logo web

Review Drama King The Land, Kehidupan Pekerja ‘Kerajaan’

Ditulis oleh Gerryaldo
King The Land
4.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Setelah break selama setahun, Lim Yoon-A kembali lagi ke layar kaca dalam drama terbarunya yang berjudul King The Land. Dalam drama karya Cheon Sung-Il ini, Yoon-A beradu akting dengan member boyband 2PM, Lee Jun-Ho. Keduanya disandingkan sebagai pasangan yang ribut-rukun dalam 16 episode.

Baca Juga: 13 Drama Terbaik yang Dibintangi oleh Yoona SNSD

King The Land sendiri menceritakan tentang hubungan para pekerja juga employer nya yang merupakan grup perusahaan konglomerat. Salah satu pekerja yang jadi fokus perhatian adalah Cheon Sa-Rang (Lim Yoon-A) yang mengejar mimpinya untuk bekerja sebagai hotelier di salah satu hotel milik grup tersebut.

Sinopsis

Di sini kami akan menceritakan sinopsisnya satu persatu, mulai dari episode hingga akhir. Bagaimana keseruan drama ini? Mari simak semuanya di bawah ini!

Episode 1

King The Land_Episode 1 (Copy)

Cheon Sa-Rang mengikuti sebuah wawancara untuk pekerja magang di sebuah hotel mewah bernama King Hotel. Begitu namanya dipanggil, Sa-Rang segera bertemu dan menghadapi semua pertanyaan yang diberikan oleh para interviewer; para direksi hotel King termasuk direksi Gu Hwa Ran (Kim Sun Young).

Sa-Rang mampu membuat Gu Hwa terpesona dengan senyumannya yang tulus, sehingga ia diterima bekerja di Hotel untuk 3 bulan kontrak. Sa-Rang sangat senang karena impiannya dari dulu adalah bisa bekerja di bidang pariwisata khususnya hotel King. Segera, Sa-Rang pun mulai bekerja di Hotel King.

Episode 2

King The Land_Episode 2 (Copy)

Sa-Rang dengan cepat beradaptasi dengan pekerjaannya di Hotel. Semua dikerjakan dengan tulus dan Sa-Rang selalu memberikan virus bahagia pada semua teman dan tamu hotel. Hal ini menarik perhatian salah satu tamu untuk menggoda Sa-Rang, disaat yang sama, Gu Won (Lee Jun Ho) datang ke hotel.

Gu Won sendiri merupakan anak kedua dari pemilik Grup King. Sa-Rang salah mengira kalau Gu Won lah yang menggodanya karena tamu mesum dan Gu Won menggunakan pakaian yang sama. Sa-Rang meradang sampai akhirnya dia sadar bahwa telah menyerang orang yang salah, dan merasa sangat tidak enak.

Episode 3

King The Land_Episode 3 (Copy)

Gu Won kini berhasil menempati jabatan sebagai manajer umum di Hotel King, ini membuat Sa-Rang makin gusar, karena orang yang ia lawan ternyata direksinya sendiri. Meski demikian Sa-Rang terus mencoba untuk bisa dekat dengan Gu Won, sampai satu waktu ia diminta untuk menemani Gu Won mengikuti sebuah liputan.

Liputan itu bertujuan untuk mengiklankan Hotel King dengan Gu Won menjadi salah satu ikonnya. Mengajak Gu Won bekerja, membuat semua orang pening karena susah diatur. Apalagi ketika ada pertanyaan mengenai Ibu Gu Won yang membuatnya tidak nyaman. Sa-Rang pun turun tangan untuk mencairkan suasana.

Episode 4

King The Land_Episode 4 (Copy)

Gu Won mulai menyukai Sa-Rang, ia merasa apapun yang ada padanya adalah tulus. Itulah yang selama ini Gu Won cari. Saat hendak menemui Sa-Rang, ia kaget bahwa Sa-Rang ternyata telah memiliki seorang kekasih, namun Gu Won tidak mengetahui bahwa Sa-Rang sudah tidak cinta lagi dengan kekasihnya itu.

Di waktu lain, Sa-Rang mendapatkan promosi, setelah sebelumnya ia berbakti selama 5 tahun sebagai resepsionis di lobi, kini ia mendapatkan kesempatan bekerja di wilayah naratetama bernama King The Land. Mendapatkan promosi tersebut ternyata membuat seniornya di sana kesal bahkan hingga dirundung.

Episode 5

King The Land_Episode 5 (Copy)

Kehadiran Sa-Rang di wilayah naratetama membuat ia semakin dekat dengan Gu Won. Rasa suka pun muncul di antara mereka, apalagi setelah Gu Won tahu bahwa Sa-Rang telah putus dari kekasihnya. Gu Won pun memberanikan diri untuk mengajak Sa-Rang makan dan menghabiskan malam bersama.

Saat pulang, mantan kekasih Sa-Rang yang luar biasa toxic datang ke kediaman Sa-Rang meminta untuk rujuk, namun Sa-Rang tidak menginginkannya. Tidak terima, mantan kekasih Sa-Rang mulai mengancam, namun Gu Won berhasil menangksinya dan mengancam balik untuk tidak mendekati Sa-Rang lagi.

Episode 6

King The Land_Episode 6 (Copy)

Semua staff Hotel King mendapat tugas untuk sebuah acara tahunan. Sa-Rang pun mendapatkan PR lumayan sulit, karena harus membujuk seorang petani ginseng untuk bekerjasama dengan Hotel King. Untuk membujuk sang petani, Sa-Rang pun pergi ke kediamannya di gunung dan ‘bekerja’ untuknya.

Saat hendak membantu mencari ginseng, Sa-Rang tergelincir jatuh. Hal ini membuat Gu Won risau dan mengevakuasi Sa-Rang menggunakan helikopter. Keesokan harinya, Sa-Rang dan Gu Won pamit pulang dan segera menuju ke kediaman Nenek Sa-Rang (Kim Young Ok) untuk memberikan ginseng langka hasil temuan Sa-Rang.

Episode 7

King The Land_Episode 7 (Copy)

Perseteruan antara Gu Won dan kakaknya, Gu Hwa mulai sengit. Sang Ayah, Gu Il Hun (Son Byung Ho) meminta Gu Won untuk bisa mengundang Pangeran Arab bernama Samir (Anupam Tripathi) menginap di hotelnya. Ini dilakukan supaya pamor Hotel King naik. Mendengar hal ini Gu Hwa meremehkan kemampuan Gu Won.

Tanpa disadari, ternyata Gu Won adalah teman dekat dari Pangeran Samir saat sekolah di Inggris. Meski sering bertengkar, hubungan Gu Won dan Pangeran Samir cukup akrab. Begitu diundang dengan syarat yang merepotkan, Pangeran Samir pun akhirnya mau menghabiskan waktunya di Hotel King dan Gu Won mendapat perhatian dari sang Ayah.

Episode 8

King The Land_Episode 8 (Copy)

Setelah sukses menemani Pangeran Samir di Hotel hingga kepulangannya, Gu Won dan Sa-Rang kembali bisa menghabiskan waktu bersama. Sa-Rang mengajak Gu Won menyantap ramen di pinggir sungai, ia mengajarkan Gu Won bagaimana arti sederhana, hidup penuh syukur dan hal lain yang Gu Won tidak pernah terapkan.

Kedekatan Gu Won dan Sa-Rang yang semakin intens membuat Gu Won ingin mengungkapan perasaanya pada Sa-Rang. Ia pun mengajak Sa-Rang untuk makan malam bersama setelah sebelumnya pergi ke sauna bersama dua teman baik Sa-Rang, Oh Pyeong Hwa (Go Won Hee) dan Gang Da Eul (Kim Ga Eun).

Episode 9

King The Land_Episode 9 (Copy)

Gu Won dan Sa-Rang kini resmi menjadi sepasang kekasih namun mereka memilih untuk under-radar karena tidak ingin membuat seisi hotel gempar, khususnya pada asisten pribadi Gu Won yang merupakan sahabatnya sendiri, Noh Sang Sik (An Se Ha). Gu Won benar-benar senang bisa menjadi kekasih Sa-Rang.

Ia bahkan sengaja berlama-lama diam di restoran King The Land untuk melihat Sa-Rang bekerja. Bukannya terenyuh, Sa-Rang malah membentak Gu Won untuk pergi dari sana karena seluruh staff jadi tidak nyaman bekerja mengira Gu Won datang untuk melihat kerja mereka selama ini. Gu Won akhirnya menurut untuk pergi.

Episode 10

King The Land_Episode 10 (Copy)

Pihak King Grup membuat aturan baru untuk menambah penjualan di setiap sektor perusahaan. Ini membuat Pyeong Hwa yang bekerja di maskapai King harus putar otak bagaimana bisa menjual produk duty free hingga laku banyak. Hal ini pun terjadi pada Da Eul yang bekerja di Alang Duty Free Shop.

Meski dirasa sulit, kinerja mereka sebagai pegawai King berhasil mendapat perhatian Gu Won. Baik Pyeong Hwa dan Da Eul mampu meningkatkan penjualan hingga memenuhi target yang diberikan. Ini membuat keduanya dan juga Sa-Rang mendapat hadiah liburan ke Thailand bersama Gu Won dan asisten Noh.

Episode 11

King The Land_Episode 11 (Copy)

Hotel King masuk masa jayanya yang ke 100. Ini membuat Gu Hwa berusaha untuk mendepak Gu Won untuk tidak ikut campur soal masalah acara ulang tahun Hotel yang penuh tamu naratetama dan naratama. Namun Gu Won ingin membuktikan bahwa dirinya pun bisa memegang kendali acara tersebut.

Hal ini jelas membuat Gu Hwa kesal, apalagi sang Ayah menyetujui permintaan Gu Won untuk jadi penanggung jawab acara besar itu. Gu Won pun mulai sibuk mengurus acara penting tersebut sedangkan Sa-Rang dan staff lainnya mulai melakukan pelatihan untuk melayani para tamu penting dalam acara 100 tahun Hotel King.

Episode 12

King The Land_Episode 12 (Copy)

Acara ulang tahun ke 100 Hotel King sukses besar. Ini membuat Gu Won ingin merayakannya bersama Sa-Rang yang juga sudah lama tidak bersama. Mereka pun bertemu di kediaman Sa-Rang yang tengah kosong karena Pyeong Hwa sedang bekerja. Sepanjang malam, Sa-Rang dan Gu Won menikmati waktu berdua.

Malang, saat Sa-Rang digendong Gu Won, semua temannya, bersama Asisten Noh dan rekan kerja Pyeong Hwa, Lee Ro Woon (Kim Jae Won) masuk ke rumah dan menyaksikan hal itu. Sa-Rang dan Gu Won pasrah dan mulai diinterogasi. Seluruh rahasia pun terbongkar termasuk Gu Won adalah anak kedua pemilik Grup King.

Episode 13

King The Land_Episode 13 (Copy)

Sa-Rang diminta langsung oleh Gu Il untuk menjadi baby-sitter cucunya, Ji Hu (Kim Dong Ha), anak dari Gu Hwa. Permintaan ini dilakukan karena Ji Hu senang dengan Sa-Rang yang tempo lalu pernah bermain dengannya meski hanya sebentar saat ia menjadi staff Dream Team di griya tawang milik keluarga Gu Won.

Gu Won prihatin dengan keadaan keponakannya itu, Ji Hu sangat merindukan Ibunya namun tak kunjung hadir menemani. Gu Won tidak ingin Ji Hu memiliki hidup yang sama dengannya, memiliki seorang Ibu namun entah dimana. Gu Won mencoba mendekati Gu Hwa untuk membicarakan tentang Ji Hu.

Episode 14

King The Land_Episode 14 (Copy)

Hubungan Gu Won dan Sa-Rang kini sudah menjadi konsumsi publik dan membuat heboh seluruh Hotel. Ini membuat Gu Il terkejut dan Gu Hwa memanfaatkan kondisi tersebut untuk merelokasi Sa-Rang ke Hotel King Tourist yang berada jauh dari Seoul, sementara Gu Won harus pergi untuk perjalanan bisnis lumayan lama.

Sa-Rang tidak keberatan, ia mengemban tugasnya di tempat yang baru dengan semangat meski rekan-rekan di sana mengatakan bahwa orang yang masuk ke hotel ini atas alasan relokasi, itu sama saja dengan pegawai yang ‘dibuang’. Meski demikian, Sa-Rang berusaha untuk bekerja dengan baik di sana.

Episode 15

King The Land_Episode 15 (Copy)

Istri Gu Il, Han Mi So (Nam Gi Ae), yang juga adalah Ibu dari Gu Won datang menghadap Gu Il untuk meluruskan apa yang terjadi. Han Mi So pun akhirnya bisa bertemu dengan putranya, Gu Won. Meski awalnya Gu Won tidak peduli, namun ia berbalik untuk memeluk Ibunya dan hubungan mereka membaik.

Setelahnya, Gu Won segera pergi menjemput Sa-Rang di Pulau Jeju. Ia menarik kembali kekasihnya itu ke Seoul bersamanya. Sa-Rang menyetujuinya dengan syarat semua pekerjaan di Hotel sudah selesai. Saat menunggu Sa-Rang bekerja, Gu Won mengetahui nasib hotel King Tourist dalam keadaan sulit dan hendak membantunya.

Episode 16

KIng The Land_Episode 16 (Copy)

Sa-Rang memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih untuk membangun penginapan kecil, semua keputusan itu didukung oleh Gu Won. Sa-Rang kini lebih bahagia karena tidak terikat dengan siapapun soal kerjaan. Ia mengelola bisnisnya sendiri. Rasa bahagia pun dirasakan Gu Hwa yang kini semakin menyayangi Ji Hu.

Banyak cercah harapan baik dalam kehidupan Gu Won dan Sa-Rang. Mereka saling melengkapi dan akhirnya memutuskan untuk menikah, apalagi Gu Won sudah mendapat restu dari Nenek Sa-Rang dan Sa-Rang pun mendapat restu dari kedua orang tua Gu Won bahkan Gu Hwa. Mereka pun akhirnya hidup bahagia.

Jalan Cerita Klise

King The Land_Klise (Copy)

Untuk kalian yang sering sekali menonton drama Korea, maka premis drama ini saya rasa bukanlah lagi sesuatu yang baru. Seorang inheritor tampan dari keluarga konglomerat jatuh hati pada seorang gadis alakadar yang punya hidup sederhana. Awalnya mereka saling benci namun akhirnya saling cinta, klise bukan?

Namun entah bagaimana caranya, drama ini bisa dibuat versi ‘segar’ ketimbang drama Korea senada yang sudah rilis sebelumnya. Padahal tidak ada yang spesial; yang menghebohkan malah drama ini mendapatkan rating bagus dan terus menanjak dari awal penayangannya, dengan rata-rata 11% hingga episode akhir.

Chemistry Yoon-A dan Jun Ho

King The Land_Chemistry (Copy)

Seperti yang sudah kita tahu kalau Yoon-A dan Jun Ho merupakan sepasang sahabat. Kedua grup mereka, yakni Girls’ Generation dan 2PM sama-sama bersinar pada masanya. Ini membuat keduanya sering tampil bersama, sehingga saya yakin betul kalau membangun kemistri antar mereka berdua tidak sulit.

Dalam sebuah interview dengan majalah Forbes, Jun Ho mengatakan bahwa kedekatannya dengan Yoon-A yang sudah terjalin selama 15 tahun membuatnya lebih mudah berakting, begitu pun dengan Yoon-A. Kecocokan mereka ini juga lah yang membuat drama King The Land laku keras dengan rating teratas.

Ending Kurang Mantul

King The Land_Ending (Copy)

Meski dibilang sukses besar oleh sebagian besar penggemarnya, drama King The Land punya flaw di akhir episode. Kita sebagai penonton akan dibawa ke dalam cerita indah Gu Won dan Sa-Rang yang akhirnya menikah. Namun cerita lainnya malah jadi hilang, seperti bagaimana hubungan Gu Hwa dan Gu Won.

Lantas kisah cinta Pyeong Hwa dan Ro Woon pun tidak dijelaskan, penginapan yang Sa-Rang buat untuk memenuhi mimpinya pun tidak tersiar, hotel King Tourist yang mentok akan dibeli oleh Gu Won tanpa ada perkembangan selanjutnya. Akan lebih baik lagi kalau seluruh cerita tersebut diperlihatkan.

Drama King The Land benar-benar menghibur penontonnya. Semua aspek patut diacungi jempol, mulai dari plot cerita, hubungan antara pemainnya yang tidak bikin pening, akting Yoon-A, Jun Ho dan lainnya yang mumpuni sehingga tidak heran sih, kalau nantinya King The Land kemungkinan besar ada musim keduanya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram