logo web

Sinopsis & Review Collectors (2020), Film Perampokan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Collectors
3.4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Dong Goo bekerja sebagai pencuri barang-barang berharga yang ada di makam atau tempat-tempat bersejarah. Dia menjual barang langka itu dengan harga yang mahal. Suatu hari dia berurusan dengan seorang kolektor yang licik karena memiliki patung Buddha yang langka.

Pertemuannya dengan kolektor tersebut membawa Dong Goo melakoni pekerjaan yang lebih berisiko. Bersama beberapa orang yang dia rekrut secara terpisah, Dong Goo memulai aksinya mendapatkan pedang bersejarah milik raja pertama Dinasti Joseon.

Berhasilkah dia melakukannya? Untuk mendapatkan gambaran mengenai film yang dibintangi Lee Je Hoon ini, boleh simak sinopsis dan ulasan Collectors (2021) di bawah ini!

Baca juga: Inilah 8 Pemain Utama di Drama Korea Collectors (2020)

Sinopsis

Sinopsis

Kang Dong Goo (Lee Je Hoon) yang sudah rajin sejak pagi buta membuat rekan sesama biksunya memuji. Dong Goo mendengar perihal perampok makam yang masuk ke area Kuil Baeheung beberapa hari lalu sehingga dia takut meninggalkan pagoda sendirian.

Anehnya dua biksu itu tidak mengenali Dong Goo. Mereka tidak pernah melihat dia sebelumnya dan mengira kalau Dong Goo adalah biksu yang baru bergabung dengan kuil.

Saat mulai beranjak siang, Detektif Oh (Park Jin Woo) menemukan bungkus choco pie di bawah pagoda yang ada di Kuil Mujin Hwangyeong. Detektif tersebut seperti sudah bisa menebak siapa pelakunya. Pagoda berusaha 1000 tahun itu menyimpan patung Buddha dan Kotak Sarira dari Dinasti Goryeo. Harga dua barang berharga itu tidak main-main.

Di tempat berbeda Dong Goo yang ternyata menyamar sebagai biksu, menemui seorang penjual barang-barang antik. Dia membawa patung Buddha hasil curian di Kuil Hwangyeong untuk dijual tapi kembali dibawa pergi karena tidak menemui kesepakatan dalam harga.

Di tempat lain Jin Sang Gil (Song Young) meninjau tempat penyimpanan yang baru selesai dibuat. Tempat penyimpanan itu dilengkapi pengamanan berlapis dan ketat sehingga sulit bagi siapa pun untuk masuk ke sana kecuali sang pemilik. Ruangan itu dibuat untuk menyimpan barang-barang koleksinya yang berharga.

Jin Sang Gil memerintahkan Yoon Sae Hee (Shin Hye Sun) memindahkan barang-barang simpanannya ke ruangan yang baru selesai dibangun itu. Dia juga ingin mendapatkan patung Buddha dari Kuil Hwangyeong yang dicuri beberapa waktu lalu.

Selain itu dia memerintahkan Sae Hee menghubungi Gwang Chul (Lee Sung Wook) untuk menghabisi perancang ruang penyimpanan miliknya. Dia tak ingin siapa pun bisa masuk ke sana, termasuk pembuatnya.

Selesai membunuh perancang dan pembuat ruang penyimpanan dengan keji, dia langsung diperintahkan untuk mendapatkan Dong Goo.

Keberadaan Dong Goo dengan cepat berhasil dilacak. Gwang Chul menemuinya untuk bernegosiasi. Merasa berada dalam bahaya Dong Goo segera melarikan diri.

Gwang Chul berhasil menangkap dan hampir membunuh Dong Goo, tetapi Detektif Oh menghentikannya. Dia ingin melihat isi bungkusan milik Dong Goo yang kini berada di tangan Gwang Chul.

Rupanya patung Buddha yang berharga tadi sudah berubah jadi patung hiasan. Gwang Chul kaget tapi juga tidak bisa mengatakan apa pun. Ternyata patung Buddha dari Kuil Hwangyeong memang sudah ditukar oleh Dong Goo. Dia bekerjasama dengan Hye Ri (Park Se Wan).

Dong Goo dan sang ayah serta Hye Ri melihat berita bahwa Jin Sang Gil CEO dari Grup Kasino Hotel Sky, ditunjuk sebagai Ketua Yayasan Aset Budaya Korea ke 28. Esok harinya Dong Goo kembali diminta menemui Gwang Chul. Dong Goo diberi tahu kalau calon pembeli patung Buddha miliknya adalah seseorang dari seberang lautan.

Tak lama Tuang Hwang, pembeli yang dimaksud Gwang Chul, tiba bersama beberapa orang, tapi dia kaget karena melihat Sae Hee ada di antara mereka. Dalam pertemuan itu Sae Hee berperan sebagai kurator yang memeriksa keaslian patung Buddha tersebut. Setelah diperiksa menurut Sae Hee, patung itu palsu.

Di sela-sela pertemuan Sae Hee menemui Gwang Chul dan bertanya soal kenekatannya menjual patung Buddha yang sedang diinginkan oleh Jin Sang Gil. Rupanya Sae Hee memberi pernyataan bohong soal keaslian patung Buddha tersebut dengan alasan ingin melindungi aset negara sendiri.

Sejujurnya dia masih ingin mendapatkan patung Buddha itu dari Dong Goo, sesuai permintaan bosnya. Sae Hee juga masih memberi kesempatan bagi Gwang Chul dengan tidak melaporkan perbuatannya pada Jin Sang Gil. Dong Goo yang penasaran dengan Sae Hee mulai mencari tahu latar belakangnya bersama Hye Ri.

Diketahui kalau Sae Hee berusia 35 tahun dan bergelar sarjana dari Yale, MA dan Ph.D dalam Sejarah Seni dari Harvard. Sae Hee merupakan lulusan Ph.D termuda yang pandai berbahasa Mandarin, Jepang dan Inggris.

Dia bekerja sebagai Kepala Kurator di Museum Osong. Museum Osong sendiri dimiliki oleh Daesung C&T. Pemilik sebenarnya dari Daesung C&T adalah Jin Sang Gil dari Grup Hotel Sky.

Singkatnya Sae Hee menggunakan profesi kurator sebagai kedok karena yang sebenarnya dia berbisnis. Gwang Chul sendiri berurusan dengan barang kecil dari perampok makam, sementara Sae Hee bertanggung jawab atas barang antik sungguhan. Hye Ri lalu penasaran di mana barang-barang antik milik Jin Sang Gil disimpan?

Kisah Pencuri Makam yang Pintar

Kisah Pencuri Makam yang Pintar

Collectors (2020) yang selesai syuting akhir tahun 2019 lalu ini bercerita tentang seorang pencuri makam, tepatnya seorang pencuri barang-barang bersejarah dari makam-makam atau tempat-tempat penting berusia tua.

Dalam perjalanannya dia bersinggungan dengan seorang kolektor licik dan serakah yang hanya memanfaatkannya dan membahayakan nyawanya.

Premisnya bukan sesuatu yang baru, begitu pun alur serta beberapa adegan yang ada dalam film. Namun, Collectors (2021) cukup punya banyak kejutan, terutama dari segi plot.

Alur mundur yang memperlihatkan masa lalu Dong Goo sebagai pemeran utama salah satu yang mengejutkan, mengingat sifatnya yang selalu fun dan santai. Bagian menjelang akhir juga tak kalah surprising, terutama ketika Hye Ri dan sang ayah melakukan sesuatu yang tidak diduga siapa pun. 

Plot Detail yang Mengesankan

Plot Detail yang Mengesankan

Beberapa adegan dalam Collectors (2020) akan mengingatkanmu pada Pipeline (2021), sebuah film yang dibintangi Seo In Guk tentang sekelompok pembobol minyak negara. Namun, jika dibandingkan, plot pada Collectors (2021) lebih detail. Berdurasi sekitar 1 jam 54 menit, film karya Park Jung Bae menyuguhkan adegan-adegan secara rinci.

Scene ketika Dong Goo merencanakan pembobolan untuk mengambil pedang bersejarah peninggalan Raja Taejo memperlihatkan detail-detail yang membuat jalan cerita terasa matang.

Naskah saat Dong Goo menyusun cara-cara bagaimana mereka harus membobol tanah untuk sampai ke area makam lalu mengambil pedang yang diincar akan mengesankanmu, termasuk ketika salah satu karakter bernama Dr. Jones menggunakan kepintarannya membobol beton menggunakan cairan-cairan kimia khusus. 

Lee Je Hoon yang Tak Pernah Mengecewakan

Lee Je Hoon yang Tak Pernah Mengecewakan

Membungkus alur ceritanya dengan sinematografi yang apik, Collectors (2021) juga menampilkan Lee Je Hoon bersama kemampuan aktingnya yang tidak mengecewakan. Karakter yang harus dilakoni olehnya terasa sekali pas, memang bukan peran yang baru tetapi peran yang cukup aman, tapi menariknya penampilan Je Hoon tidak membosankan.

Sebagai pencuri makam ulung, Je Hoon sebagai Dong Goo punya akal dan kecerdikan yang melindunginya dari bahaya. Dia menyadari bahaya yang terus mengintai sehingga cenderung selalu siaga dan punya rencana kedua.

Interaksinya dengan Shin Hye Sun juga menunjukkan chemistry yang bikin penasaran; bagaimana jadinya jika mereka kembali dipertemukan di drama atau film lainnya sebagai pasangan?

Collectors (2021) memang tidak menawarkan sesuatu yang baru, tetapi eksekusi film ini dibuat dengan matang, terutama dari segi alur dan naskah. Ada beberapa plot twist yang menghibur dan sudah pasti mengejutkan. Penasaran dengan jalan ceritanya? Kamu bisa menyaksikan Collectors (2021) melalui Iqiyi!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram