showpoiler-logo

Sinopsis & Review Midnight Motel, Bisnis Ilegal Jadi Bencana

Ditulis oleh Syuri K.N.
Midnight Motel
2
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Tiga anak muda dengan latar belakang berbeda bersatu untuk membuka bisnis start-up bersama-sama. Tujuan utama mereka adalah uang, tapi mereka enggak akan menggunakan uang itu untuk bersenang-senang. Sebab, ketiganya memiliki hutang yang sangat banyak.

Mote dan Doy, dua lelaki yang bersahabat, pernah saling bermusuhan karena terlibat bisnis ilegal. Mereka jadi memiliki hutang bermiliar-miliar. Sementara Kat, gadis cantik malang ditelantarkan oleh ibunya. Enggak cuma pergi, ibu Kat meninggalkan banyak sekali tunggakan pada rentenir.

Dengan tujuan yang hampir sama, mereka bertiga pun bersatu mencari cara untuk mendapatkan uang dengan cepat. Yaitu membuat aplikasi booking wanita panggilan, karena Kat sendiri sebenarnya berprofesi sebagai PSK setelah terjerat hutang ibunya.

Kira-kira bisnis underground yang mereka jalani ini bakal berjalan lancar, enggak, ya? Simak sinopsis dan ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sinopsis

midnight motel a_

Mote (Off Jumpol Adulkittiporn) dan sahabatnya, Doy (Louis Thanawin Teeraphosukarn), terjebak hutang 10 juta baht atau sekitar 4,5 miliar rupiah karena mempermainkan slot judi. Ketahuan oleh pihak pemilik judi ilegal yang merugi, Mote dan Doy harus mengembalikan uang tersebut dalam kurun waktu 6 bulan.

Kalau enggak, hotel milik Bibinya Mote (Kai Nipawan Taveepornsawan) akan diakuisisi oleh mereka. Selain bekerja menjadi pengurus sekaligus tukang bersih-bersih di hotel Bibinya, Mote berusaha menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Setelah bertemu dengan gadis panggilan bernama Kat (Jan Ployshompoo Supasap), Mote memiliki ide untuk membuat aplikasi online yang mengumpulkan para pekerja seks seperti Kat. Mereka memberi nama aplikasi ini Takkrab.

midnight motel j_

Sebab, selama ini Kat dan rekan-rekan kerjanya hanya mendapatkan gaji yang sangat sedikit. Sementara hampir seluruh keuntungan diraup oleh gigolo mereka, Sun (Mond Tanutchai Wijitvongtong).

Dengan aplikasi start-up buatan Doy dan Mote, pemasukan dari hasil prostitusi akan langsung masuk ke masing-masing pekerja. Jadinya lebih untung daripada bekerja di Club Sun.

Namun, belum lama, Sun sudah mencurigai ada hal aneh. Sebab, satu per satu ‘gadis’nya mulai menghilang, enggak datang bekerja lagi.

Walau menjadi salah satu founder aplikasi Takkrab, Kat enggak bisa pergi begitu saja dari Sun. Karena alasan dia bekerja menjadi kupu-kupu malam juga karena ibunya berhutang sangat banyak pada Sun.

Tapi, anehnya, hutang ibunya masih saja belum lunas walau Kat sudah 3 tahun bekerja. Bahkan Sun hanya memberikan bayaran yang sedikit untuk Kat menyambung hidup dari pendapatan setiap kliennya.

midnight motel f_

Baru saja sedikit tenang, Mote dihantui oleh rentenir yang mengingatkan tenggat waktu pembayaran hutangnya tinggal 5 bulan lagi. Mote yang memutar otak pun mengusulkan Doy membuat aplikasi lain.

Supaya bisa mendapatkan pendapatan lebih tinggi, Mote menyarankan mereka mendapatkan investor. Tentu saja penggaet para investornya adalah Kat.

Begitu pula Kat. Tiba-tiba ibunya yang menghilang muncul di hadapannya. Bukan karena rindu, tapi ibu Kat meminta uang untuk dibayarkan pada rentenir. Kat pun memberikan uang itu kemudian mengusir ibunya.

Rupanya sang ibu membayarkan uang tersebut pada Sun! Entah perjanjian apa lagi yang mereka lakukan, karena selama ini Kat bekerja di bawah Sun untuk melunasi hutang ibunya, kan?

Setelah menerima uang dari Kat, Sun memberi ibu Kat sedikit, lalu sisanya dia ambil semua. Lalu, Sun memperingatkan ibu Kat untuk enggak muncul dihadapan anaknya lagi, walau untuk meminta uang. Jadi sebenarnya Sun itu peduli pada Kat atau bagaimana, sih?

midnight motel e

Kali ini Kat enggak bekerja di hotel Mote, melainkan hotel yang lebih mewah. Karena kliennya kali ini spesial, orang kaya dari kalangan atas. Dia adalah "Pat" Peerapat Phatthanawat (Victor Chatchawit Techarukpong). Sebenarnya Kat enggak suka meladeni klien kaya raya, karena biasanya permintaan mereka aneh-aneh dan senang menyombongkan kekayaan mereka.

Tapi, Pat berbeda. Dia baik, dan Kat percaya padanya. Kat menawarkan Pat untuk menggunakan jasanya via Takkrub agar Sun enggak dapat pemasukan lagi. Ini pertama kalinya Kat mengambil job dari Takkrub, karena selama ini dia hanya berlaku sebagai penggaet perempuan-perempuan yang berniat bekerja di aplikasi itu saja.

Kelakuan Kat membuat Mote curiga. Ternyata Kat berniat memeras Pat dengan menyimpan kamera tersembunyi di kamar hotel. Untung Mote cerdas dan sigap. Dia menghalangi Kat melakukan itu, dan malah menyarankan hal lain. Mote, Doy, dan Kat pun setuju untuk berusaha membuat Pat menginvestasikan banyak uang untuk Takkrub.

#MidnightMotelEP3

Sayang, sebelum berhasil mendapatkan investasi dari Pat, Sun keburu mengetahui tentang Takkrub. Dia menakut-nakuti Doy yang sedang menjaga lobi hotel. Sementara Mote dan Kat melakukan presentasi. Untungnya setelah berusaha mengatasi Sun, funding pitch buatan Mote sebagai CEO Takkrub sudah berhasil meyakinkan Pat.

Namun, saat hendak mentransfer uang investasi, tiba-tiba saja Pat ditemukan dalam keadaan tewas. Padahal Mote dan Kat hanya meninggalkan Pat sebentar saja. Enggak ada yang boleh tahu kalau orang mati di hotel, karena bisa menarik polisi datang dan akhirnya Takkrub diketahui oleh orang-orang.

Mote, Kat, dan Doy pun berusaha menutupi kematian Pat. Ternyata Jay, orang suruhan Jane (istri Pat) menemukan lokasi terakhir Pat pergi. Situasi jadi semakin kacau ketika Jay enggak sengaja membunuh Big Off, rentenir yang mengejar-ngejar Mote. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Kamu harus menonton serial ini sampai selesai!

Alur Cepat

midnight motel_

Mungkin karena Midnight Motel merupakan mini series yang hanya punya 8 episode, jadinya jalan cerita serial ini terasa cepat. Buat tipe penonton yang enggak suka cerita bertele-tele mungkin akan menyukainya.

Tapi, buat saya yang lebih menyukai detail dan alur yang enggak terlalu cepat, saya kurang suka bagaimana serial ini dikemas. Walau begitu, alurnya bukan masalah besar karena inti ceritanya bisa dijabarkan dengan cukup baik.

Analogi yang Kurang Dimengerti

Victor Chatchawit Techarukpong

Mote, pemeran utama kita, melihat 'value of life' dari setiap orang. Tapi, enggak terlalu dijelaskan Mote seperti itu karena punya 'superpower' atau itu hanya pemikiran Mote saja. Lagi-lagi semuanya karena alur cerita dibuat sangat cepat, jadi penjelasan tiap episode juga kurang deskriptif kalau menurut saya.

Tapi, setelah memasuki episode kedua, akhirnya saya mengerti kalau value itu hasil pemikiran Mote saja. Dia memang senang memberikan 'nilai' pada segala hal, terutama manusia. Anehnya, value tersebut enggak obyektif. Sebab, awalnya Mote melihat value Kat (-) 5 juta baht.

Tapi, setelah mengembangkan rasa pada Kat, nilai gadis itu berubah jadi (+) 20 juta baht. Jadi maksud dari si value ini kurang masuk akal. Karena rupanya itu sangat subyektif dari sisi Mote saja.

Apalagi di episode 5, tiba-tiba saja Mote 'berbincang' dengan arwah Pat. Memang, saya mengerti kalau itu hanya penggambaran psikologis dari pikiran Mote saja. Tapi, buat yang enggak paham mungkin akan berpikir kalau ini serial fantasi-supernatural.

Backstory Sun yang Misterius

midnight motel q

Semenjak episode 3, dijelaskan kalau Sun ternyata teman satu sekolah Kat. Lebih tepatnya Kat itu kakak kelas Sun. Mereka juga diperlihatkan memiliki hubungan yang cukup dekat, sampai berbagi gelang kembar berdua. Ketika Sun dirundung karena ayahnya dipenjara, Kat lah orang yang menolongnya.

Setelah Kat enggak meneruskan studinya, mereka berdua enggak bertemu lagi selama bertahun-tahun. Hingga setelah dewasa Sun mendatangi suatu klub. Di sanalah dia bertemu dengan Kat yang sudah bekerja sebagai gadis panggilan.

Terlihat jelas kalau Sun menyukai Kat hingga terobsesi. Dia kemudian membangun klubnya sendiri hanya untuk menahan Kat di sisinya.

Kekerasan, Kejahatan & Komedi

midnight motel b

Tadinya saya berpikir serial ini akan menjadi 'serius'. Sebab, sejak pilot teaser-nya hingga dua episode awal Midnight Motel ditayangkan, script-nya sangat serius, bahkan dark.

Baru saat memasuki episode 3 4/4 (bagian akhir), serial ini menunjukkan sisi komedinya. Jadinya sedikit membingungkan, karena inti cerita serial ini sangat berat dan gelap. Penambahan naskah lucu enggak membantu membuat ceritanya jadi lebih ringan.

Midnight Motel dimeriahkan oleh jajaran aktor dan aktris ternama, bukan hanya dari GMMTV tapi juga dari agensi lain. Namun, menurut saya mereka belum mampu membuat serial ini menjadi naik daun. Entah karena promosi yang kurang, berbarengan dengan banyak serial lain yang rating-nya lebih tinggi, atau karena naskah yang belum matang.

Sangat disayangkan, karena Midnight Motel merupakan bagian dari tiga kisah Midnight Series yang sudah dinanti-nanti sejak tahun 2021. Tapi, ternyata eksekusinya kurang memuaskan seperti ini. Bagaimana tanggapanmu tentang Midnight Motel? Share di kolom komentar, yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram