

Tak lama, teman-teman satu klub cheerleaders-nya heboh dengan postingan Maple Latte yang memberi judul tulisannya dengan nama Dear. M. Lantas, apakah ‘M’ yang dimaksud adalah Ha Neul?

Dinamika Romansa di Bangku Kuliah

Dinamika Romansa di Bangku Kuliah

Setelah sempat ditunda penayangannya karena tuduhan bullying yang dialamatkan pada Park Hye Su, Dear. M (2022) akhirnya bisa dinikmati.

Dikemas dalam 12 episode dengan durasi sekitar satu jam setiap episodenya, drama ini mengajakmu mengenang kisah cinta di bangku kuliah.

Setidaknya ada tiga kisah cinta yang disajikan, mulai dari kisah cinta pertama, cinta pada sahabat sendiri dan cinta yang diuji oleh kehadiran orang ketiga. Masing-masing memiliki konflik berbeda, tetapi disajikan secara linear dalam plot yang dikemas cukup rapi.

Tiga cerita cinta dalam drama ini tidak overlapping antara satu dan lainnya, sehingga kamu bisa menikmatinya tanpa kebingungan dan terasa terburu-buru.

Setiap konflik khas percintaan mahasiswa atau anak kuliahan yang disuguhkan tidak saling berhubungan, tetapi berdampingan melalui setiap karakternya yang diceritakan bersahabat.

Mereka adalah Joo Ah, Ji Min, dan Young yang masing-masing terlibat konflik asmara dengan Min Ho, Ha Neul dan Mok Jin.

Keenam muda-mudi tersebut bertemu sebagai mahasiswa yang berkuliah di kampus yang sama. Mereka melalui banyak hal bersama sebelum yakin dengan perasaannya.

Cerita Super Cheesy, Ringan dan Klise

Cerita Super Cheesy, Ringan dan Klise

Drama ini ditulis seperti tanpa ambisi menciptakan cerita romantis yang berlebihan. Semua berjalan cheesy, klise, dan ringan.

Dear. M (2022) tidak memiliki kejutan berarti karena formula yang dipakai pun sudah banyak ditemukan di drama-drama romantis.

Drama ini seolah menggabungkan semua elemen yang umum dimiliki drama romantis ala-ala anak kuliah; persisnya cerita romantis ala wattpad.

Persahabatan, semangat jiwa muda dalam menggapai mimpi, kisah sahabat jadi cinta, kemunculan orang ketiga yang licik dan cinta pertama adalah beberapa formula yang dipakainya.

Semua itu dikemas secara sederhana tanpa tensi yang terlalu kuat. Alhasil, jangan harapkan ada kejutan karena ceritanya mudah sekali ditebak.

Selain mudah ditebak, alur yang dibangun untuk mengungkap sosok Dear M terasa kurang memuaskan dan terasa dipaksakan.

Sejak awal kamu akan diajak menebak-nebak siapa Dear M yang kerap membuat postingan bernada romantis. Sayang, begitu terungkap malah kurang masuk akal dan tidak koheren dengan cerita yang dibangun dari awal.

Visual Para Pemain Jadi Hiburan Tersendiri

Visual Para Pemain Jadi Hiburan Tersendiri

Jika ada yang paling menarik dari Dear. M (2022), magnet terkuat rasanya ada pada visual para pemain yang terlibat. Selain sinematografi yang cantik di beberapa bagian, drama ini memanjakan mata melalui paras tokoh-tokohnya.

Didominasi oleh pemain muda, Dear. M (2022) semakin mengokohkan diri bahwa ia memang drama untuk anak muda. Sebut saja Roh Jeong Eui, Park Hye Su, Woo Da Vi, Bae Hyun Sung, Jo Joon Young sampai Jeong Jae Hyun yang merupakan salah satu member NCT.

Mereka mengawal cerita drama ini bukan hanya bermodalkan visual, melainkan juga dengan kemampuan akting terbaiknya.

Dear. M (2022) bukan drama yang istimewa, bahkan termasuk kodian, tapi ia juga tidak terlalu buruk. Paling tidak drama ini terasa apa adanya tanpa usaha menyuguhkan kisah yang terlalu dramatis.

Sekalipun scene-scene klise dan cringe kumpul menjadi satu, kamu masih bisa terhibur olehnya, terutama jika kamu suka sekali dengan cerita romantis khas mahasiswa. Tertarik?

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram