logo web

Sinopsis & Review Film New Police Story (2004), Trauma Sang Polisi

Ditulis oleh Gerryaldo
New Police Story
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Film New Police Story adalah reboot dari film serial Police Story yang sukses di pasar Asia dan menjadikan 3 dari film serial itu sebagai salah satu film aksi terbaik sepanjang masa dalam jajak pendapat Majalah Time Out. Jackie Chan sang kreator film itu benar-benar diacungi jempol oleh para kritikus film atas kemampuannya membuat film.

Baca Juga: 20 Film Terbaik Jackie Chan yang Wajib Kamu Tonton

New Police Story sendiri masih memiliki cerita drama soal kehidupan polisi Hong Kong yang harus menghadapi sebuah ancaman besar yang diberikan dari kelompok muda radikal berbahaya di negeri tersebut. Sang aktor utama yang diperankan Jackie Chan harus berusaha mengatasi masalah itu dalam keadaan trauma berat.

Sinopsis

New Police Story_Poster (Copy)

Sebuah bank besar di Hong Kong dirampok oleh sekelompok pemuda yang cukup meresahkan kepolisian. Kelompok itu diketuai oleh Joe Kwan (Daniel Wu), pemuda kaya raya problematik padahal ia merupakan anak dari seorang kepala polisi Hong Kong yang terkenal. Inspektur Chan Kwok Wing (Jackie Chan) pun diutus.

Kasus pun akhirnya diusut benar-benar oleh pihak kepolisian. Inspektur Chan segera mengadakan meeting untuk membahas hal itu di hari ulang tahun kekasihnya, Sun Ho Hye (Charlie Yeung). Sun Ho Hye mengatakan bahwa Chan pasti bisa melaksanakan tugasnya dengan baik bersama para rekannya.

Satu kali kabar dimana kelompok ini bersembunyi terendus polisi dan polisi segera datang untuk menangkap kelimanya. Mereka ingin melibas dan menghentikan tindak kriminal kelompok pemuda ini karena sudah mulai menyebabkan hilangnya nyawa. Tempat yang mereka rujuk sebagai tempat persembunyian ada di gudang besar.

Alih-alih berhasil meringkus para pemuda itu, Inspektur Chan malah kalah. Seluruh anak buah Chan dihajar habis-habisan oleh jebakan mematikan sehingga mereka semua tewas. Chan merupakan satu-satunya orang yang selamat, bahkan adik dari Sun Ho Yee, yakni Hong (Deep Ng) yang jadi rekan Chan pun tewas.

Chan mendapat trauma hebat, seluruh timnya habis. Ia akhirnya mengajukan cuti selama setahun dan malah jadi pemabuk karena depresi. Ho Hye pun menyerah, ia tidak bisa mengenali kekasihnya itu lagi. Sampai satu kali, rekan baru Chan yakni Frank Cheng (Nicholas Tse) mencoba meyakinkan Chan untuk bekerja kembali.

Tawaran tersebut ditolak Chan mentah-mentah namun akhirnya ia mau untuk membuka kasus itu kembali dan mengejar para pelaku. Atasan Inspektur Chan yakni Komanadan Chiu (Yu Rongguang) yang tahu Chan kembali masih marah karena menganggap kasus itu akibat Chan terlalu percaya diri bisa menangkap pelaku.

Mendengar bahwa Chan ingin melanjutkan kasus itu dan menangkap para pelaku membuat Komandan Chiu pun menantang Chan untuk membereskan kasus sebelum ia turun tangan. Bekerjasama dengan Frank, Inspektur Chan yang punya sedikit informasi tentang salah satu anggota pelaku kriminal pun memulai investigasinya.

Informasi tersebut ia dapatkan dari mantan rekannya yakni Sam Wong (Dave Wong) yang mengaku tahu informasi tentang salah satu anggota geng yang suka bermain ekstrem sport X-Games. Chan pun segera pergi kesana namun Komandan Chiu beserta beberapa polisi membuntuti Chan dan Frank.

Hasilnya keadaan jadi kacau dan salah satu anggota pelaku tersebut sadar bahwa ia sedang diincar. Tembak-tembakan pun terjadi dan mengenai Sam hingga ia tewas. Chan dan Frank lantas mengejar sang pelaku bernama Sue (Coco Chiang) tersebut. Meski seorang wanita, ia sungguh lihai untuk untuk kabur dari atas gedung.

Anggota lain menjemput si pelaku yang ternyata kena tembak juga lantas menembak supir bis untuk mengalihkan perhatian Chan dan Frank. Bis tersebut hilang kendali dan membahayakan banyak nyawa karena bis tersebut masuk ke kawasan perbelanjaan. Chan dan Frank berhasil memberhentikan bis itu dan menyelamatkan banyak orang.

Joe yang mengetahui Sue terluka langsung memanggil wanita tersebut dan menembaknya hingga tewas karena dianggap memperlambat kelompok. Balas dendam karena Sue adalah kekasihnya, ia pun segera merencanakan untuk menghukum Chan dan Frank. Sementara itu Chan dan Frank ditahan akibat pengejaran siang tadi.

Saat diinterogasi, Inspektur Tai (Liu Kai Chi), komandan lama Chan, mengatakan bahwa Frank bukan bagian dari kepolisian bahkan sebagai rekan Chan saja ia baru mengetahuinya. Frank ternyata calon polisi yang gagal dalam ujian. Meski awalnya marah, Chan mengetahui bahwa Frank tulus untuk membantunya.

Petugas polisi Sa Sa (Charlene Choi) pun ikut turut membantu pengejaran Chan dan Frank terhadap anggota kelompok krimina.  Ia memberi banyak informasi, salah satunya tentang video game online yang kelompok itu buat berdasarkan aksi mereka saat memusnahkan anak buah Chan di gudang besar.

Tidak kalah pintar, Joe membuat panggilan palsu untuk kekasih Chan, Ho Yee, guna datang ke kantor pusat kepolisian. Disana Joe sudah menyamar menjadi polisi dan menyandera Ho Yee menggunakan bom. Mengetahui hal itu Chan dan yang lain segera mengevakuasi semua orang dan menyelamatkan Ho Yee namun wanita itu berakhir koma.

Chan lantas dibantu oleh Sa Sa & pemain game lain yang diminta untuk membantu kepolisian untuk menemukan target selanjutnya dari kelompok itu. Terjawablah bahwa target selanjutnya adalah Bank of Hong Kong. Kini supaya penggerebekan tidak gagal, Chan menelepon semua orang tua pelaku untuk datang ke Bank.

Kelompok kriminal itu ketar-ketir mengetahui para orang tahu perilaku buruk mereka. Salah satu anggota dibunuh Joe karena ingin melarikan diri. Tembak-tembakan pun terjadi dan membuat kacau seluruh isi Bank. Chan segera mengejar Joe dan yang lain untuk dilumpuhkan, setelah pengejaran berhasil, kini tersisa Chan dan Joe saja.

Joe yang berhasil menyandera Frank mengancam akan menjatuhkannya dari atap. Untuk mengalahkan Chan kembali, Joe menantang Chan mengikuti game memasang pistol. Permainan inilah yang membuat Chan kalah hingga anak buahnya tewas. Kini Chan pun punya tak tik baru dan menang, Joe mengaku kalah.

Tidak ingin ditangkap oleh polisi dan membuat Ayahnya malu, ia berpura-pura mengancam Chan dengan mengarahkan pistolnya. Polisi yang melihat hal itu langsung bertindak dan menembak Joe hingga tewas. Chan pun menolong Frank dan selamat. Beberapa hari setelahnya Chan pun akhirnya melamar Ho Yee.

Jackie Chan

New Police Story_Jackie Chan (Copy)

Meski dibintangi oleh banyak bintang Asia ternama, namun nama Jackie Chan masih lebih terang ketimbang yang lain. Tidak aneh sih apabila mengingat kemampuan akting Jackie yang luar biasa sekaligus menjadi stunt untuk dirinya sendiri dalam beberapa adegan berbahaya. Semua dikemas secara baik olehnya & Benny Chan, sang sutradara.

Jackie mampu memerankan peran Inspektur Chan dengan baik, ia tidak menghilangkan karakter yang telah melekat dalam dirinya pada serial film Police Story sebelumnya meskipun filmnya kali ini adalah reboot. Komedi ringan pun dimasukan di sela adegan sehingga filmnya menjadi lebih asyik untuk disaksikan, tidak melulu perang.

Adegan Mahal

New Police Story_Scene (Copy)

Dalam penggarapan filmnya, Jackie Chan selalu all out. Banyak sekali adegan-adegan yang sudah pasti menghabiskan banyak uang untuk mendukung set pengambilan gambar yang bagus. Dari sekian banyak adegan di dalam film New Police Story, ada satu adegan yang cukup menguras kantong rumah produksi.

Adegan tersebut ketika Jackie Chan dan Nicholas Tse (Chan & Frank) harus menyelamatkan bis yang supirnya ditembak oleh komplotan kriminal untuk mengalihkan perhatian Chan & Frank. Bis besar tingkat itu masuk ke area perbelanjaan yang ada di dalam gang, menghancurkan semua yang bis lewati; menghancurkan semua.

Reboot Pertama

New Police Story_Reboot (Copy)

Film New Police Story yang rilis tahun 2004 ini ternyata adalah reboot pertama dari serial film Police Story. Kesuksesannya membuat rumah produksi China Film Group Corporation kembali membuat reboot keduanya dengan judul Police Story 2013 atau Police Story: Lockdown yang didistribusikan di Amerika oleh Well Go USA Entertainment.

New Police Story hadir dengan durasi selama 124 menit dan akan menghibur kalian khususnya para penggemar berat Jackie Chan, hampir semua film Jackie Chan tidak pernah ada yang gagal, dan New Police Story ini buktinya. Showpoiler memberi skor 4/5 untuk film yang diproduseri oleh Jackie Chan ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram