logo web

Sinopsis dan Review Doctor Lawyer, Dokter Hebat Korban Fitnah

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Doctor Lawyer
3.3
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Kabar gembira untukmu penikmat drama-drama korea bertema medis dan legal karena drama terbaru So Ji Sub berjudul Doctor Lawyer (2022) sudah bisa dinikmati.

Hanya, siap-siap saja karena dua episode pertamanya langsung menguras emosi. Pasalnya Han Yi Han, seorang dokter bedah jantung yang kompeten difitnah melakukan tindakan malpraktek terhadap adik dari kekasihnya sendiri.

Han Yi Han yang hanya tinggal berdua dengan sang ibu juga difitnah menerima suap. Derita dokter cerdas tersebut tersaji intens di dua episode perdana Doctor Lawyer (2022).

Kira-kira seperti apa penampilan So Ji Sub setelah empat tahun absen dari layar kaca? Ikuti update-nya melalui artikel berikut ini!

Sinopsis

Kecerdasan Han Yi Han sebagai dokter bedah jantung tidak membuat hidupnya bahagia. Dia justru dikenal sebagai dokter hantu yang bertugas menutupi kesalahan dokter tidak kompeten, putra pemilik rumah sakit.

Lebih parah, dia menjadi tumbal atas keserakahan atasannya. Hidupnya seketika hancur karena fitnah. Akankah Yi Han dapat bangkit kembali?

Episode 1-2

Review Doctor Lawyer Episode 1-2__

Dokter Park Ki Tae dari Bunseok University Medical Center dituntut atas kematian seorang bocah karena dugaan malpraktek. Saat hakim membacakan putusan, Park mendadak sesak napas lalu pingsan. Tiba-tiba seseorang yang membawa peralatan medis lengkap masuk ke ruang sidang dan menolongnya.

Geom Seok Young sebagai jaksa yang bertugas menuntut Park saat itu, mengenalinya dengan nama Han Yi Han. Dia mengingatkan Yi Han agar tidak melakukan tindakan medis apa pun karena lisensinya sebagai dokter sudah dicabut. Namun, Yi Han tidak mendengar dan tetap menyelamatkan nyawa Park Ki Tae.

Lima tahun lalu, Han Yi Han adalah dokter bedah Torakoplastik hebat dan menjadi andalan Bunseok University Medical Center. Namun, dia dikenal sebagai dokter hantu bagi dokter bedah jantung lain yang tidak kompeten, yaitu dokter Goo Hyun Sung.

Goo Hyun Sung merupakan putra Goo Jin Gi, Direktur Bunseok Medical University Center itu sendiri. Goo Jin Gi bersikap baik pada Yi Han karena sudah menyelamatkan reputasi putranya. Dia pun memberi Yi Han jabatan sebagai Kepala Bedah Torakoplastik dan sebuah hadiah.

Sampai di rumah, Yi Han terkejut mengetahui hadiah yang dia terima ternyata sejumlah uang dalam jumlah besar. 

Belum sempat mengembalikan uang tersebut Yi Han disibukkan oleh operasi transplantasi jantung Geom Seok Jo, yaitu adik dari wanita yang dia cintai, Geom Seok Young. Operasinya sempat menemui kendala tapi Yi Han berhasil menanganinya. Transplantasi jantung Seok Jo pun berjalan lancar. 

Selesai melakukan tugas itu, Yi Han tiba-tiba mendapat panggilan dari Goo Jin Gi. Dia diminta untuk segera ke ruang operasi karena ada operasi darurat yang perlu dilakukan.

Jin Gi menjelaskan bahwa Yi Han harus kembali melakukan transplantasi jantung. Yi Han bingung karena untuk transplantasi Seok Jo saja, mereka harus menunggu lama untuk mendapatkan donor. 

Jin Gi menjelaskan secara meyakinkan bahwa dia baru saja mendapatkan jantung lain. Jin Gi juga berjanji akan menanggung risiko jika terjadi hal-hal buruk. Walau terlihat sempat ragu karena menyalahi prosedur medis, Yi Han percaya pada direkturnya. Transplantasi kali ini pun berjalan mulus. 

Kondisi tubuh Yi Han yang kelelahan karena dua kali melakukan operasi besar rupanya dimanfaatkan Jin Gi. Yi Han tertidur setelah menenggak minuman yang sudah disiapkan.

Pagi harinya, Yi Han mendapat kabar kalau kondisi Seok Jo drop. Sebelumnya Yi Han sangat sulit dihubungi sehingga Seok Jo tidak dapat terselamatkan.

Seketika kondisi berbalik merugikannya. Yi Han dituduh melakukan tindakan medis yang menyalahi aturan. Hasil autopsi menunjukkan kalau jantung Seok Jo rusak, padahal dia yakin operasi transplantasinya berjalan lancar. Seok Young terpukul dan sempat kecewa pada Yi Han. 

Yi Han pun dituduh menerima suap dari perusahaan alat-alat medis. Saat melakukan penggeledahan, setumpuk uang pemberian Jin Gi yang belum sempat dia kembalikan dijadikan bukti.

Dalam proses persidangan, para saksi memberikan pernyataan palsu. Dokter dan tim yang turut melihat kesuksesan Yi Han pun berbalik menyerangnya. Satu-satunya saksi yang memihak, dipatahkan oleh jaksa Baek Kang Ho.

Yi Han dihajar tanpa alasan jelas oleh sesama tahanan. Tak lama Jin Gi mendatanginya. Pria paruh baya itu tidak menunjukkan perasaan bersalah telah mengambil jantung Seok Jo untuk seseorang yang masih misterius bagi Yi Han. Dia justru mengancam keselamatan ibu Yi Han.

Jin Gi meminta Yi Han mengakui perbuatannya sehingga walau kehilangan lisensi, hukuman yang diterimanya tidak terlalu berat.

Pada persidangan selanjutnya Yi Han akhirnya mengakui kesalahan yang tidak dia lakukan. Dia menuruti permintaan Jin Gi dan membuat Seok Young kecewa. Perempuan itu yakin bukan Yi Han pelakunya.

Episode 3-4

Doctor Lawyer Episode 3-4__

Pingsannya Dokter Park Ki Tae di persidangan rupanya bagian dari rencana Han Yi Han. Pengacara tersebut tahu bahwa Ki Tae tidak bersalah dan dijebak, sama seperti dirinya lima tahun lalu. Yi Han akan membebaskan Ki Tae, tapi dia harus membantunya membongkar kebobrokan Gu Jin Gi. 

Dalam proses persidangan Yi Han berhasil membuktikan Ki Tae tidak sepenuhnya bersalah. Ki Tae begitu senang dan menjanjikan akan mencari dan menyerahkan file rahasia tentang kebusukan Gu Jin Gi yang sudah dia siapkan.

Sayang, selangkah lagi akan bebas, Ki Tae dibunuh oleh seorang narapidana hukuman mati bernama Nam Hyuk Chul. Setelah diselidiki, Nam Hyuk Chul rupanya masih terkait dengan Banseok University Medical Center.

Mantan istrinya adalah Cho Jung Hyun, kepala perawat yang ikut menghancurkan hidup Yi Han atas perintah Gu Jin Gi. Mengetahui fakta itu Yi Han mengumpulkan laporan malpraktek yang pernah dilakukan rumah sakit tersebut. 

Salah satu korbannya adalah seorang gadis bernama Gil So Yeon. Dia harus kehilangan suara karena tidak dibius saat operasi besar. Setumpuk tuntutan pun diserahkan pada pengacara Banseok University Medical Centre, Pyo Eun Sil. 

Kemunculan Yi Han ke publik sudah diketahui Gu Jin Gi dan putranya, Gu Hyeon Sung. Gu Jin Gi belum terlalu memedulikannya karena dia sedang sibuk membahas perluasan bisnisnya ke Amerika.

Guna merealisasikannya, pria paruh baya tersebut bekerja sama dengan pelobi yang terkenal di bidang investasi bernama Jayden Lee. Gu Jin Gi pun tidak sendiri karena dia bersama duta besar sekaligus calon presiden, Lim Tae Moon.

Lim Tae Moon dan Jin Gi berencana menjodohkan putra-putri mereka; Gu Hyeon Sung dan Lim Yu Na. Namun, Yu Na tampaknya tergoda oleh rayuan Jayden Lee.

Lim Tae Moon yang memiliki masalah pada jantung menolak jika operasi dilakukan oleh robot. Dia ingin Gu Hyeon Sung yang mengoperasinya.

Hyeon Sung tentu panik karena dia tidak kompeten dan sudah lama mengandalkan robot untuk melakukan tugas-tugasnya di meja operasi. Kepanikan Hyeon Sung semakin jadi ketika dia melihat Yi Han di rumah sakit untuk mengambil barang-barang Park Ki Tae.

Secara kebetulan Yi Han juga bertemu Jayden Lee yang hendak membicarakan bisnis dengan Gu Jin Gi. Pria itu terlihat tertarik dengan sikap dan pernyataan Yi Han mengenai Banseok University Medical Center.

Tak berselang lama Jayden Lee meminta Yi Han menemuinya. Yi Han terkejut melihat Yu Na berlumuran darah dan berbaring di tempat tidur pria tersebut.

Episode 5-6

Episode 5-6

Yi Han rupanya diminta menangani Jayden Lee dan Yu Na yang overdosis narkoba. Dia sebenarnya dijebak karena Jayden Lee ingin memastikan kualitas Yi Han sebagai dokter sekaligus lawyer.

Setelah yakin, Jayden Lee meminta Yi Han bekerjasama. Dia berjanji akan mengembalikan lisensi medis Yi Han sebagai imbalannya.

Kejadian itu membuat Yi Han hampir ditangkap oleh Geum Seok Young. Namun, Yi Han berhasil membujuknya dengan janji menjelaskan kejadian lima tahun lalu dan rencana balas dendam yang sudah disusunnya selama ini.

Perjalanan Yi Han membalas dendam terhadap Gu Jin Gi dimulai dengan membantu So Yeon di persidangan. So Yeon yang mengalami malpraktik akibat kelalaian Gu Hyeon Sung menolak uang tutup mulut dari Gu Jin Gi. Dia tetap pada pendiriannya untuk mendapatkan keadilan.

So Yeon dan Yi San hampir kalah, tapi dokter sekaligus junior Yi Han, Choi Yo Sub, datang sebagai saksi yang tidak diperhitungkan. Yi San pun memenangkan persidangan.

Geom Seok Young bahkan berencana menuntut Gu Hyeon Sung dengan dugaan upaya pembunuhan. Hal ini mulai mengusik Gu Jin Gi, apalagi Hyeon Sung juga membuat keributan dan masalah dengan Jayden Lee.

Jayden Lee memang sengaja membuat Hyeon Sung emosi dengan merebut Yu Na. Lelaki misterius itu sedang merasa di atas angin karena punya Yu Na dan Yi Han sebagai ‘bala bantuan’.

Jayden Lee secara terang-terangan meminta Gu Jin Gi mengembalikan lisensi medis Yi Han. Jika tidak semua perjanjian kerjasama dan investasi mereka akan batal. Yi Han sendiri akhirnya punya kesempatan menjelaskan kejadian sebenarnya pada Seok Young, termasuk keterlibatan Baek Kang Ho.

Seok Young tetap sulit memercayai bahwa Baek Kang Ho juga bersekongkol dengan Gu Jin Gi untuk menjebloskan Yi Han ke dalam penjara.

Yi Han tidak terlalu memedulikannya karena dia mulai sibuk dengan Nam Hyuk Chul. Pembunuh Park Ki Tae tersebut berniat mengajukan banding dan meminta Yi Han menjadi pengacaranya.

Yi Han memulai tugas itu dengan menemui Jo Jung Hyun, mantan istri Nam Hyuk Chul yang setia terhadap Gu Jin Gi.

Yi Han meminta Jung Hyun bekerjasama mengungkap kejadian sebenarnya yang menimpa sang mantan suami. Sebagai imbalan dia bersedia menyelamatkan nyawa anak semata wayang mereka berdua. Dengan percaya diri Yi Han lantas menemui Hyuk Chul di penjara.

Seok Young yang menemani diminta keluar karena Hyuk Chul hanya ingin bicara dengan Yi Han. Tanpa diduga terpidana mati itu malah menyerang Yi Han secara brutal. 

Episode 7-8

Episode 7-8

Yi Han selamat dari serangan Nam Hyuk Chul setelah mantan istrinya datang. Jo Jung Hyun sangat ingin nyawa putranya selamat. Dia lalu mengajak Hyuk Chul untuk memanfaatkan Yi Han.

Paling tidak mereka harus pura-pura berada di pihak Yi Han agar Jin Gi merasa terprovokasi dan segera mengambil tindakan untuk Nam Jun Hwan.

Yi Han menemui Jayden Lee untuk membicarakan urusan mereka, tapi Geum Seok Young memaksa ikut. Jayden tak keberatan karena mereka berdua dapat melancarkan usahanya menghancurkan Jin Gi.

Dengan terkuaknya kejahatan Jin Gi, saham Pusat Litbang Banseok akan anjlok. Alhasil Jayden akan dapat keuntungan.

Jayden Lee sendiri mendengar kabar dari Yu Na bahwa wanita tersebut baru saja dilamar Gu Hyun Seong. Yu Na belum bersedia menerimanya. Dia meminta Hyun Seong melampaui ayahnya.

Jayden tak ingin Yu Na menerima lamaran tersebut karena dia mencintainya. Walau tak menjanjikan pernikahan, Jayden akan membiarkan Yu Na bebas sebagai dirinya sendiri.

Kabar menyenangkan lain diterima Yi Han karena Jayden menepati janji mengembalikan lisensi medisnya. Yi Han juga bekerjasama dengan reporter MBC bernama Ban Soo Hee dengan membeberkan fakta bahwa Gu Jin Gi adalah orang yang memerintah Nam Hyuk Chul membunuh Park Ki Tae.

Yi Han percaya diri dapat membuktikan kejahatan Jin Gi tersebut di persidangan Nam Hyuk Chul. Pasalnya Nam Hyuk Chul berjanji akan membeberkan fakta jika Yi Han menyelamatkan putranya, Nam Jun Hwan. Namun, untuk menindak Jun Hwan melalui operasi, Yi Han butuh bantuan dokter ahli lain.

Sayangnya, Choi Yo Sub yang diandalkan berada di bawah tekanan Gu Jin Gi. Hari itu Jayden Lee mengajak Yi Han selaku kuasa hukum bertemu Gu Jin Gi untuk tanda tangan perjanjian.

Yi Han terlihat emosi dan menyerang pria paruh baya tersebut hingga melukai lehernya; persis seperti yang dilakukan Nam Hyuk Chul padanya beberapa waktu lalu. Yi Han tahu bahwa tindakan Hyuk Chul itu atas perintah Jin Gi.

Namun, perseteruan keduanya tidak sampai membatalkan penandatanganan kontrak. Jin Gi bahkan setuju dengan perubahan klausul dari Jayden yang menginginkan ganti rugi dalam jumlah besar jika salah satu pihak melanggar kontrak.

Jayden tampaknya semakin percaya diri dengan kehadiran Yi Han. Dia sampai mengirimkan banyak peralatan medis ke klinik Yi Han.

Jayden juga tidak menolak ketika dokter sekaligus pengacara itu meminta bantuannya untuk mengeluarkan Nam Jun Hwan dari Banseok.

Menggunakan akalnya, Jayden sempat mengecoh Jin Gi dengan membocorkan rencana Yi Han sebagai pengalihan. Jin Gi cukup percaya diri mengerahkan anak buahnya untuk menghalangi Yi Han membawa pergi Jun Hwan.

Dia tak tahu kalau Jun Hwan sudah pergi menggunakan helikopter. Sayangnya tangan Yi Han sempat cedera karena berkelahi dengan orang-orang suruhan Jin Gi. Dia terlihat kesulitan menjalankan operasi. Beruntung Yo Sub memberi kejutan dengan datang membantunya.

Episode 9-12

Episode 9-12

Yi Han berhasil melakukan transplantasi pada Nam Jun Hwan, putra pasangan Nam Hyuk Chul dan Jo Jung Chun, sayangnya pengacara sekaligus dokter itu datang terlambat ke persidangan.

Akibatnya pengacara Banseok, Pyo Eun Sil sudah lebih dulu memengaruhi Hyuk Chul untuk tetap memihak Gu Jin Gi.

Hyuk Chul berpura-pura gila agar persidangan dihentikan, tapi Geum Seok Young mengetahui akal bulusnya.

Dia meminta Hyuk Chul menjelaskan mengapa mengkhianati Yi Han yang sudah menyelamatkan putranya. Hyuk Chul mulai bercerita kejadian 20 tahun lalu ketika ayah Yi Han tewas bunuh diri.

Dia mengaku terlibat pada kejadian tersebut atas perintah Gu JIn Gi. Pernyataan serupa disampaikan oleh mantan istrinya, Jo Jung Chun. Jung Chun yang sudah lelah memihak Gu Jin Gi menceritakan bahwa Gu Jin Gi adalah otak di balik tewasnya ayah Yi Han.

Dua puluh tahun lalu dia membiarkan dokter anastesi tidak kompeten, Lee Do Hyun, ikut serta dalam operasi pendiri Banseok sekaligus ayah mertuanya.

Akibat dari hal itu, operasi gagal dan pendiri Banseok meninggal dunia. Hidup ayah Yi Han seketika hancur. Gu Jin Gi melakukan itu karena iri sebab rekannya tersebut digadang-gadang menjadi direktur utama Banseok.

Jayden Lee yang mengetahui kegagalan Yi Han di pengadilan akibat pengkhianatan Hyuk Chul memulai rencana lain dengan mempertemukan Lee Tae Moon dengan Yi Han. Dia akan mengusung Yi Han sebagai direktur Rumah Sakit Banseok menggantikan Gu Jin Gi.

Lee Tae Moon menyambut kerjasama mereka, terlebih dia merasa kecewa sebab mengetahui kalau Gu Jin Gi berencana menggunakan dokter hantu untuk menangani masalah kesehatannya.

Usaha Jayden Lee tampak berjalan lancar karena Gu Hyeon Sung, putra yang diandalkan Gu Jin Gi sebagai penerusnya terancam gagal menjadi direktur Rumah Sakit Banseok.

Yi Han sendiri mulai mengincar sekutu Gu Jin Gi yang lain. Dia adalah anggota dewan sekaligus calon presiden saingan Lee Tae Moon, Yoon Mi Seon.

Mi Seon diketahui kerap mengunjungi Banseokwon secara misterius. Rupanya putri Mi Seon bernama Yang Sunae dirawat di sana karena masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh obsesi Mi Seon sendiri.

Menurut pengakuan seorang pemuda yang dekat dengan Sunae, Doh Jin Woo, Mi Seon tidak memperlakukan putrinya dengan manusiawi.

Sunae dipaksa melakukan berbagai tindakan operasi plastik yang akhirnya membahayakan nyawa. Kondisinya cukup parah hingga Sunae harus menjalani tranplantasi paru-paru jika ingin bertahan hidup.

Jin Woo yang sudah menikahi Sunae bersedia menjadi donornya. Mi Seon sendiri dengan terpaksa juga bersedia. Namun, pada saat operasi dilakukan, wanita itu batal mendonorkan paru-parunya. Dia kembali berkhianat atas bujukan Gu Jin Gi.

Namun, upaya Yi Han untuk menyerang Gu Jin Gi lewat jalur Mi Seon tidak berhenti di sana. Bekerjasama dengan yang lain Yi Han mencoba membujuk kaki tangan Mi Seon, Kwon Yoon Seok, untuk berpihak padanya. Dia berjanji akan bantu mengobati penyakit yang diderita Yoon Seok.

Yoon Seok yang mulai merasa tak aman berada di pihak Mi Seon berencana mengungkapkan semuanya. Dia mengajak Yi Han bertemu di satu tempat.

Sayangnya, belum sempat bertemu dan bicara dengan Yi Han pria itu diracun. Yi Han yang mencoba menyelamatkannya diserang dari arah belakang.

Episode 13-16

Episode 13-16

Pada sidang dengar pencalonan Gu Jin Gi menjadi Menteri Kesehatan, Han Yi Han datang sebagai saksi. Namun, kejutan justru datang dari video yang memperlihatkan Gu Jin Gi menusuk Lee Do Hyung hingga tewas.

Peristiwa itu bermula dari upaya Jayden Lee yang ingin mendapatkan kesaksian Gu Jin Gi atas tindakan transplantasi yang melibatkan adik Jaksa Seok Young dan dirinya lima tahun lalu.

Video tersebut seketika menghancurkan karir Gu Jin Gi. Han Yi Han merasa tindakan Jayden Lee bertentangan dengan rencananya sehingga dia memutuskan untuk tidak lagi bekerjasama.

Dia juga mengetahui kalau Jayden Lee adalah penerima jantung milik adik Seok Young. Oleh karena itu Yi Han berencana mengagalkan upaya Jayden Lee menguasai Banseok.

Jin Gi sendiri menumbalkan kaki tangannya, Chun Hyun Goo, sebagai pembunuh Lee Do Hyung. Sebelum itu dia juga memerintah Hyun Goo untuk menculik Cho Jung Hyun agar tak ada lagi saksi mata atas kejadian lima tahun lalu.

Namun, Jin Gi malah memerintah anak buah untuk membunuh Hyun Goo sehingga kaki tangannya itu berbalik arah mendukung Han Yi Han.

Dengan kesaksian Hyun Goo dan Jung Hyun, Gu Jin Gi tak bisa lari lagi dari jerat hukum. Setelah memastikan Gu Jin Gi masuk penjara, perhatian Yi Han beralih pada Jayden Lee.

Dia akhirnya mengetahui alasan Jayden Lee sangat mendendam pada Gu Jin Gi. Prasangkanya pada Jayden berubah semenjak tahu bahwa Gu Jin Gi menghilangkan nyawa ibu kandung pria tersebut.

Jayden Lee yang belum puas dengan kondisi Gu Jin Gi, mendatangi pria itu di penjara setelah meminta seorang dokter menyuntikkan sesuatu pada tubuh pria paruh baya tersebut.

Dalam keadaan lemah Gu Jin Gi mendengar alasan Jayden sangat ingin menghancurkannya. Tak berselang lama Gu Jin Gi melemah dan segera dibawa ke rumah sakit.

Jayden Lee tak peduli dengan kondisi Gu Jin Gi dan segera berangkat ke luar negeri bersama Yoo Na. Belum sempat naik pesawat, putra Gu Jin Gi, Gu Hyun Sung mendatanginya dengan rasa marah karena sang ayah baru saja meninggal dunia.

Lelaki itu menusuk Jayden tepat di bagian dada sebelum Han Yi Han sempat menggagalkannya. Sebelum pingsan Jayden Lee menjelaskan cerita sebenarnya.

Dia meminta maaf karena tak mengetahui kalau jantung yang ditransplantasikan padanya merupakan jantung adik Jaksa Seok Young.

Operasi Jayden Lee berjalan lancar dan satu tahun kemudian dia terlihat mendekam di penjara. Hubungan Soek Young dan Yi Han pun membaik. Keduanya sepakat melanjutkan hubungan mereka lima tahun lalu.

Dokter Pintar Korban Fitnah

Review Doctor Lawyer Episode 1-2_Dokter Pintar Korban Fitnah_

Kesuksesan drama-drama Korea bergenre medis tidak usah diragukan. Adegan-adegan di ruang operasi yang menegangkan, kehidupan para dokter yang seru untuk diikuti hingga konflik-konflik berbau keserakahan dan fitnah jadi daya tarik tersendiri. Dengan formula setipe, drama medis tetap punya tempat tersendiri.

Itu pula yang akan terjadi pada Doctor Lawyer (2022). Dua episode pertama drama ini dibuka dengan peristiwa memilukan yang terjadi pada kehidupan masa lalu seorang dokter pintar. Belum apa-apa emosi sudah langsung naik karena plot-nya berisi intrik dari orang-orang licik. 

Kamu dibawa berkenalan lebih dulu dengan karakter utama dan latar belakangnya sebagai dokter yang diperlakukan tak adil oleh pimpinannya. Sampai akhir episode dua, belum ada hal lain yang ditonjolkan kecuali perubahan hidup seorang Han Yi Han. 

Semula dia adalah dokter pemilik masa depan yang cerah, tapi kemudian berubah jadi narapidana korban fitnah. Kejutan datang ketika dia kembali bangkit dan berani menampilkan diri lagi. Langkah Han Yi Han selanjutnya patut ditunggu; apakah dia akan menuntut balas atau jadi pribadi yang baru.

Kembalinya So Ji Sub Ke Dunia Hiburan

Review Doctor Lawyer Episode 1-2_Kembalinya So Ji Sub Ke Dunia Hiburan_

Penampilan So Ji Sub sebagai Han Yi Han di drama ini menjadi salah satu pemikat paling kuat. Bagaimana tidak, sebab Doctor Lawyer (2022) adalah drama terbaru So Ji Sub setelah empat tahun istirahat dari dramaland. Terakhir aktor kelahiran 1977 ini sukses dengan My Secret, Terrius (2018) bersama Jung In Sun.

Pesona So Ji Sub sebagai aktor senior ditunjukkan dengan kualitas akting yang terjaga. Menjadi Han Yi Han, dokter pintar yang disakiti, So Ji Sub bisa memperlihatkan emosinya tanpa banyak berteriak atau melakukan perlawanan. Aksi So Ji Sub sebagai dokter yang tersakiti patut ditunggu. 

Doctor Lawyer (2022) memiliki premis yang tidak terlalu baru, tapi tetap tampil memikat dengan plot yang detail dan emosional. Ia punya daya tarik lain karena juga suguhkan tema hukum.

Baca juga: 10 Judul Drama Terbaik yang Dibintangi oleh So Ji Sub

Munculnya Karakter Baru yang Misterius

Doctor Lawyer Episode 3-4__

Menginjak episode tiga dan empat, Doctor Lawyer (2022) semakin seru dengan kemunculan karakter baru. Pengenalannya sangat meyakinkan karena karakter bernama Jayden Lee tersebut langsung menunjukkan kehebatannya.

Sosok Jayden Lee langsung mengambil alih perhatian dan rasa penasaran selama dua episode ini berlangsung. Diperankan oleh aktor Shin Sung Rok, karakter Jayden Lee terasa punya aura yang misterius.

Ekspresi apalagi tujuannya masih sulit ditebak karena dia mendekati Gu Jin Gi dan Han Yi Han sekaligus. Di akhir episode empat, Jayden Lee malah berubah menyeramkan karena dia bertingkah seperti psikopat. 

Informasi dan fakta mengenai sosoknya dapat membuat Doctor Lawyer (2022) tambah seru. Konflik antara Yi Han dan Gu Jin Gi yang sudah tegang, akan bertambah menarik.

Apalagi jika ternyata dia berada di pihak yang sama dengan Yi Han. Kepastian mengenai karakternya patut ditunggu di episode-episode mendatang.

Pukulan Pertama Yi Han untuk Gu Jin Gi

Pukulan Pertama Yi Han untuk Gu Jin Gi_

Seperti yang kita tahu, balas dendam menjadi suguhan utama drama Doctor Lawyer (2022). Sejak episode pertama kita diajak mengikuti perjalanan hidup Yi Han yang perih, yang akhirnya bisa bangkit untuk menuntut balas pada Gu Jin Gi.

Nah! Upaya Yi Han menghancurkan Gu Jin Gi yang ditunggu-tunggu mulai membuahkan hasil di episode lima dan enam.

Untuk pertama kalinya Yi Han berhasil mengusik ketenangan Gu Jin Gi yang selama ini tak pernah menganggapnya sebagai lawan yang berat.

Setelah memenangkan kasus So Yeon, bahkan sampai mengancam reputasi Hyeon Sung, pria paruh baya tersebut terlihat mulai memperhitungkan Yi Han.

Selain itu, pada dua episode ini Jayden Lee juga terang-terangan menjelaskan posisinya di depan Gu Jin Gi sebagai pendukung Yi Han.

Sosok misterius yang penuh teka-teki tersebut, membuat Gu Jin Gi penasaran mengenai motifnya memihak dokter itu. Lalu akan ada kejutan apa lagi yang diberikan Jayden Lee dan Yi Han pada Gu Jin Gi?

Kerjasama Jayden Lee dan Yi Han Jatuhkan Gu Jin Gi Dimulai

Kerjasama Jayden Lee dan Yi Han Jatuhkan Gu Jin Gi Dimulai

Setelah dua episode minggu lalu Jin Gi mendapat pukulan pertama dari Yi Han, pada dua episode kali ini, karakter jahat itu mendapat pukulan langsung dari Jayden Lee dan Yi Han.

Kerjasama keduanya mulai ditampilkan secara meyakinkan. Walau sempat ada plot yang mengecoh, Jayden Lee memberikan kejutan di bagian akhir.

Di episode ini Yi Han juga tak lagi bertanya-tanya mengenai alasan Jayden Lee mengajaknya bekerjasama. Mereka punya satu tujuan yang sama, yaitu menghancurkan Jin Gi.

Namun, sosok Jayden Lee entah kenapa masih terasa misterius. Beberapa part menunjukkan kalau dia sangat ingin menguasai Banseok, tetapi rasanya masih abu-abu.

Ekspresi Jayden Lee sekilas masih mencurigakan, apalagi dalam upayanya mendekati Yu Na. Di satu sisi Jayden sangat ingin menguasai Banseok, termasuk Pusat Litbang Banseok, tapi di sisi lain dia tahu kalau Yu Na adalah Direktur Pusat Litbang Banseok.

Sampai episode delapan, kerjasama Jayden, Yi Han dan Yu Na masih terlihat mulus. Apakah akan baik-baik saja sampai akhir?

Yi Han Mulai Menyerang Sekutu Gu Jin Gi

Yi Han Mulai Menyerang Sekutu Gu Jin Gi_

Menghadapi Gu Jin Gi yang licik, pada empat episode Doctor Lawyer (2022) kali ini Yi Han mengerahkan lebih banyak tenaga. Pasalnya dia menyusun rencana lain dengan menyerang para sekutu Gu Jin Gi.

Bersama Jayden Lee dan Geum Seok Young, kamu akan menyaksikan Yi Han berfokus pada dua karakter selain Gu Jin Gi.

Mereka adalah Lee Tae Moon dan Yoon Mi Seon. Keduanya merupakan kandidat kuat untuk calon presiden sekaligus sosok-sosok yang dimanfaatkan Gu Jin Gi.

Yi Han mengincar keduanya karena mereka adalah penyokong musuhnya tersebut. Namun, tantangan yang dihadapi Yi Han juga semakin berat.

Dia harus melakukan banyak pendekatan terhadap Lee Tae Moon atau Mi Seon menggunakan cara-cara berbeda. Menariknya, pada empat episode ini Yi Han tidak sendirian lagi karena dia dibantu orang-orang terdekatnya. Salah satu orang Gu Jin Gi, Jo Jung Chun, bahkan memihaknya.

Sayang, di akhir episode 12 keselamatan Yi Han terancam. Kira-kira apakah Yi Han kembali menemukan jalan buntu untuk mengalahkan Gu Jin Gi? Sekuat apa Jayden Lee akan membantunya?

Penulisan Kurang Memuaskan Menjelang Akhir

Penulisan Kurang Memuaskan Menjelang Akhir

Empat episode akhir Doctor Lawyer (2022) menyelesaikan semua dendam Han Yi Han terhadap Gu Jin Gi. Sayang, penulisannya tidak rapi, terlalu banyak tokoh selintas yang dimunculkan sebagai kaki tangan Gu Jin Gi. Hal yang membuatnya semakin tidak memuaskan adalah perubahan karakter Yi Han.

Dengan dendam yang dibawanya selama lima tahun, di empat episode akhir ini Yi Han terkesan bermurah hati pada Gu Jin Gi.

Padahal konflik dirinya dan karakter tersebut sudah dibangun sangat intens sejak episode awal. Yi Han justru merasa dikhianati oleh Jayden Lee; seseorang yang membantunya menjatuhkan Gu Jin Gi.

Yi Han yang biasanya teliti kali ini tidak memeriksa latar belakang Jayden Lee. Dia malah turut terbawa emosi Jaksa Seok Young yang terlihat begitu membenci Jayden Lee karena telah menerima jantung adiknya lima tahun lalu secara ilegal.

Selain berdampak pada perasaan kurang puas atas balasan yang diterima Gu Jin Gi, sikap permusuhan Yi Han pada Jayden Lee adalah sesuatu yang konyol.

Menjelang berakhir, dendam dirinya terhadap Jin Gi pun jadi tidak menarik lagi. Konflik malah beralih pada sikap permusuhannya pada Jayden Lee; yang terasa melemahkan karakter Yi Han sendiri.

Dokter sekaligus pengacara yang terkenal kompeten tersebut ikut menjadi tidak menarik. Ending yang bahagia, lagi-lagi bukan berarti memuaskan, seperti pada Doctor Lawyer (2022) ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram